Misteri

Jejak Mistis Pelabuhan Ratu: Ada Pintu Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul

53
×

Jejak Mistis Pelabuhan Ratu: Ada Pintu Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul

Sebarkan artikel ini
pelabuhan ratu
Jejak Mistis Pelabuhan Ratu Pintu Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan jalan-jalan virtual ke salah satu destinasi wisata yang nggak cuma indah, tapi juga penuh dengan cerita misteri. Yup, betul banget, kita akan bahas tentang Pelabuhan Ratu yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. 

Tempat ini nggak cuma menawarkan panorama alam yang memukau, tapi juga menyimpan segudang mitos dan legenda yang terkenal. Coba, siapa sih yang nggak kenal dengan urban legend Nyi Roro Kidul si ratu laut selatan ini?! 

Nah, buat kalian yang suka dengan cerita-cerita horor dan seru, simak terus ya artikel ini. Kita akan bahas satu per satu fakta-fakta misteri yang ada di Pelabuhan Ratu. So, langsung aja kita mulai dari fakta yang pertama!

1. Ada Pantangan Menggunakan Pakaian Hijau

 pakaian hijau
Ilustrasi wanita memakai pakaian hijau. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar nggak kalau ke Pantai Pelabuhan Ratu atau pantai-pantai di selatan Pulau Jawa itu ada pantangan pakai pakaian warna hijau? Mitos ini udah jadi rahasia umum di kalangan wisatawan dan masyarakat setempat. 

Konon katanya, warna hijau adalah warna favorit Nyi Roro Kidul, sang ratu laut selatan. Nah, sebagai bentuk penghormatan, kita yang berkunjung ke wilayahnya nggak boleh pakai warna ini biar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Kisah-kisah mistis pun sering terdengar dari orang-orang yang nekat melanggar pantangan ini. Ada yang mengaku mengalami kejadian aneh hingga merasa ditarik ke laut. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta pengen main aman, sebaiknya hindari pakai pakaian warna hijau saat berkunjung ke Pelabuhan Ratu, ya!

2. Kamar 308 Didedikasikan untuk Ratu Pantai Selatan

pelabuhan ratu
Potret kamar 308. Sumber: Dok. avwe.blogspot.com

Di Pelabuhan Ratu ada sebuah hotel yang cukup terkenal dengan cerita mistisnya, yaitu Hotel Inna Samudra. Hotel ini punya kamar khusus yang didedikasikan untuk Nyi Roro Kidul, yakni kamar nomor 308. 

Kamar ini dihiasi dengan dekorasi serba hijau dan terdapat lukisan besar sang ratu laut. Menurut kepercayaan, warna hijau memang disukai oleh Nyi Roro Kidul. Kamar ini terbuka untuk umum dan sering kali ada tamu yang datang untuk meletakkan sesaji di sana.

Banyak juga pengunjung yang mengaku merasakan aura mistis saat menginap di kamar ini. Buat Sobat Suka Fakta yang berani dan penasaran, boleh banget coba menginap di kamar 308 ini. Siapa tahu kalian bisa merasakan pengalaman mistis yang tak terlupakan!

3. Ada Pintu Gaib Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul

 Pantai parangtritis
Potret Pantai Parangtritis. Sumber: IST

Konon, di Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo ada pintu gaib yang menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain di kerajaan Nyi Roro Kidul. Mitos ini sering dikaitkan dengan banyaknya kasus orang tenggelam di pantai-pantai tersebut. Katanya, mereka yang tenggelam sebenarnya ditarik ke dalam kerajaan Nyi Roro Kidul.

Meskipun terdengar seperti cerita legenda, namun banyak masyarakat setempat yang masih mempercayai keberadaan pintu gaib ini. Kepercayaan ini makin menambah kesan mistis dan seram pada pantai-pantai di selatan Jawa. 

4. Karang Hawu Jadi Singgasana Nyi Roro Kidul

Karang Hawu
Potret Pantai Karang hawu. Sumber: Dok. ksmtour

Sobat Suka Fakta, di Teluk Pelabuhan Ratu ada sebuah pantai yang terkenal dengan keindahan dan keangkerannya, yaitu Pantai Karang Hawu. Pantai ini dikenal dengan bebatuan karangnya yang indah, namun juga menyimpan cerita mistis tentang Nyi Roro Kidul. 

Salah satu tebing di pantai ini disebut-sebut sebagai singgasana Nyi Roro Kidul. Menurut legenda, Dewi Kadita, yang frustasi karena penyakit kulitnya, menceburkan diri ke laut di tebing ini dan kemudian berubah menjadi Nyi Roro Kidul.

Bagi Sobat Suka Fakta yang suka petualangan dan cerita mistis, Pantai Karang Hawu bisa jadi tempat yang pas untuk dikunjungi. Jangan lupa, tetap jaga adab dan perilaku saat berada di sana ya!

Legenda Nyi Roro Kidul Sangat Berpengaruh pada Budaya Lokal

Nyi Roro kidul
Potret ritual penghormatan kepada Nyi Roro kidul. Sumber: Dok. jatim.inews.id

Pelabuhan Ratu nggak cuma terkenal dengan keindahan alam dan mitos-mitosnya, tapi juga dengan kehidupan tradisional dan kepercayaan masyarakat setempat. Di mana, legenda Nyi Roro Kidul punya pengaruh besar terhadap budaya lokal. 

Masyarakat setempat masih sering mengadakan ritual dan upacara untuk menghormati sang ratu laut. Ritual ini biasanya dilakukan di pantai-pantai selatan dan menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Cerita-cerita rakyat dan kepercayaan turun-temurun ini membuat Pelabuhan Ratu jadi destinasi yang menarik untuk Sobat Suka Fakta yang ingin belajar lebih dalam tentang budaya lokal. 

Mengunjungi tempat-tempat ini bukan hanya tentang menikmati pemandangan, tapi juga tentang menghargai dan memahami kearifan lokal. Jadi, ketika berwisata ke sini, ingatlah untuk selalu menghormati tradisi dan kepercayaan yang ada.

Cerita Mistisnya Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

pelabuhan ratu.
Potret keramaian wisata pelabuhan ratu. Sumber: Dok. Nandi

Sobat Suka Fakta, uniknya, cerita-cerita mistis ini justru menarik banyak wisatawan untuk datang dan merasakan langsung suasana mistis di sana. Wisatawan dari berbagai daerah telah menjadikan Pelabuhan Ratu sebagai destinasi favorit.

Mitos-mitos ini juga membantu mempromosikan pariwisata lokal dan memberikan penghasilan bagi masyarakat setempat. Jadi, meski terkesan menyeramkan, mitos-mitos ini punya sisi positif yang mendukung perkembangan pariwisata di Pelabuhan Ratu.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa cerita mistis dan fakta menarik tentang Pelabuhan Ratu. Tempat ini memang punya daya tarik yang luar biasa, baik dari segi keindahan alam maupun cerita-cerita mistisnya. 

Jadi, kalau kalian pengen merasakan sensasi berbeda saat berlibur, Pelabuhan Ratu bisa jadi pilihan yang tepat. Ingat, selalu jaga adab dan hormati kepercayaan lokal saat berkunjung ke sana. 

Selain menikmati panorama yang memukau, kita juga harus menghargai cerita dan tradisi yang ada. Dengan begitu, pengalaman berlibur kita di Pelabuhan Ratu akan semakin berkesan dan penuh makna.

REFERENSI:

  • HaloPedeka.com. (n.d.). Inilah 4 Mitos Wisata Pantai Pelabuhan Ratu, Benarkah Ada Pintu Gaib di Tengah Laut? Diakses dari https://www.halopedeka.com/analisis/5769932901/inilah-4-mitos-wisata-pantai-pelabuhan-ratu-benarkah-ada-pintu-gaib-di-tengah-laut
  • KoranMemo.com. (n.d.). 4 Mitos Wisata Pantai Pelabuhan Ratu, Benarkah Ada Pintu Gaib di Tengah Laut? Diakses dari https://www.koranmemo.com/wisata-travelling/pr-1924121878/4-mitos-wisata-pantai-pelabuhan-ratu-benarkah-ada-pintu-gaib-di-tengah-laut
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *