Fakta Dunia

Mengenal Kota Pattaya, Si Ibu Kota Seks Dunia

69
×

Mengenal Kota Pattaya, Si Ibu Kota Seks Dunia

Sebarkan artikel ini
kota pattaya
Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang kota Pattaya? Tenang, kalau kalian belum tau soal kota satu ini, SukaFakta akan ajak kalian menjelajahi berbagai hal unik yang dimiliki Pattaya.

Pattaya, atau dalam bahasa Thai disebut พัทยา (Phatthaya), adalah sebuah kota besar di pantai timur Teluk Thailand. Kota ini terkenal dengan kehidupan malamnya yang aktif dan bahkan mendapat julukan sebagai ibu kota seks dunia.

Tapi jangan salah, Pattaya punya lebih dari sekadar kehidupan malamnya yang terkenal. Penasaran, kan?! Yuk, langsung aja kita mulai petualang di kota Pattaya ini. Simak terus artikel ini sampai habis ya, Sob! 

Sejarah Kota Pattaya

Dulunya-Bernama-Thap-Phraya-yang-Berarti-Tentara-Phraya-
Potret Tentara phraya. Sumber: Reuters

Sobat Suka Fakta, Pattaya awalnya dikenal dengan nama “Thap Phraya” yang berarti “tentara Phraya”. Ceritanya, pada tahun 1767, Phraya Tak (yang kemudian menjadi Raja Taksin) dan pasukannya beristirahat di sini setelah melakukan perjalanan dari Ayutthaya ke Chanthaburi. 

Di tempat inilah, Phraya Tak bertemu dengan pemimpin setempat, Nai Klom, yang akhirnya menyerah dan bergabung dengan pasukan Phraya Tak karena terkesan dengan sikap dan disiplin mereka.

Dari peristiwa tersebut, nama “Thap Phraya” kemudian berubah menjadi “Pattaya”, menggambarkan angin yang bertiup dari barat daya ke timur laut pada awal musim hujan. Nama ini terus digunakan hingga sekarang, dan Pattaya telah berkembang menjadi kota yang sangat populer di kalangan wisatawan internasional.

Dulunya, Pattaya hanyalah desa nelayan kecil. Kemudian pada tahun 1960-an, Pattaya mulai dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi prajurit Amerika selama Perang Vietnam. Pada tahun 1959, sekelompok besar prajurit dari pangkalan di Korat datang dan menyewa rumah di ujung selatan pantai, yang sekarang dikenal sebagai “Strip”.

Sejak saat itu, Pattaya mulai berkembang pesat dan menarik banyak wisatawan. Pada tahun 1978, pemerintah Thailand memberikan status kota kepada Pattaya, yang mempercepat perkembangan infrastruktur dan pariwisata di kota ini. Hingga kini, Pattaya terus berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu destinasi wisata utama di Thailand.

Fakta Kota Pattaya

 Kota Pattaya.
Kolase tentang Kota Pattaya. Sumber: Dok. viator.com

Nah, setelah kita mengetahui sejarah berdirinya Pattaya, kini kita akan membahas apa saja fakta menarik yang dimiliki Kota Pattaya. Yuk, simak ulasannya berikut, Sob!

1. Industri Seks

Industri seks di Pattaya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari citra kota ini. Sejarahnya bisa ditelusuri kembali ke era Perang Vietnam ketika para prajurit Amerika datang ke Pattaya untuk berlibur dan menikmati waktu luang mereka. 

Seiring berjalannya waktu, industri ini berkembang pesat dan menjadi salah satu daya tarik utama Pattaya, meskipun secara teknis prostitusi adalah ilegal di Thailand. Dampak ekonomi dari industri seks ini pun cukup signifikan. 

Banyak bar, klub malam, dan panti pijat yang menawarkan layanan seksual kepada wisatawan. Hal ini tidak hanya menarik banyak pengunjung internasional, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian lokal. 

Namun, hal ini juga menimbulkan berbagai isu, termasuk masalah hukum dan etika. Pemerintah dan masyarakat setempat berusaha untuk mengubah citra Pattaya menjadi lebih ramah keluarga, tetapi prostitusi tetap menjadi bagian yang menonjol dari kehidupan malam kota ini.

2. Tiffany Show

Salah satu atraksi unik di Pattaya adalah Tiffany Show, sebuah pertunjukan kabaret yang menampilkan penari transgender. Tiffany Show telah menjadi bagian dari budaya Pattaya sejak tahun 1974 dan dianggap sebagai salah satu pertunjukan kabaret terbaik di dunia.

Pertunjukan ini tidak hanya menawarkan hiburan berkualitas tinggi, tetapi juga memainkan peran penting dalam mempromosikan penerimaan dan inklusi terhadap komunitas transgender. Tiffany Show menjadi daya tarik besar bagi wisatawan dan berkontribusi terhadap industri pariwisata Pattaya.

3. Kasus Kecelakaan

Sayangnya, Pattaya juga dikenal dengan tingginya angka kecelakaan, terutama yang melibatkan wisatawan. Banyak kecelakaan terjadi di jalanan yang ramai dan di laut. Statistik menunjukkan bahwa kecelakaan lalu lintas dan insiden di laut cukup sering terjadi, menyebabkan kekhawatiran tentang keselamatan.

Pemerintah setempat telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan, termasuk meningkatkan pengawasan dan regulasi. Namun, wisatawan tetap diimbau untuk berhati-hati dan selalu mengikuti aturan keselamatan saat berada di Pattaya.

4. Surga bagi Lelaki

Pattaya sering disebut sebagai “Surga Lelaki” karena daya tarik utamanya yang berhubungan dengan industri seks dan kehidupan malam. Banyak pria dari seluruh dunia datang ke Pattaya untuk menikmati suasana yang bebas dan berbagai hiburan dewasa yang ditawarkan.

Selain itu, Pattaya juga memiliki komunitas ekspatriat yang besar, banyak di antaranya adalah pria yang memilih tinggal di kota ini karena gaya hidup yang santai dan berbagai fasilitas yang mendukung. Kehidupan malam yang semarak dan ketersediaan berbagai layanan menjadikan Pattaya sebagai destinasi favorit bagi banyak pria.

Apa yang Membuat Pattaya Menjadi Surga Fantasi bagi Para Lelaki?

Club malam.
Ilustrasi Club malam. Sumber; IST

Sobat Suka Fakta, pasti penasaran kan, apa sih yang membuat Pattaya begitu menarik bagi banyak lelaki? Pertama-tama, Pattaya menawarkan kebebasan dan berbagai jenis hiburan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Dari bar dan klub malam yang buka hingga larut malam, hingga berbagai jenis pertunjukan dan layanan dewasa, Pattaya benar-benar menyediakan semuanya. Selain itu, Pattaya juga memiliki banyak fasilitas yang mendukung gaya hidup mewah dan santai. 

Banyak ekspatriat yang memilih untuk menetap di sini karena iklim tropis yang menyenangkan, biaya hidup yang relatif rendah, dan ketersediaan berbagai layanan dan fasilitas. Semua faktor ini membuat Pattaya menjadi tempat yang sangat menarik bagi banyak pria dari seluruh dunia.

Bagaimana Kehidupan Malam di Pattaya Dibandingkan dengan Kota Lain di Thailand?

kehidupan malam kota pattaya
Potret Kehidupan malam yang ada di Kota Pattaya. Sumber: liputan6.com

Jika kita bandingkan dengan kota lain di Thailand, kehidupan malam di Pattaya memang memiliki keunikan tersendiri. Pattaya bahkan sering disebut-sebut lebih ‘liar’ dibandingkan Bangkok atau Phuket. 

Walking Street adalah pusat kehidupan malam Pattaya yang terkenal dengan bar-bar, klub malam, dan pertunjukan yang bisa dinikmati oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Di sisi lain, Bangkok memang terkenal dengan kehidupan malam yang semarak, tetapi lebih teratur daripada Pattaya. 

Phuket juga memiliki Patong Beach yang terkenal dengan kehidupan malamnya, tetapi atmosfernya berbeda dengan Pattaya yang lebih bebas dan terbuka. Keunikan inilah yang membuat Pattaya memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mencari pengalaman berbeda.

Apa Saja Aktivitas Populer yang Bisa Dilakukan di Pattaya Selain Bersenang-senang?

Sebelum-Perang-Vietnam-Pecah-Pattaya-Hanya-Sebuah-Desa-Nelayan-Kecil-Lek-Viriyaphan-
Potret Lek Viriyaphan tempat suci kebenaran Kota Pattalaya. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Pattaya juga menawarkan berbagai aktivitas seru lainnya yang bisa dinikmati oleh semua orang. Pertama, pantai-pantai di Pattaya sangat indah dan menawarkan berbagai aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan jet ski. Pantai utama Pattaya dan Pantai Jomtien adalah dua destinasi populer untuk menikmati keindahan laut dan berbagai olahraga air.

Selain pantai, Pattaya juga memiliki tempat-tempat wisata budaya dan sejarah yang menarik. Tempat Suci Kebenaran adalah salah satu contohnya, sebuah bangunan megah yang seluruhnya terbuat dari kayu dan menawarkan pemandangan arsitektur yang luar biasa. 

Kebun Raya Tropis Nong Nooch juga merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam dengan berbagai jenis tanaman tropis dan pertunjukan budaya.

Pattaya juga dikenal dengan berbagai festival dan acara tahunan yang menarik. Misalnya, Festival Musik Internasional Pattaya dan Festival Songkran Pattaya adalah dua acara besar yang menarik banyak wisatawan setiap tahunnya. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah mengeksplorasi berbagai aspek kota Pattaya, kita dapat melihat bahwa kota ini adalah lebih dari sekadar ibu kota seks dunia. Pattaya memiliki sejarah yang unik, berkembang dari sebuah desa nelayan kecil hingga menjadi pusat pariwisata utama di Thailand.

Dengan segala pesonanya, Pattaya tetap menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Thailand yang menawarkan pengalaman unik bagi setiap pengunjungnya. Jadi, kapan Sobat Suka Fakta akan berkunjung ke Pattaya dan menikmati semua yang ditawarkan kota ini?

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *