Fakta Dunia

12 Fakta Menarik Lisbon yang Jarang Diketahui

135
×

12 Fakta Menarik Lisbon yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Kota Lisbon
12 Fakta Menarik Lisbon yang Jarang Diketahui. Sumber : IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Di artikel ini, kita akan membahas kota Lisbon. Eits, sebelumnya, Sobat udah pernah dengar nama Lisbon? Mungkin bagi sebagian dari kalian, kota ini terdengar asing, tapi bukan berarti Lisbon gak menarik, lho, ya!

Lisbon, kota yang terletak di pinggir Samudra Atlantik ini tidak hanya terkenal karena keindahan pantainya yang menakjubkan, tapi juga karena kekayaan sejarah dan budayanya yang mendalam. Sebagai ibu kota Portugal, Lisbon memegang peran penting dalam sejarah dan perkembangan Eropa.

Tapi, selain menjadi ibu kota, kota ini masih menyimpan banyak “fakta menarik Lisbon” yang mungkin belum kamu ketahui. Oleh karena itu, di artikel ini, kita akan menyelami 11 fakta menarik tentang Lisbon yang jarang diketahui orang.  

Sobat, langsung saja kita mulai petualangan dengan melihat lebih dekat pada sejarah kaya yang telah membentuk Lisbon menjadi kota menakjubkan. Siap untuk mengungkap fakta-fakta menarik Lisbon yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya? Ayo, ikuti terus!

1. Lisbon Didirikan Bangsa Fenisia dan Dikuasi Bangsa Romawi

fakta menarik lisbon
Kehidupan Fenisia oleh Judith Juste. Sumber: Merinding.com

Sobat Suka Fakta, perjalanan kita ke masa lalu Lisbon, akan dimulai dari zaman kuno, saat kota ini pertama kali muncul di peta sejarah. Tahu enggak, Lisbon itu didirikan oleh bangsa Fenisia, sekitar abad ke-12 Sebelum Masehi. 

Bayangin saja, bangsa yang terkenal sebagai pelaut ulung dan pedagang itu memilih Lisbon sebagai salah satu tempat berlabuh mereka. Itu artinya, Lisbon udah penting sejak dulu kala!

Setelah era Fenisia, giliran bangsa Romawi yang mengambil alih pada abad ke-205 SM. Mereka memperkuat posisi Lisbon sebagai pusat perdagangan dan militer yang strategis di Eropa. Dari penggalian arkeologi, kita bisa melihat sisa-sisa bangunan Romawi yang masih ada di beberapa bagian kota. Ini menunjukkan betapa pentingnya Lisbon dalam jalur perdagangan dan militer Romawi.

2. Salah Satu Kota Terpenting di Dunia Selama Era Penjelajahan

Vasco da Gama.
Potret Vasco da Gama. Sumber : grupoescolar.com

Lanjut Sobat, setelah kita melihat asal-usulnya, sekarang kita beralih ke zaman keemasan Lisbon. Pada abad ke-15 dan ke-16, Lisbon menjadi salah satu kota terpenting di dunia selama Era Penjelajahan. Portugal, dengan Lisbon sebagai jantungnya, adalah pemimpin dalam mengeksplorasi rute baru ke Asia dan Amerika. 

Nama-nama besar seperti Vasco da Gama dan Ferdinand Magellan memulai petualangan mereka dari sini, mencari tanah baru dan membawa pulang rempah-rempah serta kekayaan lainnya yang membuat Lisbon menjadi super kaya dan berkuasa.

Kota ini berkembang pesat, dibanjiri oleh kekayaan dari koloni-koloni Portugal di seluruh dunia. Oleh sebab itu, tidak heran jika periode ini disebut sebagai zaman keemasan bagi Portugal dan Lisbon khususnya dengan perdagangan rempah dan emas Brasil yang mendominasi perekonomian kota.

3. Menara Belem: Ikon Paling Terkenal di Lisbon

Menara Belem
Potret Menara Belem. Sumber : passaportugal.pt

Nah, sekarang kita sampai pada salah satu ikon paling terkenal di Lisbon, Menara Belem. Dibangun pada awal abad ke-16, menara ini awalnya berfungsi sebagai titik pertahanan di muara Sungai Tagus dan sebagai simbol kejayaan era penjelajahan Portugal. 

Dengan desain yang menggabungkan elemen Gotik, Moorish, dan Manueline, Menara Belem adalah bukti kecemerlangan arsitektur Lisbon yang juga telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Menara ini tidak hanya penting secara historis tapi juga menjadi simbol ketahanan dan keindahan Lisbon. Dengan melihat Menara Belem, kita diajak untuk menghargai betapa seni dan arsitektur bisa menjadi cerminan dari masa kejayaan suatu kota. Menara ini, dengan bentuknya yang unik dan detail arsitekturnya yang kaya, menyimpan cerita-cerita masa lalu Lisbon yang penuh dengan petualangan dan kemegahan.

Setelah menikmati keindahan dan sejarah Menara Belem, kita akan melanjutkan perjalanan kita ke berbagai struktur dan aspek unik lainnya dari Lisbon yang menunjukkan betapa kota ini adalah perpaduan sempurna antara masa lalu dan masa kini. Yuk, terus ikuti cerita kita!

4. Kastel Sao Jorge, Permata Arsitektur Lisbon

Kastel Sao Jorge.
Potret Kastel Sao Jorge. Sumber: civitatis.com

Sobat Suka Fakta, selanjutnya kita akan mengunjungi salah satu permata arsitektur Lisbon yang tidak kalah menakjubkannya, Kastel Sao Jorge. Berdiri megah di puncak salah satu dari tujuh bukit Lisbon, kastil ini menawarkan pemandangan panorama kota dan Sungai Tagus yang luar biasa. 

Dibangun oleh orang-orang Moor pada abad ke-11, kastil ini adalah saksi bisu pertarungan dan sejarah panjang yang telah dialami oleh Lisbon. Kastil Sao Jorge telah banyak mengalami renovasi dan perubahan, setelah direbut kembali oleh Raja Afonso Henriques pada abad ke-12. Kendati demikian, kastil ini tetap mempertahankan pesona historisnya.

Di dekat Kastel Sao Jorge, kita juga bisa menemukan Praca do Comercio, alun-alun utama yang terletak di pusat kota. Setelah gempa bumi besar tahun 1755, alun-alun ini dibangun ulang dan sekarang berdiri sebagai simbol kebangkitan Lisbon dari bencana. 

Dengan patung Raja Jose I yang menghadap ke sungai, serta bangunan-bangunan klasik yang mengelilinginya, alun-alun ini menjadi pusat kegiatan sosial, penuh dengan kafe dan restoran yang menghidupkan suasana.

5. Jembatan Vasco da Gama: Jembatan Terpanjang di Uni Eropa

Jembatan Vasco da Gama
Potret Jembatan Vasco da Gama. Sumber: pagiberbicara.com

Bergerak dari kastil dan alun-alun, kita akan mengeksplorasi salah satu struktur modern yang mengesankan di Lisbon, Jembatan Vasco da Gama. Dengan panjang total 12 kilometer, jembatan ini adalah yang terpanjang di Uni Eropa. 

Dibuka pada tahun 1998 untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jembatan 25 April yang sudah ada, Jembatan Vasco da Gama menjadi simbol kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi Lisbon di era modern.

Tidak hanya jembatan, Lisbon juga terkenal dengan “calçada Portuguesa,” trotoar yang dibuat dari batu kecil berwarna hitam dan putih yang tersusun menjadi berbagai pola artistik. 

Trotoar ini memberikan karakter khas pada setiap jalan di Lisbon dan merupakan warisan budaya yang dijaga kelestariannya. Trotoar ini bukan hanya indah, tetapi juga menceritakan bagaimana penduduk kota ini menghargai dan melestarikan tradisi mereka.

6. Musik Fado: Melodi yang Melankolis dan Lirik yang Puitis

Musik Fado.
Potret Musik Fado. Sumber: steemit.com

Setelah menjelajahi arsitektur dan struktur fisik kota, mari kita selami aspek budaya yang tidak kalah pentingnya, yaitu musik Fado. Musik ini adalah ekspresi nyata dari jiwa Portugal. 

Dikenal dengan melodi yang melankolis dan lirik yang puitis, Fado menggambarkan rasa rindu yang mendalam atau “saudade.” Musik ini biasanya dimainkan di bar dan kafe kecil di seluruh kota, menambahkan nuansa sentimental saat malam tiba di Lisbon.

Fado tidak hanya hiburan, melainkan perjalanan sejarah dan emosi orang Portugal yang diperkaya oleh pengaruh Moor dan Latin. Sangat direkomendasikan untuk menghabiskan malam mendengarkan Fado saat berada di Lisbon, karena ini adalah cara yang autentik untuk merasakan jiwa kota ini.

7. Lisbon Memiliki Gereja dan Kapel yang Memukau

Gereja Sao Roque
Potret Gereja Sao Roque. Sumber : lisboacool.com

Sobat Suka Fakta, mari kita jelajahi kekayaan spiritual dan arsitektural Lisbon melalui gereja-gereja dan kapel-kapelnya yang memukau. Salah satu yang paling terkenal adalah Gereja Sao Roque. Dari luar, gereja ini mungkin terlihat sederhana, namun jangan tertipu.

Pasalnya, interior gereja ini adalah salah satu yang paling mewah di Eropa. Di dalam Gereja Sao Roque, kamu akan menemukan Kapel St. John the Baptist yang dihiasi dengan emas, batu mulia, dan karya seni yang tiada banding, membuatnya dikenal sebagai salah satu kapel termahal di dunia.

Gereja Santa Engracia, yang sekarang berfungsi sebagai Pantheon Nasional juga menarik perhatian. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1681 dan baru selesai pada tahun 1966. Kedua gereja ini tidak hanya penting secara religius tetapi juga sebagai simbol keindahan arsitektur Barok yang melimpah di Lisbon.

8. Dijuluki Sebagai “Kota Tujuh Bukit”

kota Lisbon
Potret kota Lisbon. Sumber : instagram.com/vermllllon

Dari kedalaman sejarah gereja, mari kita beralih ke karakter geografis yang unik dari Lisbon, julukan ‘Kota Tujuh Bukit’. Sobat Suka Fakta, setiap bukit di Lisbon menawarkan pemandangan yang spektakuler dan cerita uniknya sendiri. 

Puncak tertinggi di antara mereka adalah Miradouro, yang berarti ‘tempat melihat’. Dari berbagai Miradouro, kamu bisa menikmati panorama kota yang mengagumkan, melihat atap-atap merah yang membentang luas, dan sungai Tagus yang berkilauan di kejauhan.

Bukit-bukit ini tidak hanya memberikan pemandangan yang indah, tapi juga memberi karakter pada jalan-jalan di Lisbon yang terkenal curam dan memutar. Berjalan kaki melalui jalan-jalan ini memberikan pengalaman yang unik dan menantang, serasa melakukan perjalanan melalui sejarah di setiap langkahnya.

9. Praia do Guincho, Surga Para Peselancar dan Pencinta Pantai

Praia do Guincho.
Pantai Pantai Praia do Guincho. Sumber: allaboutportugal.pt

Setelah menikmati pemandangan dari ketinggian, mari kita terjun ke pantai. Sobat Suka Fakta, Lisbon tidak hanya kaya akan sejarah dan budaya, tetapi juga keindahan alamnya yang memukau. 

Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan alam Lisbon adalah Praia do Guincho, pantai yang terletak hanya 30 menit dari pusat kota. Dikenal dengan ombaknya yang ideal untuk selancar, gak heran jika Praia do Guincho menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta pantai.

Area sekitar Lisbon juga menawarkan berbagai kegiatan luar ruang, mulai dari bersepeda dan hiking di Taman Sintra-Cascais hingga menyelami keindahan Perbukitan Serra de Sintra. Baik kamu penggemar olahraga air atau hanya ingin bersantai di bawah sinar matahari, Lisbon menyediakan segalanya untuk memenuhi keinginan para pengunjungnya yang mencari petualangan dan relaksasi.

10. Memiliki Restoran yang Menyajikan Makanan Portugal

Pasar yang ada di Kota Lisbon.
Pasar yang ada di Kota Lisbon. Sumber : mediaim.expedia.com

Sobat Suka Fakta, setelah mengeksplorasi pantai dan aktivitas luar ruangan, mari kita kenalan dengan kehidupan sehari-hari warga Lisbon lewat pasar-pasar dan hidangan lokal mereka yang lezat. 

Pasar seperti Mercado da Ribeira di Lisbon, juga dikenal sebagai Time Out Market, adalah tempat berkumpulnya para chef, pecinta makanan, dan pengunjung yang ingin mencicipi segala macam hidangan khas Portugal. Dari tapas kecil yang nikmat hingga piringan besar bacalhau (kod asin Portugis), pasar ini menawarkan eksplorasi rasa yang tak terlupakan.

Selain itu, Lisbon juga terkenal dengan pastéis de nata, kue sus krem yang gurih dan manis yang sudah menjadi ikonik. Mencicipi pastéis de nata yang baru keluar dari oven sambil menyeruput kopi lokal adalah cara terbaik untuk menikmati pagi di Lisbon. Pengalaman kuliner ini bukan hanya mengenyangkan perut, tapi juga memberikan wawasan tentang tradisi kuliner Portugal yang kaya dan beragam.

11. Gempa Bumi 1755 Merubah Tata Ruang Kota

Gempa bumi
Ilustrasi Gempa bumi kota Lisbon. Sumber: theophanyelizabeth.blogspot.com

Sobat, kita enggak bisa berbicara tentang ‘fakta menarik Lisbon’ tanpa menyentuh kejadian yang pernah mengguncang kota ini, gempa bumi besar pada tahun 1755. Gempa ini tidak hanya meruntuhkan bangunan-bangunan, tetapi juga mengubah tata ruang kota dan kehidupan sosial ekonomi di Lisbon. 

Dengan hampir seluruh kota hancur, Marquis of Pombal, perdana menteri saat itu, memimpin proyek pembangunan kembali yang revolusioner, dengan memperkenalkan desain kota modern yang tahan gempa. 

Salah satu inovasi adalah pembangunan bangunan yang lebih kokoh dan sistem jalan raya yang terorganisir yang masih bisa kita lihat pengaruhnya hingga saat ini. Kejadian ini meninggalkan pelajaran bagi Lisbon tentang pentingnya ketahanan dan adaptasi dalam menghadapi bencana. 

Pelajaran itu berhasil menjadikan Lisbon salah satu kota pertama di dunia yang memikirkan perencanaan urban berbasis pengurangan risiko bencana, lho, Sobat!

12. Biara Jeronimos & Menara Belem, Situs Warisan Dunia UNESCO

Biara Hieronymites.
Potret Biara Hieronymites. Sumber: en.wikipedia.org

Tak lengkap rasanya membahas Lisbon tanpa menyebut situs-situs Warisan Dunia UNESCO yang spektakuler, seperti Biara Jerónimos dan Menara Belém. 

Biara Jerónimos adalah mahakarya arsitektur Manueline dan simbol era penjelajahan Portugal, sementara Menara Belém berdiri kokoh sebagai pengingat masa ketika Lisbon menjadi pusat perdagangan dan navigasi dunia.

Lisbon juga mencatat rekor dunia dalam literasi. Ialah Livraria Bertrand di kawasan Chiado yang didirikan pada tahun 1732, tercatat di Guinness World Records sebagai toko buku tertua yang masih beroperasi. 

Selain itu, kota ini memiliki jumlah toko buku per kapita tertinggi di dunia, menunjukkan kecintaan penduduknya terhadap buku dan membaca. Warisan ini tidak hanya mencerminkan sejarah kota, tapi juga semangat pendidikan dan pengetahuan yang masih hidup di Lisbon.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah mengelilingi dan menggali dalam-dalam tentang “fakta menarik Lisbon”, kita bisa melihat bahwa Lisbon bukan hanya sekedar kota dengan sejarah yang kaya atau pemandangan yang indah. 

Lisbon adalah bukti nyata bagaimana sejarah, budaya, keindahan alam, dan inovasi bisa menyatu, menciptakan sebuah kota yang unik dan menarik bagi semua orang yang berkunjung atau bahkan bagi yang memutuskan untuk menetap.

Dengan ini, perjalanan kita menelusuri “fakta menarik Lisbon” mungkin berakhir, tetapi pengalaman dan pengetahuan yang kita peroleh semoga menjadi awal baru bagi kamu untuk lebih menghargai setiap detail kecil yang membentuk dunia di sekitar kita. 

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mengepak tas dan menyusuri jalan-jalan berbatu Lisbon, merasakan irama Fado, atau menikmati secangkir kopi sambil menatap laut dari salah satu Miradouro-nya? Apapun itu, Lisbon akan menanti dengan segala keajaiban dan keunikannya.

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *