Fakta Dunia

7 Fakta Menarik Glasgow, Kota yang Pertama Kali Menerima Sinyal TV

175
×

7 Fakta Menarik Glasgow, Kota yang Pertama Kali Menerima Sinyal TV

Sebarkan artikel ini
Glasgow
7 Fakta Menarik Glasgow. Sumber: bafageh.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalau kalian suka mengeksplorasi kota-kota dengan sejarah dan budaya yang unik, kalian pasti akan tertarik dengan Glasgow. Terletak di Skotlandia, Glasgow adalah kota yang penuh dengan kejutan.

Eits, jika kamu mengenal Glasgow dengan warisan industrinya yang begitu kaya, kamu pasti akan tercengang mengetahui fakta bahwa kota ini dikenal sebagai kota romantis yang memiliki semangat cinta luar biasa. 

Dalam artikel ini, kita bakal bahas tujuh fakta menarik Glasgow yang akan membuat kalian semakin penasaran dan tertarik untuk tahu lebih banyak tentang kota ini. So, yuk, langsung aja kita mulai perjalanan dengan fakta pertama!

1. Ada Pohon yang Usianya Mencapai 330 Juta Tahun

Pohon tua
Pohon tua yang ada di Glasgow. Sumber:: fossilgroveglasgow.org

Sobat Suka Fakta, di Taman Victoria, ada tempat yang sangat istimewa bernama Fossil Grove. Di sini, kalian bisa melihat sebelas pohon fosil yang berasal dari Zaman Karbon dan usianya mencapai 330 juta tahun, lho! Ini berarti pohon-pohon tersebut dua kali lebih tua dari dinosaurus, Sob!

Pohon-pohon ini pertama kali ditemukan pada tahun 1887 saat penggalian untuk membuat taman dari sebuah tambang tua. Penemuan ini sangat luar biasa karena menunjukkan betapa lamanya sejarah alam di Glasgow. 

Saat ini, Fossil Grove menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Skotlandia. Pengunjung bisa melihat langsung fosil-fosil pohon ini dan belajar tentang sejarah geologi yang menakjubkan.

Kalau kalian suka sejarah alam dan ingin melihat sesuatu yang benar-benar unik, Fossil Grove adalah tempat yang wajib dikunjungi. Jadi, pastikan kalian sempat mampir ke sini saat berada di Glasgow!

2. Memiliki Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua Ketiga di Dunia

fakta menarik glasgow
Kereta bawah tanah kota Glasgow. Sumber: MBTA Subway di Amerika Serikat (wbur.org)

Sobat Suka Fakta, siapa sangka bahwa sistem kereta bawah tanah di Glasgow adalah yang tertua ketiga di dunia? Yap, dibuka pada tahun 1896, kereta bawah tanah Glasgow punya sejarah yang panjang dan menarik.

Dengan gerbongnya yang berwarna oranye cerah, kereta ini dikenal dengan julukan “The Clockwork Orange”. Sistem kereta bawah tanah Glasgow memiliki panjang rute sekitar 10,5 kilometer yang mengelilingi kota.

Meski sudah lebih dari satu abad beroperasi, rute aslinya tidak pernah berubah, sehingga menjadikan Glasgow satu-satunya kota di dunia dengan sistem metro yang tetap setia pada rute awalnya. 

Bagi kalian yang berencana berkunjung atau menetap di Glasgow, sistem kereta bawah tanah ini bisa jadi pilihan transportasi yang praktis dan cepat untuk menjelajahi kota. Selain berfungsi sebagai alat transportasi, kereta bawah tanah ini juga menjadi bagian penting dari sejarah dan identitas kota.

3. Sejarah Hidangan Chicken Tikka Masala

Chicken Tikka
Hidangan khas Glasgow, Chicken Tikka. Sumber: shishmahal.co.

Tahukah kalian bahwa hidangan chicken tikka masala yang terkenal itu ternyata berakar di Glasgow? Meskipun chicken tikka masala sering dianggap sebagai hidangan nasional Inggris, banyak yang percaya bahwa hidangan ini pertama kali dibuat di Glasgow pada tahun 1970-an.

Ceritanya, seorang koki Bangladesh yang tinggal di Glasgow bereksperimen dengan resep chicken tikka untuk menyenangkan pelanggannya. Ia menambahkan saus tomat berbumbu untuk membuat hidangan ini lebih lezat dan sesuai dengan selera orang Inggris.

Hasilnya, lahirlah chicken tikka masala yang kemudian menjadi salah satu hidangan paling populer di Inggris. Chicken tikka masala tidak hanya menjadi simbol multikulturalisme di Inggris, tetapi juga menunjukkan betapa Glasgow adalah kota yang kaya akan pengaruh budaya.

4. Kota Musik UNESCO Pertama di Inggris

Barrowland Ballroom
Salah satu tempat terkenal Barrowland Ballroom. Sumber: thescottishsun.co.uk

Glasgow dikenal sebagai Kota Musik UNESCO pertama di Inggris.  Gelar ini diberikan karena kehidupan musik yang dinamis dan beragam di kota ini. Glasgow dipenuhi dengan tempat-tempat musik yang menakjubkan, artis berbakat, dan acara musik yang berlangsung sepanjang tahun.

Salah satu tempat musik paling terkenal di Glasgow adalah Barrowland Ballroom. Tempat ini dikenal dengan tanda neonnya yang ikonik dan suasana yang luar biasa.

Banyak musisi terkenal yang pernah tampil di sini, menjadikan Barrowland Ballroom sebagai tempat yang legendaris di dunia musik. Selain itu, Glasgow juga memiliki Britannia Panopticon, gedung musik tertua di dunia yang masih bertahan hingga sekarang.

Kehidupan musik di Glasgow sangat beragam, mulai dari konser besar hingga pertunjukan musik indie di bar-bar kecil. Kalian bisa menemukan berbagai genre musik di sini, mulai dari rock, pop, jazz, hingga musik klasik.

5. Kota ini Dikenal Sebagai “Kota Cinta”

St. Valentine.
Potret St. Valentine. Sumber: saintjosephtacoma.org

Sobat Suka Fakta, Glasgow juga punya sisi romantis yang mungkin belum banyak kalian ketahui, lho! Kota ini dikenal sebagai “kota cinta” berkat sejarah uniknya dengan St. Valentine. Pada tahun 1868, jenazah St. Valentine dipindahkan ke Glasgow, menjadikannya tempat yang spesial untuk merayakan cinta.

Glasgow memiliki berbagai tempat yang romantis dan cocok untuk melamar pasangan atau merayakan pernikahan. Kota ini memiliki semangat cinta yang kuat, dengan banyak tujuan pernikahan unik dan tempat-tempat indah untuk momen-momen spesial.

Bagi kalian yang suka dengan kisah cinta dan sejarah, Glasgow menawarkan perpaduan yang menarik. Kalian bisa menjelajahi kota ini dan menemukan tempat-tempat bersejarah yang penuh dengan semangat cinta. Siapa tahu, kalian bisa menemukan inspirasi untuk momen romantis kalian sendiri di sini!

6. Satu-satunya Kota yang Pertama Kali Menerima Sinyal TV 

John Logie Baird.
Potret John Logie Baird. Sumber: britannica.com

John Logie Baird, seorang insinyur Skotlandia, dikenal sebagai penemu televisi. Pada tahun 1926, Baird berhasil mengirim gambar bergerak pertama dari Royal Institution London ke Grand Central Hotel di Glasgow. Pengiriman gambar ini adalah langkah besar dalam perkembangan teknologi televisi yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita.

Bayangkan betapa menakjubkannya momen ketika orang-orang di Glasgow bisa melihat gambar bergerak di layar untuk pertama kalinya! Ini adalah salah satu momen penting yang menempatkan Glasgow di peta inovasi teknologi global.

Sobat, jadi, kalau kalian suka teknologi dan sejarah, Glasgow adalah tempat yang tepat untuk belajar lebih banyak tentang penemuan televisi. Kalian bisa berjalan-jalan ke lokasi bersejarah seperti Grand Central Hotel dan membayangkan bagaimana rasanya menjadi bagian dari momen bersejarah itu.

7. Mesin Ultrasound Pertama di Dunia Dikembangkan di Glasgow

Mesin Ultrasound
Pencipta Mesin Ultrasound, Profesor Ian Donald. Sumber: ob-ultrasound.net

Sobat Suka Fakta, kali ini kita masuk ke dunia penemuan ilmiah yang mengubah kehidupan banyak orang. Tahukah kalian bahwa mesin ultrasound pertama di dunia dikembangkan di Glasgow? Yap, pada tahun 1950-an, Professor Ian Donald, Dr. John McVicar, dan Tom Brown berhasil menciptakan alat medis revolusioner ini.

Penemuan itu pun menjadi alat penting dalam dunia kedokteran, terutama dalam bidang kebidanan. Inovasi ini memungkinkan dokter untuk melihat janin dalam rahim, memberikan informasi penting bagi kesehatan ibu dan bayi.

Jika Sobat ingin melihat bentuk mesin ini, coba berkunjung ke Museum Hunterian di Universitas Glasgow. Kalian akan melihat langsung bagaimana penemuan Glasgow yang telah membantu jutaan wanita di seluruh dunia.

Kesimpulan

Nah, itulah tujuh fakta menarik Glasgow, Sobat Suka Fakta. Kota ini bukan hanya tentang bangunan bersejarah dan penemuan teknologi, tapi juga tentang semangat cinta dan kehidupan musik yang tak pernah padam. 

Jadi, kalau kalian mencari kota dengan sejarah yang kaya, budaya yang beragam, serta semangat inovasi dan cinta yang kuat, Glasgow adalah tempat yang tepat. Semoga artikel ini membuat kalian semakin tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang kota ini!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *