Fakta Unik

9 Permainan Tradisional Bali dan Cara Memainkannya

50
×

9 Permainan Tradisional Bali dan Cara Memainkannya

Sebarkan artikel ini
Permainan Tradisional Bali
Permainan Tradisional Bali dan Cara Memainkannya. Sumber: Dok. orami.co.id

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka main game online sampai lupa waktu? Pasti banyak banget, ya! Tapi, pernah nggak sih kalian main permainan tradisional Bali? Permainan tradisional tuh nggak cuma seru,Sob, tapi juga punya cerita dan makna yang dalem banget, lho!

Nah, daripada makin penasaran, langsung aja yuk kita nostalgia bareng sambil kenalan lebih dekat sama 9 permainan tradisional Bali yang wajib banget kalian coba! Siap-siap buat ketawa-ketiwi dan seru-seruan, ya! 

Ini dia 9 permainan tradisional di Bali:

1. Meong-Meongan

permainan tradisional bali
Permainan tradisional bali, Meong-Meongan. Sumber: Dok. chrome-extension

Sobat Suka Fakta, pernah denger permainan Meong-meongan? Ini nih salah satu permainan tradisional Bali yang paling kocak! Gimana nggak kocak, coba? Kita bakal pura-pura jadi kucing sambil ngumpet dan kejar-kejaran. Lucu banget, deh!

Cara mainnya gampang banget. Pertama, kita nentuin siapa yang jadi kucingnya. Nah, kucing ini tugasnya nyari dan nangkep pemain lain yang ngumpet. Kalau ketangkep, gantian deh jadi kucing. Seru banget, kan?!

Meong-meongan ini nggak cuma bikin ngakak, tapi juga mengajari kita buat lebih lincah dan cepat tanggap. Selain itu, kita juga belajar tentang strategi dan kerja sama. Keren, kan?!

2. Cak Cak Emok

Cak Cak Emok
Permainan tradisional bali, Cak Cak Emok. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat deg-degan sama permainan Cak Cak Emok! Permainan ini tuh kayak petak umpet.. Cara mainnya gampang banget. Pertama, kita nentuin siapa yang jaga. Nah, yang jaga ini tugasnya menutup mata dan menghitung sampai sepuluh. 

Sambil ngitung, pemain lain pada ngumpet. Habis ngitung, yang jaga mulai nyari pemain lain. Kalau ketemu, yang jaga harus nepuk pemain itu sambil bilang “Cak!”. Seru banget, kan?!

Cak Cak Emok ini nggak cuma bikin deg-degan, tapi juga ngajarin kita buat lebih sabar dan tenang. Selain itu, kita juga belajar tentang strategi dan kemampuan observasi. Keren, kan?!

3. Gangsing

permainan tradisional bali
Permainan tradisional bali, Gangsing. Sumber: Dok. student-activity.binus.ac.id

Sobat Suka Fakta, pernah main gangsing? Ini nih salah satu permainan tradisional Bali yang paling bikin takjub! Gimana nggak takjub, coba? Kita bisa bikin gangsing muter-muter lama banget. 

Cara mainnya gampang banget. Pertama, kita pegang gangsing terus puter sekenceng-kencengnya. Nah, gangsing ini bakal muter-muter sendiri di atas tanah. Keren banget, kan?!

Gangsing ini nggak cuma bikin takjub, tapi juga ngajarin kita tentang keseimbangan dan fokus. Selain itu, kita juga belajar tentang fisika dan mekanika sederhana. Keren, kan?!

4. Tajog

Tajog
Permainan tradisional bali, Tajog. Sumber: Dok. redaksi9.com

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat semangat sama permainan Tajog! Permainan ini tuh mirip kayak perang-perangan, tapi pake bambu. Seru banget, deh! Cara mainnya juga gampang banget. 

Pertama, kita harus bagi para pemain jadi dua kelompok. Nah, masing-masing kelompok punya bambu yang udah dikasih ujung runcing. Terus, kita saling serang pake bambu itu. Tapi, jangan sampai kena badan, ya!

Tajog ini nggak cuma bikin semangat, tapi juga ngajarin kita tentang keberanian dan sportivitas. Selain itu, kita juga belajar tentang taktik dan strategi perang. Keren, kan?!

5. Suntikan/Templong

Suntikan Templong
Permainan tradisional bali, Suntikan Templong. Sumber: Dok. kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat melatih kelincahan sama permainan Suntikan atau Templong! Permainan ini tuh kayak lempar tangkap, tapi pake bola yang dibikin dari daun kelapa. Unik banget, kan?!

Cara mainnya gampang banget. Pertama, kita bagi jadi dua kelompok. Nah, masing-masing kelompok punya bola. Terus, kita saling lempar bola itu ke kelompok lawan. Kalau kena, pemain itu keluar. 

Suntikan atau Templong ini nggak cuma bikin lincah, tapi juga ngajarin kita tentang ketangkasan dan koordinasi. Selain itu, kita juga belajar tentang kerja sama tim dan strategi. Keren, kan?!

6. Bakiak

Bakiak
Permainan tradisional bali, Bakiak. Sumber: izarman

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat kompak sama permainan Bakiak! Permainan ini tuh pake sandal kayu panjang yang harus dinaikin bareng-bareng sama teman-teman. Cara mainnya juga gampang banget! 

Pertama, kita bagi jadi beberapa kelompok. Nah, masing-masing kelompok dapat satu bakiak. Terus, kita jalan atau lari bareng-bareng pake bakiak itu. Kelompok yang paling cepat sampai garis finish lah yang bakal menang!

Bakiak ini nggak cuma bikin kompak, tapi juga ngajarin kita tentang kerja sama dan koordinasi. Selain itu, kita juga belajar tentang keseimbangan dan kesabaran. Keren, kan?

7. Engklek/Sumpit

Engklek Sumpit
Permainan tradisional bali, Engklek Sumpit. Sumber: Dok. id.theasianparent.com

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat kreatif sama permainan Engklek atau Sumpit! Permainan ini tuh pake gambar kotak-kotak di tanah yang harus dilompati pake satu kaki.  Cara mainnya gampang banget. 

Pertama, kita gambar kotak-kotak di tanah. Terus, kita lempar batu kecil ke salah satu kotak. Nah, kita harus melompati kotak-kotak itu pake satu kaki tanpa boleh kena kotak yang ada batunya.

Engklek atau Sumpit ini nggak cuma bikin kreatif, tapi juga mengajari kita tentang keseimbangan dan konsentrasi. Selain itu, kita juga belajar tentang angka dan geometri. Keren, kan?!

8. Congklak

Congklak.
Permainan tradisional bali, Congklak. Sumber: dok. flickr.com

Sobat Suka Fakta, siap-siap buat melatih kecerdasan sama permainan Congklak! Permainan ini tuh pake papan kayu yang ada lubang-lubangnya. Terus, kita bakal masukin biji-bijian ke lubang itu.

Cara mainnya gampang banget. Pertama, kita bagi biji-bijian sama rata ke semua lubang. Terus, kita ambil biji dari salah satu lubang terus masukin satu-satu ke lubang selanjutnya. Kalau biji terakhir jatuh di lubang kosong, kita dapat giliran lagi. 

Permainan congklak ini nggak cuma bikin cerdas, tapi juga mengajarkan kita tentang strategi dan perhitungan. Selain itu, kita juga belajar tentang kesabaran dan sportivitas. Keren, kan?!

9. Lempar Batu

permainan tradisional bali
Permainan tradisional bali, Lempar Batu. Sumber: Dok. kumparan.com

Permainan ini simpel banget, tapi seru abis! Kita cuma butuh batu kecil dan target buat dilempar. Cara mainnya juga gampang banget. Pertama, kita cari batu kecil yang enak buat dilempar. Terus, kita tentukan targetnya, bisa pohon, tiang, atau benda lain. 

Nah, kita lempar deh batu itu ke arah target. Siapa yang paling deket sama target, dia yang menang! Lempar Batu ini nggak cuma bikin jago bidik, tapi juga ngajarin kita tentang konsentrasi dan akurasi. Selain itu, kita juga belajar tentang kekuatan dan kontrol. 

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itu dia 9 permainan tradisional Bali yang wajib banget kalian coba! Permainan tradisional Bali bukan cuma sekedar permainan, tapi juga bagian dari identitas dan warisan budaya kita. Lewat permainan ini, kita bisa belajar banyak hal, mulai dari kerja sama, sportivitas, sampai strategi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajak teman-teman, saudara, atau keluarga buat main permainan tradisional Bali bareng-bareng! Dijamin bakal seru abis! Jangan lupa share pengalaman kalian di kolom komentar, ya!

REFERENSI

  • Ayu, N. K. R. (2023, Januari 23). 7 Permainan Tradisional Bali yang Sarat Makna dan Seru Dimainkan. https://www.orami.co.id/magazine/permainan-tradisional-bali.
  • BaliSpirit. (2019, September 24). Traditional Games of Bali: The Fun & Cultural Importance. https://www.balispirit.com/.
  • Now! Bali. (2016, Mei 27). Traditional Games of Bali. https://www.nowbali.co.id/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *