Fakta Dunia

Resep dan Cara Membuat Apfelstrudel, Makanan Penutup Khas Austria

55
×

Resep dan Cara Membuat Apfelstrudel, Makanan Penutup Khas Austria

Sebarkan artikel ini
Resep Apfelstrudel
Resep Apfelstrudel yang Mudah, Makanan Penutup Khas Austria. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan beranjak dari wisata kuliner yang gurih seperti steak and kidney pie, ke wisata kuliner yang segar-segar, yaitu Apfelstrudel. Buat yang belum tahu, Apfelstrudel ini adalah strudel apel khas Austria yang terkenal banget karena rasanya yang enak dan cara pembuatannya yang seru. 

Apfelstrudel ini bukan cuma sekedar makanan penutup biasa, Sobat Suka Fakta. Ini adalah bagian penting dari budaya kuliner Austria. Gak cuma di Austria, popularitas Apfelstrudel juga sudah menyebar ke banyak negara lain, termasuk Jerman. 

Jadi, siap-siap buat petualangan kuliner yang seru ini, ya! Yuk, langsung saja kita mulai perjalanan kita!

Apa Itu Apfelstrudel?

Apfelstrude.
Potret makanan Apfelstrude. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sebelum kita mulai bikin Apfelstrudel, ada baiknya kita kenalan dulu dengan makanan penutup yang satu ini. Apfelstrudel, atau strudel apel, adalah makanan penutup khas Austria yang juga terkenal di Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya. 

Strudel ini terdiri dari adonan yang super tipis dan renyah, diisi dengan campuran apel manis, kismis, gula, dan kayu manis. Setiap gigitan Apfelstrudel pasti bikin kalian pengen nambah lagi dan lagi!

Apfelstrudel punya sejarah panjang, lho. Konon, strudel ini pertama kali dibuat di Wina, Austria, dan kemudian menyebar ke berbagai daerah termasuk Bavaria di Jerman. Meskipun ada variasi dalam resep dan bahan, tapi intinya tetap sama, yaitu adonan tipis yang diisi dengan campuran apel manis. 

Satu lagi yang bikin Apfelstrudel spesial, yaitu proses pembuatannya yang unik dan menarik, terutama saat adonannya diregangkan hingga tipis banget. 

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Apfelstrudel

Apfelstrudel.
Kolase Bahan bahan untuk membuat Apfelstrudel. Sumber: IST

Sekarang kita masuk ke bagian yang seru, yaitu bahan-bahan yang diperlukan buat bikin Apfelstrudel. Jangan khawatir, bahan-bahan ini gampang kok ditemukan di toko-toko sekitar kalian.

Bahan untuk adonan strudel:

  • 1 1/2 cangkir tepung serbaguna
  • 1 sejumput garam
  • 1/3 gelas air suam-suam kuku
  • 1/4 cangkir mentega tawar, lelehkan (55g)
  • 1 sdm jus lemon atau cuka

Bahan untuk isian apel:

  • 4 apel sedang (Granny Smith, Golden Delicious, atau Honey Crisp), kupas dan potong kecil
  • 1/3 cangkir kismis emas (50g)
  • 2 sdm rum (opsional, bisa diganti dengan air panas)
  • 1 sdm jus lemon
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 cangkir gula pasir (100g)
  • 1/4 cangkir irisan almond, cincang halus (30g)
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1/4 cangkir remah roti (30g)
  • 6 sdm mentega tawar, lelehkan (90g)

Cara Membuat Apfelstrudel yang Mudah Dilakukan di Rumah

Apfelstrudel.
Ilustrasi seseorang sedang memasak Apfelstrudel. Sumber: IST

Setelah semua bahan siap, kita masuk ke langkah-langkah pembuatan Apfelstrudel. Pastikan kalian mengikuti setiap langkah dengan cermat ya, Sobat Suka Fakta, biar hasilnya maksimal!

1. Membuat Adonan Strudel

Langkah pertama adalah membuat adonan strudel. Ini bagian yang paling seru karena kita bakal bikin adonan yang elastis dan mudah diregangkan.

  1. Campur tepung dan garam dalam mangkuk besar.
  2. Tambahkan air, mentega leleh, dan jus lemon atau cuka ke dalam campuran tepung.
  3. Aduk dengan mixer atau tangan hingga adonan mulai menyatu.
  4. Keluarkan adonan dari mangkuk dan uleni di atas meja selama beberapa menit hingga halus dan elastis.
  5. Masukkan adonan ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak, tutup dengan plastik wrap, dan diamkan selama 60 hingga 90 menit. Adonan tidak akan mengembang, tapi glutennya akan rileks dan siap untuk diregangkan.

2. Menyiapkan Isian Apel

Selagi adonan diistirahatkan, kita bisa mulai menyiapkan isian apel.

  1. Rendam kismis dalam rum atau air panas selama 30 menit agar lembut.
  2. Campur apel yang sudah dipotong dengan jus lemon, kayu manis, dan gula dalam mangkuk besar.
  3. Tambahkan kismis yang sudah direndam dan tiriskan, serta irisan almond dan ekstrak vanila. Aduk rata dan sisihkan.

3. Menggulung Adonan Strudel

Sekarang saatnya kita menggulung adonan strudel. Ini langkah yang paling menantang tapi juga paling menyenangkan!

  1. Setelah adonan cukup diistirahatkan, bagi menjadi dua bagian jika ingin membuat dua strudel kecil.
  2. Gulung salah satu bola adonan menjadi persegi panjang di atas taplak meja yang sudah ditaburi tepung.
  3. Regangkan adonan dengan hati-hati menggunakan tangan hingga setipis mungkin, sampai hampir transparan. Kalau bisa, kamu harus bisa melihat pola meja di bawah adonan.
  4. Olesi adonan yang sudah diregangkan dengan mentega leleh.
  5. Taburi separuh bagian adonan dengan remah roti untuk menyerap jus apel saat dimasak.
  6. Susun campuran apel di atas remah roti, sisakan beberapa inci di tepinya.

4. Memanggang Apfelstrudel

Langkah terakhir adalah memanggang Apfelstrudel.

  1. Lipat sisi adonan untuk menahan isian, lalu gulung strudel hingga membentuk batang kayu.
  2. Pindahkan strudel yang sudah tergulung ke loyang yang sudah dilapisi kertas roti, dengan sisi lipatan menghadap ke bawah.
  3. Olesi strudel dengan mentega leleh, lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180°C (350°F) selama 30-35 menit hingga berwarna cokelat keemasan.
  4. Selama proses pemanggangan, olesi strudel dengan mentega setiap 20 menit untuk hasil yang lebih renyah dan lezat.

Setelah matang, biarkan Apfelstrudel dingin selama beberapa menit sebelum dipotong. Sajikan hangat dengan taburan gula halus dan satu scoop es krim vanilla. Dijamin, hasilnya bakal bikin kalian bangga dan puas!

Selamat mencoba resep Apfelstrudel ini di rumah, Sobat Suka Fakta! Nikmati setiap gigitan dari makanan penutup khas Austria ini dan rasakan sensasi rasa yang unik dan lezat.

Cara yang Tepat untuk Menyajikan Apfelstrudel

Apfelstrudel
Kolase penyajian Apfelstrudel yang tepat. Sumber: IST

Setelah berhasil membuat Apfelstrudel, sekarang saatnya untuk menikmati hasil kerja keras kalian, Sobat Suka Fakta! Cara penyajian yang tepat bisa membuat pengalaman menikmati Apfelstrudel jadi lebih spesial. Berikut ini beberapa tips untuk menyajikan Apfelstrudel agar tampilannya menarik dan rasanya makin nikmat.

Sajikan Hangat

Apfelstrudel paling enak disajikan dalam keadaan hangat. Aroma apel yang manis dan adonan yang renyah akan lebih terasa. Setelah dikeluarkan dari oven, biarkan Apfelstrudel dingin selama sekitar 10-15 menit. Ini akan membuat strudel sedikit mengeras sehingga lebih mudah dipotong, tapi tetap hangat dan lembut di dalam.

Taburi Gula Halus

Sebelum dipotong, taburi bagian atas Apfelstrudel dengan gula halus. Gula halus tidak hanya memberikan tampilan yang cantik, tapi juga menambah sedikit rasa manis yang pas. Gunakan saringan kecil untuk menaburkan gula halus secara merata di seluruh permukaan strudel.

Potong dengan Pisau Bergerigi

Untuk mendapatkan potongan yang rapi, gunakan pisau bergerigi. Pisau ini akan membantu memotong adonan yang renyah tanpa merusak isian apel di dalamnya. Potong Apfelstrudel menjadi beberapa bagian sesuai selera, biasanya dipotong menjadi 8-10 potong.

Tambahkan Es Krim Vanilla atau Saus Vanilla

Salah satu cara terbaik untuk menikmati Apfelstrudel adalah dengan menambahkan satu scoop es krim vanilla di atasnya. Kombinasi strudel hangat dan es krim yang dingin akan menciptakan sensasi rasa yang luar biasa. Jika kalian tidak punya es krim vanilla, saus vanilla juga bisa jadi alternatif yang lezat.

Hiasan Tambahan

Untuk sentuhan akhir, kalian bisa menambahkan hiasan tambahan seperti daun mint atau potongan apel segar di piring saji. Ini akan membuat Apfelstrudel terlihat lebih menarik dan siap untuk diabadikan di media sosial kalian.

Tips Menyajikan untuk Acara Spesial

Jika kalian ingin menyajikan Apfelstrudel untuk acara spesial seperti pesta atau makan malam keluarga, ada beberapa tips tambahan yang bisa kalian coba, yaitu:

  • Sajikan Apfelstrudel di piring saji yang cantik dan besar.
  • Letakkan es krim atau saus vanilla di samping strudel, bukan di atasnya, agar setiap orang bisa mengambil sesuai selera.
  • Tambahkan beberapa potong stroberi atau buah beri lainnya sebagai hiasan tambahan untuk warna dan rasa yang kontras.

Dengan mengikuti tips di atas, Sobat Suka Fakta akan bisa menyajikan Apfelstrudel dengan tampilan yang cantik dan rasa yang luar biasa. Jangan lupa untuk menikmati setiap gigitan dan bagikan pengalaman kalian dengan teman-teman. Selamat menikmati Apfelstrudel, makanan penutup khas Austria yang lezat dan penuh kenangan!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di bagian akhir perjalanan kuliner kita kali ini. Apfelstrudel bukan hanya sekadar makanan penutup biasa, ia adalah hidangan yang penuh sejarah dan tradisi, membawa kita lebih dekat dengan budaya Austria yang unik. 

Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kalian bisa menciptakan makanan penutup yang lezat dan memukau ini di rumah. Jadi, kenapa tidak mencoba membuat Apfelstrudel di rumah? Dengan mengikuti resep dan tips yang telah kami bagikan, kalian pasti bisa menghasilkan Apfelstrudel yang enak.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini, Sobat Suka Fakta. Selamat mencoba resep Apfelstrudel dan semoga hasilnya memuaskan. Sampai jumpa di petualangan kuliner berikutnya!

REFERENSI

  • Foerster, Julia. “Apple Strudel Recipe.” Plated Cravings, https://platedcravings.com/apple-strudel-recipe/. Diakses pada 10 Juni 2024.
  • Hopper, Nicole. “Easy Apple Strudel.” Allrecipes, https://www.allrecipes.com/recipe/47821/easy-apple-strudel/. Diakses pada 10 Juni 2024.
  • “German Apple Strudel Recipe (Apfelstrudel).” House of Nash Eats, https://houseofnasheats.com/apfelstrudel-recipe-german-apple-strudel/. Diakses pada 10 Juni 2024.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *