Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Buenos Aires yang Jarang Diketahui

131
×

10 Fakta Menarik Buenos Aires yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Buenos Aires.
10 Fakta Menarik Buenos Aires. Sumber: cdn.britannica.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Kali ini, kita bakal jalan-jalan ke salah satu kota paling keren di dunia, yaitu Buenos Aires! Kota yang sering disebut “Paris Amerika Selatan” ini punya segudang hal menarik yang bakal bikin kita terpesona, lho . 

Mulai dari budaya tango yang penuh semangat sampai arsitektur yang megah, Buenos Aires punya segalanya buat kita jelajahi. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik Buenos Aires yang bakal bikin kamu pengen banget berkunjung ke sana. 

Dengan gaya bahasa yang santai tapi tetap informatif, kita akan ngebahas setiap sudut kota ini dan menemukan hal-hal unik yang jarang orang tahu. Jadi, siap-siap untuk menyelami pesona Buenos Aires dan merasakan keajaibannya!

Yuk, kita mulai perjalanan kita di kota yang menakjubkan ini dan temukan semua keistimewaannya! Siap? Let’s go, Sobat Suka Fakta!

1. Kota ini Memiliki Jumlah Toko Buku per Kapita Terbanyak di Dunia

 El Ateneo Grand Splendid.
Toko buku El Ateneo Grand Splendid. Sumber: turismo.buenosaires.gob.ar

Sobat Suka Fakta, kamu suka baca buku? Kalau iya, Buenos Aires adalah surga buat kamu! Kota ini punya jumlah toko buku per kapita terbanyak di dunia. Bayangin, Sobat, setiap sudut kota ini penuh dengan toko buku yang siap memanjakan kita dengan berbagai macam bacaan.

Salah satu toko buku yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi adalah El Ateneo Grand Splendid. Toko buku ini nggak cuma besar, tapi juga super indah. Dulunya, tempat ini adalah sebuah teater megah yang dibuka pada tahun 1919, kemudian berubah menjadi bioskop di tahun 1920-an. 

Baru pada tahun 2000, tempat ini diubah menjadi toko buku yang telah menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya. Berbelanja buku di sini sambil menikmati arsitektur yang megah pasti jadi pengalaman yang nggak terlupakan, Sob!

2. Memiliki Banyak Taman dan Ruang Hijau

Bosques de Palermo
Taman Bosques de Palermo. Sumber: tripadvisor.co.id

Sobat Suka Fakta, kalau kamu pikir Buenos Aires cuma soal gedung-gedung tinggi dan hiruk pikuk kota, kamu salah besar! Soalnya, kota ini punya banyak taman dan ruang hijau yang bikin suasana jadi lebih sejuk dan segar. Salah satu yang paling terkenal adalah Bosques de Palermo, taman kota yang luas dengan danau, jalur sepeda, dan banyak ruang terbuka untuk bersantai.

Ada juga Jardin Japones, taman Jepang terbesar di luar Jepang. Taman ini dibuka pada akhir tahun 1960-an untuk memperingati kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan istrinya Michiko. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan yang menenangkan dengan berbagai tanaman, kolam berisi ikan koi, serta jembatan dan patung bergaya Jepang.

Selain itu, Kebun Raya Buenos Aires juga wajib dikunjungi. Dengan luas lebih dari 17 hektar, taman yang rimbun ini menampung banyak koleksi spesies tumbuhan dan memberikan pelarian yang tenang dari hiruk pikuk kota. Tempat-tempat ini memberikan kesempatan bagi penduduk dan pengunjung untuk menikmati alam dan aktivitas luar ruangan di tengah kota besar.

3. Pemakaman Cementerio de la Recoleta

Potret Pemakaman Recoleta.
Potret Pemakaman Recoleta. Sumber: turismo.buenosaires.gob.ar

Sobat, selanjutnya mari kita bahas salah satu tempat yang cukup unik di Buenos Aires, yaitu Cementerio de la Recoleta. Mungkin kedengarannya agak menyeramkan, tapi pemakaman ini justru menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di kota ini. Pemakaman Recoleta dikenal karena mausoleumnya yang indah dan sejarahnya yang kaya.

Pemakaman ini membentang sepanjang empat blok dan dianggap sebagai pemakaman paling penting di Amerika Latin. Banyak tokoh terkenal Argentina yang dimakamkan di sini, termasuk Eva Perón atau lebih dikenal dengan nama Evita. Arsitektur mausoleumnya yang megah dengan berbagai gaya, mulai dari Neo-Klasik hingga Art Deco, membuat tempat ini seperti museum seni terbuka.

Jadi, kalau kamu suka sejarah dan arsitektur, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Cementerio de la Recoleta saat berada di Buenos Aires, ya, Sob! Tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dan memberikan kita kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang sejarah Argentina.

4. Kota ini Dijuluki Sebagai “Paris Amerika Selatan”

Buenos Aires.
Potret Kota Buenos Aires. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Buenos Aires dijuluki sebagai “Paris Amerika Selatan”. Eits, julukan ini bukan tanpa alasan, lho! Buenos Aires memang punya banyak kemiripan dengan Paris, mulai dari arsitektur hingga atmosfer kotanya yang romantis dan elegan.

Kota ini penuh dengan bangunan bergaya Eropa, jalanan yang lebar, dan suasana artistik yang kental. Contohnya, kamu bisa jalan-jalan di sekitar Avenida de Mayo dan merasa seperti lagi di Champs-Élysées-nya Paris. 

Gedung-gedung dengan gaya Neo-Gotik, Kolonial, dan Bourbon Prancis menambah kesan Eropa di setiap sudut kota. Jadi, kalau kamu ingin merasakan suasana Paris tanpa harus jauh-jauh ke Eropa, maka Buenos Aires adalah pilihan yang pas.

5. Avenida 9 de Julio, Jalan Terluas di Dunia yang Membentang Selebar 140 Meter 

Avenida 9 de Julio.
Jalanan terluas, Avenida 9 de Julio. Sumber: Oliver Strewe/LPI

Nah, Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Buenos Aires punya jalan terluas di dunia? Yap, jalan itu adalah Avenida 9 de Julio! Namanya diambil dari tanggal kemerdekaan Argentina dari Spanyol, yaitu 9 Juli 1816. Jalan ini membentang selebar 140 meter dan melintasi kota dari utara ke selatan, dengan panjang sekitar 1,9 mil atau sekitar 3 kilometer.

Eits, Avenida 9 de Julio nggak cuma lebar, tapi juga penuh dengan landmark ikonik, salah satunya adalah Obelisco. Monumen ini berdiri megah di tengah jalan dan menjadi salah satu simbol kota Buenos Aires. Jalan Avenida 9 de Julio ini juga dikelilingi oleh gedung-gedung penting dan pusat bisnis, membuatnya menjadi pusat kegiatan dan lalu lintas di kota ini.

Jalan ini sangat penting bagi kehidupan kota Buenos Aires, Sob, baik sebagai jalur transportasi utama maupun sebagai tempat untuk berbagai perayaan dan acara besar. Jadi, kalau kamu jalan-jalan di Buenos Aires, jangan lupa melintasi Avenida 9 de Julio dan rasakan sendiri kemegahannya.

6. Menjadi Pusat Keramaian dan Kegiatan di Argentina

Potret festival tradisional di Argentina. Sumber: avia.travel

Selanjutnya, kita bahas tentang kehidupan di Buenos Aires yang selalu ramai dan dinamis. Dengan populasi sekitar 3,5 juta orang, Buenos Aires adalah pusat keramaian dan kegiatan di Argentina. Kota ini penuh dengan energi, jadi gak heran kalo di kota ini selalu ada cerita yang terjadi, dari pagi hingga malam hari.

Kehidupan di Buenos Aires bisa jadi sangat seru dan penuh warna. Kamu bisa menemukan berbagai macam aktivitas, mulai dari festival, pameran seni, hingga acara olahraga. 

Selain itu, kota ini juga menawarkan banyak ruang hijau, transportasi umum yang mudah digunakan, dan layanan sepeda gratis. Jadi, buat kamu yang suka kehidupan kota besar dengan segala kesibukannya, Buenos Aires adalah tempat yang tepat.

Selain itu, kota ini juga aman dan nyaman untuk ditinggali, baik bagi penutur bahasa Spanyol maupun non-Spanyol. Dengan biaya hidup yang terjangkau, Buenos Aires adalah kota yang sangat ramah bagi semua orang, termasuk pelajar internasional dan ekspatriat.

7.Kota ini Memiliki Banyak Museum hingga Galeri Seni

Museum
Potret Museum paling terkenal. Sumber: buenosairesfreewalks.com

Sobat Suka Fakta, Buenos Aires adalah surga bagi pecinta seni dan budaya. Kota ini memiliki banyak museum, galeri seni, dan tempat-tempat budaya lainnya yang menawarkan pengalaman luar biasa. 

Salah satu museum yang paling terkenal adalah Museo de Arte Latinoamericano de Buenos Aires (MALBA) yang menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer dari seluruh Amerika Latin.

Selain museum, Buenos Aires juga punya panggung teater yang berkembang pesat. Dari pertunjukan musikal bergaya Broadway hingga pertunjukan teater eksperimental, ada banyak pilihan hiburan untuk semua selera. Teatro Colón, salah satu gedung opera terbaik di dunia, menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta seni pertunjukan.

Selain itu, budaya kafe di Buenos Aires juga sangat kuat. Café Tortoni, kedai kopi tertua di Argentina, telah menjadi tempat pertemuan bagi seniman dan intelektual selama lebih dari satu abad. Menyeruput secangkir kopi di salah satu dari banyak kafe menawan di kota ini adalah pengalaman yang sangat memikat.

8. Kehidupan dan Hiburan Malam di Buenos Aires 

Palermo
Potret Palermo tempat paling tren di Buenos aires. Sumber: id.hotels.com

Kalau Sobat Suka Fakta suka kehidupan malam, Buenos Aires adalah tempat yang tepat. Pasalnya, kota ini terkenal dengan kehidupan malamnya yang semarak dan penuh warna. Mulai dari klub malam yang ramai hingga bar yang nyaman, ada banyak tempat untuk menikmati malam di Buenos Aires.

Palermo adalah salah satu lingkungan paling trendi di kota ini. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai bar keren, restoran dengan masakan lezat, dan tempat-tempat hiburan yang seru. Ada juga banyak tempat yang menawarkan musik live, dari jazz hingga rock yang bisa kamu nikmati sambil bersantai bersama teman-teman.

Selain itu, Buenos Aires juga terkenal dengan milongas, tempat orang-orang berkumpul untuk menari tango. Ini adalah kesempatan sempurna buat kamu yang ingin merasakan budaya lokal dan belajar menari tango langsung dari penduduk setempat.

9. Buenos Aires Adalah Tempat Lahir dan Rumah Bagi Tango, Tarian Penuh Gairah yang Terkenal di Dunia

Tarian
Ilustrasi tarian penuh gairah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu Tango, kan? Yap! Tango adalah tarian penuh gairah yang terkenal di seluruh dunia. Uniknya, Tango ternyata berasal dari Buenos Aires, lho, Sob!

Tango pertama kali muncul di akhir abad ke-19 di kawasan pelabuhan kelas pekerja seperti San Telmo, La Boca, dan Barracas. Awalnya, tarian ini dianggap kurang sopan karena sering dipentaskan di rumah pelacuran. 

Namun, semua berubah ketika Carlos Gardel mempopulerkan tango di tahun 1910-an dan membawanya ke Paris yang akhirnya membuat tarian ini diterima oleh masyarakat kelas atas Argentina.

Kini, tango menjadi bagian penting dari identitas budaya Buenos Aires. Bahkan, setiap tahun, Buenos Aires menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Tango, di mana penari dari seluruh dunia datang untuk bersaing. 

Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak tempat yang menawarkan kelas tango gratis di berbagai lapangan umum di seluruh kota.

Jadi, kalau kamu pecinta tarian atau ingin belajar sesuatu yang baru, Buenos Aires adalah tempat yang sempurna untuk menyelami dunia tango yang penuh semangat dan romantis ini.

10. Kota ini Memiliki Keunikan Arsitektur yang Megah dan Unik

Buenos aires.
Istana Kepresidenan Buenos aires. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak kalau arsitektur Buenos Aires itu benar-benar unik? Yap, kota ini punya campuran gaya arsitektur yang beragam, mulai dari Kolonial, Neo-Gotik, hingga Bourbon Prancis. Hal ini terjadi karena banyaknya imigran Eropa yang datang ke Buenos Aires pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Salah satu contoh terbaik dari keunikan arsitektur kota ini adalah Palacio Barolo. Bangunan megah ini terinspirasi dari Divine Comedy karya Dante dan menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan dari mercusuarnya. Selain itu, Casa Rosada, Istana Kepresidenan berwarna merah muda, juga merupakan contoh arsitektur yang menawan dengan sejarah yang kaya.

Pokoknya, berjalan-jalan di Buenos Aires, kamu akan merasa seperti sedang berkeliling di museum arsitektur terbuka, Sob! Setiap bangunan punya cerita dan gaya yang unik, bikin kota ini menarik untuk dijelajahi.

Kesimpulan

Wah, Sobat Suka Fakta, gak kerasa ternyata kita udah ada di penghujung petualangan. Dari perjalanan singkat ini, kita jadi tau, ternyata Buenos Aires punya begitu banyak hal menarik yang bikin kita pengen langsung terbang ke sana! Dari julukan “Paris Amerika Selatan” hingga kehidupan malam yang semarak, kota ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Sobat Suka Fakta, Itulah 10 fakta menarik Buenos Aires. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuanmu dan bikin kamu makin penasaran untuk mengunjungi kota yang penuh dengan kejutan ini. Jadi, kapan Sobat Suka Fakta akan berkunjung ke sini? Yuk, rencanakan perjalananmu ke Buenos Aires dan rasakan sendiri keajaibannya! Selamat menjelajah dan menikmati pesona kota yang menakjubkan ini, Sob!

REFERENSI:

  • Puentes Abroad. “Buenos Aires: Destination.” Diakses dari https://www.puentesabroad.com/buenos-aires-destination#:~:text=Buenos%20Aires%20is%20the%20birthplace,in%20all%20of%20South%20America.
  • Enjoy Travel. “7 Interesting Facts About Buenos Aires.” Diakses dari https://www.enjoytravel.com/ca/travel-news/interesting-facts/interesting-facts-buenos-aires.
  • Facts.net. “47 Facts About Buenos Aires.” Diakses dari https://facts.net/world/cities/47-facts-about-buenos-aires/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *