Fakta Dunia

11 Fakta Menarik Chicago, Belakangan Viral dari Lagu End of Beginning

122
×

11 Fakta Menarik Chicago, Belakangan Viral dari Lagu End of Beginning

Sebarkan artikel ini
Kota Chicago
11 Fakta Menarik Chicago, Belakangan Viral dari Lagu End of Beginning. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kamu pernah dengar lagu “End of Beginning” yang dinyanyikan Joe Keery? Lagu yang lagi hits banget ini tuh bisa bikin kita seakan terbawa suasana ke jantung kota Chicago. Keren, kan? Tapi, Sobat tahu enggak, apa  sih yang bikin Chicago jadi tempat spesial, sampai-sampai jadi inspirasi buat lagu? 

Nah, di artikel kali ini, kita bakal ngulik ‘11 Fakta Menarik Chicago’, mulai dari arsitektur yang wow banget sampai kebudayaan yang super kaya. Dijamin, kamu bakal tercengang melihat keajaiban kota ini.

Dijuluki sebagai “The Windy City,” Chicago itu bukan cuma tentang angin yang bertiup kencang dari Danau Michigan, loh. Tapi, juga tentang segala dinamika yang ada di kota ini, mulai dari arsitekturnya yang unik, musik jazz-nya yang menggoda, hingga bencana yang menimbulkan perubahan memukau, Chicago benar-benar akan membuat kamu takjub. 

Yuk, siap-siap untuk jalan-jalan virtual ke Chicago. Kita akan menggali cerita-cerita yang membuatmu pengen langsung meluncur ke sana! Ayo kita mulai petualangan ini dan temukan kenapa Chicago bisa jadi tempat yang enggak hanya keren, tapi juga penuh dengan inspirasi! So, here we go!!!

1. Nama Chicago Berasal Kata “Shikaakwa” Artinya ‘Bawang Liar’ 

Fakta Menarik Chicago
Potret Kota chicago. Sumber: bafageh.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu dari mana asal nama ‘Chicago’? Ini bukan hanya sembarang nama, loh! Nama “Chicago” itu sendiri berasal dari kata-kata Algonquin, yaitu “Shikaakwa” atau “Chicagou” yang berarti ‘bawang liar’. 

Yup, dulu daerah ini penuh dengan tanaman bawang liar yang tumbuh di sepanjang sungai. Menarik kan, gimana nama sebuah kota bisa memberikan kita sneak peek ke masa lalunya?! Dari sejarah nama yang unik ini, kita juga bisa mulai menggali lebih dalam lagi tentang kota ini. 

Sobat, selain keunikan asal-usul namanya, aspek lainnya yang paling menonjol dari Chicago adalah arsitektur yang mempesona. Yuk, kita kupas arsitektur milik Chicago!

2. Tempat Lahirnya Gedung Pencakar Langit Pertama di Dunia

Kota Chicago
Potret gedung pencakar langit yang ada di Chicago. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, berbicara tentang Chicago, kita enggak bisa lewatkan betapa memukau arsitektur di kota ini. Setelah Kebakaran Besar Chicago yang legendaris, kota ini dibangun kembali dengan gaya yang benar-benar baru dan inovatif. 

Bangunan seperti Willis Tower (yang dulu dikenal sebagai Sears Tower), menjadi salah satu ikon kota ini. Dibangun pada tahun 1973, Willis Tower pernah jadi gedung tertinggi di dunia pada masanya, lho!

Chicago juga dikenal sebagai tempat lahirnya gedung pencakar langit, lho. Ialah Gedung Perusahaan Asuransi Rumah yang dibangun pada tahun 1885 dan dikenal sebagai pencakar langit pertama di dunia. Arsitektur kota ini benar-benar mencerminkan semangat inovasi dan keberanian untuk mencoba hal-hal baru.

3. Kebakaran Besar Tahun 1871 Tidak Membuat Chicago Lemah

Kebakaran Chicago
Ilustrasi kebakaran besar yang terjadi di Chicago. Sumber: news.okezone.com

Sobat Suka Fakta, ngomong-ngomong tentang inovasi, kebakaran Besar Chicago pada tahun 1871 adalah titik balik yang signifikan dalam sejarah kota. Bayangkan saja, sepertiga dari Chicago hancur, dan lebih dari 100.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka. 

Tapi, abu kebakaran itu tak membuat Chicago menyerah pada keadaan. Chicago bangkit kembali, bahkan berhasil hidup lebih hebat dari sebelum terjadinya kebakaran itu.  Kota ini tidak hanya memperbaiki apa yang hancur, tetapi mengubah Chicago menjadi pusat arsitektur dan inovasi.

4. Chicago & Musik Jazz, Sahabat yang Tak Dapat Dipisahkan

Konser musik jazz
Potret Konser musik jazz. Sumber: Andhika Prasetia

Nah, setelah melihat kebangkitan Chicago dari abu, mari kita alihkan perhatian ke dunia musik, jazz. Sobat, Chicago dan jazz itu seperti dua sahabat yang tak terpisahkan. 

Sejak awal abad ke-20, Chicago telah menjadi salah satu pusat utama musik jazz di Amerika. Kota ini berperan penting dalam evolusi jazz, dengan musisi legendaris seperti Louis Armstrong dan Benny Goodman yang menghabiskan waktu penting dalam karir mereka di sini.

Dengan klub-klub jazznya yang legendaris seperti Green Mill, Chicago tetap menjadi hotspot bagi para penggemar jazz dari seluruh dunia. 

Musik ini tidak hanya menghibur, tapi juga menjadi bagian penting jati diri kota, mencerminkan keragaman budaya dan kebebasan ekspresi yang menjadi ciri khas Chicago. Dari akar sejarahnya yang dalam hingga kecintaannya pada musik, Chicago menawarkan cerita yang begitu kaya dan inspiratif. 

5. Chicago Menawarkan Lebih dari 600 Taman

Ruang terbuka hijau
Ruang terbuka hijau yang ada di Chicago. Sumber: Wild Mile Chicago

Sobat Suka Fakta, selain gedung-gedung pencakar langitnya, Chicago juga terkenal dengan taman-tamannya yang luas dan menakjubkan. Tahu enggak, motto Chicago, “urbs in horto” atau “kota di taman”, benar-benar mencerminkan keadaan kota ini, lho, Sobat!

Yup! Sejak tahun 1830-an, Chicago sudah berkomitmen untuk menjaga kehijauan kota. Komitmen itu bukan hanya omong kosong belaka, tapi tercermin dari tindak tanduk kota ini. 

Di seluruh kota, kamu bisa menemukan lebih dari 600 taman yang membentang dari ruang hijau kecil di lingkungan hingga taman besar seperti Lincoln Park dan Grant Park. Dengan lebih dari 8.800 hektar ruang hijau, Chicago memastikan bahwa setiap warga dan pengunjung mendapat tempat untuk bersantai dan menikmati alam.

6. Ibu Kota Kereta Api Amerika

Potret kereta api Kota Chicago.
Potret kereta api Kota Chicago. Sumber: Courtesy Chicago Transit Authority

Beranjak dari taman-taman hijau, mari kita menilik jalanan yang sibuk dan sistem transportasi umum Chicago yang terkenal. Sobat Suka Fakta, Chicago dikenal sebagai ibu kota kereta api Amerika, dengan lebih dari selusin jalur kereta besar yang melayani kota ini. 

Chicago Transit Authority (CTA) mengoperasikan sistem ‘L’, kereta api yang sebagian besar jalurnya berada di atas tanah dan mengelilingi pusat kota dalam bentuk loop, makanya daerah ini dikenal sebagai “The Loop”. CTA ini bukan hanya menghubungkan kota, tetapi juga membentuk nadi transportasi yang vital bagi jutaan orang Chicago setiap harinya.

7. Rumah bagi Tim Olahraga Profesional 

olahraga Basket
Potret olahraga Basket. Sumber: Chicago Tribune

Sobat Suka Fakta, saat kita bicara tentang Chicago, gak lengkap rasanya tanpa menyebut dunia olahraga Chicago yang sangat kaya. Mulai dari baseball, basket, hingga sepak bola, Chicago rasa-rasanya memiliki semua jenis olahraga. 

Bahkan kota ini menjadi rumah bagi beberapa tim olahraga profesional terkenal seperti Chicago Bulls di NBA yang dikenal karena era Michael Jordan yang legendaris, dan Chicago Cubs di MLB yang memenangkan World Series 2016 setelah penantian 108 tahun. 

Setiap pertandingan di Wrigley Field atau United Center bukan hanya tentang olahraga, tapi juga tentang merayakan semangat dan budaya Chicago yang kaya.

8. Universitas Chicago, Institusi Pendidikan Terbaik di Dunia 

Universitas yang ada di Chicago
Universitas yang ada di Chicago. umber: konsultanpendidikan.com

Selanjutnya, mari kita bicara tentang inovasi dan pendidikan, dua hal yang Chicago banget! Chicago bukan hanya kota yang penuh dengan gedung tinggi dan taman yang indah, tetapi juga pusat inovasi dan pendidikan. 

Universitas Chicago misalnya, adalah salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia yang terkenal karena riset dan kontribusi akademisnya. Kota ini juga melahirkan berbagai inovasi, seperti Twinkie yang diciptakan selama Depresi Besar, dan permainan softball yang bermula di sini. Dari seni hingga sains, Chicago terus berada di garis depan dalam menciptakan dan menginspirasi.

9. Chicago Memiliki Seni dan Budaya yang Beragam

Galeri seni yang ada di Chicago
Potret Galeri seni yang ada di Chicago. Sumber: (pexels.com/Maarten van den Heuvel)

Sobat Suka Fakta, siap untuk menyelam ke dunia seni dan budaya milik Chicago? Kota ini adalah sebuah canvas besar yang penuh dengan warna seni dan budaya yang beragam. 

Dari Art Institute of Chicago yang terkenal dengan koleksi Impresionis dan Post-Impresionis terbesarnya di luar Paris, hingga teater-teater yang menampilkan produksi Broadway dan pertunjukan indie, Chicago adalah surga bagi para pecinta seni. 

Jangan lupa tentang mural dan instalasi seni publik yang menghiasi kota, dengan menampilkan karya dari seniman terkenal seperti Picasso dan Chagall. Selain itu, Chicago juga memiliki Taste of Chicago, festival makanan terbesar di dunia yang menampilkan kuliner kota, hingga festival musik Lollapalooza yang mengundang artis dari seluruh dunia. Tidak ketinggalan, Chicago Blues Festival yang merayakan genre musik yang telah menjadi bagian integral dari sejarah musik Amerika. 

Setiap festival di Chicago tidak hanya memperkaya kehidupan kultural tapi juga menarik orang dari semua lapisan masyarakat untuk merayakan keanekaragaman dan kreativitas yang merupakan inti dari kota ini.

10. Chicago, Rumah dari Pizza Deep-Dish yang Legendaris 

Makanan khas kota Chicago.
Makanan khas kota Chicago. Sumber: Foodplace/Miftahul Rizky

Lanjut, Sobat Suka Fakta, mari kita bicara tentang makanan, salah satu alasan terbaik untuk mengunjungi atau bahkan menetap di Chicago! Apakah kamu sudah pernah mencoba deep-dish pizza yang terkenal itu? Yap… Chicago adalah rumah dari pizza deep-dish yang legendaris, sebuah inovasi kuliner yang memadukan limpahan keju, saus tomat, dan segudang topping dalam satu potongan tebal yang memuaskan. 

Tapi bukan hanya itu, Chicago juga terkenal dengan hot dog gaya Chicago yang tidak boleh dicampur dengan saus tomat, menggunakan saus tomat menjadi sesuatu yang dianggap tabu di sini! Jika kamu pecinta daging, Italian beef sandwich yang berair akan memanjakan selera makanmu. Chicago benar-benar surga bagi foodies, deh!

11. Proyek Rekayasa Sipil Paling Ambisius dalam Sejarah Amerika

Sungai Chicago.
Potret Sungai Chicago. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa Chicago memiliki salah satu proyek rekayasa sipil paling ambisius dalam sejarah Amerika? Ya, semua itu bermula pada awal 1900-an, di mana kota ini berhasil membalikkan arah aliran Sungai Chicago. 

Proyek monumental ini tidak hanya menjadi prestasi teknis yang mengagumkan, tetapi juga membantu mencegah polusi air Danau Michigan dan memperbaiki sanitasi kota secara dramatis. Setiap tahun, untuk merayakan Hari St. Patrick, sungai ini diwarnai hijau, sebuah tradisi yang menarik ribuan penonton dan menambah keunikan kota.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, tak terasa kita sudah di penghujung artikel. Itulah sedikit petualangan kita melintasi Chicago dengan menyelami ’11 Fakta Menarik Chicago’ yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya. 

Dari asal-usul nama yang unik, keajaiban arsitektur yang memukau, hingga kekayaan seni, budaya, dan makanannya yang lezat, Chicago menawarkan sebuah mozaik pengalaman yang tak terlupakan.

Kota ini tidak hanya sebuah tempat di peta, tetapi juga sebuah perjalanan yang terus berubah dan berkembang, mencerminkan cerita dan semangat mereka yang menetap atau sekedar berkunjung ke sana. 

REFERENSI:

  • YoungOnTop. (n.d.). 10 Fakta Menarik Kota Chicago – Ada di Lagu End of Beginning. Retrieved from https://www.youngontop.com/10-fakta-menarik-kota-chicago-ada-di-lagu-end-of-beginning/
  • Choose Chicago. (n.d.). Chicago Facts. Retrieved from https://www.choosechicago.com/press-media/toolkit/chicago-facts/
  • WorldStrides. (2019, February 9). 9 Interesting Facts About Chicago. Retrieved from https://worldstrides.com/blog/2019/02/9-interesting-facts-about-chicago/
  • Travel Lemming. (n.d.). Facts About Chicago (29 Fun & Cool Things You Probably Didn’t Know). Retrieved from https://travellemming.com/chicago-facts/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *