Fakta Dunia

22 Fakta Menarik Dubai, Tidak Boleh Bermesraan di Depan Umum!

228
×

22 Fakta Menarik Dubai, Tidak Boleh Bermesraan di Depan Umum!

Sebarkan artikel ini
Kota Dubai
24 Fakta Menarik Dubai. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Hayo, siapa di sini yang belum kenal sama Dubai? Kota modern yang sering disebut sebagai permata di Timur Tengah ini memang selalu menarik perhatian. Dubai, kota terbesar di Uni Emirat Arab, telah menjelma jadi salah satu destinasi paling disukai wisatawan dari seluruh dunia. 

Mulai dari gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, pusat perbelanjaan megah, hingga berbagai atraksi yang memecahkan rekor, Dubai menawarkan sejuta pengalaman tak terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung.

Mungkin kamu sudah sering dengar tentang Burj Khalifa atau Dubai Mall, tapi tahukah kamu bahwa ada banyak fakta menarik Dubai yang mungkin belum kamu ketahui? Sebelum kamu mengepak koper dan terbang ke kota ini, ada baiknya kamu mengenal lebih dekat keunikan dan keistimewaan Dubai. 

Sobat, dalam artikel ini, kita akan membahas 22 fakta menarik Dubai yang pasti akan membuat kamu lebih penasaran dan bersemangat untuk mengunjunginya. Jadi, simak terus, ya!

Daftar Isi

1. 20 Tahun yang Lalu Dubai Tidak Bisa Ditempati Karena Masih Berupa Gurun Pasir 

Kota Dubai
Potret kota nelayan kecil di Dubai. Sumber: bafageh.com

Sobat Suka Fakta, percaya nggak sih kalau Dubai yang sekarang megah dan modern ini, dulunya adalah gurun pasir yang sepi dan tidak bisa ditinggali? Benar banget! Dubai mengalami perkembangan yang sangat pesat hanya dalam beberapa dekade terakhir. 

Kalau kita lihat sejarahnya, Dubai awalnya adalah desa nelayan kecil dengan ruang yang sangat terbatas. Sebagian besar wilayahnya hanyalah hamparan gurun yang gersang.

Sejarah Dubai sebenarnya dimulai sejak 125.000 tahun yang lalu ketika manusia pertama kali menetap di Uni Emirat Arab (UEA). Namun, baru pada abad ke-18, Dubai seperti yang kita kenal sekarang mulai terbentuk. 

Bayangkan saja, 20 tahun yang lalu, tempat ini masih berupa gurun tandus yang menyulitkan para petani untuk bercocok tanam atau beternak hewan. Tapi kini, Dubai telah bertransformasi menjadi kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan terbesar, dan berbagai atraksi modern.

Perkembangan pesat ini bisa dilihat dengan mengikuti Old Dubai Walking Tour yang memberikan gambaran tentang kehidupan masa lalu Dubai di lingkungan bersejarah Bur Dubai. Dari desa nelayan kecil hingga menjadi kota global, Dubai menunjukkan bagaimana visi dan investasi yang tepat bisa mengubah segalanya.

2. Nama “Dubai” memiliki Asal-Usul yang Berbeda

Dubai
Potret kota Dubai dulu. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asal nama “Dubai”? Ada beberapa teori menarik tentang asal-usul nama kota ini. Salah satu teori mengatakan bahwa nama Dubai berasal dari kata Arab “daba” yang berarti “mengalir”, merujuk pada sungai yang mengalir melalui kota. Teori lain menyebutkan bahwa nama ini berasal dari kata “daba” yang berarti “tempat pengumpulan”.

Ada juga teori yang menghubungkan nama Dubai dengan perdagangan dan ekonomi. Menurut beberapa pendapat, nama ini berasal dari kata “money” atau uang, yang mencerminkan kekayaan dan kemakmuran yang telah lama menjadi ciri khas kota ini. Meskipun asal-usul nama ini masih menjadi perdebatan, yang jelas Dubai telah menjelma menjadi salah satu kota paling makmur dan berpengaruh di dunia.

3. Curah Hujan Sangat Terbatas, dengan Rata-rata Hanya Turun Sekitar 25 Hari Per Tahun

Hujan
Ilustrasi hujan yang turun. SUmber: IST

Sobat Suka Fakta, Dubai adalah kota yang terkenal dengan iklim gurunnya yang panas dan kering. Curah hujan di Dubai sangat terbatas, dengan rata-rata hanya turun sekitar 25 hari per tahun. 

Pada bulan Juni, matahari bersinar selama 12 jam sehari, sementara pada bulan Januari, sinar matahari berlangsung sekitar 8 jam sehari. Itu sebabnya suhu di Dubai bisa sangat ekstrem, terutama selama musim panas dengan suhu yang bisa melebihi 100 derajat Fahrenheit.

Eits, meskipun cuacanya panas, ada banyak cara untuk tetap menikmati Dubai. Kalau kamu berkunjung saat musim panas, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas air seperti jet ski, atau berlayar dengan kapal pesiar. 

Selain itu, banyak hotel dan resor di Dubai yang menawarkan fasilitas kolam renang yang menyegarkan. Tapi untuk pengalaman yang lebih nyaman, sebaiknya kunjungi Dubai saat musim dingin atau musim gugur ketika suhu lebih bersahabat, ya, Sob!

4. Meskipun Memiliki Musim Panas yang Panjang, di Dubai Juga Pernah Turun Salju, Tepatnya di Ski Dubai

Salju
Potret salju yang ada di Dubai. Sumber: bafageh.com

Sobat Suka Fakta, pernah dengar ada salju di tengah gurun? Di Dubai, hal yang tampaknya mustahil ini jadi kenyataan di Ski Dubai. Terletak di dalam Mall of the Emirates, Ski Dubai adalah resor ski dalam ruangan yang memungkinkan kamu menikmati salju bahkan di tengah panasnya musim panas Dubai. 

Dengan suhu yang dijaga tetap dingin di sekitar -2°C, kamu bisa merasakan sensasi bermain ski, snowboarding, atau sekadar bermain salju di dalam ruangan.

Selain ski, ada banyak aktivitas lain yang bisa kamu nikmati di Ski Dubai, seperti bertemu dengan penguin atau mencoba tobogganing. Ski Dubai benar-benar menawarkan pengalaman unik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. 

Jadi, kalau kamu kangen salju atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, pastikan untuk mengunjungi Ski Dubai saat berlibur di Dubai.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Semakin penasaran kan dengan fakta-fakta menarik lainnya? Yuk, lanjut ke fakta berikutnya yang pasti bikin kamu makin kagum sama Dubai!

5. Emirat Dubai Adalah Salah Satu dari Tujuh Emirat yang Membentuk UEA

Dubai
Potret Kota Dubai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, banyak orang mengira Dubai hanyalah sebuah kota, tapi sebenarnya, Dubai juga merupakan sebuah emirat. Emirat Dubai adalah salah satu dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun kota Dubai berfungsi sebagai ibu kota Emirat, ada juga komunitas-komunitas kecil dan wilayah-wilayah yang kurang berkembang yang termasuk dalam Emirat Dubai.

Satu fakta menarik lainnya adalah tentang sistem alamat di Dubai. Mereka tidak memiliki kode pos seperti yang biasa digunakan di banyak negara. Bahkan, dalam beberapa kasus, mereka tidak memiliki alamat jalan. 

Kebanyakan orang mengandalkan nomor telepon dan nama gedung untuk mengirim dan menerima parsel. Meskipun tampak membingungkan, sistem ini ternyata bekerja dengan cukup baik di Dubai. Jadi, kalau kamu tinggal di sana, jangan kaget kalau paketmu tiba hanya dengan petunjuk sederhana seperti “gedung biru di belakang masjid besar”.

6. Dubai Memiliki Lebih dari 300 Rekor Dunia Karena Kemegahannya

Kota Dubai
Potret kota Dubai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka hal-hal yang luar biasa, maka Dubai adalah tempat yang tepat! Kota yang dinamis ini memegang lebih dari 300 rekor dunia. Mulai dari Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian 828 meter, hingga The Dubai Frame, bingkai terbesar di dunia. 

Nggak cuma itu, Dubai Mall juga memegang rekor sebagai pusat perbelanjaan terbesar di dunia, dan hotel Burj Al Arab yang dikenal sebagai hotel in-suite tertinggi di dunia.

Pencapaian luar biasa lainnya termasuk mobil polisi tercepat milik Polisi Dubai. Bayangkan, mereka menggunakan mobil mewah seperti Bugatti Veyron, Ferrari FF, dan Lamborghini Aventador untuk patroli! Gak heran kalo kepolisian Dubai terlihat sangat keren dan futuristik.

Fakta menarik lainnya adalah Dubai Fountain yang merupakan salah satu air mancur terbesar dan terindah di dunia. Setiap malam, air mancur ini menampilkan pertunjukan yang menakjubkan dengan kombinasi air, cahaya, dan musik. Sobat Suka Fakta, dengan begitu banyak rekor dunia yang dipegang, nggak heran kalau Dubai selalu menjadi pusat perhatian dunia!

7. Burj Al Arab Adalah Satu-satunya Hotel Bintang Tujuh di Dunia

Hotel burj al arab.
Potret hotel burj Al Arab. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu pasti sudah pernah dengar tentang Burj Al Arab, kan? Hotel ikonik ini sering disebut sebagai satu-satunya hotel bintang tujuh di dunia, meskipun sebenarnya sistem penilaian resmi hanya sampai lima bintang. 

Burj Al Arab terletak di pulau buatan dan memiliki panjang 321 meter. Hotel ini terhubung ke daratan melalui jalan sepanjang 340 meter dan terkenal dengan arsitekturnya yang menyerupai layar kapal.

Burj Al Arab menawarkan kemewahan yang tak tertandingi, dengan suite-suite megah, restoran mewah, dan layanan kelas dunia. Salah satu daya tarik utama hotel ini adalah Skyview Bar yang terletak di lantai atas dan menawarkan pemandangan menakjubkan dari kota Dubai dan Teluk Arab. 

Skyview Bar juga memecahkan rekor untuk koktail termahal di dunia yang disajikan dalam gelas koktail Swarovski Crystalline, harganya sekitar 7440 dollar AS.

Menginap di Burj Al Arab adalah pengalaman yang luar biasa, tapi kalau kamu hanya ingin mengunjunginya, kamu juga bisa menikmati afternoon tea atau makan malam di salah satu restorannya yang mewah. Sobat Suka Fakta, Burj Al Arab benar-benar simbol kemewahan dan prestise yang hanya bisa kamu temukan di Dubai.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Semakin kagum dengan keunikan dan kemewahan Dubai, kan? Yuk, kita lanjut ke fakta-fakta menarik berikutnya yang pasti bikin kamu semakin tertarik untuk mengunjungi kota ini!

8. Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia yang Memiliki 57 Lift dengan Ketinggian 828 Meter

Hotel burj al arab
Potret hotel burj al arab. Sumber: constructionweekonline.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu, jika Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia itu memiliki 57 lift? Ya, lift-lift itu sangat membantu pengunjung yang naik dan turun dari berbagai lantai gedung yang memiliki ketinggian 828 meter ini. 

Lift-lift ini dirancang untuk bergerak dengan kecepatan tinggi, sehingga kamu bisa mencapai dek observasi di lantai 124 hanya dalam hitungan detik. Dek observasi ini menawarkan pemandangan kota Dubai yang menakjubkan dan tak terlupakan.

Selain dek observasi di lantai 124, Burj Khalifa juga memiliki dek observasi tertinggi di dunia yang terletak di lantai 148. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kota dan cakrawala yang luar biasa. Burj Khalifa juga memiliki restoran, hotel, dan apartemen mewah yang menambah daya tarik gedung ini.

Dengan desain arsitektur yang futuristik dan fasilitas yang luar biasa, Burj Khalifa benar-benar menjadi salah satu ikon paling terkenal di dunia. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi gedung ini dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan!

Sobat Suka Fakta, masih banyak lagi fakta menarik Dubai yang menunggu untuk kita bahas. Yuk, lanjut ke fakta-fakta berikutnya yang pastinya tidak kalah menarik dan mengejutkan!

9. Dubai Memiliki Pulau Buatan Berbentuk Pohon Palem

Pulau pohon palem
Ilustrasi pulau yang bentuknya seperti pohon palem. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah bayangkan pulau buatan yang bentuknya seperti pohon palem? Di Dubai, imajinasi ini jadi kenyataan dengan Palm Jumeirah, salah satu ikon Dubai yang paling terkenal. 

Palm Jumeirah adalah kepulauan buatan terbesar di dunia yang seluruhnya terbuat dari pasir dan batu. Pulau ini dirancang menyerupai pohon palem dengan batang utama, 16 frond, dan bulan sabit yang mengelilinginya.

Pulau ini adalah rumah bagi berbagai hotel mewah, vila-vila megah, dan apartemen-apartemen eksklusif. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Palm Jumeirah adalah dengan menaiki helikopter atau terjun payung untuk melihat pemandangan dari atas. 

Melalui ketinggian, kamu bisa melihat bentuk palem yang ikonik dan pemandangan indah lainnya seperti Burj Khalifa, Burj Al Arab, dan garis pantai Jumeira.

Kalau kamu lebih suka aktivitas yang gak ekstrem, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang Palm Jumeirah Boardwalk yang menawarkan pemandangan laut menakjubkan dan berbagai restoran serta kafe untuk bersantai. 

Sobat Suka Fakta, pokoknya kalo berkunjung ke Palm Jumeirah, kamu benar-benar akan merasakan betapa Dubai bisa mewujudkan impian-impian yang tampaknya mustahil menjadi kenyataan.

Masih banyak lagi fakta menarik Dubai yang menunggu untuk kita jelajahi. Yuk, lanjut ke fakta berikutnya yang pastinya nggak kalah seru!

10. Dubai Memiliki Taman Bunga Alami Terbesar di Dunia

taman miracle garden
Potret Taman Miracle Garden yang ada di Dubai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa bilang gurun pasir nggak bisa punya taman bunga yang indah? Di Dubai, kamu bisa menemukan Dubai Miracle Garden, taman bunga alami terbesar di dunia. 

Taman ini terletak di distrik Dubailand dan pertama kali dibuka pada Hari Valentine tahun 2013. Luasnya mencapai 72.000 meter persegi dan dihiasi lebih dari 150 juta bunga yang menciptakan pemandangan penuh warna dan aroma yang menyegarkan.

Setiap tahun, desain dan tema taman ini berubah, membuat pengunjung selalu ingin kembali untuk melihat kreasi baru. Selain itu, ada juga atraksi menarik lainnya di taman ini, seperti Dubai Butterfly Garden yang merupakan rumah bagi ribuan kupu-kupu dari berbagai spesies. 

Gak cuma itu, Sobat Suka Fakta, Dubai Garden Glow juga menjadi daya tarik yang tak kalah menarik dengan taman menyala dalam gelap terbesar di dunia, lho! Jadi, kalau kamu suka bunga dan keindahan alam, Dubai Miracle Garden wajib masuk dalam daftar kunjunganmu.

11. Lebih Banyak Orang Asing Tinggal di Dubai

Potret orang orang asing di Dubai.
Potret orang orang asing di Dubai. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak kalau di Dubai, jumlah orang asing jauh lebih banyak dibandingkan penduduk lokal? Populasi Dubai saat ini hampir mencapai tiga juta jiwa di mana mayoritas dari mereka adalah ekspatriat, dengan jumlah sekitar 85% dari seluruh penduduk Dubai. 

Lalu, kenapa banyak ekspatriat yang tinggal di Dubai? Salah satu alasan utamanya adalah peluang kerja yang melimpah di berbagai sektor seperti konstruksi, teknologi, keuangan, dan pariwisata. 

Selain itu, Dubai menawarkan kualitas hidup yang tinggi dengan fasilitas modern dan lingkungan yang aman. Kota ini menjadi rumah bagi komunitas besar dari berbagai negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, Inggris, Amerika, dan Afrika. 

Keberagaman ini membawa dampak positif pada kehidupan sehari-hari di Dubai, menciptakan suasana yang penuh warna dan dinamis. Kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan, budaya, dan tradisi dari seluruh dunia hanya dengan berjalan-jalan di Dubai.

Jadi, kalau kamu berencana mengunjungi Dubai, siap-siap bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dan jangan lupa menikmati keberagaman budaya yang unik di sana, ya!

Sobat Suka Fakta, masih banyak lagi fakta menarik Dubai yang akan kita bahas. Yuk, lanjut ke fakta berikutnya yang gak kalah seru!

12. 70% Penduduk Dubai Adalah Laki-Laki

Potret penduduk yang ada di Dubai.
Potret penduduk yang ada di Dubai. Sumber: sanadmedia.com

Sobat Suka Fakta, fakta selanjutnya ini cukup mengejutkan, lho! Di Dubai, sekitar 70% dari total penduduknya adalah laki-laki. Ketidakseimbangan gender ini terutama disebabkan oleh banyaknya pekerja asing pria yang datang ke Dubai untuk bekerja di sektor-sektor seperti konstruksi dan industri berat. Kebanyakan dari mereka tidak membawa keluarga, sehingga populasi laki-laki menjadi dominan.

Ketidakseimbangan ini juga berdampak pada dinamika sosial di Dubai. Pemerintah Dubai menyadari hal ini dan telah menjalankan berbagai proyek untuk mendukung perempuan, termasuk pendidikan dan kesempatan kerja yang lebih baik. Jadi, meskipun mayoritas penduduknya adalah laki-laki, Dubai tetap berupaya menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi semua penduduknya.

13. Dilarang Bermesraan di Depan Umum

Sepasang kekasih.
Potret sepasang kekasih. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu berencana berkunjung ke Dubai, ada baiknya kamu tahu bahwa memperlihatkan kasih sayang di depan umum adalah hal yang sangat dilarang di sana. 

Dubai terkenal dengan peraturan ketatnya dan menuntut kepatuhan terhadap aturan lokal, baik untuk penduduk maupun wisatawan. Berciuman di depan umum atau bahkan berpelukan bisa mengakibatkan denda atau bahkan deportasi.

Meski berpegangan tangan mungkin diperbolehkan di tempat-tempat tertentu seperti restoran, sebaiknya hindari melakukannya saat berjalan di jalanan. 

Pemerintah Dubai sangat serius dalam menerapkan peraturan ini, jadi penting untuk selalu menghormati budaya dan adat setempat. So, Sobat Suka Fakta, jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun dan menghormati peraturan lokal saat berada di Dubai, ya!

14. Surga Bagi Para Pecinta Belanja, Kota ini Memiliki Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia 

Dubai.
Potret tempat pembelanjaan di Dubai. Sumber: dubaimonsters.com

Sobat Suka Fakta, buat kamu yang hobi belanja, Dubai adalah surga dunia shopping, nih! Kota ini memiliki Dubai Mall, pusat perbelanjaan terbesar di dunia dengan luas lebih dari lima juta kaki persegi dan lebih dari 1.200 toko. 

Di sini, kamu bisa menemukan segala macam barang mulai dari merek fashion kelas atas seperti Louis Vuitton hingga barang elektronik terbaru dan perabotan rumah bergaya.

Selain berbelanja, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Dubai Mall. Misalnya, pertunjukan air mancur yang menakjubkan di bagian bawah mall. Air mancur ini menari mengikuti irama musik dan menciptakan pertunjukan cahaya yang memukau setiap malam. 

Tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan ini adalah dari Waterfront Promenade atau Souk Al Bahar. Selain itu, ada juga Dubai Aquarium & Underwater Zoo yang merupakan akuarium gantung terbesar di dunia.

Buat pecinta belanja, Dubai juga mengadakan Dubai Shopping Festival (DSF) setiap tahun. Festival ini menawarkan penawaran belanja yang luar biasa, kesempatan memenangkan hadiah, dan berbagai acara hiburan. Jadi, siapkan dompetmu dan nikmati pengalaman berbelanja yang tak terlupakan di Dubai!

15. Hijau adalah Warna Resmi Kepolisian Dubai

Polisi Dubai
Potret polisi Kota Dubai. Sumber: Foto AP

Sobat Suka Fakta, kalau kamu melihat mobil polisi berwarna hijau mengkilap di jalanan Dubai, jangan kaget! Polisi Dubai memang menggunakan warna hijau sebagai warna resmi mereka, baik untuk mobil maupun seragam. 

Kepolisian Dubai dikenal dengan kemewahan dan keunikannya, terutama dengan armada mobil mewah mereka yang mencakup Ferrari FF, Lamborghini Aventador, dan bahkan Bugatti Veyron.

Tidak hanya mobil, seragam polisi Dubai juga didesain dengan warna hijau yang mencolok. Bahkan, petugas wanita di Dubai mengenakan jilbab sebagai bagian dari seragam resmi mereka. Ada sebelas stasiun polisi di kota ini, dan mereka siap menjaga keamanan dan ketertiban di salah satu kota paling dinamis di dunia.

Tapi, Sobat, kehadiran mobil polisi mewah ini bukan hanya untuk gaya-gayaan, melainkan juga untuk menunjukkan komitmen Dubai dalam menjaga keamanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga dan wisatawan. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, kalau kamu melihat mobil polisi hijau keren melintas, itu adalah bagian dari pengalaman unik yang hanya bisa kamu temukan di Dubai!

Wah, makin seru aja kan, Sobat Suka Fakta? Jangan berhenti di sini, masih ada banyak fakta menarik Dubai lainnya yang akan kita bahas. Yuk, lanjut ke fakta-fakta berikutnya!

16. Dubai Memiliki Hak Veto Dalam Masalah Politik dan Ekonomi di UEA

pemerintahan Dubai.
Potret rapat pemerintahan Dubai. Sumber: REUTERS/Andrew Kelly

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa Dubai dan Abu Dhabi memiliki hak veto dalam masalah politik dan ekonomi di Uni Emirat Arab (UEA)? UEA didirikan pada tahun 1971 oleh tujuh emirat, termasuk Dubai dan Abu Dhabi. Kedua emirat ini adalah yang terbesar dan paling berpengaruh di UEA, sehingga mereka diberikan hak veto khusus.

Hak veto ini berarti Dubai dan Abu Dhabi dapat menghentikan atau menolak keputusan tertentu yang diambil oleh pemerintah federal UEA jika mereka merasa keputusan tersebut tidak menguntungkan bagi emirat mereka. 

Hak veto ini memberikan Dubai dan Abu Dhabi kekuatan politik dan ekonomi yang signifikan di dalam UEA. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya peran kedua emirat ini dalam pembangunan dan kemajuan negara.

17. Dubai Memiliki Sistem Metro Otomatis Terpanjang di Dunia

Kereta api kota Dubai.
Transpotasi Kereta kota Dubai. Sumber: allsoppandallsopp.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa Dubai memiliki sistem metro otomatis terpanjang di dunia? Ialah Dubai Metro, sistem transportasi canggih yang sepenuhnya otomatis tanpa pengemudi. 

Metro ini memiliki dua jalur utama, Jalur Merah dan Jalur Hijau yang menghubungkan berbagai bagian kota dengan efisien dan cepat. Sistem metro ini gak hanya modern dan nyaman, tetapi juga dirancang untuk menyesuaikan dengan suhu tinggi di Dubai.

Sistem metro ini dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas standar, kelas wanita dan anak-anak, serta kelas emas atau VIP. Setiap kelas menawarkan fasilitas yang berbeda untuk kenyamanan penumpang. Dengan menggunakan Dubai Metro, kamu bisa menghindari kemacetan lalu lintas dan menjelajahi kota dengan mudah. Selain itu, stasiun-stasiun metro di Dubai dirancang dengan arsitektur yang indah dan modern, menambah pengalaman unik selama perjalananmu.

18. Ramadhan adalah Periode Terpenting dalam Setahun

Dubai.
Suasana bulan ramadan di Dubai. Sumber:rendezvous-dubai.com

Sobat Suka Fakta, kalau kamu berencana mengunjungi Dubai selama bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam dan merupakan periode terpenting dalam setahun di Dubai. 

Selama Ramadhan, umat Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Ini adalah waktu untuk refleksi spiritual, peningkatan ibadah, dan kegiatan amal.

Meskipun kamu bukan Muslim, sangat penting untuk menghormati tradisi lokal selama Ramadhan. Kamu mungkin akan melihat perubahan dalam jam operasional restoran dan toko, serta beberapa aktivitas publik yang lebih tenang. 

Namun, Ramadhan juga merupakan waktu yang indah untuk merasakan budaya dan tradisi lokal. Banyak hotel dan restoran yang menawarkan iftar, yaitu makan malam untuk berbuka puasa yang bisa kamu nikmati. Selain itu, banyak acara budaya dan kegiatan amal yang bisa kamu ikuti untuk lebih memahami pentingnya bulan suci ini.

19. Air Mancur Dubai Menampilkan Pertunjukan yang Menakjubkan dengan Kombinasi Air, Cahaya, dan Musik

kota Dubai.
Ilustrasi air mancur yang ada di kota Dubai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka pertunjukan air mancur yang spektakuler, kamu pasti akan terpesona oleh Dubai Fountain. Air mancur ini terletak di danau buatan di depan Dubai Mall dan Burj Khalifa, dan merupakan salah satu air mancur terbesar di dunia. Setiap malam, Dubai Fountain menampilkan pertunjukan yang menakjubkan dengan kombinasi air, cahaya, dan musik.

Air mancur ini bisa menyemprotkan air setinggi 150 meter ke udara, seiring dengan irama musik dari berbagai genre, mulai dari klasik hingga pop. Pertunjukan ini berlangsung setiap setengah jam dari sore hingga malam hari, dan setiap kali menyajikan koreografi yang berbeda. Tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan ini adalah dari Waterfront Promenade atau dari restoran dan kafe di sekitar Dubai Mall.

20. Dubai Memiliki Mesin Penjual Otomatis yang Tidak Biasa, Kamu Bisa Melihat Mesin ATM Mendistribusikan Emas Batangan!

mesin penjualan otomatis
Potret Mesin penjualan otomatis di Dubai. Sumber: emirates247.com

Sobat Suka Fakta, di Dubai, kamu bisa menemukan mesin penjual otomatis yang sangat unik dan berbeda dari yang biasa kita lihat. Di sini, ada mesin ATM yang mendistribusikan emas batangan! Yap! Betul sekali, di kota yang penuh dengan kemewahan ini, kamu bisa membeli emas secara otomatis dari mesin ATM yang khusus didesain untuk itu.

Mesin penjual emas ini menawarkan berbagai ukuran emas batangan, dari yang kecil hingga yang besar. Hal ini tentu menarik banyak perhatian, terutama bagi wisatawan yang ingin membawa pulang sedikit kemewahan Dubai. Selain itu, Dubai juga terkenal dengan pasar emasnya, yaitu The Gold Souk, di mana kamu bisa menemukan berbagai jenis perhiasan emas dengan desain yang menakjubkan. Jadi, buat kamu yang suka dengan perhiasan dan kemewahan, Dubai adalah tempat yang tepat untuk berburu emas.

Wah, Sobat Suka Fakta, ternyata Dubai memang penuh dengan kejutan dan fakta menarik, ya! So, jangan berhenti di sini, masih ada banyak fakta menarik lainnya yang menunggu untuk kita bahas. Yuk, kita lanjut ke fakta-fakta berikutnya!

21. Dubai adalah Kota yang Tidak Meminta Pajak Penghasilan Pribadi

Pajak
Ilustrasi Dubai bebas pajak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, salah satu alasan banyak ekspatriat memilih tinggal dan bekerja di Dubai adalah karena sistem bebas pajak yang diberlakukan di sini. Yap! Di Dubai, tidak ada pajak penghasilan pribadi yang berarti kamu bisa membawa pulang seluruh penghasilanmu tanpa dipotong pajak. Kebijakan ini membuat Dubai sangat menarik bagi para profesional dan pebisnis dari seluruh dunia.

Sistem bebas pajak ini juga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menarik investasi asing ke Dubai. Banyak perusahaan internasional yang memilih untuk membuka kantor cabang di sini karena keuntungan finansial yang ditawarkan. Jadi, kalau kamu mencari peluang kerja dengan penghasilan yang lebih besar, Dubai bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

22. Gurun di Dubai Adalah yang Terpanas di Dunia, Mencapai 49 Derajat Celcius 

Gurun kota Dubai
Potret gurun yang ada di Kota Dubai. Sumber: klook.com

Sobat Suka Fakta, Dubai memang terkenal dengan iklim gurunnya yang ekstrim. Gurun di Dubai adalah salah satu yang terpanas di dunia, dengan suhu yang bisa mencapai lebih dari 49 derajat Celcius pada puncak musim panas. Meskipun cuacanya panas, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di gurun ini.

Misalnya, kamu bisa mencoba dune bashing, yaitu mengendarai mobil 4×4 melintasi bukit pasir yang tinggi. Selain itu, ada juga aktivitas sandboarding yang mirip dengan snowboarding tetapi dilakukan di pasir. Kalau kamu ingin pengalaman yang lebih tradisional, kamu bisa mencoba naik unta dan menjelajahi gurun seperti orang-orang Badui dulu.

Gurun di Dubai juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Banyak tur yang menawarkan pengalaman menonton matahari terbenam di gurun, lengkap dengan makan malam barbekyu dan hiburan budaya seperti tari perut dan pertunjukan falconry. 

Jadi, jika Sobat ingin berkunjung ke sini, gak usah khawatir dengan cuaca panasnya. Sebab, meskipun cuacanya panas, gurun di Dubai tetap menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 22 fakta menarik Dubai yang pasti bikin kamu makin penasaran dan tertarik untuk mengunjungi kota ini. Dari perkembangan pesatnya, keunikan budayanya, atraksi-atraksi memukau, hingga kemewahannya, Dubai memang menawarkan segalanya. 

Jadi, kapan lagi kamu bisa melihat salju di tengah gurun, berbelanja di pusat perbelanjaan terbesar, atau menikmati pemandangan dari gedung tertinggi di dunia?

Dubai memang kota dengan sejuta keajaiban dan keunikan. So, jangan ragu untuk memasukkan Dubai dalam daftar destinasi liburanmu selanjutnya, Sob!

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai keindahan Dubai dan bisa membuat kamu semakin bersemangat untuk menjelajahi keindahan dan keunikan kota mewah ini. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • 365 Adventures. (n.d.). 10 Fun Facts About Dubai. Retrieved from https://365adventures.me/10-fun-facts-about-dubai/
  • Amazing Dubai. (n.d.). Interesting Facts About Dubai. Retrieved from https://www.amazing-dubai.com/history/interesting-facts-dubai.html
  • Full Suitcase. (n.d.). 24 Facts About Dubai (from Must-Know to Fun Trivia). Retrieved from https://fullsuitcase.com/dubai-facts/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *