Fakta Unik

Mengenal Permainan Slep Dur, Asal Usulnya Masih Menjadi Misteri 

74
×

Mengenal Permainan Slep Dur, Asal Usulnya Masih Menjadi Misteri 

Sebarkan artikel ini
Slep Dur
Permainan Slep Dur Asal Usul, Cara Bermain serta Aturannya. Sumber: Dok. zonautara.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka main permainan tradisional? Nah, setelah sebelumnya kita membahas permainan paciwit-ciwit lutung, kali ini kita akan ngobrolin tentang permainan slep dur, salah satu permainan tradisional Sunda

Di zaman sekarang, dengan segala macam teknologi dan permainan digital, kadang kita lupa sama permainan tradisional yang sebenarnya gak kalah seru. Nah, slep dur  ini salah satunya. 

Selain bikin kita senang, permainan ini juga punya banyak manfaat yang bisa kita ambil. Jadi, penting banget nih buat kita menjaga dan melestarikan permainan-permainan tradisional kayak gini.

Nah, di artikel ini kita akan kupas tuntas sejarah, cara bermain, aturan, hingga manfaat dari permainan slep dur. Siap untuk petualangan seru ini? Yuk, kita mulai!

1. Permainan Ini Terkenal di Berbagai Wilayah Meski Asal-Usulnya Masih Jadi Misteri

 Slepdur.
Permainan Tradisional Slepdur. Sumber: Andhika Prasetia

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan membahas sejarah dan asal usul permainan slep dur. Walaupun slep dur bukan permainan asli dari Sunda, ternyata permainan ini tetap digemari banyak anak-anak di sana.

Permainan ini dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah di Indonesia. Di Jakarta, permainan serupa disebut wak-wak gung. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kita bisa menemukannya dengan nama ancak-ancak alis. 

Menariknya lagi, di Sulawesi Utara, permainan ini juga dikenal dengan nama slepdur. Bahkan di daerah Sunda sendiri ada variasi permainan ini yang disebut oray-orayan.

Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam permainan ini, terutama dalam lagu yang dinyanyikan saat bermain. Lagu-lagu ini mencerminkan budaya dan bahasa setempat, sehingga membuat permainan ini semakin kaya dan beragam.

2. Slep Dur Dimainkan oleh Dua Kelompok

SlepDur
Permainan Tradisional Slepdur. Sumber: Dok. budaya-indonesia.org

Sobat Suka Fakta, jadi apa sih sebenarnya slep dur itu? Slep dur adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak dengan cara membentuk dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari dua orang yang bertugas menjadi “terowongan”. 

Mereka berhadap-hadapan dan saling berpegangan tangan, membentuk sebuah terowongan hidup. Kelompok kedua adalah barisan pemain yang berjalan melewati terowongan sambil bernyanyi.

Permainan ini bukan hanya sekadar hiburan, tapi juga melibatkan keterampilan fisik dan keberuntungan. Setiap daerah mungkin memiliki variasi aturan dan lagu yang berbeda, namun inti dari permainan ini tetap sama, yaitu keceriaan dan kebersamaan.

3. Cara Bermain Slep Dur

lepdur.
Permainan Tradisional Slepdur. Sumber: Dok. dribbble.com

Oke, Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang paling ditunggu-tunggu, yaitu cara bermain slep dur. Permainan Slepdur dimainkan oleh 5 orang atau lebih, biasanya dua pemain jadi terowongan, yang lain berbaris di belakang mereka. Berikut adalah cara bermain Slepdur:

  1. Membentuk Terowongan: Dua pemain yang menjadi terowongan berdiri berhadap-hadapan dan saling berpegangan tangan membentuk terowongan.
  2. Barisan Pemain: Pemain lain berbaris memegang pundak pemain di depannya, membentuk barisan panjang.
  3. Bernyanyi dan Berjalan: Pemain yang berada di paling depan barisan mulai berjalan melewati terowongan sambil bernyanyi lagu slep dur. Pemain lain mengikuti di belakangnya.
  4. Menangkap Pemain: Ketika lagu selesai dinyanyikan, pemain yang menjadi terowongan menurunkan tangan mereka untuk menangkap salah satu pemain dalam barisan.
  5. Membentuk Tim Baru: Pemain yang tertangkap memilih salah satu dari pemain terowongan untuk menjadi bagian dari timnya. Pemain yang tertangkap kemudian bergabung di belakang pemain yang dipilihnya.
  6. Mengulangi Proses: Lagu dinyanyikan kembali, dan proses diulangi sampai semua pemain tertangkap dan bergabung dalam salah satu tim.
  7. Tarik Tambang: Setelah semua pemain tertangkap, kedua tim yang terbentuk akan bertanding tarik tambang. Tim yang berhasil menarik tim lawan melewati garis tanda dinyatakan sebagai pemenang.

4. Aturan dalam Permainan Slep Dur

 Slep Dur
Potret terowongan yang dibuat oleh 2 orang. Sumber: Dok. regional.kompas.com

Sobat Suka Fakta, setelah tahu cara bermainnya, sekarang kita bahas aturan permainan slep dur. Aturan ini penting supaya permainan bisa berjalan dengan lancar dan seru. Yuk, simak baik-baik!

  1. Jumlah Pemain: Minimal 5 orang, tapi makin banyak makin seru.
  2. Pembagian Peran: Dua pemain menjadi terowongan, yang lain berbaris.
  3. Nyanyian: Lagu slep dur harus dinyanyikan saat permainan berlangsung.
  4. Penangkapan Pemain: Pemain yang tertangkap harus memilih salah satu terowongan dan bergabung di belakangnya.
  5. Penentuan Pemenang: Setelah semua pemain tertangkap dan bergabung, kedua tim akan melakukan tarik tambang untuk menentukan pemenang.

Aturan Khusus di Berbagai Daerah

  • Jakarta (Wak-wak Gung): Bisa menggunakan variasi lagu dan aturan penangkapan pemain.
  • Jawa Tengah/Yogyakarta (Ancak-ancak Alis): Lagu dan cara bermain sedikit berbeda, tapi inti permainannya sama.
  • Sulawesi Utara (Slep dur): Mirip dengan permainan di daerah lain, dengan sedikit modifikasi aturan lokal.

Peraturan Tambahan namun bisa setiap daerah berbeda-beda

  • Penentuan Simbol: Dua pemain terowongan bisa menentukan simbol rahasia untuk memilih pemain.
  • Pembentukan Tim: Pemain yang tertangkap harus memilih tim dengan cara yang telah disepakati, seperti memilih antara dua simbol rahasia.
  • Variasi Lagu: Setiap daerah bisa punya versi lagu yang berbeda, sesuai dengan budaya lokal.

5. Lirik dan Makna Lagu Permainan Slep Dur

Sobat Suka Fakta, lagu dalam permainan slep dur punya peran penting, lho! Selain sebagai pengiring, lagu ini juga menentukan kapan pemain harus berhenti dan siapa yang tertangkap. Berikut ini lirik lagu slep dur yang sering dinyanyikan:

Lirik Lagu slep dur

“Slep dur, slep dur, Dilas dipan dipan debur, Kahijina kaduana Katiluna kaopatna, Kalimana kagenepna, Katujuhna nu pandeuri.”

Makna dan Fungsi Lagu

Lagu ini tidak hanya sekadar nyanyian, tapi juga memberi ritme pada permainan. Saat lagu dinyanyikan, barisan pemain berjalan melewati terowongan. Begitu lagu selesai, pemain yang jadi terowongan akan menurunkan tangan dan menangkap pemain yang berada di dalamnya.

Variasi Lirik di Berbagai Daerah

Setiap daerah bisa memiliki lirik lagu yang berbeda. Misalnya:

  • Jakarta: Liriknya bisa berbeda sedikit, sesuai dengan budaya setempat.
  • Jawa Tengah/Yogyakarta: Lagu yang dinyanyikan punya ritme dan kata-kata yang berbeda.

Menarik kan, Sobat Suka Fakta? Lagu ini memang jadi elemen penting yang membuat permainan semakin seru. Yuk, kita lanjut ke manfaat bermain slep dur!

6. Bermain Slep Dur Bisa Memberikan Manfaat bagi Kemampuan Motorik

 Slep Dur
Potret Permainan Tradisional Slepdur. Sumber: Dok. jabar.inews.id

Selain seru, permainan slep dur juga punya banyak manfaat, lho! Apa aja sih manfaatnya? Yuk, kita bahas satu per satu.

Selain seru, permainan slep dur juga punya banyak manfaat, lho! Apa aja sih manfaatnya? Yuk, kita bahas satu per satu.

  • Kesehatan: Bermain slep dur membuat anak-anak bergerak aktif, yang bagus untuk kesehatan jantung dan otot.
  • Koordinasi: Anak-anak belajar koordinasi tangan dan mata saat bermain.
  • Kerjasama: Permainan ini mengajarkan kerjasama antar pemain.
  • Komunikasi: Anak-anak belajar berkomunikasi dan bekerja sama untuk menang.
  • Kebahagiaan: Bermain bersama teman-teman meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres.
  • Kepercayaan Diri: Anak-anak yang terlibat dalam permainan ini merasa lebih percaya diri karena mereka bisa berkontribusi dalam tim.

Permainan slep dur memang bukan hanya tentang hiburan, tapi juga tentang belajar dan tumbuh bersama. Jadi, kapan mau main slep dur, Sobat Suka Fakta?

7. Eksistensi Slep Dur di Era Modern: Upaya Pelestarian hingga Tantangannya

 Slep Dur
Potret Permainan Tradisional Slepdur. Sumber: Dok. basasunda.com

Sobat Suka Fakta, kita semua tahu bahwa zaman sekarang anak-anak lebih sering bermain dengan gadget dan game digital. Tapi, tahukah kamu kalau permainan tradisional seperti slep dur masih punya tempat di hati banyak orang? Yuk, kita lihat bagaimana slep dur bisa bertahan dan berkembang di era modern ini.

Peran Permainan Tradisional di Era Digital

Di tengah gempuran teknologi, permainan tradisional seperti slep dur tetap memiliki daya tariknya sendiri. Banyak orang tua dan guru yang berusaha memperkenalkan kembali permainan ini kepada anak-anak. Mereka sadar bahwa permainan tradisional punya banyak manfaat yang tidak bisa didapatkan dari game digital.

Upaya Pelestarian Slep Dur

Banyak komunitas dan lembaga yang aktif melestarikan permainan tradisional. Mereka mengadakan festival, lomba, dan workshop untuk memperkenalkan slep dur kepada generasi muda. Bahkan, beberapa sekolah memasukkan permainan tradisional dalam kurikulum mereka sebagai bagian dari pelajaran budaya.

Popularitas Slep Dur di Kalangan Remaja

Meskipun tidak sepopuler game online, tapi slep dur masih diminati oleh sebagian remaja. Banyak yang menganggap permainan ini sebagai cara yang menyenangkan untuk berinteraksi langsung dengan teman-teman, tanpa bantuan teknologi. Selain itu, bermain slep dur di lapangan terbuka juga memberikan pengalaman berbeda yang tidak bisa didapatkan dari layar gadget.

Media Sosial dan Slep Dur

Tak bisa dipungkiri, media sosial juga berperan dalam mempopulerkan kembali slep dur. Banyak video dan postingan yang menunjukkan keseruan bermain permainan tradisional ini. Hal ini membuat lebih banyak orang tertarik untuk mencoba dan mengingat kembali kenangan masa kecil mereka.

Tantangan dan Peluang

Tentu saja, ada tantangan dalam melestarikan permainan tradisional di era modern. Salah satunya adalah bersaing dengan popularitas game digital. Namun, dengan kreativitas dan usaha yang terus-menerus, permainan seperti slep dur masih punya peluang besar untuk tetap eksis dan dinikmati oleh generasi mendatang.

Jadi, Sobat Suka Fakta, mari kita dukung pelestarian permainan tradisional seperti slep dur. Dengan begitu, kita tidak hanya melestarikan budaya, tapi juga memberikan alternatif hiburan yang sehat dan mendidik bagi anak-anak. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi permainan slep dur, kita bisa melihat betapa pentingnya permainan ini dalam budaya tradisional. Slep dur bukan hanya hiburan, tetapi juga sarana untuk mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, keterampilan fisik, dan keberuntungan. 

Meski bersaing dengan game digital, slep dur tetap memiliki tempat di hati banyak orang karena manfaatnya yang beragam, baik fisik, sosial, maupun emosional. Penting bagi kita untuk melestarikan permainan ini dengan memperkenalkannya kepada generasi muda. Dengan begitu, kita menjaga warisan budaya di Indonesia. 

Mari kita dukung dan mainkan slep dur, agar permainan tradisional ini tetap hidup dan memberikan keceriaan bagi anak-anak masa kini. Terus semangat melestarikan budaya, ya!

REFERENSI

  • Wikibooks. (n.d.). Permainan Tradisional Sunda/slep dur. Retrieved from Wikibooks
  • Kemdikbud. (n.d.). slep dur. Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Retrieved from Kemdikbud
  • Budaya Indonesia. (n.d.). Slepdur. Retrieved from Budaya Indonesia
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *