Fakta Unik

10 Permainan Tradisional Jawa Timur yang Bikin Kita Nostalgia

63
×

10 Permainan Tradisional Jawa Timur yang Bikin Kita Nostalgia

Sebarkan artikel ini
permainan tradisional jawa timur
Permainan Jawa Timur yang Bikin Kita Nostalgia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Di era digital seperti sekarang, anak-anak dan remaja lebih sering main gadget dan game online. Padahal, sebelum internet menguasai dunia, ada banyak permainan tradisional yang bikin masa kecil kita seru banget, salah satunya permainan tradisional Jawa Timur.

Permainan tradisional ini bukan cuma hiburan, tapi juga mengajarkan kita tentang kerja sama, ketangkasan, strategi, dan tentunya kebersamaan. Dulu, permainan ini mengisi hari-hari kita dengan tawa dan kebahagiaan. Sayangnya, sekarang permainan ini mulai terlupakan dan tergantikan oleh game digital yang lebih modern.

Tapi, penting banget nih buat kita kenalin lagi permainan tradisional ini ke generasi muda. Selain buat nostalgia, ini juga cara kita buat melestarikan budaya yang kaya akan nilai-nilai luhur. 

Nah, di artikel ini kita bakal bahas 10 permainan tradisional Jawa Timur yang bisa bikin kita kembali ke masa lalu. Siap buat nostalgia? Berikut 10 permainan tradisional Jawa Timur:

1. Jamuran

Jamuran
Permainan tradisional jawa timur, Jamuran. Sumber: Dok. tgrcampaign.com

Jamuran adalah salah satu permainan tradisional yang seru banget, Sobat Suka Fakta! Biasanya dimainkan di halaman rumah atau lapangan terbuka saat sore hari. Permainan ini bisa dimainkan oleh 4-12 orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Kalian tau bagaimana cara melakukan permainan Jamuran? Main Jamuran itu seru dan simpel. Pertama, undi siapa yang jadi pancer. Pancer dikelilingi pemain lain dalam lingkaran. Mereka berputar sambil nyanyi lagu Jamuran. Saat lagu berhenti, pancer tebak nama jamur, contohnya jamur payung. Pemain lain harus berdiri seperti jamur payung. Pancer gelitik pemain di sekitarnya. Yang ketawa ganti jadi pancer. Seru kan?

Apa manfaat permainan Jamuran? Permainan Jamuran mengajarkan kreativitas dan kerja sama serta mempererat hubungan sosial. Seru, kan?

2. Lompat Karet

Lompat Karet
Permainan tradisional jawa timur, Lompat Karet. Sumber: IST

Ada permainan yang disebut Lompat Karet yang sering dimainkan oleh anak perempuan. Mereka menggunakan karet yang diikat menjadi tali panjang. Permainan ini populer karena bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan dan gratis.

Bagaimana cara bermain lompat karet? Mainnya simpel. Dua orang pegang tali, yang lain lompat. Tali karet tinggi terus naik, dari kaki sampai kepala. Pemain bisa lompat gaya biar lebih seru. Yang bisa lompat paling jauh menang.

Apa manfaat dari permainan lompat karet? Bermain Lompat Karet bisa latih kebugaran dan ketangkasan. Selain itu, ajarkan sportivitas dan kreativitas.

3. Nekeran

Nekeran
Permainan tradisional jawa timur, Nekeran. Sumber: IST

Nekeran, atau lebih dikenal sebagai permainan kelereng, adalah salah satu permainan favorit anak laki-laki, Sobat Suka Fakta. Permainan ini biasanya dilakukan setelah pulang sekolah atau saat sore hari.

Kalian tau gimana cara bermain Nekaran? Kelereng dikumpulkan di lingkaran di tanah. Pemain menyentil kelereng untuk keluarkan kelereng lawan dari lingkaran. Kelereng yang dikeluarkan jadi milik pemain. Semakin banyak kelereng, semakin besar peluang menang.

Bermain Nekeran bermanfaat untuk melatih fokus dan keakuratan, serta memberi pelajaran tentang sportivitas dan ketekunan.

4. Patil Lele

Patil Lele
Permainan tradisional jawa timur, Patil Lele. Sumber: Dok. rumahbacagm.wordpress.com

Patil Lele adalah permainan yang memerlukan ketangkasan dan kekuatan fisik, Sobat Suka Fakta. Walaupun namanya Patil Lele, tapi permainan ini tidak menggunakan ikan lele sama sekali. Melainkan menggunakan dua batang kayu berbeda ukuran yang disebut gatrik.

Permainan Patil Lele melibatkan dua peran: pemukul dan penangkap. Pemukul meletakkan batang kayu kecil di atas lubang dan melontarkan menggunakan batang kayu panjang. Jika penangkap berhasil menangkap batang kayu, posisi akan berubah. Kalau tidak, mereka bisa mencoba melempar gatrik untuk mengubah posisi.

Manfaat Permainan Patil lele ialaha meningkatkan keterampilan motorik dan strategi. Selain itu, permainan ini juga berguna untuk melatih kekuatan tubuh dan responsif.

5. Bentengan

Bentengan
Permainan tradisional jawa timur, Bentengan. Sumber: Dok. kebandungan.desakupemalang.id

Permainan Bentengan adalah salah satu permainan tradisional Jawa Timur yang paling populer dan seru, Sobat Suka Fakta. Permainan ini melibatkan dua kelompok yang saling bersaing untuk mencapai benteng lawan.

Dalam permainan Bentengan, setiap tim terdiri dari 4 hingga 10 orang dengan benteng berupa pohon, tiang, atau benda lainnya. Strategi penting dalam menyerang dan mempertahankan benteng lawan.

Ketika pemain berlari dan tersentuh lawan, dia jadi tawanan. Hanya teman setim yang bisa menyelamatkannya. Tim yang menyentuh benteng lawan lebih dulu menang

Manfaat permainan Bentengan melatih kita untuk berpikir strategi, bekerja sama dalam tim, dan meningkatkan keterampilan fisik. Permainan ini juga mengajarkan nilai-nilai sportivitas dan kebersamaan.

6. Engklek

Engklek
Permainan tradisional jawa timur, Engklek. Sumber: Dok. freepik

Engklek adalah permainan lompat-lompatan yang sangat populer di kalangan anak perempuan, Sobat Suka Fakta. Permainan ini biasanya dimainkan di jalanan desa atau halaman rumah.

Gimana Cara Bermain Engklek? Buatlah kotak-kotak di tanah untuk main lompat kotak. Pemain harus melompati kotak dengan satu kaki, jangan sentuh garis. Gunakan batu untuk tandai kotak yang tabu. Pemain yang lompati semua kotak tanpa sentuh garis dan cepat, menang.

Manfaat bermain Engklek yaitu melatih keseimbangan tubuh, meningkatkan ketangkasan, serta fokus. Engklek juga membantu dalam mengembangkan sikap sportif dan menghormati peraturan yang ada.

7. Gobak Sodor

Gobak Sodor
Permainan tradisional jawa timur, Gobak Sodor. Sumber: Dok. orami.co.id

Gobak Sodor adalah permainan yang menggabungkan kekuatan fisik, strategi, dan kerja sama tim. Permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak, terutama saat pelajaran olahraga di sekolah.

Gimana sih Cara Bermain Gobak Sodor? Dalam permainan ini, dua tim berusaha menghalangi tim lawan melewati garis di lapangan. Tim yang berhasil melewati semua garis tanpa tersentuh adalah pemenangnya. Setiap tim terdiri dari 3-5 pemain.

Apa saja Manfaat Bermain Gobak Sodor? Gobak Sodor mengajarkan tentang kerja sama, strategi, dan ketangkasan tim. Permainan ini juga meningkatkan kemampuan fisik dan reaksi cepat.

8. Congklak

Congklak
Permainan tradisional jawa timur, Congklak. Sumber: Dok. sukabumiupdate.com

Congklak adalah permainan klasik yang dimainkan dengan papan berlubang dan biji-bijian, Sobat Suka Fakta. Permainan congklak sangat populer di seluruh Indonesia dan memiliki banyak nama lain, seperti dakon atau nogarata.

Gimana cara Bermain Congklak? Permainan congklak dimainkan oleh dua orang dengan papan berisi 16 lubang. Setiap pemain memiliki 7 lubang kecil dan 1 lubang besar. Pemain mengambil biji dari lubang kecil dan menyebar ke lubang lain. Pemain menang jika memiliki banyak biji di lubang besar mereka.

Apa sih Manfaat Permainan Congklak? Bermain Congklak melatih ketelitian, strategi, dan berhitung. Juga mengajarkan kesabaran dan sportivitas.

9. Ongsrotan

permainan tradisional jawa timur
Permainan tradisional jawa timur, Ongsrotan. Sumber: Dok. muffingraphics.com

Apa itu Permainan Ongsrotan? Ongsrotan adalah permainan tradisional dari Gresik, Jawa Timur, yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Permainan ini biasanya dimainkan saat malam hari atau ketika bulan purnama. Ongsrotan juga dikenal dengan nama padang bulan karena sering dimainkan saat bulan purnama.

Gimana cara Bermain Ongsrotan? Cara Bermainnya ialah dengan membuat garis pembatas di tanah. Pemain, yang harus berjumlah genap atau berpasangan, melempar pecahan ubin atau atap dari tanah liat ke dalam kotak pembatas yang sudah dibuat. Pemain yang berhasil melempar pecahan dengan tepat adalah pemenangnya.

Apa saja Manfaat Permainan Ongsrotan? Manfaat bermain Ongsrotan adalah belajar tentang ketepatan dan konsentrasi serta mempererat hubungan antar pemain.

10. Karapan Sapi

Karapan Sapi
Permainan tradisional jawa timur, Karapan Sapi. Sumber: Dok. indeksmedia.id

Karapan Sapi adalah permainan tradisional yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Permainan ini melibatkan sapi yang dihias dan dipacu dalam lomba lari sejauh 100 meter, Sobat Suka Fakta.

Cara Bermain Karapan Sapi adalah memacu sapi di lintasan secepat mungkin dengan dekorasi khusus. Pemenangnya ditentukan dari kecepatan sapi dan keterampilan pemain.

Manfaat permainan Karapan Sapi ialah mengajarkan kecepatan dan keterampilan serta menunjukkan hubungan baik antara manusia dan hewan. Permainan ini juga mencerminkan budaya dan tradisi lokal yang kuat.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itu tadi 10 permainan tradisional Jawa Timur yang bikin kita nostalgia. Dari Jamuran yang seru dan penuh tawa, Lompat Karet yang melatih ketangkasan, Nekeran yang mengasah konsentrasi, hingga Karapan Sapi yang menunjukkan kearifan lokal Madura. Setiap permainan memiliki keunikan dan manfaatnya sendiri.

Permainan tradisional Jawa Timur bukan cuma sekadar hiburan masa kecil. Mereka mengandung nilai-nilai sosial, budaya, dan edukatif yang sangat berharga. Melestarikan permainan ini berarti juga melestarikan warisan budaya kita.

Jadi, mari kita kenalkan permainan-permainan ini kepada generasi muda, agar mereka juga bisa merasakan keseruan dan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, Sob!

REFERENSI

  • Traveloka. (n.d.). Permainan Tradisional Jawa Timur. Diakses dari https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/permainan-tradisional-jawa-timur-acc/330080
  • Mamasewa. (n.d.). Daftar Permainan Tradisional Jawa Timur untuk Anak-Anak. Diakses dari https://mamasewa.com/blog/daftar-permainan-tradisional-jawa-timur-untuk-anak-anak/
  • Beautynesia. (n.d.). Permainan Tradisional Anak-Anak di Jawa Timur. Diakses dari https://www.beautynesia.id/life/permainan-tradisional-anak-anak-di-jawa-timur/b-112887
  • Infosurabaya. (n.d.). Tujuh Permainan Tradisional Anak di Surabaya. Diakses dari https://infosurabaya.net/lifestyle/tujuh-permainan-tradisional-anak-di-surabaya/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *