Fakta Dunia

12 Fakta Menarik Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas Jadi Bangunan Ikonik di Kota Ini!

128
×

12 Fakta Menarik Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas Jadi Bangunan Ikonik di Kota Ini!

Sebarkan artikel ini
Kuala Lumpur.
15 Fakta Menarik Tentang Kuala Lumpur. Sumber: id.hotels.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Siap nggak nih, buat menjelajahi kota yang super keren ini? Yes, kita bakal ngobrolin tentang Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia yang penuh dengan keunikan dan pesona ciamiknya! 

Eits, kalo kalian membayangkan Kuala Lumpur hanya sebatas gedung pencakar langit yang menjulang tinggi atau jalan-jalan yang selalu ramai, kalian salah, Sob! Pasalnya, Kuala Lumpur menyimpan sejuta fakta unik di balik gegap gempitanya.

So, dalam artikel “12 Fakta Menarik Kuala Lumpur” ini, kita bakal kupas habis semua hal yang bikin KL (sebutan gaulnya) jadi spesial banget. Mulai dari sejarah yang seru, landmark ikonik, sampai keberagaman budaya yang bikin kagum. 

Jadi, yuk kita mulai petualangan kita dan temukan semua yang menarik dari Kuala Lumpur! Let’s go, Sobat Suka Fakta!

1. Nama Kuala Lumpur Berarti “Pertemuan Berlumpur”

Fakta Menarik Kuala Lumpur
Potret kota Kuala Lumpur. Sumber: IST

Oke, Sobat Suka Fakta, mari kita mulai dengan membahas arti nama Kuala Lumpur. Mungkin kamu penasaran, kenapa sih kota ini dinamai Kuala Lumpur? Nah, dalam bahasa Melayu, “Kuala Lumpur” berarti “pertemuan berlumpur”. 

Usul punya usul, penggunaan nama ini karena KL terletak di pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Gombak dan Sungai Klang. Itu sebabnya KL sering banget mengalami banjir saat musim hujan. Jadi, setiap kali kamu mendengar nama Kuala Lumpur, ingat aja kalau kota ini punya cerita unik di balik namanya yang terkesan ‘berlumpur’.

2. Kota Asia Pertama yang Menjadi Tuan Rumah Commonwealth Games Pada Tahun 1998

Commonwealth Games
Commonwealth Games. Sumber: freemalaysiatoday.com

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Kuala Lumpur adalah kota Asia pertama yang menjadi tuan rumah Commonwealth Games? Yap, pada tahun 1998, KL mengadakan Commonwealth Games yang pertama kalinya diadakan di Asia dalam sejarah 68 tahun Commonwealth Games.

Ada 70 negara yang ikut serta dengan lebih dari 5.000 atlet berkompetisi dalam 15 cabang olahraga. Menariknya, ini juga pertama kalinya olahraga seperti kriket, hoki, netball, dan rugby tujuh dimasukkan dalam pertandingan. 

Jadi, bisa dibilang, KL nggak hanya bikin sejarah tapi juga membawa banyak inovasi dalam dunia olahraga. Sob, Australia emang jadi negara tersukses di games ini, tapi Malaysia juga nggak kalah keren dengan menempati posisi keempat dan membawa pulang 10 medali emas, lho!

3. Membutuhkan Waktu yang Panjang untuk Mendapatkan Pengakuan Resmi Sebagai Kota Besar 

Sejarah Kota Kuala lumpur.
Sejarah Kota Kuala lumpur. Sumber: banten.akurat.co

Sob, lanjut ke sejarah pengakuan kota Kuala Lumpur. Jadi, pada tahun 1857, Raja Abdullah dari keluarga kerajaan Selangor membayar buruh Cina untuk membuka tambang timah di Ampang. Tambang ini kemudian berkembang menjadi kawasan perdagangan yang semakin diterima sebagai kota perbatasan.

Meskipun KL jadi ibu kota negara bagian Federasi Malaya setelah merdeka pada tahun 1957, status kotanya baru resmi diberikan pada tahun 1972. Dan pada tahun 1974, KL resmi menjadi Wilayah Federal. Jadi, bisa dibilang, KL butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan pengakuan resminya sebagai kota besar.

4. Menara Kembar Petronas, Landmark Paling Terkenal di KL Bahkan di Dunia

Menara Kembar Petronas.
Menara Kembar Petronas. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, siapa sih yang nggak kenal dengan Menara Kembar Petronas? Gedung ikonik ini adalah salah satu landmark paling terkenal di Kuala Lumpur dan bahkan di dunia! 

Berdiri setinggi 452 meter, Menara Kembar Petronas adalah menara kembar tertinggi di dunia, lho! Menara ini juga merupakan kantor pusat Petronas, perusahaan minyak nasional Malaysia.

Dirancang oleh arsitek kelahiran Argentina, Cesar Pelli, Menara Kembar Petronas memiliki 88 lantai yang didesain dengan gaya arsitektur Islam. Salah satu fitur yang paling menarik adalah Skybridge yang menghubungkan kedua menara di level 41 dan 42. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur yang menakjubkan. 

Selain itu, kamu juga bisa naik ke Observation Deck di lantai 86 untuk mendapatkan pengalaman yang lebih spektakuler. Jadi, kalau kamu ke Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi!

5. Bukan Kuala Lumpur! Pusat Pemerintahan Malaysia Ada di Putrajaya

Kantor perdana mentri malaysia
Kantor Perdana Mentri Malaysia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mungkin kamu pikir pusat pemerintahan Malaysia ada di Kuala Lumpur, tapi ternyata nggak, lho! Pusat Pemerintahan Federal Malaysia ada di Putrajaya, sekitar 25 kilometer dari Kuala Lumpur. Pemerintahan dipindahkan ke Putrajaya pada tahun 1999 untuk mengurangi kepadatan di Kuala Lumpur.  

Putrajaya ini adalah kota yang dirancang dengan sangat indah pada tahun 1990-an oleh Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia yang paling lama menjabat. Putrajaya dikenal dengan udara yang bersih, desain kota yang terencana, dan bangunan-bangunan indahnya. 

Salah satunya adalah Perdana Putra, gedung besar mirip istana dengan kubah Islam berwarna hijau mint yang menjadi kantor Perdana Menteri Malaysia. Jadi, walaupun KL adalah kota terbesar, pusat administrasinya ada di Putrajaya yang nggak kalah keren, Sob!

6. Harimau Malaya, Spesies Harimau Terkecil dan Satu-satunya yang Hidup di Malaysia

Harimau malaya
Potret Harimau Malaya. Sumber: My Metro/ Ihsan Md Ismail Isnin

Sobat, sekarang kita bahas tentang satwa liar yang jadi kebanggaan Malaysia, yaitu Harimau Malaya. Harimau ini adalah spesies harimau terkecil dan satu-satunya yang hidup di Malaysia, khususnya di Semenanjung Malaysia bagian selatan dan tengah. 

Tapi Sobat Suka Fakta, sayangnya Harimau Malaya saat ini berstatus kritis menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), dengan populasi hanya sekitar 80-120 individu dewasa yang masih hidup di alam liar.

Pemerintah Malaysia sangat serius dalam usaha konservasi harimau ini, mengingat dua spesies harimau lainnya di Asia Tenggara, yaitu harimau Bali dan harimau Jawa, sudah punah. Upaya pelestarian Harimau Malaya ini penting banget buat menjaga keanekaragaman hayati dan simbol alam liar Malaysia.

7. Malaysia dan Singapura Pernah Menjadi 1 Bagian

Bendera singapura dan malaysia
Bendera Singapura dan Malaysia. Sumber: cnbcindonesia.com

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Singapura dulu pernah menjadi bagian dari Malaysia? Yup, pada tahun 1963, Singapura bergabung dengan Federasi Malaysia yang terdiri dari Federasi Malaya, Sarawak, dan Kalimantan Utara (Sabah).

Namun, hubungan politik dan ekonomi antara Singapura dan Malaysia nggak selalu mulus. Setelah mengalami ketegangan dan kekerasan rasial pada tahun 1964, Malaysia memutuskan untuk memisahkan Singapura.

Akhirnya, pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura resmi menjadi negara merdeka dan berdaulat. Meski sekarang mereka jadi dua negara yang berbeda, jejak sejarah ini tetap menjadi bagian menarik dari cerita hubungan kedua negara tetangga ini.

8. Kuala Lumpur Menawarkan Berbagai Macam Makanan Khas

Nasi lemak
Kuliner khas Kuala Lumpur, Nasi lemak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, akhirnya, kita sampai ke bagian yang paling bikin ngiler, yaitu kuliner. Yap, Kuala Lumpur adalah surga kuliner yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan etnis negara ini. Kamu bisa menemukan berbagai hidangan lezat yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Cina, India, dan Asia Tenggara lainnya. 

Salah satu hidangan yang wajib dicoba adalah nasi lemak yang sering dianggap sebagai hidangan nasional Malaysia. Nasi lemak biasanya disajikan dengan ikan teri goreng, ayam rendang, mentimun, kacang tanah, dan sambal udang yang pedas. Selain itu, ada juga hidangan seperti mee goreng mamak, apam balik, dan laksa yang nggak kalah enak.

Kuala Lumpur juga terkenal dengan jajanan kaki lima yang lezat dan restoran mewah yang menyajikan masakan autentik. Dari pasar malam yang ramai hingga restoran berbintang, kamu pasti bakal menemukan sesuatu yang memanjakan lidah di setiap sudut kota ini. Jadi, pastikan kamu mencicipi berbagai hidangan saat berkunjung ke KL!

9. Keanekaragaman Budaya di Kuala Lumpur

Sobat Suka Fakta, Kuala Lumpur adalah contoh sempurna dari keanekaragaman budaya. Pasalnya, kota ini adalah melting pot yang menyatukan berbagai etnis dan budaya dalam harmoni yang indah. 

Di KL, kamu bisa menemukan komunitas Melayu, Tionghoa, India, dan berbagai kelompok adat lainnya yang hidup berdampingan. Berdasarkan data tahun 2016, etnis Tionghoa mencapai 21,4% dari jumlah populasi dan etnis India 6,4%. Sementara etnis Melayu adalah kelompok terbesar di KL. 

Keragaman ini menjadikan KL kota yang penuh warna dengan berbagai festival, tradisi, dan tentunya kuliner yang menggugah selera. Di KL, kamu bisa merasakan berbagai budaya hanya dengan berjalan-jalan di jalanan kota, mencicipi makanan dari berbagai etnis, dan menikmati berbagai festival budaya yang berlangsung sepanjang tahun.

10. Gunung Kinabalu, Salah Satu Gunung Teraman di Dunia Untuk Didaki

Gunung Kinabalu
Potret Gunung Kinabalu. Sumber: pixabay.com/kennethr

Nah, buat Sobat Suka Fakta yang suka petualangan, Gunung Kinabalu harus ada dalam bucket list kamu, nih! Nama Kinabalu berasal dari kata Kadazan ‘Aki Nabalu,’ yang berarti “tempat orang mati yang dihormati”.

Meskipun namanya terdengar menakutkan, Gunung Kinabalu adalah salah satu gunung teraman di dunia untuk didaki, Lho! Gunung yang terletak di negara bagian Sabah di pulau Kalimantan itu memiliki puncak gunung setinggi 4.095 meter, menjadikan puncak ini sebagai titik tertinggi di Malaysia.

Gunung Kinabalu adalah bagian dari Taman Kinabalu yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Malaysia pada tahun 2000. Gunung ini kaya akan keanekaragaman hayati dengan sekitar 5.000 hingga 6.000 spesies tumbuhan.

11. Gua Sarawak, Ruang Gua Terbesar di Dunia

Gua Sarawak.
Potret Gua Sarawak. Sumber: pontianakpost.jawapos.com

Sobat Suka Fakta, kamu suka eksplorasi gua? Kalau iya, kamu harus tahu tentang Gua Sarawak, ruang gua terbesar di dunia! Gua ini terletak di Taman Nasional Gunung Mulu yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, di pulau Kalimantan. 

Ukuran Gua Sarawak sangat luar biasa, dengan panjang 600 meter, lebar 415 meter, dan tinggi 80 meter. Ini cuma satu bagian dari sistem gua yang panjangnya sudah dieksplorasi mencapai 295 kilometer!

Taman Nasional Gunung Mulu memiliki luas 528,64 kilometer persegi dan memiliki 17 zona vegetasi dengan sekitar 3.500 spesies tumbuhan. Di dalam sistem gua ini, kamu bisa menemukan jutaan burung walet dan kelelawar yang tinggal di dalamnya. 

Gua Sarawak menawarkan pemandangan alam bawah tanah yang menakjubkan dan menjadi salah satu keajaiban alam yang harus kamu kunjungi jika berada di Malaysia.

12. Bunga Rafflesia Arnoldii, Bunga Terbesar di Dunia

Bunga Rafflesia Arnoldi
Potret Bunga Rafflesia Arnoldii. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang bunga terbesar di dunia yang dikenal dengan nama Rafflesia Arnoldii? Bunga ini bisa kamu temukan di Taman Kinabalu, Malaysia. Selain unik karena ukurannya yang bisa mencapai 100cm, bunga ini juga memiliki bau khas yang menyengat seperti daging busuk, makanya juga disebut “mayat lily”. 

Meskipun baunya nggak sedap, Rafflesia Arnoldii adalah salah satu keajaiban alam yang sangat langka dan dilindungi. Bunga ini adalah parasit yang tumbuh dari dalam tanaman inang dan tidak memiliki akar, batang, daun, atau pucuk.

Karena keunikannya, Rafflesia Arnoldii juga ditampilkan di bagian belakang uang kertas RM 10. Kalau kamu penggemar alam, melihat bunga ini langsung di habitat aslinya pasti bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai sisi menarik dari Kuala Lumpur, kita bisa lihat betapa kaya dan beragamnya kota ini. Kuala Lumpur memaang sangat menantang untuk dijelajahi. Jadi, kalau kamu mencari destinasi yang menawarkan campuran sempurna antara modernitas, sejarah, budaya, dan kuliner, maka Kuala Lumpur adalah pilihan yang tepat.

Kota ini punya segalanya untuk membuat kunjunganmu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan KL sebagai salah satu tujuan liburanmu! And last but not least, sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sob!

REFERENSI:

  • Sen Gupta, M. (2022, January 23). 14 Fun Facts You Probably Didn’t Know About Kuala Lumpur and Malaysia. Travel and Leisure Asia. Retrieved from https://www.travelandleisureasia.com/in/destinations/14-fun-facts-you-probably-didnt-know-about-kuala-lumpur-and-malaysia/
  • Alice Smith School. (n.d.). Top Fun Facts About Kuala Lumpur. Retrieved from https://blog.alice-smith.edu.my/top-fun-facts-about-kuala-lumpur
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *