Fakta Dunia

Candi Gedong Songo, Wisata Sejarah di Semarang Peninggalan Wangsa Syailendra

55
×

Candi Gedong Songo, Wisata Sejarah di Semarang Peninggalan Wangsa Syailendra

Sebarkan artikel ini
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Udah pernah denger tentang Candi Gedong Songo belum? Candi Gedong Songo ini adalah kompleks candi Hindu yang lokasinya ada di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Candi ini merupakan satu dari sekian banyak candi yang ada di Jawa Tengah, seperti Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Cetho. Eits, tapi Candi Gedong Songo ini unik, Sob. Dia punya udara sejuk khas pegunungan, pemandangan yang cakep banget, dan jejak sejarah yang kental. Kebayang kan serunya?!

Candi Gedong Songo nggak cuma soal candi-candi kuno yang bikin kita ngerasa kayak balik ke masa lalu, tapi juga banyak aktivitas seru yang bisa kita lakuin di sini. Mulai dari trekking di jalur pegunungan, nyebur ke pemandian air panas, sampai foto-foto di spot yang super instagramable. 

Nah, di artikel ini, kita bakal ngebahas segala hal tentang Candi Gedong Songo. Mulai dari sejarahnya yang menarik, lokasi dan cara akses ke sana, sampai aktivitas seru apa aja yang bisa kamu lakuin. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, baca terus sampai habis!

Yuk, langsung aja kita mulai dari sejarah Candi Gedong Songo. Penasaran kan gimana candi ini ditemukan dan apa yang bikin tempat ini spesial banget? Ayo, kita lanjut ke bagian berikutnya!

Sejarah Candi Gedong Songo

 Thomas Stanford Raffles.
Potret lukisan Thomas Stanford Raffles. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan oleh seorang tokoh terkenal bernama Thomas Stanford Raffles pada tahun 1804. Raffles yang dikenal sebagai orang yang punya ketertarikan besar terhadap sejarah dan budaya Nusantara ini menemukan kompleks candi yang ternyata peninggalan budaya Hindu dari abad ke-9. 

Candi Gedong Songo ini merupakan warisan dari Wangsa Syailendra. Nama Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Gedong” yang artinya bangunan dan “Songo” yang berarti sembilan. 

Meskipun namanya Gedong Songo, faktanya jumlah candi yang bisa kita lihat saat ini kurang dari sembilan. Di masa lalu, candi-candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa, yang ditandai dengan adanya arca-arca seperti Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, dan Ganesha.

Menariknya lagi, Candi Gedong Songo ini punya kesamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Kedua tempat ini sama-sama berada di dataran tinggi dan memiliki arsitektur khas candi Hindu. 

Seiring waktu, candi ini juga menunjukkan adanya akulturasi budaya, seperti kepercayaan kepada Parswadewata, yaitu persembahan kepada roh nenek moyang yang bersatu dengan Siwa.

Lokasi Candi Gedong Songo

 Candi Gedong Songo
Potret Candi Gedong Songo. Sumber: IST

Kalau Sobat Suka Fakta pengen berkunjung ke Candi Gedong Songo, lokasinya ada di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Udara di sini sejuk banget, dengan suhu berkisar antara 19-27 °C. Cocok banget buat kamu yang pengen ngadem dari panasnya kota.

Untuk mencapai Candi Gedong Songo, kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Ambarawa yang jaraknya sekitar 15 km. Dari Ambarawa, kamu butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke lokasi candi dengan kondisi jalan yang menanjak dan cukup tajam. 

Kalau dari Ungaran, jaraknya sekitar 25 km, dan dari Semarang sekitar 45 km. Kalau mau lebih dekat, kamu juga bisa memulai perjalanan dari objek wisata Bandungan yang hanya berjarak 10 menit dari candi.

Tips buat Sobat Suka Fakta, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima karena jalur menuju Candi Gedong Songo cukup menantang. Jangan lupa juga bawa jaket atau pakaian hangat karena suhu di sini bisa cukup dingin, terutama di pagi dan sore hari.

Terdiri dari Lima Kelompok Candi yang Masing-Masing Memiliki Ciri Khas Tersendiri 

 Candi Gedong songo.
Potret Candi Gedong songo, Gedong III. Sumber: IST

Nah, sekarang mari kita bahas kompleks Candi Gedong Songo yang keren ini. Seperti yang udah disebutkan, ada sembilan candi di kompleks ini, tapi yang bisa kita lihat saat ini cuma ada lima kelompok candi. Setiap candi di sini punya keunikan dan ciri khas tersendiri.

  • Gedong I: Terletak di ketinggian 1.208 meter, Gedong I menghadap ke barat. Di dalam bilik candi ini masih terdapat Yoni, meskipun lingganya sudah hilang.
  • Gedong II: Berada di ketinggian 1.274 meter, di sini terdapat dua candi induk yang berhadapan dengan candi perwara. Sayangnya, candi perwara ini sekarang sudah runtuh.
  • Gedong III: Di ketinggian 1.297 meter, Gedong III terdiri dari tiga bangunan. Candi induk menghadap barat dengan dilengkapi arca, candi apit menghadap utara, dan candi perwara di depan candi induk. Di sini juga terdapat Mahakala dan Nandiswara di kanan-kiri pintu candi.
  • Gedong IV: Berada di ketinggian 1.295 meter, Gedong IV terdiri dari 12 bangunan yang terbagi dalam tiga sub kelompok. Ada candi induk, delapan candi perwara, dan beberapa candi lainnya yang mengelilingi candi induk.
  • Gedong V: Terletak di ketinggian 1.308 meter, Gedong V memiliki candi induk yang diapit oleh reruntuhan candi perwara. Di sini juga terdapat arca Ganesha.

Candi-candi ini disusun berderet dari bawah ke atas bukit, yang dipercaya menggambarkan hierarki kesucian. Makin ke atas, candi dianggap semakin suci.

Setelah menjelajahi kompleks candi, yuk kita lanjut ke bagian aktivitas dan fasilitas wisata yang ada di Candi Gedong Songo. Penasaran kan ada apa aja di sana? Yuk, terus baca!

Fasilitas dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Gedong Songo

 Candi gedong Songo
Potret list wisata yang ada di Candi gedong Songo. Sumber: nianurdiansyah.com

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita eksplorasi aktivitas dan fasilitas wisata yang bisa kamu nikmati di sini. Dijamin, kunjungan ke Candi Gedong Songo nggak akan bikin kamu bosan.

1. Trekking dan Wisata Berkuda 

Di kompleks Candi Gedong Songo, kamu bisa trekking dari satu candi ke candi lainnya. Medannya lumayan menantang karena terletak di lereng gunung, tapi pemandangan yang disajikan di sepanjang perjalanan pasti bikin kamu terpesona. 

Buat kamu yang nggak mau capek jalan, tenang aja, ada pilihan wisata berkuda. Kamu bisa menyewa kuda untuk mengelilingi area candi sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan alam.

2. Pemandian Air Panas 

Di sini juga ada pemandian air panas alami yang berasal dari mata air Gunung Ungaran. Airnya mengandung belerang, bagus banget buat relaksasi setelah capek jalan-jalan. Pemandian air panas ini jadi salah satu spot favorit pengunjung, terutama saat cuaca dingin.

3. Area Perkemahan 

Buat Sobat Suka Fakta yang suka berkemah, Candi Gedong Songo menyediakan area perkemahan yang cukup luas. Camping di sini bakal jadi pengalaman yang seru banget, apalagi dengan suasana alam pegunungan yang asri dan udara yang sejuk.

4. Spot Foto Instagramable 

Candi Gedong Songo juga punya banyak spot foto yang instagramable. Buat kamu yang hobi foto-foto, jangan lupa bawa kamera atau smartphone kamu dan abadikan momen seru di sini. Salah satu spot yang terkenal adalah Ayanaz Gedongsongo, yang menawarkan spot foto unik dan kekinian.

5. Fasilitas Umum 

Untuk kenyamanan pengunjung, Candi Gedong Songo dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah makan, toilet, mushola, tempat sampah, dan lahan parkir yang luas. 

Ada juga toko souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas Candi Gedong Songo. Jadi, kamu bisa beli kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Candi Gedong Songo

Tiket Masuk
Potret harga list wisata Candi Gedong Songo. Sumber: nianurdiansyah.com

Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita bahas soal harga tiket masuk dan jam operasional Candi Gedong Songo. Info ini penting banget buat Sobat Suka Fakta yang udah siap-siap mau berkunjung ke sini.

1. Harga Tiket Masuk

  • Hari biasa (Senin-Jumat): Rp10.000
  • Akhir pekan (Sabtu-Minggu): Rp15.000

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik dan mancanegara berbeda. Selain itu, harga ini pun bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan kamu cek informasi terbaru sebelum berkunjung. 

Selain itu, kalau kamu mau naik kuda, ada biaya tambahan yang perlu kamu bayar, tergantung dari berapa candi yang ingin kamu kunjungi.

2. Jam Operasional 

Candi Gedong Songo buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi, pastikan kamu datang lebih awal biar bisa puas menikmati semua keindahan dan aktivitas di sini.

Event dan Festival yang Bisa Kamu Nikmati Saat Berkunjung ke Candi Gedong Songo

 Candi Gedong Songo.
Potret Tarian Ratu Sima di Festival Candi Gedong Songo. Sumber: tribunnews.com

Sobat Suka Fakta, kunjungan ke Candi Gedong Songo bakal lebih seru kalau kamu datang saat ada event atau festival. Salah satu event terbesar di sini adalah Festival Gedongsongo.

1. Festival Gedongsongo 

Festival ini diadakan setiap tahun dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Dalam festival ini, kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya yang memukau. Ada kirab hasil bumi, pertunjukan tari, dan ritual resik-resik candi yang sangat ditunggu-tunggu.

2. Ritual Resik-Resik Candi 

Ritual resik-resik candi adalah prosesi pembersihan candi yang penuh makna spiritual. Upacara ini menggunakan air suci dari tiga mata air yang melambangkan kebersihan, kesucian, dan ketulusan hati. Prosesi ini dimulai dengan kirab tumpeng dan gunungan hasil bumi, dilanjutkan dengan doa-doa di pelataran Candi.

3. Kegiatan Seni dan Budaya 

Selain ritual dan kirab, dalam Festival Gedongsongo juga ada berbagai kegiatan seni dan budaya yang menarik. Kamu bisa menyaksikan tarian tradisional, musik, dan berbagai pertunjukan yang menggambarkan kekayaan budaya Jawa.

Dengan banyaknya event dan festival, kunjungan ke Candi Gedong Songo nggak cuma jadi wisata sejarah dan alam, tapi juga kesempatan untuk merasakan langsung kekayaan budaya yang ada di sini. Jangan sampai kelewatan ya, Sobat Suka Fakta!

Pengelolaan dan Pengembangan Wisata di Candi Gedong Songo

H. Ngesti Nugraha, SH, MH.
Potret bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, SH, MH. Sumber: ngestinugraha.id

Sobat Suka Fakta, Candi Gedong Songo nggak cuma dikenal karena keindahan dan sejarahnya, tapi juga karena pengelolaan dan pengembangan wisatanya yang apik. 

Pengelolaan Candi Gedong Songo dilakukan oleh Balai Pelestarian dan Peninggalan Purbakala bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Jawa Tengah. Mereka punya tanggung jawab besar untuk menjaga kelestarian candi sekaligus memastikan kenyamanan pengunjung.

1. Kerjasama dan Pengembangan Destinasi Wisata 

Pemkab Semarang terus berupaya mengembangkan Candi Gedong Songo sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Jawa Tengah. 

Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, SH, MH, mengatakan bahwa pengembangan ini termasuk dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City untuk Destinasi Wisata Prioritas. Ini berarti, infrastruktur dan fasilitas di sekitar candi terus diperbaiki untuk mendukung kenyamanan dan aksesibilitas wisatawan.

2. Fasilitas Ramah Difabel 

Salah satu hal yang patut diacungi jempol adalah upaya menjadikan Candi Gedong Songo sebagai destinasi wisata yang ramah difabel. Pengelola telah menyediakan fasilitas yang memudahkan pengunjung difabel untuk menikmati wisata di sini, seperti jalur yang mudah diakses dan fasilitas penunjang lainnya.

3. Event dan Festival 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, event tahunan seperti Festival Gedongsongo juga merupakan bagian dari upaya pengelolaan dan promosi wisata. Event ini nggak hanya menarik pengunjung lokal, tapi juga wisatawan dari berbagai daerah.

4. Kerjasama dengan UMKM 

Untuk mendukung perekonomian lokal, pengelola Candi Gedong Songo juga bekerja sama dengan UMKM setempat. Di sekitar kawasan candi, kamu bisa menemukan banyak penjual souvenir dan kuliner khas yang dikelola oleh warga lokal. 

Ini nggak hanya memberikan pengalaman berwisata yang lebih lengkap, tapi juga membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, Candi Gedong Songo terus berkembang menjadi destinasi wisata yang semakin menarik.

Tips Berkunjung ke Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo.
Ilustrasi Pakaian yang cocok untuk ke Candi Gedong Songo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, biar kunjungan kamu ke Candi Gedong Songo semakin seru dan nyaman, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, nih. Simak, ya!

1. Persiapan Sebelum Berkunjung

  • Pakaian Hangat: Karena lokasinya di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 1.200 meter, udara di Candi Gedong Songo bisa cukup dingin, terutama di pagi dan sore hari. Jadi, pastikan kamu membawa jaket atau pakaian hangat.
  • Sepatu Nyaman: Trekking dari satu candi ke candi lainnya bisa cukup menantang. Gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan jauh dan menanjak.
  • Perlengkapan Tambahan: Jangan lupa bawa topi, kacamata hitam, dan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar matahari saat siang hari.

2. Apa yang Perlu Dibawa?

  • Air Minum: Bawa cukup air minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika kamu berencana trekking atau berkuda.
  • Bekal Makanan: Meskipun ada rumah makan di sekitar candi, membawa bekal makanan ringan bisa jadi pilihan praktis, terutama jika kamu ingin piknik di area perkemahan.
  • Kamera atau Smartphone: Pastikan kamu membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen seru di Candi Gedong Songo. Banyak spot foto yang keren dan instagramable di sini.

3. Tips Menikmati Wisata dengan Maksimal

  • Datang Lebih Pagi: Datanglah lebih pagi untuk menghindari keramaian dan menikmati udara yang lebih sejuk. Kamu juga bisa mendapatkan pemandangan yang lebih indah saat matahari terbit.
  • Ikuti Panduan Wisata: Jika memungkinkan, sewa pemandu wisata untuk mendapatkan informasi lengkap tentang sejarah dan cerita di balik Candi Gedong Songo. Ini akan membuat kunjunganmu lebih berkesan dan informatif.
  • Jaga Kebersihan: Selalu bawa kantong sampah sendiri dan buang sampah pada tempatnya. Jaga kebersihan lingkungan agar keindahan Candi Gedong Songo tetap terjaga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin kunjungan kamu ke Candi Gedong Songo bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan!

BACA JUGA: Candi Cetho: Candi Peninggalan Majapahit yang Begitu Memikat Hati

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita mengupas tuntas tentang Candi Gedong Songo, pastinya kamu makin penasaran dan semangat buat mengunjunginya, kan? Candi Gedong Songo memang menawarkan pengalaman wisata yang komplit, mulai dari sejarah yang kaya, arsitektur candi yang unik, hingga pemandangan alam yang menakjubkan.

Dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo juga menyediakan udara sejuk dan suasana yang tenang, cocok banget buat kamu yang pengen kabur sejenak dari hiruk pikuk kota. Jangan lupa, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, seperti trekking, wisata berkuda, berendam di pemandian air panas, hingga berfoto di spot-spot instagramable.

Dengan semua informasi dan tips yang sudah kita bahas, semoga perjalanan kamu ke Candi Gedong Songo menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh kenangan. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak teman-teman dan keluargamu untuk menikmati keindahan dan kekayaan sejarah di Candi Gedong Songo. Selamat berwisata, Sobat Suka Fakta!

BACA JUGA: Sejarah Candi Sambisari, Ditemukan Oleh Seorang Petani!

REFERENSI:

  • Wikipedia. (2024). Candi Gedong Songo. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Gedong_Songo
  • Visit Jawa Tengah. (2024). Gedongsongo Temple. Diakses dari https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/gedongsongo-temple
  • Visit Jawa Tengah. (2024). Pesona Candi Gedongsongo, Tawarkan Wisata Alam Dan Peninggalan Peradaban Jawa Kuno. Diakses dari https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/artikel/pesona-candi-gedongsongo-tawarkan-wisata-alam-dan-peninggalan-peradaban-jawa-kuno
  • Indonesia Kaya. (2024). Menikmati Wisata Religi di Komplek Candi Gedong Songo. Diakses dari https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/menikmati-wisata-religi-di-komplek-candi-gedong-songo
  • Travelspromo. (2024). Candi Gedong Songo: Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas Juni 2024. Diakses dari https://travelspromo.com/htm-wisata/candi-gedong-songo-semarang
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *