Fakta Dunia

17 Fakta Menarik Beijing yang Menarik untuk Diketahui

183
×

17 Fakta Menarik Beijing yang Menarik untuk Diketahui

Sebarkan artikel ini
Beijing Tiongkok
17 Fakta Menarik Beijing Tiongkok . Sumber: IST

Hey Sobat Suka Fakta! Pernah kepikiran gak sih apa jadinya kalo kita ngulik lebih dalam tentang Beijing, ibu kota Tiongkok yang super legendaris ini? Yap, selain sebagai pusat pemerintahan, Beijing itu kayak kanvas yang ngeblend tradisi kuno yang super kaya, dengan kecanggihan modern yang bikin kita terkagum-kagum. 

Dari Kota Terlarang yang penuh misteri hingga Tembok Besar yang megah, semuanya ada di sini, Sob! Tapi, jangan salah! Beijing bukan cuma soal bangunan tua dan cerita sejarah yang bikin kamu terpaku. 

Kota ini juga penuh dengan inovasi dan kejutan yang siap memanjakan mata dan pikiran kita. Di artikel “17 Fakta Menarik Beijing Tiongkok” yang akan kita bahas kali ini, kita bakal kepoin semua hal yang bikin Beijing jadi unik, mulai dari sejarah yang mengakar kuat, budaya yang beragam, hingga capaian-capaian modern yang menempatkan Beijing di peta dunia.

So, siap-siap buat dapetin info-info seru yang mungkin bisa bikin kamu pengen langsung meluncur ke sana. Yuk, langsung gas ke segmen pertama kita dengan menyelami sejarah panjang Beijing yang bikin kota ini jadi salah satu kota tertua di dunia!

1. Beijing Telah Ada Sejak 3.000 Tahun Lalu dan Menyimpan Jutaan Sejarah yang Menarik 

Kota Beijing
Potret kota Beijing zaman dulu. Sumber: Asian Money

Sobat Suka Fakta, kita nggak bisa ngomongin Beijing tanpa ngulik sejarahnya yang legendaris dulu, nih. Bayangin saja, kota ini sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahun lalu. Yap, umur itu enam kali lebih tua dari New York, loh! 

Sejak zaman Dinasti Qin hingga sekarang, Beijing udah jadi saksi bisu berbagai perubahan zaman dan dinasti. Bukan cuma itu, Beijing juga sudah menjadi ibu kota selama beberapa dinasti, termasuk Dinasti Ming dan Qing yang super terkenal itu. Jadi, kalo kamu jalan-jalan ke Beijing, kamu nggak cuma melihat kota, tapi kamu juga sedang berjalan di atas lapisan-lapisan sejarah yang tebal, Sob!

2. “Kota Terlarang” dan “Tembok Besar” Telah Diakui Sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Kota terlarang Beijing.
Kota terlarang Beijing. Sumber: chine-culture.com

Lanjut ke topik yang nggak kalah kerennya, Sobat! Beijing punya beberapa situs yang diakui UNESCO,  seperti Kota Terlarang dan Tembok Besar. Kota Terlarang adalah istana imperial yang dulu jadi pusat pemerintahan China selama berabad-abad dan sekarang ini jadi salah satu museum paling keren di dunia. 

Sementara itu, Tembok Besar yang dibangun dan diperkuat selama berbagai dinasti, membentang sejauh mata memandang dan menjadi simbol ketahanan dan kekuatan Tiongkok. Dari setiap batu dan dinding di tempat-tempat ini, kita bisa belajar banyak tentang kecerdikan dan kekuatan sejarah Tiongkok.

3. Kota ini Memiliki 2 Universitas yang Masuk dalam Ranking Teratas di Dunia 

Opera beijing dan Universitas
Potret Opera beijing dan Universitas. Sumber: Wikimedia Commons & blog.cakap.com

Gak ketinggalan, Beijing juga adalah pusat pendidikan dan kebudayaan yang gak bisa diremehkan. Di kota ini, ada dua universitas yang termasuk dalam ranking teratas di dunia, yaitu Universitas Peking dan Universitas Tsinghua. Mereka tidak hanya kampus, tapi juga pusat penyebaran inovasi dan pemikiran baru. 

Untuk kamu yang suka seni dan budaya, Beijing punya Opera Beijing yang iconic, di mana kamu bisa menyaksikan drama tradisional yang melibatkan musik, tarian, dan kostum yang warna-warni. Ini menunjukkan bahwa meski Beijing sangat modern, dia masih memegang erat tradisi dan sejarahnya yang panjang. 

Setiap sudut kota ini berbicara tentang kekayaan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Dengan semua sejarah dan kebudayaan ini, Beijing nggak hanya menjadi kota yang wajib dikunjungi, tapi juga tempat yang menginspirasi dan mengedukasi kita semua. Kita lanjut ke bagian berikutnya, yuk!

4. Sebagai Ibu Kota, Beijing Merupakan Pusat Kekuasaan Politik Tiongkok

Gedung DPR yang ada di China.
Gedung DPR yang ada di China. Sumber: Alamy

Nah, Sobat Suka Fakta, selain kaya akan sejarah dan budaya, Beijing juga merupakan pusat kekuasaan politik Tiongkok. Sebagai ibu kota, Beijing jadi lokasi dari semua lembaga pemerintahan utama, termasuk jadi kediaman resmi Presiden Tiongkok. 

Kota ini juga sering menjadi tuan rumah untuk berbagai konferensi internasional dan pertemuan penting yang menentukan arah politik dan ekonomi tidak hanya untuk Tiongkok, tapi juga untuk dunia. 

Keputusan-keputusan besar yang dibuat di gedung-gedung pemerintahan di Beijing ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, lho! Jadi, bisa dibilang, apa yang terjadi di Beijing, tidak hanya tinggal di Beijing.

5. Mandarin yang Terkenal Saat ini Dipengaruhi Oleh Dialek Beijing 

Sobat, Beijing gak hanya berpengaruh dalam politik, tapi juga dalam bahasa. Sobat tahu nggak, bahwa Mandarin yang kita kenal sekarang ini dipengaruhi oleh dialek Beijing? 

Yup, sejak zaman dahulu, cara orang Beijing berbicara telah menjadi model untuk bahasa Mandarin standar, atau Putonghua yang diajarkan di seluruh Tiongkok dan dipelajari di seluruh dunia. 

Uniknya, dialek Beijing terkenal dengan penambahan suara ‘er’ di akhir kata, yang membuatnya terdengar berbeda dari dialek-dialek Mandarin lainnya. Jadi, jika kamu belajar Mandarin, kamu sedang belajar sedikit rasa dari Beijing!

6. Memiliki Sistem Metro Terbesar dan Terpadat di Dunia

Stradion nasional Beijing.
Potret Stradion nasional Beijing. Sumber: IST

Tidak berhenti di bahasa saja, Beijing juga memimpin dalam hal inovasi dan teknologi, lho, Sob! Dengan hosting Olimpiade Musim Panas 2008, Beijing memamerkan infrastruktur canggih dan kemampuan teknologinya kepada dunia. 

Stadion Nasional Beijing atau yang lebih dikenal sebagai ‘Sarang Burung’, adalah contoh arsitektur modern yang luar biasa dan cerminan kecanggihan teknologi. 

Selain itu, sistem metro Beijing yang merupakan salah satu yang terbesar dan terpadat di dunia, terus berkembang dengan teknologi baru untuk transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Beijing juga merupakan rumah bagi banyak startup dan inisiatif teknologi yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bermain.

7. Salah Satu Kota yang Menjadi Penggerak Perekonomian Global

Kantor Xiomi
Potret kantor Xiomi. Sumber: id.wikipedia.org

Di sisi ekonomi, Beijing merupakan salah satu motor penggerak perekonomian global. Dengan distrik bisnis yang penuh dengan perusahaan multinasional dan startup lokal yang inovatif, kota ini menjadi salah satu pusat keuangan dan bisnis terpenting di Asia. Beijing juga dikenal memiliki jumlah miliarder terbanyak di dunia, sebuah indikasi jelas dari pertumbuhan ekonomi dan peluang yang ada di kota ini. 

Selain itu, perusahaan-perusahaan besar seperti Baidu, Lenovo, dan Xiaomi, yang semua berbasis di Beijing, telah membuktikan diri sebagai pemain kunci di panggung dunia, memperkuat posisi Beijing sebagai sebuah hub global untuk inovasi dan bisnis. Setiap aspek dari Beijing, mulai dari politik hingga teknologi, membentuk sebuah kota yang tidak hanya penting secara nasional, tapi juga memiliki pengaruh besar secara global. 

Mari kita lanjutkan eksplorasi kita dengan melihat bagaimana kota ini menangani salah satu masalah besar metropolis modern, yaitu polusi.

8. Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Masalah Polusi Udara

Dubai.
Potret Polusi yang ada di Dubai. Sumber: forestdigest.com

Sobat Suka Fakta, mungkin kamu pernah dengar bahwa Beijing dulu terkenal dengan polusi udaranya yang parah. Tapi, tahu nggak sih, dalam beberapa tahun terakhir ini, Beijing telah melakukan transformasi besar-besaran dalam mengatasi masalah tersebut? 

Ya, sejak deklarasi “Perang Melawan Polusi” pada tahun 2014, kota ini telah mengambil langkah-langkah serius seperti menutup pabrik-pabrik yang menghasilkan polusi tinggi, memperbarui kendaraan umum menjadi lebih ramah lingkungan, dan mengimplementasikan regulasi yang lebih ketat terhadap emisi industri. 

Hasilnya? Cukup menakjubkan! Jumlah hari dengan udara bersih meningkat drastis, memperlihatkan langit biru yang lebih sering menghiasi Beijing. Ini bukti bahwa upaya keras dan komitmen tinggi dapat membawa perubahan nyata, menjadikan Beijing sebagai contoh sukses dalam penanganan polusi di kota besar.

9. Bebek Peking, Kuliner Khas Beijing yang Terkenal di Seluruh Dunia

Bebek peking
Kuliner Khas Beijing, Bebek peking. Sumber: IST

Selanjutnya, mari kita pindah dari topik serius polusi ke sesuatu yang lebih menggugah selera, yaitu kuliner khas Beijing. Jika kamu pecinta kuliner, Beijing adalah surga yang harus kamu jelajahi. 

Dari Bebek Peking yang terkenal di seluruh dunia dengan kulit renyahnya yang lezat, hingga jajanan kaki lima yang menggiurkan seperti jianbing (semacam crepes Tiongkok) dan rou jia mo (disebut juga sebagai “burger Tiongkok”), ada banyak sekali variasi makanan yang bisa kamu coba. 

Eits, jangan lewatkan juga untuk mencicipi hot pot Beijing yang hangat saat musim dingin, atau menikmati manisnya ice cream tradisional yang bisa kamu temukan di hutong-hutong kuno. 

Makanan di Beijing tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga memberi kita jendela untuk melihat dan merasakan tradisi serta budaya yang telah turun temurun.

10. Kehidupan Malam yang Mewah di Beijing

Opera Tiongkok
Hiburan kota Beijing, Opera Tiongkok. Sumber: tripadvisor.co.id

Setelah kenyang menikmati semua makanan lezat, Beijing masih punya banyak tawaran untuk mengisi malammu. Kehidupan malam di Beijing sangat dinamis dan bervariasi. Mulai dari bar dan klub yang menawarkan live music dan DJ internasional, hingga kafe-kafe yang nyaman untuk hangout, Beijing memiliki segalanya. 

Jika kamu suka sesuatu yang lebih tradisional, coba habiskan malam di salah satu teater Beijing untuk menonton pertunjukan opera Tiongkok atau acara-acara budaya lainnya yang akan memukau dan memberi pengalaman tak terlupakan.

Beijing benar-benar memiliki cara untuk mengubah malam menjadi meriah, membuat setiap malam menjadi petualangan urban yang menarik. 

Dengan segala usaha modernisasi dan kekayaan budaya yang ditawarkan itu, Beijing menyediakan berbagai kegiatan yang dapat memuaskan setiap selera dan minat.

Ayo, lanjutkan perjalanan menarik ini ke bagian berikutnya di mana kita akan melihat lebih dekat ke museum dan pendidikan sejarah yang membuat Beijing tidak hanya sebagai pusat kegiatan saat ini, tapi juga sebagai penghubung yang kuat dengan cerita masa lalu.

11. Beijing Menawarkan Pelajaran Sejarah yang Hidup Melalui 200 Museum Megah dan Modern 

Museum kota terlarang
Museum kota terlarang. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, berbicara tentang Beijing, kita tidak bisa mengabaikan kekayaan sejarahnya yang terpelihara dengan baik di berbagai museum kota ini. Dengan lebih dari 200 museum yang beragam, Beijing menawarkan pelajaran sejarah yang hidup dan interaktif bagi semua pengunjung. 

Misalnya, Museum Nasional Tiongkok yang terletak di Lapangan Tiananmen menampilkan artefak yang menunjukkan sejarah Tiongkok dari zaman prasejarah hingga modern. 

Lalu ada juga Museum Istana yang lebih dikenal sebagai Kota Terlarang, dimana kamu bisa menjelajahi kehidupan kaisar-kaisar Tiongkok dan melihat koleksi seni dan kerajinan tangan yang menakjubkan. 

Untuk pengalaman yang lebih unik, kunjungi Museum Seni Nasional Tiongkok atau bahkan Museum Perangko Beijing. Setiap museum ini tidak hanya sebagai tempat menyimpan benda-benda kuno, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang menginspirasi dan memperkaya pengetahuan kita tentang dunia.

12. Destinasi Wisata Paling Populer di Beijing

Taman Beihai.
Salah satu wisata yang ada di Beijing. Taman Beihai. Sumber: IST

Beijing dengan semua situs sejarah dan kegiatan budayanya, merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Selain Kota Terlarang dan Tembok Besar, ada juga Tempat-tempat menarik seperti Taman Beihai, Istana Musim Panas, dan Hutong-hutong yang menawarkan kesempatan untuk melihat lebih dekat kehidupan tradisional Beijing. 

Wisatawan dapat menikmati berjalan di sepanjang danau yang tenang, menjelajahi taman-taman indah, atau sekedar menikmati teh sore di salah satu teahouse. 

Sobat, setiap sudut Beijing selalu menawarkan pandangan baru dan pengalaman tak terlupakan yang membuatnya layak disebut sebagai kota yang harus dikunjungi bagi setiap pelancong.

13. Pemerintah Beijing Buat Kebijakan Bebas Visa 144 Jam untuk Warga dari 53 Negara

Beijing juga sangat terbuka untuk pengunjung internasional, berkat kebijakan bebas visa 144 jam untuk warga dari 53 negara. Kebijakan ini memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi Beijing tanpa visa hingga enam hari. 

Kebijakan ini menjadi cara yang bagus untuk menarik lebih banyak turis dan memudahkan mereka yang ingin merasakan kota ini tanpa proses visa yang panjang. 

Selain itu, Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia, juga menyediakan konektivitas yang luas, memudahkan akses ke dan dari kota ini, membuat Beijing semakin dekat dan mudah dijangkau untuk semua orang di seluruh dunia.

Dengan semua kekayaan sejarah, budaya, dan kebijakan yang mendukung pariwisata, Beijing bukan hanya jantung politik dan budaya Tiongkok, tetapi juga jendela bagi dunia untuk melihat dan mengalami keindahan dan keunikan Tiongkok. 

Sobat, lanjutkan membaca karena kita akan membahas lebih lanjut tentang peran Beijing dalam dunia fashion dan gaya hidup yang juga tak kalah menarik!

14. Kota yang Dikenal Sebagai Pusat Dunia Fashion dan Gaya Hidup

Sobat Suka Fakta, selain sejarah dan budayanya, Beijing juga terkenal sebagai pusat tren fashion dan gaya hidup. Kota ini sering dianggap sebagai catwalk besar, tempat desainer lokal dan internasional memamerkan kreasi terbaru mereka. Dari butik-butik mewah di Sanlitun hingga pasar-pasar vintage di Nanluoguxiang, Beijing adalah tempat bermainnya para pecinta fashion. 

Beijing memiliki event tahunan, yaitu Beijing Fashion Week yang selalu menarik perhatian dunia dengan menampilkan inovasi dan keberanian dalam desain yang menggabungkan unsur-unsur tradisional Tiongkok dengan potongan modern. Jadi, jika kamu ingin tetap update dengan tren terbaru atau mencari inspirasi gaya yang unik, Beijing adalah tempatnya.

15. Dikenal Sebagai Kota dengan Polusi Tingkat Tinggi

taman Chaoyang
Potret taman Chaoyang. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat, mari beralih dari dunia fashion ke upaya lingkungan, Beijing telah berusaha keras untuk meningkatkan kualitas hijaunya. Meski dikenal dengan  tingkat populasi dan industri yang padat, kota ini telah berinvestasi dalam menciptakan dan memelihara ruang hijau, seperti Taman Chaoyang, Taman Olimpiade, dan Taman Beihai yang luas. 

Taman-taman ini bukan hanya untuk estetika, melainkan berfungsi sebagai paru-paru kota yang menawarkan tempat untuk rileks dan bernapas lebih bebas. Inisiatif seperti ini menunjukkan kesadaran Beijing terhadap pentingnya keseimbangan antara perkembangan urban dan keberlanjutan lingkungan.

16. Memiliki Kekayaan Tradisi dan Upacara yang Telah Diwariskan Turun-temurun

Kuil surga yang ada di Beijing.
Potret Kuil surga yang ada di Beijing. Sumber: IST

Kembali ke akarnya, Beijing juga sangat kaya akan tradisi dan upacara yang telah diwariskan turun-temurun. Kuil Surga, misalnya, merupakan tempat diadakannya upacara penting bagi kaisar-kaisar Tiongkok yang memohon keberkahan dan panen yang baik. Ritual-ritual ini masih dipraktekkan hingga hari ini, khususnya selama festival-festival tradisional seperti Festival Qingming dan Festival Musim Gugur. 

Selain itu, ada juga Festival Musim Semi yang menawarkan kesempatan untuk melihat tarian singa, kembang api, dan berbagai perayaan yang menggambarkan kekayaan budaya Tiongkok. Tidak ketinggalan, Festival Film Internasional Beijing yang menarik sineas dan penonton dari seluruh dunia untuk merayakan sinema terbaik. 

Sobat, festival-festival ini tidak hanya penting untuk penduduk lokal, tetapi juga menarik perhatian global dengan menawarkan wawasan yang mendalam tentang filosofi dan nilai-nilai yang membentuk masyarakat Tiongkok, memperkuat posisi Beijing sebagai pusat budaya internasional. 

17. Distrik Seni 798: Jantung Seni Kontemporer di Beijing

Distrik Seni 798 di Beijing.
Potret Distrik Seni 798 di Beijing. Sumber: bolong.id

Akhirnya, kita tidak bisa meninggalkan Beijing tanpa menyelami dunianya yang penuh inovasi artistik dan kreativitas. Distrik Seni 798 yang dulu adalah kompleks pabrik militer, sekarang merupakan jantung seni kontemporer di Beijing, dengan galeri-galeri, studio, dan ruang pamer yang menampilkan karya seniman lokal dan internasional. 

Tempat ini adalah simbol dari bagaimana Beijing mampu mengadaptasi ruang industri menjadi pusat kebudayaan yang vibrant, mencerminkan dinamika kota yang selalu bergerak maju sambil menghormati masa lalunya.

Beijing, dengan segala kompleksitas dan kekayaannya, menawarkan segudang cerita dan pengalaman yang menarik bagi siapa saja yang ingin menyelam lebih dalam ke dalam kultur, sejarah, dan kehidupan modernnya. Kota ini bukan hanya sebuah kota, melainkan narasi hidup yang terus berkembang dan mengejutkan dengan setiap lembarannya yang baru.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai sudut dan aspek dari Beijing, kita bisa melihat betapa kaya dan dinamisnya kota ini. Dari sejarahnya yang panjang dan warisan budayanya yang kaya, hingga upaya-upaya modernisasi dan inovasi teknologi, Beijing adalah sebuah tapestri yang memadukan masa lalu dan masa depan dengan cara yang spektakuler. 

Tidak hanya sebagai pusat politik dan ekonomi, Beijing juga menonjol sebagai pusat budaya dan seni yang menarik minat dari seluruh dunia.

Kota ini menawarkan sesuatu untuk semua orang, baik itu pelajar sejarah, penggemar seni, pencinta kuliner, atau para fashionista. Dengan kebijakan bebas visa yang memudahkan akses, dan sistem transportasi yang efisien, Beijing terbuka untuk dijelajahi oleh wisatawan global.

Jadi, jika kamu mencari destinasi yang menggabungkan tradisi dengan modernisasi, di mana setiap sudut menawarkan sesuatu yang baru dan setiap pengalaman membawa inspirasi, maka Beijing adalah tempatnya. Ingatlah untuk menikmati setiap momen di kota yang menawan ini, karena setiap detik di Beijing adalah kesempatan untuk belajar dan terpesona. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi Beijing dan menemukan keajaiban sendiri di ibu kota yang memukau ini?

Terima kasih sudah mengikuti perjalanan menarik ini di “17 Fakta Menarik Beijing Tiongkok”. Semoga kita bisa bertemu lagi di artikel mendatang dengan lebih banyak fakta menarik dan destinasi baru untuk dijelajahi. Sampai jumpa, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • China Admissions. (n.d.). 10 Incredible Facts About Beijing, China. Retrieved from https://www.china-admissions.com/blog/10-incredible-facts-about-beijing-china/
  • Trippest. (n.d.). Beijing Interesting Facts. Retrieved from https://www.trippest.com/beijing-travel-guide/beijing-interesting-facts/
  • Facts.net. (n.d.). 38 Facts About Beijing (Peking). Retrieved from https://facts.net/world/cities/38-facts-about-beijing-peking/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *