Fakta Dunia

11 Fakta Menarik Montreal, Punya Musim Salju yang Turun Selama 60 Hari Dalam Setahun

140
×

11 Fakta Menarik Montreal, Punya Musim Salju yang Turun Selama 60 Hari Dalam Setahun

Sebarkan artikel ini
11 Fakta Menarik Montreal.
11 Fakta Menarik Montreal. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini, kita akan mengajak kalian berpetualang ke salah satu kota paling seru di dunia, yaitu Montreal. Terletak di Kanada, Montreal adalah kota yang penuh dengan sejarah, budaya, dan berbagai hal unik yang pasti bikin kalian penasaran. 

Mungkin bagi beberapa dari Sobat merasa asing dengan nama ini. Tapi, Montreal ternyata sudah menarik minat banyak turis dari mancanegara, lho, Sob! Kota ini selalu punya sesuatu yang baru dan menarik di setiap sudutnya. 

Dari festival-festival seru, makanan lezat, hingga aktivitas luar ruangan yang gak ada habisnya, Montreal memang gak pernah bikin bosan.

Di artikel ini, kita akan bahas 11 fakta menarik Montreal yang mungkin belum Sobat ketahui. Kita akan mengupas sejarah panjang kota ini, lokasi strategisnya, hingga keunikan kulinernya. 

Setiap fakta ini bakal bikin kalian terpukau dengan Montreal dan pastinya pengen segera berkunjung. Jadi, siap-siap buat petualangan seru bareng kita dan temukan alasan mengapa Montreal begitu istimewa!

Nah, gak usah lama-lama lagi, yuk kita mulai petualangan dan lihat apa saja sih yang membuat Montreal jadi kota yang luar biasa ini. So, stay tuned, Sobat Suka Fakta!

1. Kota Terbesar Kedua di Kanada dengan Populasi Sekitar 4,3 Juta Jiwa

Kota Montreal.
Potret kota Montreal. Sumber: IST

Nah, fakta menarik berikutnya adalah bahwa Montreal adalah kota terbesar kedua di Kanada. Dengan populasi wilayah metro sekitar 4.308.000 jiwa pada tahun 2023, Montreal memang sangat ramai dan dinamis. Dulunya, Montreal adalah kota terbesar di Kanada sampai sekitar tahun 70-an ketika Toronto mengambil alih gelar tersebut.

Meski begitu, Montreal tetap menjadi pusat budaya dan ekonomi yang penting di Kanada, Sob! Kota ini terkenal dengan kehidupan malamnya yang seru, berbagai festival yang diadakan sepanjang tahun, dan tentunya, keragaman budayanya yang luar biasa. 

Dengan statusnya sebagai kota terbesar kedua di Kanada, Montreal menawarkan banyak hal menarik yang bisa Sobat eksplorasi. Dari bangunan bersejarah hingga tempat-tempat modern yang keren, semuanya ada di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota yang penuh pesona ini!

2. Kota yang Telah Dihuni Manusia Sejak Lebih dari 8.000 Tahun yang Lalu

Jacques Cartier.
Potret penjelajah Eropa Jacques Cartier. Sumber: Wilfredor/Musée national des beaux-arts du Québec

Oke, Sobat Suka Fakta, kita mulai petualangan dengan menggali sejarah panjang Montreal. Ternyata, kota ini sudah dihuni manusia sejak lebih dari 8.000 tahun yang lalu, lho! Kebayang kan, betapa panjangnya sejarah kota ini?

Montreal pertama kali ditemukan oleh penjelajah Eropa bernama Jacques Cartier pada tahun 1535. Saat itu, ia menemukan sebuah desa besar yang dikenal sebagai Hochelaga. 

Kemudian, sekitar 70 tahun setelah itu, Samuel de Champlain mulai membuat pos perdagangan bulu di daerah ini. Lalu pada tahun 1642, koloni pertama yang bernama Ville Marie didirikan yang akhirnya berkembang menjadi Montreal yang kita kenal sekarang.

Montreal baru resmi didirikan sebagai kota pada tahun 1832. Selama bertahun-tahun, kota ini terus berkembang dan menjadi pusat penting untuk perdagangan dan budaya. Kebayang kan betapa kayanya sejarah Montreal?! Jadi karena kekayaannya itu, setiap sudut Montreal pasti punya cerita menarik yang bisa kita pelajari!

3. Montreal Adalah Kota Berbahasa Prancis Terbesar di Amerika Utara

Oke, Sobat Suka Fakta, fakta berikutnya ini pasti bikin kalian terkesan! Montreal adalah salah satu dari lima kota berbahasa Prancis terbesar di dunia. Faktanya, Montreal adalah kota berbahasa Prancis terbesar di Amerika Utara. 

Kehidupan bilingual di Montreal benar-benar unik. Sekitar 92% penduduk Montreal menguasai Bahasa Prancis, bahkan 66,5% dari mereka  menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa ibu. Jadi gak heran kenapa Montreal jadi kota paling bilingual di Kanada.

Ini berarti, Sobat bisa merasakan suasana Eropa di Amerika Utara. Dari papan nama jalan, menu restoran, hingga percakapan sehari-hari, semuanya bernuansa Prancis.

4. Lokasinya yang Strategis, Montreal Terletak di Permukaan 2 Sungai Besar

Sungai St. Lawrence
Potret Sungai St. Lawrence. Sumber: pixabay.com

Sobat, sekarang kita lanjut ke fakta menarik berikutnya tentang Montreal, yaitu lokasinya yang super strategis. Kota ini terletak di pertemuan dua sungai besar, Sungai St. Lawrence dan Sungai Ottawa. Lokasi ini membuat Montreal menjadi pusat perdagangan yang penting sejak zaman dulu. Gak heran kalau kota ini jadi salah satu tempat paling ramai di Kanada!

Selain itu, Montreal berada di Pulau Montreal yang merupakan bagian dari Kepulauan Hochelaga. Di kepulauan ini, ada lebih dari dua ratus pulau, lho! Pulau Montreal adalah yang terbesar dan menjadi pusat kota utama. Dengan lokasi yang begitu strategis, Montreal jadi mudah diakses dari berbagai arah, baik melalui jalur darat, air, maupun udara.

Lokasinya yang strategis ini juga bikin Montreal jadi tempat yang asyik buat dijelajahi. Ada banyak tempat menarik di sekitar kota yang bisa Sobat kunjungi dengan mudah. Jadi, kalau kalian berencana mengunjungi Montreal, pastikan kalian punya waktu cukup untuk menjelajahi semua keindahan dan keunikan kota ini!

5. Montreal Canadiens atau “The Habs” Adalah Tim Hoki Tertua di Dunia

"The Habs,"
Potret warisan Olahraga “The Habs,”. Sumber: thehockeynews.com

Montreal punya sejarah panjang dan kaya dalam dunia olahraga, nih! Salah satu yang paling menonjol adalah hoki es. Montreal Canadiens, atau dikenal sebagai “The Habs” adalah tim hoki tertua di dunia dan memiliki lebih banyak kemenangan Piala Stanley (24) dibandingkan tim mana pun di NHL. 

Canadiens dianggap sebagai tim hoki terbaik di Kanada, di mana pertandingan mereka selalu penuh dengan semangat dan antusiasme dari para penggemar. Faktanya, tempat hoki es modern ditemukan di Montreal ketika dua tim yang sebagian besar terdiri dari siswa McGill bermain melawan satu sama lain pada tahun 1875.

Montreal juga menjadi tuan rumah bagi dua pertandingan NHL pertama yang pernah dimainkan pada tahun 1917. Selain hoki, Montreal juga memiliki tim olahraga profesional lainnya seperti Montreal Alouettes (CFL) dan CF Montreal (MLS). Kota ini juga terkenal dengan Grand Prix F1 tahunan Kanada yang diadakan di Sirkuit Gilles Villeneuve.

6. Di Montreal, Tidak Ada Bangunan yang Lebih Tinggi dari Salib di Gunung Royal

Habitat 67
Potret salah satu bangunan ikonik di Montreal, Habitat 67. Sumber: mtl.org

Selanjutnya, Sobat Suka Fakta, kita akan melihat beberapa bangunan ikonik dan landmark yang ada di Montreal. Ada begitu banyak bangunan keren di kota ini yang pasti bikin kalian takjub. 

Salah satu yang paling menarik adalah fakta bahwa tidak ada bangunan di Montreal yang lebih tinggi dari salib di Gunung Royal. Ini adalah aturan yang ketat untuk menjaga panorama kota tetap indah dengan latar belakang Gunung Royal yang menjulang.

Selain itu, salah satu landmark yang paling terkenal adalah Habitat 67, sebuah kompleks perumahan yang dibangun untuk Expo 67. Diciptakan oleh arsitek Moshe Safdie, Habitat 67 terdiri dari 354 bentuk beton prefabrikasi yang disusun dalam berbagai kombinasi hingga setinggi 12 lantai. Desainnya yang unik dan futuristik membuat bangunan ini menjadi salah satu ikon arsitektur Montreal.

Selain itu, ada juga Oratorium Saint Joseph yang merupakan gereja terbesar di Kanada. Terletak di lereng Gunung Royal, gereja ini menjadi salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi. Oiya, jangan lupa tentang Basilika Notre-Dame yang megah dengan interiornya yang indah, dijamin akan membuat kalian terpesona!

7. Montreal Memiliki Kuliner Khas yang Bisa Bikin Kamu Rindu! 

Kuline khas Montreal, Bagel.
Kuline khas Montreal, Bagel. Sumber: IST

Selanjutnya, mari kita bahas tentang salah satu hal yang paling dinanti-nanti saat bepergian, yaitu kuliner. Montreal terkenal dengan makanan khasnya yang lezat dan unik. 

Kota ini memiliki jumlah restoran per kapita tertinggi di Kanada, dan tertinggi kedua di Amerika Utara setelah New York City. Jadi, bisa dibayangkan betapa kayanya pilihan kuliner di sini, Sob!

Ada beberapa makanan yang wajib banget kalian coba saat berada di Montreal. Pertama, ada bagel ala Montreal yang terkenal. Bagel di sini berbeda dengan bagel New York karena ukurannya lebih kecil, lebih padat, dan lebih manis. 

Kemudian, ada poutine, hidangan khas Quebec yang terdiri dari kentang goreng yang disiram saus kental dan keju dadih. Eits, tentu saja, jangan lupa mencoba sandwich daging asap ala Montreal dari Schwartz’s Montreal Hebrew Delicatessen. Dijamin, kalian akan ketagihan!

Dengan begitu banyak pilihan makanan enak, Montreal adalah surga bagi para pecinta kuliner. Setiap sudut kota ini menawarkan rasa yang unik dan memanjakan lidah. Jadi, pastikan perut kalian siap menampung semua kelezatan itu saat mengunjungi Montreal!

8. Montreal Terkenal dengan Cuaca Ekstremnya

suhu Montreal
Ilustrai suhu paling ekstrem di Montreal. Sumber: IST

Montreal juga terkenal dengan cuaca ekstremnya, Sobat. Kota ini memiliki variasi suhu yang sangat besar antara musim panas dan musim dingin. Suhu terendah yang pernah tercatat di Montreal adalah -37,8°C pada tanggal 15 Januari 1957. Sedangkan suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 39,6°C pada tanggal 1 Agustus 1975. Bayangkan betapa ekstremnya perbedaan suhu ini!

Salah satu fakta menarik lainnya adalah bahwa rata-rata ada 12 hari dalam setahun di Montreal dengan suhu angin di bawah -30°C, dan satu hari dalam setahun dengan suhu angin di bawah -40°C. Jadi, pastikan kalian siap dengan pakaian hangat kalau berkunjung ke sini di musim dingin, ya!

Selain itu, Montreal juga dikenal dengan jumlah saljunya yang luar biasa. Rata-rata salju turun selama 60 hari dalam setahun. Rekor hujan salju terbesar dalam satu hari adalah 43 cm pada tanggal 4 Maret 1971. Selain itu, rata-rata ada 24 badai petir per tahun di kota ini. Jadi, cuaca di Montreal memang penuh kejutan, Sob!

9. Montreal Selalu Mengadakan International Jazz Festival

Montreal International Jazz.
Festival Montreal International Jazz. Sumber: quartierdesspectacles.com

Sobat Suka Fakta, Montreal dikenal sebagai kota festival. Kota ini menyelenggarakan berbagai acara besar yang menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah Montreal International Jazz Festival yang diadakan setiap tahun pada akhir Juni hingga awal Juli.

Festival ini merupakan yang terbesar di dunia, dengan menampilkan ribuan musisi jazz dari berbagai negara. Gak hanya itu, ada juga Igloofest, sebuah festival musik dan tari luar ruangan yang diadakan pada bulan Januari dan Februari. 

Meski suhu bisa sangat dingin, ribuan orang tetap datang dengan pakaian paling liar mereka untuk menikmati musik dan suasana yang seru. Festival ini memang unik dan berbeda dari yang lain, Sobat! Montreal juga pernah menjadi tuan rumah Expo 67, sebuah pameran dunia yang dianggap sebagai pameran dunia paling sukses di abad kedua puluh. 

Expo ini membantu mempromosikan Montreal ke dunia internasional dan menjadi tonggak penting dalam sejarah kota ini. Selain itu, Montreal juga menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1976 yang pertama kali diadakan di Kanada.

10. Memiliki Infrastruktur Transportasi yang Sangat Canggih

Kereta bawah tanah Montreal.
Kereta bawah tanah Montreal. Sumber: IST

Setelah kenyang dengan berbagai makanan lezat, mari kita bahas tentang akomodasi saat berkeliling di Montreal. Sobat, saat kalian berkunjung ke Montreal, gak perlu khawatir dengan akomodasi, ya! Soalnya, kota ini memiliki infrastruktur transportasi yang sangat baik, jadi perjalanan kalian akan mudah dan nyaman.

Montreal dikelilingi oleh sembilan jembatan yang menghubungkan berbagai bagian kota. Selain itu, kota ini juga memiliki 4.445 taksi berlisensi yang siap mengantarkan kalian ke mana saja. Tapi, yang paling menarik adalah sistem kereta bawah tanah Montreal. Dengan 68 stasiun yang tersebar dalam empat jalur, kalian bisa menjelajahi hampir seluruh bagian kota dengan mudah dan cepat.

Satu lagi yang unik dari Montreal adalah Kota Bawah Tanah, serangkaian terowongan yang saling berhubungan di bawah kota sepanjang lebih dari 32 km. Terowongan ini menghubungkan pusat perbelanjaan, museum, universitas, hotel, bank, perkantoran, dan tujuh stasiun metro.

Jadi, kalian bisa tetap hangat sambil berbelanja atau berjalan-jalan tanpa harus keluar.  Di musim dingin, lebih dari 500.000 orang menggunakan terowongan ini setiap hari. Dengan sistem transportasi yang begitu lengkap, berkeliling di Montreal jadi sangat mudah dan menyenangkan. Kalian bisa mengeksplorasi setiap sudut kota ini dengan nyaman.

11. Montreal Memiliki Berbagai Macam Universitas Terbaik di Dunia

Universitas McGill di Montreal.
Pendidikan Universitas McGill di Montreal. Sumber: IST

Selanjutnya, mari kita bahas tentang pendidikan di Montreal. Sobat, kota ini adalah rumah bagi beberapa institusi pendidikan tingkat universitas yang terkenal, termasuk Universitas McGill yang menduduki peringkat kedua terbaik di Kanada setelah Universitas Toronto. 

McGill juga menjadi salah satu universitas terbaik di dunia dan memiliki 14 lulusan atau profesor yang telah menerima Hadiah Nobel. Montreal bahkan dikenal sebagai salah satu dari 10 kota terbaik di dunia untuk mahasiswa. 

Dengan suasana kota yang dinamis, beragam kegiatan budaya, dan kehidupan malam yang seru, gak heran kalau banyak mahasiswa dari seluruh dunia memilih untuk belajar di sini. Biaya kuliah di Montreal juga termasuk yang termurah di Kanada, menjadikannya pilihan yang menarik bagi banyak pelajar.

Selain McGill, ada juga beberapa universitas lain yang tidak kalah terkenal, seperti Universitas Montreal, Universitas Concordia, dan Universitas Quebec di Montreal. Jadi, jika kalian mencari kota yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan suasana yang menyenangkan, Montreal adalah tempat yang tepat!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 11 fakta menarik Montreal yang bikin kota ini begitu istimewa. Dari sejarah panjangnya, lokasi strategisnya, hingga berbagai festival dan acara besar, Montreal memang kota yang penuh dengan kejutan dan keunikan. 

Setiap sudutnya menawarkan sesuatu yang menarik untuk dijelajahi, dan setiap momen di kota ini pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Jadi, kalau kalian mencari destinasi yang seru, penuh budaya, dan kaya akan sejarah, Montreal adalah pilihan yang tepat. 

Semoga artikel ini bisa memberikan kalian gambaran tentang betapa menakjubkannya kota ini dan membuat kalian semakin ingin mengunjungi Montreal. Terima kasih sudah membaca, Sobat Suka Fakta! Sampai jumpa di petualangan berikutnya, ya!

REFERENSI:

  • Hike Bike Travel. (2023). 30 Fun, Weird and Interesting Facts about Montreal, Quebec. Retrieved from https://hikebiketravel.com/30-fun-weird-interesting-facts-montreal-quebec/
  • Fun World Facts. (2023). Montreal, Canada. Retrieved from https://funworldfacts.com/montreal-canada/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *