Misteri

8 Fakta Kasus Pembunuhan Jill Dando, Masih Menjadi Teka-teki dan Penuh Misteri

122
×

8 Fakta Kasus Pembunuhan Jill Dando, Masih Menjadi Teka-teki dan Penuh Misteri

Sebarkan artikel ini
8 Fakta Kasus Pembunuhan Jill Dando, Masih Menjadi Teka-teki dan Penuh Misteri
8 Fakta Kasus Pembunuhan Jill Dando, Masih Menjadi Teka-teki dan Penuh Misteri. Sumber: news.sky

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal ngobrolin salah satu kasus pembunuhan paling heboh di Inggris, yaitu pembunuhan Jill Dando. Kalian mungkin udah pernah denger namanya, apalagi kalau suka nonton serial dokumenter kriminal. Kasus pembunuhan Jill Dando ini memang penuh misteri dan sampai sekarang masih jadi teka-teki besar.

Jill Dando itu seorang jurnalis dan presenter TV terkenal di Inggris yang kariernya meroket di tahun 1990-an. Kematiannya pada tahun 1999 jadi sorotan besar dan memicu salah satu investigasi kriminal terbesar dalam sejarah Inggris. 

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas delapan fakta menarik seputar kasus pembunuhan Jill Dando. Artikel ini nggak cuma buat ngasih info, tapi juga biar kita semua bisa ngerti betapa kompleksnya kasus ini. Jadi, yuk kita simak lebih lanjut untuk tahu detail dari setiap fakta menarik di balik kasus pembunuhan Jill Dando ini!

Baca Juga : 10 Fakta Mengerikan Tentang Hinterkaifeck Murders, Pembunuhan Tragis Di Peternakan

1. Jill Dando, Jurnalis BBC yang Jadi Penyiar Berita Favorit di Inggris

Jill jando.
Potret Jill jando. Sumber: BBC

Sobat Suka Fakta, sebelum kita masuk ke detail kasusnya, yuk kita kenalan dulu sama Jill Dando. Jill lahir di Weston-super-Mare, Somerset, Inggris, pada 9 November 1961. Dia memulai karier jurnalistiknya setelah lulus dari Institut Pendidikan Tinggi South Glamorgan.

Jill pertama kali bekerja sebagai reporter untuk koran lokal, Weston Mercury, sebelum akhirnya bergabung dengan BBC. Di BBC, karier Jill melesat. Dia mulai dikenal luas setelah menjadi pembawa acara di berbagai program berita dan talk show terkenal seperti “Breakfast Time”, “BBC Six O’Clock News”, dan “Crimewatch”. 

Kepribadiannya yang hangat dan penuh empati membuatnya jadi salah satu penyiar berita paling disukai di Inggris. Selain itu, Jill juga dikenal karena penampilannya yang selalu ceria dan gaya berpakaian yang elegan, yang bahkan sempat dibandingkan dengan Putri Diana.

2. Meninggal karena Ditembak saat Hendak Masuk ke Rumahnya

Penembakan
Ilustrasi penembakan Jill dando. Sumber: IST

Pada 26 April 1999, Jill Dando tewas di depan pintu rumahnya di Fulham, London. Hari itu, sekitar pukul 11:30 pagi, Jill baru saja pulang dan hendak masuk ke rumahnya ketika seorang penyerang tak dikenal menembaknya dari jarak dekat. Peluru menembus kepalanya, dan dia langsung terjatuh di depan pintu rumahnya.

Hanya 15 menit kemudian, seorang tetangga menemukan tubuh Jill tergeletak dan segera memanggil ambulans. Jill dilarikan ke Rumah Sakit Charing Cross, namun sayangnya, nyawanya tidak bisa diselamatkan dan dia dinyatakan meninggal pada pukul 13:03. Berita kematian Jill langsung menggemparkan Inggris dan menjadi headline di berbagai media.

Baca Juga : 10 Fakta Kasus Pembunuhan JonBenét Ramsey, Sang Kakak Dicurigai Sebagai Tersangka!

3. Kasus Pembunuhan ini Jadi Salah Satu Investigasi Kriminal Terbesar di Sejarah Inggris

CCTV.
Ilustrasi melihat CCTV. Sumber: IST

Kasus pembunuhan Jill Dando menjadi salah satu investigasi kriminal terbesar dalam sejarah Inggris. Skala investigasi ini benar-benar luar biasa, Sobat Suka Fakta. Polisi mengerahkan semua sumber daya yang ada untuk mengungkap siapa pelakunya.

Bayangin aja, ada 1.393 calon tersangka yang diidentifikasi dalam kasus ini. Selain itu, polisi juga mengumpulkan dan menganalisis rekaman CCTV selama 500 jam untuk mencari petunjuk. Nggak cuma itu, pihak berwenang bahkan menawarkan hadiah sebesar £250.000 untuk informasi yang bisa mengarah pada penangkapan pelaku.

Namun, meski dengan segala upaya dan sumber daya yang dikerahkan, kasus ini tetap belum terpecahkan hingga sekarang. Banyak teori yang muncul tentang siapa yang mungkin membunuh Jill Dando, dan itulah yang akan kita bahas di bagian selanjutnya.

4. Barry George, Satu-Satunya Tersangka yang Pernah Diadili

Barry George,
Potret Barry George, Sumber: evidencebasedjustice

Sobat Suka Fakta, salah satu teori yang paling banyak dibicarakan adalah keterlibatan Barry George. Barry George adalah satu-satunya orang yang pernah diadili atas pembunuhan Jill Dando.  Siapa sih Barry George ini?

Dia adalah seorang pria penyendiri yang tinggal nggak jauh dari rumah Jill. George punya riwayat menguntit wanita dan beberapa pelanggaran seksual, jadi dia memang sudah dikenal oleh pihak berwenang.

Sehari setelah pembunuhan, polisi menerima panggilan anonim tentang “pria yang tidak stabil secara mental” yang tinggal hanya 500 meter dari rumah Jill. Ketika polisi menggeledah flatnya, mereka menemukan banyak hal mencurigakan, termasuk bagian dari sarung senjata, daftar senjata api, dan liputan media tentang Jill. 

Ada juga foto seorang pria memegang pistol dan memakai masker gas, meskipun George menyangkal itu dirinya. Sebuah partikel sisa tembakan di dalam saku jaket George menjadi bukti kunci dalam kasus ini, dan dia akhirnya dinyatakan bersalah. 

Namun, setelah menjalani delapan tahun penjara, hukumannya dibatalkan pada tahun 2008 karena bukti tembakan tersebut dianggap tidak cukup kuat. Pengacara George, Michael Mansfield, berpendapat bahwa kasus ini seharusnya tetap terbuka dan terus diselidiki.

Baca Juga : Fakta Kematian The Boy in The Box, Kasus 65 Tahun yang Masih Menjadi Misteri

5. Ada Spekulasi Bahwa Pelakunya Adalah Mantan Pacar Jill yang Cemburu

Jill Dando dikenal punya banyak hubungan asmara yang menarik perhatian. Beberapa orang berpikir bahwa mungkin mantan pacar atau kekasih yang cemburu bisa menjadi pelaku pembunuhan ini. Nah, Jill pernah tinggal bersama produser televisi Bob Wheaton sebelum hubungan mereka berakhir.

Dia juga sempat punya hubungan yang dia sebut “Sangat Lady Chatterley” dengan Simon Basil, seorang penjaga permainan dari Afrika Selatan. Pada awal 1999, Jill bertunangan dengan ahli bedah-ginekologi Alan Farthing dan telah kembali dari rumahnya di Chiswick pada hari kematiannya. 

Namun, meskipun ada beberapa hubungan asmara, polisi tidak menemukan bukti yang menunjukkan keterlibatan mantan pacar atau kekasih dalam kematiannya. Semua pria yang pernah punya hubungan dengan Jill akhirnya dikecualikan sebagai tersangka setelah penyelidikan menyeluruh.

6. Ada Dugaan Jill Dando Dibunuh oleh Pembunuh Bayaran Serbia

Kasus pembunuhan Jill Dando.
Kasus pembunuhan Jill Dando. Sumber: IST

Hanya 48 jam setelah Jill dibunuh, muncul teori bahwa dia mungkin dibunuh oleh pembunuh bayaran Serbia. Teori ini muncul karena hanya 20 hari sebelum kematiannya, Jill menyampaikan Permohonan Krisis Kosovo yang mengumpulkan lebih dari £1 juta dalam 24 jam untuk membantu para pengungsi yang melarikan diri dari Balkan.

Beberapa hari sebelum pembunuhan itu, NATO mengebom sebuah stasiun TV di Serbia, menewaskan 16 karyawannya. Setelah itu, BBC menerima beberapa ancaman termasuk dari seorang Serbia yang mengklaim bahwa dia telah membunuh Jill sebagai balas dendam.

Polisi mencoba menyelidiki panggilan tersebut, tetapi sayangnya, tidak ada bukti yang cukup untuk menghubungkan ancaman itu dengan pembunuhan Jill. Pada 2012, tuduhan muncul bahwa Jill adalah salah satu dari dua jurnalis yang dieksekusi oleh pembunuh bayaran Serbia dalam serangan balas dendam. 

Pengacara Barry George, Michael Mansfield, mengatakan kepada pengadilan bahwa Badan Intelijen Kriminal Nasional mendapat laporan yang menyatakan bahwa pembunuhan Jill adalah pembalasan terhadap pemboman Radio Televisi Serbia.

Baca Juga : 11 Fakta Kasus Pembunuhan Zodiac Killer, Masih Belum Terpecahkan Dalam Sejarah!

7. Mantan Detektif Polisi Mencurigai Jill Dibunuh oleh Penjahat Besar London

Sobat Suka Fakta, teori berikutnya yang nggak kalah menarik adalah kemungkinan bahwa Jill dibunuh oleh penjahat dari dunia bawah tanah London atau bahkan pembunuh bayaran profesional. 

Pada 2015, mantan detektif polisi Surrey, Mark Williams-Thomas, yang sekarang jadi jurnalis investigasi, mengemukakan bahwa Jill mungkin dibunuh atas perintah seorang penjahat besar dari dunia kriminal London, yang dikenal sebagai Mr Big.

Williams-Thomas menyatakan bahwa setelah menelusuri 52.000 dokumen dalam arsip Dando, dia menemukan laporan intelijen yang menyebutkan dua pria dari London Utara yang mungkin bekerja untuk geng kejahatan terorganisir. 

Kabarnya, mereka mematahkan senjata yang diduga digunakan sebagai senjata pembunuhan menjadi empat bagian sebelum membuangnya ke kanal di Islington. Namun, laporan ini kurang meyakinkan karena salah satu pria tersebut diidentifikasi dan ternyata tidak ada hubungan dengan keluarga kriminal, sementara pria lainnya tidak pernah ditemukan.

8. Kasus Pembunuhan Jill Dando Diangkat Jadi Serial Dokumenter

Jill Dando
Film pembunuhan Jil dando berjudul “Who Killed Jill Dando. Sumber: netflix

Kasus pembunuhan Jill Dando nggak hanya menarik perhatian publik dan polisi, tapi juga jadi topik berbagai serial dokumenter. Salah satu yang terbaru adalah serial tiga bagian berjudul “Who Killed Jill Dando?” yang tayang di Netflix.

Serial ini menggali lebih dalam tentang kehidupan Jill, kasus pembunuhannya, dan berbagai teori yang ada. Dokumenter ini juga menampilkan wawancara dengan keluarga, teman, jurnalis, serta polisi yang terlibat dalam investigasi.

Salah satu teori yang paling menonjol adalah teori dari saudara laki-laki Jill, Nigel Dando. Nigel percaya bahwa Jill mungkin dibunuh oleh seseorang yang kebetulan berada di jalan pada saat itu, yang mengenalinya dan berpikir bisa mendapatkan lima menit ketenaran dengan menembaknya.

Kasus ini juga menunjukkan betapa besar dampaknya terhadap masyarakat Inggris. Banyak orang masih ingat dan berbicara tentang Jill, menunjukkan betapa besar pengaruhnya semasa hidup. Meski sudah lebih dari dua dekade berlalu, kasus ini masih belum terpecahkan dan terus memicu minat publik.

Baca Juga : 10 Fakta Kasus Pembunuhan Elizabeth Short Black Dahlia, 500 Orang Mengaku Menjadi Tersangka Utama!

Kesimpulan

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah delapan fakta menarik tentang kasus pembunuhan Jill Dando. Dari profil singkat Jill yang mengesankan, kronologi tragis pembunuhannya, hingga berbagai teori yang mencoba mengungkap siapa pelaku sebenarnya, kasus ini memang penuh dengan misteri. Hingga kini, pertanyaan tentang siapa yang membunuh Jill Dando masih belum terjawab.

Namun, harapan untuk mengungkap kebenaran tetap ada. Dengan perhatian yang terus diberikan oleh publik, media, dan keluarga, siapa tahu suatu hari nanti kita bisa mendapatkan jawaban yang pasti. Sementara itu, mari kita terus mengikuti perkembangan kasus ini dan berharap yang terbaik untuk keadilan bagi Jill Dando.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Suka Fakta. Semoga informasi ini menambah wawasan kalian dan membuat kita semua lebih waspada. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca Juga : Mengenal Jack The Ripper, Pembunuh Berantai Paling Terkenal Dalam Sejarah

Referensi :

  • LBC. “Who Killed Jill Dando? The Main Theories Behind Britain’s Biggest Unsolved Murder.” LBC, https://www.lbc.co.uk/news/who-killed-jill-dando-the-main-theories-behind-britains-biggest-unsolved-murder/. Accessed 21 May 2024.
  • People. “Jill Dando Murder: British Broadcaster’s Mystery.” People, https://people.com/jill-dando-murder-british-broadcaster-mystery-8638468#:~:text=Dando%2C%20who%20was%2037%20years,to%20escape%20the%20scene%20undetected. Accessed 21 May 2024.
  • BBC. “Jill Dando: The 24-Year-Old Murder Mystery Gripping the UK.” BBC, 2023, https://www.bbc.com/news/entertainment-arts-66783495. Accessed 21 May 2024.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *