Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Lima yang Jarang diketahui

193
×

10 Fakta Menarik Lima yang Jarang diketahui

Sebarkan artikel ini
Kota Lima
Kota Lima. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan jalan-jalan virtual ke salah satu kota yang sering menjadi destinasi impian banyak traveler, yaitu Lima, ibu kota Peru. Sebagai ibu kota, Lima bukan cuma kota besar yang penuh dengan kehidupan modern, Sob, tapi juga menyimpan banyak cerita sejarah dan budaya yang menarik untuk dijelajahi.  

Kalau kamu berpikir Lima hanya tentang Machu Picchu atau ceviche, kamu bakal terkejut dengan banyaknya fakta menarik yang disimpan kota ini. Lima adalah salah satu kota terbesar di Amerika Selatan yang menawarkan perpaduan unik antara masa lalu dan masa kini. 

Dari arsitektur kolonial yang megah hingga seni jalanan yang penuh warna, dari kuliner khas yang lezat hingga pemandangan pantai yang menakjubkan, semuanya bisa kamu temukan di Lima. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik Lima yang jarang diketahui, yang pastinya akan membuat kamu semakin penasaran dan ingin segera mengunjungi kota ini.

Siap-siap ya, Sobat Suka Fakta! Kita mulai petualangan ini dengan mengungkap sejarah panjang Lima. Lalu, kita akan berlanjut ke berbagai aspek menarik lainnya seperti geografi, bangunan bersejarah, budaya, kuliner, hingga kehidupan modern di kota ini. So, jangan sampai kelewatan satu pun fakta menarik yang ada, ya, Sob!

1. Lima Merupakan Ibu Kota Sekaligus Kota Terbesar di Peru

fakta menarik lima
Potret Kota Lima. Sumber: en.wikipedia.org

Hai Sobat Suka Fakta! Tahukah kamu kalau Lima adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Peru? Dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta orang, Lima menjadi pusat politik, ekonomi, dan budaya negara ini. Kota ini bukan hanya menjadi pusat administrasi sejak zaman kolonial, tetapi juga terus berkembang menjadi kota metropolitan yang dinamis.

Sejarah Lima dimulai pada 18 Januari 1535 ketika penakluk Spanyol, Francisco Pizarro, mendirikan kota ini. Pizarro memberi nama “Ciudad de los Reyes” atau “Kota Para Raja” sebagai penghormatan kepada Raja Charles V dan ibunya, Joanna dari Kastilia. Sejak saat itu, Lima tumbuh menjadi salah satu kota terpenting di Amerika Selatan.

Kamu mungkin penasaran, kenapa disebut “Kota Para Raja”? Jadi, ada dua versi cerita, Sobat Suka Fakta. Pertama, konon nama ini diberikan karena Pizarro mendirikan kota ini pada Hari Tiga Raja, sebuah hari penting dalam kalender Katolik. Kedua, nama ini mungkin diberikan sebagai penghormatan kepada Raja Charles V, Kaisar Romawi Suci, yang memerintah Spanyol pada saat itu.

Sebelum kedatangan Spanyol, wilayah yang kini dikenal sebagai Lima sudah dihuni oleh berbagai peradaban kuno, termasuk Schmas dan Inca. Mereka membangun sistem irigasi dan kanal yang canggih untuk mengalirkan air dari Sungai Rimac ke seluruh kota. Bahkan, banyak dari saluran air ini masih digunakan sampai sekarang!

Ketika Spanyol menaklukkan Peru, mereka membawa serta arsitektur, budaya, dan agama mereka. Ini terlihat jelas di pusat kota bersejarah Lima, di mana banyak bangunan kolonial masih berdiri kokoh hingga kini. Spanyol juga mendirikan banyak institusi penting, seperti Universitas Nasional San Marcos yang merupakan universitas tertua di Amerika.

Sebelum era kolonial, Lima didominasi oleh peradaban Schmas yang meninggalkan warisan seperti Pachacamac dan Huaca Pucllana. Selain itu, jalur Inca yang dikenal sebagai Qhapaq Ñan juga mencapai Lima, menghubungkan dataran tinggi dengan pantai. Bukti-bukti ini menunjukkan betapa pentingnya wilayah ini bahkan sebelum kedatangan Spanyol.

2. Kota Terbesar Kedua di Amerika Selatan yang Dibangun di Atas Gurun

Kota Lima
Potret Kota Lima yang di bangun di atas gurun. Sumber: en.wikipedia.org

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bahas geografi Lima yang unik banget. Kamu tahu gak sih kalau Lima dibangun di atas gurun? Yup, kota ini adalah kota terbesar kedua di Amerika Selatan yang dibangun di gurun setelah Kairo di Mesir. Meskipun terletak di gurun, Lima berhasil tumbuh dan berkembang menjadi kota besar dengan sistem irigasi yang canggih, lho, Sob!

Lima terletak di pesisir tengah Peru, menghadap langsung ke Samudra Pasifik. Lokasi strategis ini menjadikan Lima sebagai pelabuhan utama dan pusat perdagangan sejak zaman kolonial. Pemandangan pantai dan lautan yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Meski berada di gurun, iklim Lima cukup unik karena sejuk sepanjang tahun. Musim panasnya hangat tapi tidak terlalu panas, dan musim dinginnya sejuk dengan sedikit curah hujan. Jangan harap ada hujan deras di sini, karena Lima lebih sering mengalami gerimis daripada hujan lebat.

Sumber air utama Lima berasal dari Sungai Rimac yang mengalir melalui pusat kota. Sungai ini sangat penting karena memberikan pasokan air bagi kota yang terletak di gurun. Selain itu, uniknya lagi,  kanal-kanal yang dibangun pada peradaban kuno seperti Schmas dan Inca, masih bisa digunakan hingga kini untuk mengalirkan air ke seluruh wilayah Lima.

Salah satu daya tarik utama Lima adalah pemandangan pantainya yang menakjubkan. Dengan garis pantai yang panjang dan tebing-tebing curam yang menghadap ke Samudra Pasifik, kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Banyak spot di sepanjang pantai yang populer untuk berselancar, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati matahari terbenam.

3. Istana Kepresidenan Peru Dibangun di Atas Reruntuhan Pra-Columbus

Kota Lima
Potret Landmark Kota Lima. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Istana Kepresidenan Peru dibangun di atas reruntuhan pra-Columbus? Ya, dulu, sebelum menjadi pusat kekuasaan Spanyol, wilayah ini dikuasai oleh seorang raja bernama Taulichusco. Pada tahun 2011, ditemukan sisa-sisa kuil berusia 2.000 tahun di bawah istana. Kamu bisa mengunjungi istana ini, tapi harus memesan tiket terlebih dahulu, ya!

Plaza Mayor adalah alun-alun utama Lima yang terletak di pusat kota bersejarah. Dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting seperti Istana Pemerintah, Katedral Lima, dan Istana Uskup Agung, Plaza Mayor adalah tempat yang wajib dikunjungi. Alun-alun ini menjadi saksi bisu sejarah panjang Lima dan merupakan pusat kegiatan masyarakat.

Pusat kota bersejarah Lima telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena kekayaan arsitektur kolonialnya. Di sini, kamu bisa menemukan banyak bangunan dengan desain klasik Spanyol yang terpelihara dengan baik. Berjalan-jalan di kawasan ini seperti kembali ke masa lalu, menikmati keindahan dan sejarah yang terkandung di setiap sudutnya.

Di distrik Rimac, kamu bisa menemukan Kapel Our Lady of the Rosary yang konon merupakan gereja terkecil di dunia. Dibangun pada tahun 1550, kapel ini hanya memiliki lebar 16 kaki, panjang 39 kaki, dan tinggi 32 kaki. Meski kecil, kapel ini memiliki altar utama, kubah, menara, dan mimbar. Tempat ini buka setiap hari kecuali Minggu, jadi pastikan kamu mampir saat berkunjung ke Lima.

Itulah tiga bagian pertama dari petualangan kita mengungkap fakta menarik tentang Lima. Jangan kemana-mana, Sobat Suka Fakta! Kita akan lanjutkan dengan lebih banyak informasi menarik di bagian berikutnya!

4. Budaya dan Tradisi di Lima

Kota Lima
Potret Budaya dan Tradisi Kota Lima. Sumber: tvn

Sobat Suka Fakta, sekarang kita lanjut ke bagian yang gak kalah seru, yaitu budaya dan tradisi di Lima. Bahasa resmi yang digunakan di Lima adalah bahasa Spanyol. Namun, karena keragaman etnis dan budaya, beberapa penduduk asli juga menggunakan bahasa Quechua dan Aymara. Jadi, jangan kaget kalau kamu mendengar beberapa bahasa berbeda saat jalan-jalan di Lima!

Lima adalah kota yang penuh dengan perayaan dan festival, dan salah satu yang terbesar adalah Fiestas Patrias yang dirayakan setiap tanggal 28 dan 29 Juli. Perayaan ini untuk memperingati kemerdekaan Peru dari Spanyol. Selama Fiestas Patrias, kota ini menjadi sangat hidup dengan parade meriah, musik, tarian, dan kembang api. Ini adalah waktu yang sempurna untuk merasakan semangat dan kebanggaan warga Lima.

Sobat Suka Fakta, kamu penggemar sepak bola? Jika, iya, maka Lima adalah kota yang tepat untuk kamu. Pasalnya, Lima adalah kota yang sangat mencintai sepak bola. Beberapa tim sepak bola profesional Peru, seperti Universitario de Deportes dan Alianza Lima, berbasis di sini. 

Dukungan penggemar yang penuh semangat membuat menghadiri pertandingan sepak bola di Lima menjadi pengalaman yang luar biasa. Suasana stadion yang riuh dan semangat yang membara pasti akan membuat kamu terkesan!

5. Lima Terkenal Dengan Masakan Peru yang Lezat dan Beragam

Kota Lima
Potret ceviche salah satu kuliner Kota Lima. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap untuk menjelajahi dunia kuliner yang luar biasa di Lima! Kota ini terkenal dengan masakan Peru yang lezat dan beragam. Dari ceviche yang segar hingga lomo saltado yang menggugah selera, Lima adalah surga bagi pecinta kuliner. Banyak restoran di sini yang menggabungkan tradisi kuliner lokal dengan inovasi modern, menciptakan hidangan yang tidak hanya enak, tapi juga unik.

Salah satu aspek menarik dari kuliner Lima adalah pengaruh Tionghoa-Peru yang dikenal sebagai Chifa. Pada tahun 1849, imigran Tiongkok datang ke Lima untuk bekerja di perkebunan dan membawa tradisi kuliner mereka. 

Kata “Chifa” sendiri  berasal dari bahasa Kanton “chi fan” yang berarti “sudahkah kamu makan?”. Hidangan nasi goreng khas Tionghoa diadaptasi dan dikenal sebagai Chaufa di Peru. Jadi, jangan lupa untuk mencoba hidangan Chifa saat kamu berkunjung ke Lima!

Selain restoran kelas dunia, Lima juga memiliki budaya kuliner jalanan yang sangat kaya. Di setiap sudut kota, kamu bisa menemukan berbagai makanan jalanan yang menggoda selera, seperti anticuchos (sate daging), tamales, dan picarones (donat ubi). Makanan jalanan ini tidak hanya murah, tapi juga memberikan cita rasa autentik dari kuliner Peru.

6. Kehidupan Malam dan Hiburan di Lima 

Kota Lima
Potret Jalanan yang penuh warna, Kota Lima. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap untuk menjelajahi sisi modern dan hiburan di Lima? Kehidupan malam di Lima sangat semarak dan penuh dengan berbagai pilihan hiburan. Mulai dari klub malam yang trendy, bar-bar yang cozy, hingga tempat pertunjukan live music, selalu ada sesuatu yang bisa dinikmati semua orang setelah matahari terbenam. Jadi, jangan ragu untuk menikmati kehidupan malam yang dinamis di Lima!

Distrik Miraflores adalah salah satu kawasan wisata paling populer di Lima. Dengan pemandangan laut yang menakjubkan, pusat perbelanjaan kelas atas, dan kehidupan malam yang ramai, Miraflores menarik perhatian baik penduduk lokal maupun wisatawan. Di sini, kamu bisa menemukan banyak restoran, kafe, dan toko-toko yang menawarkan berbagai produk unik.

Seni jalanan di Lima adalah salah satu yang paling dinamis dan penuh warna di dunia. Jika Sobat berjalan melalui jalan-jalan Lima, kamu akan terpesona oleh mural dan grafiti yang menghiasi dinding. Seniman lokal sering menggunakan seni jalanan untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan pesan sosial. Ini adalah cara yang hebat untuk merasakan kreativitas dan energi kota ini.

Itulah tiga bagian berikutnya dari petualangan kita mengungkap fakta menarik tentang Lima. Jangan kemana-mana, Sobat Suka Fakta! Kita akan lanjutkan dengan lebih banyak informasi menarik di bagian berikutnya!

7. Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan di Lima

Kota Lima
Potret Burung gallinazos Kota Lima.Sumber: avesdeperu.org

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan menjelajahi keanekaragaman hayati dan lingkungan di Lima. Tahukah kamu kalau di langit Lima, kamu bisa melihat burung nasar hitam berputar-putar? Burung nasar hitam atau dikenal sebagai gallinazos, berperan penting dalam menjaga kebersihan kota dengan memakan bangkai dan sampah. 

Pada tahun 2016, kota ini bahkan memasang kamera video GoPro dan pelacak GPS pada burung-burung ini untuk memantau dan mengurangi pembuangan sampah ilegal.

Meskipun Lima adalah kota besar, ada banyak ruang hijau dan taman di sini, Sob. Taman-taman ini menyediakan tempat peristirahatan yang damai di tengah hiruk-pikuk kota. 

Parque del Amor adalah salah satu taman yang terkenal dengan patung besar pasangan yang berciuman dan pemandangan laut yang indah. Ada juga Parque de las Leyendas yang merupakan kebun binatang dan taman arkeologi, menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Bagi kamu yang suka olahraga air, Lima adalah surga selancar! Pantai-pantai di sekitar Lima, seperti Punta Hermosa dan Punta Rocas, terkenal sebagai lokasi selancar terbaik di Amerika Selatan. 

Ombak yang konsisten dan berbagai tingkat kesulitan membuatnya cocok bagi semua orang, dari pemula hingga peselancar profesional. Jadi, jangan lupa bawa papan selancar kamu saat berkunjung ke Lima!

8. Rumah Bagi Banyak Arsitektur dan Situs Bersejarah

Kota Lima
Potret Katedral Lima. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, Lima adalah rumah bagi banyak bangunan kolonial yang menakjubkan. Arsitektur kolonial Spanyol terlihat jelas di banyak bagian kota, terutama di pusat kota bersejarah yang telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Bangunan seperti Katedral Lima dan Istana Pemerintah berdiri megah sebagai saksi bisu sejarah panjang kota ini. Berjalan-jalan di sini akan membuatmu merasa seperti kembali ke masa lalu.

Selain bangunan kolonial, Lima juga memiliki banyak situs arkeologi yang mengesankan, Sob. Huaca Pucllana adalah sebuah piramida yang terbuat dari batu bata lumpur, dibangun oleh peradaban Schmas sebelum kedatangan Inca. 

Pachacamac adalah situs arkeologi besar lainnya yang pernah menjadi pusat keagamaan penting bagi berbagai peradaban kuno. Mengunjungi situs-situs ini akan memberikanmu wawasan lebih dalam tentang sejarah dan budaya pra-Columbus di Peru.

Lima adalah kota yang memadukan arsitektur modern dan tradisional dengan cara yang unik. Kamu bisa menemukan gedung pencakar langit modern yang berdiri berdampingan dengan bangunan kolonial dan rumah-rumah tradisional. 

Pemandangan kota yang beragam ini mencerminkan sejarah panjang dan perkembangan pesat yang dialami Lima. Salah satu contoh arsitektur modern yang menonjol adalah Torre Banco Continental, gedung pencakar langit tertinggi di Peru.

9. Rumah Bagi Universitas Tertua di Amerika

Kota Lima
Potret Universitas Nasional San Marcos di Kota Lima. Sumber: internasional.republika.co.id

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Lima adalah rumah bagi universitas tertua di Amerika? Ialah Universitas Nasional San Marcos didirikan pada tahun 1551 oleh Charles V, Kaisar Romawi Suci. 

Universitas ini terus beroperasi hingga kini dan telah melahirkan banyak tokoh terkenal, termasuk pemenang Nobel Mario Vargas Llosa. Dengan 20 fakultas dan 62 sekolah akademis, San Marcos adalah pusat pendidikan dan penelitian yang sangat penting di Peru.

Lima adalah kota yang sangat dipengaruhi oleh budaya dan pendidikan. Dengan banyaknya museum, galeri seni, dan teater, kota ini menawarkan berbagai kesempatan untuk belajar dan mengeksplorasi budaya Peru. Universitas dan institusi pendidikan lainnya di Lima juga berperan penting dalam mengembangkan intelektual dan profesional di negara ini.

Sebagai pusat pendidikan dan budaya, Lima memiliki peran besar dalam pengembangan intelektual Peru. Banyak penelitian dan inovasi berasal dari universitas-universitas dan institusi di Lima. Kota ini juga sering menjadi tuan rumah konferensi internasional dan acara akademis, menjadikannya pusat intelektual yang penting di Amerika Selatan.

Itulah tiga bagian berikutnya dari petualangan kita mengungkap fakta menarik tentang Lima. Jangan kemana-mana, Sobat Suka Fakta! Kita akan lanjut ke fakta menarik Lima yang terakhir.

10. Menjadi Pusat Bisnis dan Perdagangan Internasional  

Kota Lima
Potret Bandara Internasional Jorge Chávez. Sumber : IST

Hai Sobat Suka Fakta! Sekarang kita bahas peran Lima dalam ekonomi dan perdagangan. Sebagai ibu kota Peru, Lima adalah pusat bisnis dan perdagangan internasional. Banyak perusahaan multinasional yang memiliki kantor di sini, memanfaatkan lokasi strategis dan infrastruktur kota yang berkembang. Lima juga menjadi hub penting untuk ekspor-impor barang, terutama produk pertanian dan manufaktur.

Lima memiliki infrastruktur yang terus berkembang untuk mendukung kegiatan ekonomi dan perdagangan. Bandara Internasional Jorge Chávez adalah salah satu bandara tersibuk di Amerika Selatan yang menghubungkan Lima dengan berbagai kota besar di dunia. Selain itu, sistem transportasi umum seperti Metropolitano dan kereta api komuter membantu mobilitas penduduk dan wisatawan.

Jangan lupa mampir ke pasar-pasar lokal di Lima, Sobat Suka Fakta! Pasar Central dan Pasar Surquillo adalah dua pasar terkenal yang menawarkan beragam produk segar dan barang lokal. Di sini, kamu bisa menemukan segala macam bahan makanan, rempah-rempah, dan kerajinan tangan khas Peru. Berbelanja di pasar-pasar ini adalah cara yang bagus untuk merasakan kehidupan sehari-hari di Lima dan membawa pulang oleh-oleh unik.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah perjalanan kita mengungkap 10 fakta menarik tentang Lima yang jarang diketahui. Dari sejarah panjangnya, keanekaragaman budaya, hingga pesona alamnya, Lima memiliki banyak hal yang membuatnya istimewa. 

Kota ini adalah perpaduan sempurna antara masa lalu dan masa kini, menawarkan pengalaman yang kaya dan beragam bagi setiap pengunjung.

Mengapa Lima layak dikunjungi? Karena kota ini tidak hanya menyimpan sejarah dan budaya yang kaya, tetapi juga menawarkan kehidupan modern yang dinamis dan beragam. Dengan penduduknya yang ramah, makanan yang lezat, dan pemandangan yang menakjubkan, Lima adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Jadi, Sobat Suka Fakta, kapan kamu akan merencanakan perjalanan? Jangan lupa pastikan Lima masuk dalam daftar tujuan utama kamu, ya! Dijamin, kamu tidak akan kecewa! 

Sobat, terima kasih sudah mengikuti petualangan ini. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, ya!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *