Fakta Dunia

18 Fakta Menarik Bangkok, Dilarang Keluar Rumah Tanpa Pakai CD

192
×

18 Fakta Menarik Bangkok, Dilarang Keluar Rumah Tanpa Pakai CD

Sebarkan artikel ini
18 Fakta Menarik Bangkok, Dilarang Keluar Rumah Tanpa Pakai CD. SUmber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kamu pasti gak asing sama Kota Bangkok, kan?! Bangkok, ibu kota Thailand, sering dijuluki sebagai “Kota Malaikat”. Selain terkenal dengan kehidupan malamnya yang nggak ada habisnya, ternyata masih ada banyak banget hal menarik lain tentang Bangkok yang mungkin belum kamu ketahui.

Nah, di artikel kali ini, kita akan menyelami lebih dalam tentang 18 Fakta Menarik Bangkok yang bakal bikin kamu nggak sabar buat segera mengunjunginya! Jadi, siap buat dibawa ke petualangan seru? Yuk, kita mulai eksplorasi dengan membahas fakta-fakta unik yang bikin kota ini semakin istimewa!

1. Festival Songkran, Perayaan Tahun Baru Thailand

fakta menarik bangkok
Potret Festival Kota Bangkok. Sumber: klook.com

Sobat Suka Fakta, siapa yang suka main air? Kalau kamu suka, Festival Songkran di Bangkok wajib banget kamu coba. Songkran, yang dirayakan setiap bulan April, adalah Tahun Baru Thailand yang dirayakan dengan cara unik, yaitu perang air! 

Saat festival ini, seluruh kota berubah jadi arena peperangan air yang super seru. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semuanya ikut bermain air di jalanan. Tradisi ini bukan cuma sekadar seru-seruan lho, Sob. 

Festival Songkran punya makna spiritual, yaitu membersihkan diri dan menghilangkan nasib buruk di tahun yang lalu. Jadi, sambil basah-basahan, kamu juga ikut membersihkan diri dari segala hal negatif. Seru, kan?!

2. Nama Resmi Bangkok Dinobatkan sebagai Nama Terpanjang di Dunia

kota bangkok
Potret kota bangkok. Sumber: yourtourdesk.com

Sobat Suka Fakta, pernah denger nggak sih kalau Bangkok punya nama resmi yang panjangnya bisa bikin lidah kamu keseleo? Nama lengkapnya adalah “Krung Thep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayutthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”. Panjang banget, kan?!

Nama ini nggak asal panjang aja lho, Sob. Setiap kata dalam nama ini punya makna yang mendalam dan mencerminkan sejarah serta keagungan kota Bangkok. Bahkan, nama ini masuk Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia. 

3. Surga bagi Pecinta Kuliner

Kota bangkok
Potret makanan khas Bangkok. Sumber: atticustarojoyce.blogspot.com

Siapa di sini yang doyan makan? Kalau kamu pecinta kuliner, Bangkok adalah surga yang wajib kamu kunjungi. Jalanan Bangkok dipenuhi dengan penjual makanan yang menawarkan berbagai hidangan lezat dengan harga yang sangat terjangkau. 

Mulai dari Pad Thai, Som Tam, hingga Mango Sticky Rice, semuanya ada di sini dan siap memanjakan lidahmu. Jangan lupa coba juga Tom Yum, sup pedas khas Thailand yang bakal bikin kamu ketagihan. 

4. Memiliki Tempat Ibadah yang Megah dan Penuh Sejarah

Bangkok
Potret Tempat ibadah megah di Bangkok. Sumber: IST

Bangkok nggak cuma terkenal dengan kehidupannya yang dinamis, tapi juga dengan tempat ibadahnya yang megah dan penuh sejarah. Wat Arun atau Temple of Dawn, dengan puncak stupa yang dihiasi keramik berkilauan, menawarkan pemandangan matahari terbit yang spektakuler. 

Kalau kamu suka mendaki, coba deh naik 318 anak tangga di Wat Saket atau Golden Mount, dan nikmati pemandangan panoramik Bangkok dari atas. Tempat-tempat ibadah ini bukan cuma penting secara spiritual, tapi juga menunjukkan keindahan arsitektur Thailand yang mempesona. 

5. Ada Banyak Aturan Unik yang Aneh

duit.
Ilustrasi menginjak duit. Sumber: IST

Sobat, tahu nggak kalau di Bangkok ada beberapa aturan unik yang mungkin bikin kamu kaget? Salah satunya, kamu bisa didenda kalau keluar rumah tanpa memakai celana dalam! Serius deh, aturan ini ada dan harus dipatuhi. 

Selain itu, kamu juga nggak boleh menginjak uang kertas atau koin, karena di situ ada gambar Raja yang sangat dihormati. Aturan-aturan ini mungkin terdengar aneh, tapi sangat penting untuk menghormati budaya dan tradisi setempat. 

6. Khao San Road, Surga bagi Si Pecinta Hiburan Malam

 Khao San Road.
Potret Khao San Road. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka kehidupan malam yang seru dan penuh warna, Khao San Road adalah tempat yang wajib kamu kunjungi saat di Bangkok. Jalan ini terkenal sebagai pusat backpacker dari seluruh dunia. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai bar, klub, dan tempat nongkrong yang selalu ramai sampai pagi.

Khao San Road juga menawarkan berbagai jenis hiburan, mulai dari live music, street performances, hingga pasar malam yang menjual segala macam barang unik. Jadi, kalau kamu ingin merasakan vibe internasional dan bertemu dengan banyak orang baru, Khao San Road adalah tempatnya!

7. Red Bull Berasal dari Bangkok

kota bangkok
Potret Minuman Red Bull dari Bangkok. Sumber: holidify.com

Siapa sih yang nggak kenal Red Bull? Minuman energi yang sering jadi andalan buat begadang ini ternyata berasal dari Bangkok, lho! Diciptakan oleh Chaleo Yoovidhya pada tahun 1976, Red Bull awalnya adalah minuman berenergi lokal yang kemudian diadaptasi oleh Dietrich Mateschitz dari Austria untuk pasar internasional.

Di Bangkok, kamu masih bisa menemukan versi asli Red Bull yang lebih manis dan nggak berkarbonasi. Jadi, kalau kamu pengen tahu rasa asli minuman ini sebelum terkenal di seluruh dunia, jangan lupa coba saat berada di Bangkok!

8. Bangkok Setiap Tahunnya Perlahan Tenggelam

Sumber: IST
Potret Kota Bangkok. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, di balik gemerlapnya Bangkok, ada isu lingkungan yang cukup serius yaitu kota ini perlahan tenggelam. Setiap tahunnya, beberapa bagian Bangkok tenggelam sekitar 2 hingga 5 cm karena ekstraksi air tanah yang berlebihan dan beban bangunan yang berat. Pemerintah kota pun harus bekerja keras untuk mengatasi masalah ini.

Berbagai proyek telah dilakukan untuk memperbaiki sistem drainase, mengembangkan ruang hijau, dan mendorong penggunaan air yang lebih berkelanjutan. Meski tantangan ini berat, upaya-upaya tersebut sangat penting untuk memastikan Bangkok tetap bisa berkembang dan bertahan di masa depan.

9. Memiliki Moda Transportasi yang Memadai

Kota Bangkok
Potret Transportasi Kota Bangkok. Sumber: IST

Berpindah dari satu tempat ke tempat lain di Bangkok sangat mudah berkat sistem transportasi umumnya yang efisien. BTS Skytrain dan MRT adalah dua pilihan utama yang bisa kamu gunakan untuk menghindari kemacetan di jalan raya. 

Skytrain memberikan pemandangan kota dari atas, sementara MRT menghubungkan berbagai area penting di bawah tanah. Selain itu, jangan lupa mencoba tuk-tuk, kendaraan roda tiga yang ikonik di Bangkok. Meskipun kamu perlu sedikit bernegosiasi soal harga, tapi naik tuk-tuk memberikan pengalaman yang otentik dan menyenangkan. 

10. Kota yang Ramah LGBTQ+ 

LGBT
Potret Komunitas LGBT Thailand. Sumber: Dok. bloomberg.com

Bangkok adalah salah satu kota paling ramah bagi komunitas LGBTQ+ di Asia. Di sini, keberagaman dan inklusivitas benar-benar dirayakan. Area Silom dan Sukhumvit adalah pusat kehidupan malam LGBTQ+ yang terkenal dengan bar dan klub yang ramah dan aman. Selain itu, Bangkok juga menjadi tuan rumah berbagai acara besar seperti Bangkok Pride dan Songkran LGBTQ+ Party. 

11. Yaowarat, Chinatown Terbesar di Dunia

kota bangkok
Potret Patung Buddha Di Bangkok. Sumber: idntimes.com

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka jalan-jalan ke tempat yang penuh warna dan sejarah, Chinatown Bangkok atau Yaowarat adalah destinasi yang nggak boleh dilewatkan. Chinatown di Bangkok adalah yang terbesar di dunia dan merupakan salah satu area paling hidup di kota ini. 

Saat malam tiba, jalan-jalan sempitnya dipenuhi dengan jajanan kaki lima yang menggoda selera dan toko-toko kecil yang menawarkan berbagai barang unik. Di tengah kesibukan itu, ada Wat Traimit, kuil yang menyimpan patung Buddha emas murni terbesar di dunia. 

Patung ini tingginya hampir 5 meter dan beratnya mencapai 5,5 ton. Chinatown benar-benar menawarkan pengalaman budaya yang kaya dan menarik, jadi pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menjelajahi setiap sudutnya.

12. Ada Banyak Kafe Cozy yang Instagramable

Kota Bangkok
Potret kafe yang bertema Unicorn di Kota Bangkok. Sumber: Flickr/Robin Hickmott

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka tempat nongkrong yang cozy dan Instagramable, Bangkok punya banyak pilihan. Mulai dari kafe bertema unicorn yang penuh warna hingga kafe kucing di mana kamu bisa menikmati kopi sambil bermain dengan kucing-kucing lucu.

Selain itu, ada juga kafe dengan tema literatur klasik yang menawarkan suasana tenang dan nyaman, cocok buat kamu yang suka membaca atau sekadar bersantai. Setiap kafe di Bangkok menawarkan pengalaman yang berbeda, nggak cuma menyajikan kopi dan makanan yang enak, tapi juga atmosfer yang nggak terlupakan.

13. Terkenal dengan Rooftop Bars-nya yang Meriah

Rooftop Bars
Potret Rooftop Bars Bangkok. Sumber: IST

Kalau kamu pikir Bangkok cuma seru di siang hari, kamu harus coba merasakan semarak kehidupan malamnya. Sobat Suka Fakta, Bangkok terkenal dengan rooftop bars yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan, klub malam yang ramai, dan live music yang bisa bikin kamu bergoyang sampai pagi.

Beberapa rooftop bars terbaik terletak di sekitar area Silom dan Sukhumvit, di mana kamu bisa menikmati minuman sambil melihat gemerlapnya lampu kota dari ketinggian. Selain itu, Bangkok juga punya banyak klub malam dengan DJ internasional yang siap menghibur kamu dengan musik yang keren. 

14. Surga Belanja bagi Para Shopaholic

Kota Bangkok
Potret toko CentralWorld salah satu mall di Bangkok. Sumber: aroimakmak.com

Dari mall mewah seperti Siam Paragon dan CentralWorld yang menawarkan brand-brand internasional, hingga pasar lokal seperti Chatuchak yang menjual barang-barang unik dengan harga miring, Bangkok punya semuanya. Kota ini adalah surga bagi para shopaholic.

Jangan lupa kunjungi MBK Center, tempat populer di kalangan turis dan penduduk lokal untuk berbelanja gadget dan aksesori dengan harga terjangkau. Bangkok benar-benar bisa memuaskan hasrat belanjamu, tidak peduli apa yang kamu cari.

15. Grand Palace dan Wat Phra Kaew, Landmark Penting Bangkok

Kota Bangkok
Potret Bangunan khas Bangkok. Sumber: IST

Kalau kamu ke Bangkok, jangan lewatkan kunjungan ke Grand Palace dan Wat Phra Kaew. Grand Palace bukan cuma istana biasa, tapi kompleks bangunan yang pernah menjadi kediaman resmi raja-raja Siam dan masih digunakan untuk upacara resmi. 

Sobat Suka Fakta, di dalam kompleks ini, terdapat Wat Phra Kaew atau Temple of the Emerald Buddha yang sangat sakral dan dihormati. Wat Phra Kaew menampung patung Buddha Zamrud yang dianggap sebagai simbol spiritual yang sangat penting bagi masyarakat Thailand. 

Ketika mengunjungi tempat ini, pastikan kamu memakai pakaian yang sopan karena tempat ini sangat sakral. Keindahan arsitektur dan kekudusan tempat-tempat ini pasti akan membuat kamu terpesona.

16. Chatuchak, Salah Satu Pasar Tradisional Terbesar di Dunia

Kota Bangkok
Potret pasar chatuchak yang ada di Bangkok. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka berburu barang unik dan menikmati suasana pasar tradisional, kamu harus banget mampir ke Pasar Akhir Pekan Chatuchak. Pasar ini adalah salah satu yang terbesar di dunia, dengan lebih dari 8.000 kios yang tersebar di 27 bagian. 

Di sini, kamu bisa menemukan segala macam barang mulai dari pakaian vintage, kerajinan tangan, hingga makanan lokal yang lezat. Tips dari kami, datanglah pagi-pagi untuk menghindari keramaian dan panas.

Jangan lupa untuk selalu tetap terhidrasi dan bawa uang tunai secukupnya karena banyak pedagang yang tidak menerima kartu kredit. Menghabiskan waktu di Chatuchak pasti akan menjadi pengalaman belanja yang seru dan tak terlupakan!

17. Taman Lumpini, RTH Terbesar di Bangkok 

Taman Lumpini.
Potret Taman Lumpini. Sumber: IST

Di tengah hiruk-pikuk kota Bangkok, ada sebuah oasis hijau yang tenang bernama Taman Lumpini. Taman ini adalah salah satu ruang terbuka hijau (RTH) terbesar di Bangkok dan tempat yang sempurna untuk bersantai. 

Sobat Suka Fakta, di sini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti jogging, bersepeda, atau sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan. Taman Lumpini juga sering menjadi lokasi acara budaya dan musik. 

Selain itu, ada banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan seperti danau buatan untuk berperahu dan area bermain untuk anak-anak. Jadi, kalau kamu butuh tempat untuk melepaskan penat setelah seharian berkeliling kota, Taman Lumpini adalah pilihan yang tepat.

18. Loy Krathong, Festival Lampion Air di Sungai

Loy Krathong
Potret Festival Loy Krathong. Sumber: IST

Salah satu perayaan paling indah di Bangkok adalah Loy Krathong. Setiap bulan November, masyarakat Thailand merayakan festival ini dengan melepaskan lampion air (krathong) ke sungai sebagai simbol membuang nasib buruk dan memohon keberuntungan. 

Sobat Suka Fakta, bayangin aja betapa cantiknya pemandangan ratusan lampion yang mengapung di sungai sambil menyala terang. Perayaan ini biasanya diadakan di berbagai lokasi di Bangkok seperti sungai Chao Phraya dan taman-taman kota. 

Selain pemandangan yang memukau, kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan budaya dan bazar makanan yang meriah. Loy Krathong benar-benar memberikan pengalaman budaya yang mendalam dan menyentuh hati.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, tak terasa kita sudah sampai di penghujung perjalanan mengeksplorasi Fakta Menarik Bangkok. Kota ini menawarkan lebih dari sekadar destinasi wisata. Bangkok adalah kanvas hidup yang penuh warna, cerita, dan kehidupan.

Bangkok berhasil memadukan keindahan tradisional dan modernitas dengan cara yang harmonis, menunjukkan bahwa di samping menghormati masa lalunya, kota ini juga berani melangkah ke masa depan. Setiap sudutnya membuka kesempatan baru untuk belajar dan mengeksplorasi, baik bagi penduduk lokal maupun wisatawan.

Jadi, apakah kamu siap untuk membuat cerita sendiri di Bangkok? Kota metropolitan ini selalu siap menyambutmu dengan segala keunikan dan keajaiban yang dimilikinya. Selamat berpetualang, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *