Fakta Dunia

18 Fakta Menarik Sydney, Kota Besar Pertama di Dunia yang Merayakan Tahun Baru

179
×

18 Fakta Menarik Sydney, Kota Besar Pertama di Dunia yang Merayakan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Fakta Menarik Sydney
18 Fakta Menarik Sydney. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Siap gak untuk jelajah salah satu kota paling keren dan bersinar di Aussie? Yap! kali ini kita bakal ngomongin Sydney, nih! Dikenal dengan landmark ikonik kayak Gedung Opera yang elegan dan Sydney Harbour Bridge yang gagah, Sydney itu lebih dari sekadar cerminan arsitektur yang memukau. 

Ya, Sydney selalu punya hal baru dan menarik buat ditawarkan, baik buat kamu yang mampir sebentar atau yang beruntung bisa tinggal di sana. Nah, di artikel “18 Fakta Menarik Sydney” kali ini, kita bakal mengulik lebih dalam untuk nemuin apa sih yang bikin Sydney itu unik. 

Mulai dari hal-hal yang mungkin udah familiar sampai ke hal-hal kecil yang bisa jadi belum kamu tahu. Pokoknya, siap-siap untuk kenalan lebih jauh dengan Sydney, biar kalian nggak cuma kenal tampangnya aja. 

1. Sydney Adalah Salah Satu Kota Paling Multikultural di Dunia

Fetival Budaya sydney.
Fetival Budaya Sydney. Sumber: tripadvisor.co.id

Ngomong-ngomong soal keberagaman, Sydney adalah salah satu kota paling multikultural di dunia, lho, Sob! Lebih dari sepertiga penduduknya lahir di luar negeri dan hampir separuhnya adalah imigran generasi pertama dan kedua. 

Dengan komunitas dari berbagai latar belakang etnis dan budaya, Sydney menjadi melting pot yang kaya akan tradisi, bahasa, dan kuliner. Di pinggiran kota seperti Parramatta, kamu bisa mendengar lebih dari 50 bahasa yang berbeda, menunjukkan betapa beragamnya penduduk kota ini. 

Diversitas ini juga tercermin dalam berbagai festival budaya, pasar makanan internasional, dan acara komunitas yang berlangsung sepanjang tahun, membuat Sydney selalu penuh warna dan kehidupan. Unik banget, ya?!

2. Memiliki Lebih dari 100 Pantai

Bondi beach.
Salah satu pantai yang ada di Kota Sydney. Bondi beach. Sumber: IST

Sobat, kalo ngomongin Sydney, kita gak bisa melewatkan pantainya yang ikonis. Dengan lebih dari 100 pantai yang tersebar di sekitar kota, ada banyak spot untuk berselancar, berjemur, atau sekedar menikmati matahari. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah Bondi Beach dan Manly Beach. 

Bondi tidak hanya populer di kalangan lokal, tapi juga jadi destinasi wisata dunia karena pasir luasnya dan ombak yang sempurna untuk berselancar. Sementara itu, Manly Beach yang menggelar kontes selancar pertama di dunia pada tahun 1964, terus menjadi tempat favorit untuk para peselancar dan pengunjung yang ingin merasakan vibe pantai yang santai.

3. Gedung Opera Sydney: Ikon Global yang Selalu Mencuri Perhatian

Gedung Opera Sydney
Potret Gedung opera yang ada di Sydney. Sumber: flickr.com

Gedung ini bukan cuma bangunan biasa, tapi ikon global yang mencuri perhatian siapapun yang melihatnya. Dirancang oleh arsitek berbakat Jorn Utzon, Gedung Opera ini dimulai dari sebuah kompetisi desain yang diprakarsai oleh pemerintah. 

Lokasinya yang strategis di tepi Pelabuhan Sydney membuat Gedung Opera ini jadi background foto yang sempurna, baik itu siang atau malam. Dengan bentuknya yang unik menyerupai layar kapal, Gedung Opera Sydney menjadi pusat kebudayaan, di mana berbagai pertunjukan seni telah digelar disini, seperti opera, teater, hingga konser musik. 

Setiap tahun, ribuan pengunjung datang hanya untuk menikmati keindahan arsitektur dan acara-acaranya yang top. Jadi, kalau kamu ke Sydney, pastikan Gedung Opera ini ada dalam list tempat yang wajib kamu kunjungi!

4. Kota Besar Pertama di Dunia yang Merayakan Tahun Baru

Perayaan tahun baru Sydney.
Perayaan tahun baru Sydney. Sumber: REUTERS

Sobat Suka Fakta, salah satu waktu terbaik untuk berada di Sydney adalah saat perayaan Tahun Baru. Pasalnya, Sydney menjadi kota besar pertama di dunia yang merayakan Tahun Baru. 

Hal itu disebabkan karena lokasinya yang dekat dengan Garis Tanggal Internasional. Perayaan ini terkenal dengan pertunjukan kembang api spektakuler di Sydney Harbour yang menarik lebih dari satu miliar penonton dari seluruh dunia. 

Dengan latar belakang Sydney Opera House dan Harbour Bridge yang ikonis, pertunjukan kembang api ini menerangi langit malam dengan warna-warni yang menakjubkan selama lebih dari 12 menit. Ini adalah salah satu acara yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berada di Sydney saat pergantian tahun, Sob!

Setiap bagian dari Sydney,  mulai dari festival cahaya yang memukau hingga keberagaman budaya, dari menara observasi yang menjulang hingga perayaan tahun baru yang luar biasa, semuanya menambah pesona kota ini. 

5. Sydney Harbour Bridge, Jembatan Lengkung Baja Terpanjang di Dunia

Sydney Harbour Bridge
Jembatan lengkung terpanjang, Sydney Harbour Bridge. Sumber: IST

Nah, ngomongin ikon Sydney, gak lengkap rasanya tanpa menyebut Sydney Harbour Bridge. Terletak hanya sebatu dari Gedung Opera, jembatan ini adalah salah satu jembatan lengkung baja terpanjang di dunia. 

Dibangun dengan megah, jembatan ini bukan hanya penting secara fungsional, Sob, tapi juga menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk mendapatkan pemandangan Sydney yang luar biasa. Kamu bisa menikmati petualangan yang berbeda dengan melakukan pendakian Sydney Harbour Bridge.

Butuh waktu sekitar dua jam untuk naik sampai ke puncak, tapi tenang aja, pemandangan yang akan kamu dapat di atas sana, termasuk panorama Sydney Opera House dan seluruh kota, dijamin bakal bikin kamu terpana. Pokoknya itu akan jadi pengalaman yang nggak terlupakan!

6. Blue Mountains, Sebuah Pemandangan Alam yang Spektakuler

 Blue mountains.
Pemandangan Blue mountains. Sumber: freedomdestinations.co.

Selanjutnya, kita akan mampir ke Blue Mountains, Sobat. Terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Sydney, Blue Mountains terkenal dengan pemandangan alam yang spektakuler, termasuk Three Sisters, Jamison Valley, dan berbagai air terjun memukau seperti Wentworth Falls. 

Blue Mountains dinamakan demikian karena pohon eucalyptus yang banyak tumbuh di sana melepaskan minyak ke udara yang ketika bercampur dengan debu dan uap air, menciptakan ilusi warna biru di cahaya matahari. 

Gak cukup hanya dilihat dari kejauhan, pastikan kamu mengunjungi Scenic World untuk pengalaman yang lebih dekat dengan keindahan alam area ini, Sob!

7. Pelabuhan Sydney, Pelabuhan Alami Terbesar di Dunia dengan Panjang 20 Kilometer

Pelabuhan Sydney
Potret Pelabuhan Sydney. Sumber: hippopx.com

Lanjut ke Pelabuhan Sydney yang nggak cuma terkenal di kota ini, tapi juga terkenal di seluruh dunia sebagai pelabuhan alami terbesar. Sobat Suka Fakta, bayangin aja, pelabuhan ini memiliki panjang hampir 20 kilometer dan menampung sekitar 504.000 megaliter air!  

Pelabuhan Sydney juga memiliki backdrop yang spektakuler, yaitu Opera House dan Harbour Bridge. Hal ini membuat Pelabuhan Sydney bukan hanya menjadi pusat kegiatan perkapalan dan pariwisata, tapi juga lokasi favorit untuk berbagai acara, seperti pertunjukan kembang api Tahun Baru yang megah. 

Jika Sobat mengunjungi Sydney, menghabiskan waktu di sekitar pelabuhan untuk menikmati suasana dan pemandangan yang menakjubkan ini adalah must to do yang gak akan kalian sesali, deh!

8. Cadmans Cottage, Rumah John Cadman yang Kini Berubah Jadi Museum Kecil 

Cadmans Cottage
Bangunan tua yang ada di Sydney, Cadmans Cottage. Sumber: IST

Lanjut ke Cadmans Cottage yang merupakan salah satu bangunan tertua yang masih berdiri di Sydney. Berada di lokasi yang keren, The Rocks, area ini penuh dengan cerita dari masa lalu, Sob! 

Dibangun pada tahun 1816, Cadmans Cottage dulunya adalah rumah John Cadman yang mengurus perahu-perahu pemerintah saat itu. Sekarang, rumah ini berfungsi sebagai museum kecil yang menawarkan jendela ke masa lalu Sydney.

Berjalan-jalan ke Cadmans Cottage memberi kita kesempatan untuk menyelami sejarah Sydney yang kaya. Lokasinya yang mudah dijangkau dan nilai historis yang tinggi membuat tempat ini jadi destinasi yang wajib buat para penggemar sejarah atau siapa saja yang mau merasakan suasana Sydney zaman dulu.

9. Sydney Selalu Menarik Jutaan Pengunjung Setiap Tahun 

Keramaian pengunjung
Keramaian pengunjung tahunan Sydney. Sumber: Z Creators/Fabiola Lawalata

Tahun demi tahun, Sydney menarik jutaan pengunjung dari seluruh dunia, menjadikannya salah satu destinasi paling populer di Australia.  Sydney menawarkan kombinasi unik antara keindahan alam dan kegembiraan urban yang membuat setiap pengunjung ingin kembali lagi.

Dengan atraksi seperti Gedung Opera Sydney dan Sydney Harbour Bridge yang berada tepat di jantung kota, ditambah dengan pantai-pantai terkenal dan kehidupan kafe, restoran, serta bar yang menyenangkan, gak heran kenapa orang-orang terus datang ke sini. 

10. Vivid Sydney, Acara Tahunan Paling Spektakuler yang Digelar pada Akhir Mei hingga Awal Juni

Vivid Sydney.
Acara tahunan Kota sydney, Vivid Sydney. Sumber: Supplied | Destination NSW

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka festival, kamu harus tahu tentang Vivid Sydney! Ini adalah salah satu acara tahunan paling spektakuler yang diadakan di Sydney, biasanya berlangsung dari akhir Mei hingga awal Juni. 

Selama Vivid Sydney, seluruh kota berubah menjadi kanvas cahaya yang menakjubkan. Bahkan, Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge juga ikut disulap dengan proyeksi seni cahaya yang luar biasa, menciptakan pemandangan yang benar-benar ajaib. 

Bukan cuma  instalasi cahaya interaktif, festival ini juga menampilkan pertunjukan musik dan konferensi kreatif yang menarik pengunjung dari seluruh dunia. Vivid Sydney benar-benar menghidupkan malam Sydney dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. So, kalo Sobat ke Sydney, jangan lewatkan festival ini, ya!

11. Sydney Memiliki Garis Lintang yang Sejajar dengan Beberapa Kota Terkenal

Potret kota Sydney.
Potret kota Sydney. Sumber: Dok. WITA Tour

Sobat, tahukah kamu bahwa Sydney memiliki keunikan geografis yang menarik? Ya, Sydney memiliki garis lintang yang sejajar dengan beberapa kota terkenal lainnya di dunia, seperti Buenos Aires, Montevideo, dan Cape Town. Keindahan geografis ini membuat Sydney tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga unik dalam hal lingkungan alamnya.

12. Pameran Patung by the Sea, Salah Satu Pameran Patung Publik Terbesar dan Paling Menarik di Dunia

patung di pameran.
Salah satu patung di pameran. Sumber: Sculpture by the Sea/Charlotte Curd

Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang “Sculpture by the Sea”? Ini adalah salah satu pameran patung publik terbesar dan paling menarik di dunia yang diadakan setiap tahun di Bondi Beach. 

Setiap akhir Oktober hingga awal November, pantai yang sudah ikonik ini berubah menjadi galeri seni luar ruangan sepanjang 1,2 mil dari Bondi ke Tamarama Beach. 

Lebih dari 100 patung karya seniman dari seluruh dunia dipajang di sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah. 

Eits, “Sculpture by the Sea” gak hanya menawarkan kesempatan untuk menikmati karya seni dalam suasana yang berbeda, tetapi juga memberikan perspektif baru tentang keindahan alam dan seni kontemporer.

13. Keindahan Kota Membuat Sydney Selalu Masuk dalam Banyak Film dan Acara TV Terkenal

Home&away.
Tempat syuting Home&away. Sumber: klook.com

Sobat, tahukah kamu bahwa Sydney juga jadi lokasi syuting untuk banyak film dan acara TV terkenal? Dari sinetron Australia seperti “Home & Away” hingga film blockbuster seperti “The Matrix”, banyak produser memilih Sydney sebagai latar tempat karena keindahan dan keunikan kotanya. 

Bahkan, Bondi Beach memiliki acara TV-nya sendiri, yaitu “Bondi Rescue” yang menampilkan kegiatan sehari-hari para penjaga pantai di sana. Kehadiran Sydney di layar lebar dan kecil itu telah membantu menarik lebih banyak pengunjung yang ingin melihat langsung tempat-tempat yang mereka lihat di media.

14. Hunter Valley, Salah Satu Tempat Penghasil Anggur Terpopuler di Australia

Hunter Valley.
Potret Hunter Valley. Sumber: IST

Sobat, gak jauh dari kebisingan kota, Hunter Valley menawarkan sebuah escapade yang sempurna bagi para pecinta anggur. Sebagai salah satu kawasan penghasil anggur terpopuler di Australia, Hunter Valley terkenal dengan varietas Semillon-nya yang luar biasa. 

Di sini, Sobat bisa mengikuti tur kilang anggur untuk belajar tentang proses pembuatan anggur dan tentu saja, mencicipi beberapa anggur terbaik yang mereka tawarkan. 

Dengan pemandangan perbukitan yang indah dan atmosfer yang santai, kunjungan ke Hunter Valley gak hanya memanjakan lidah, tapi juga memberikan relaksasi dan pembaruan semangat bagi siapa saja yang mengunjunginya.

15. Hyde Park, Taman Tertua yang Digunakan Warga Sydney untuk Bersantai, Piknik, hingga Menikmati Alam

Hyde park.
Potret Hyde park. Sumber: IST

Hyde Park dengan statusnya sebagai salah satu taman tertua dan paling terkenal di Australia, menawarkan oase hijau di tengah kota yang ramai. Didirikan pada tahun 1810, taman ini telah menjadi tempat bagi warga Sydney untuk bersantai, piknik, dan menikmati alam. 

Di dalam Hyde Park, Sobat juga bisa menemukan berbagai monumen dan patung, serta Anzac Memorial yang mengesankan, semua itu menambah nilai historis dan estetika taman ini. Hyde Park gak hanya tempat untuk rekreasi, Sob, tapi juga tempat yang menyimpan cerita-cerita sejarah kota Sydney.

16. Sydney Tower Eye: Menara Observasi Tertinggi Kedua di Belahan Bumi Selatan

Sydney Tower eye
Potret menara kota Sydney, Sydney Tower Eye. Sumber: IST

Lanjut ke Sydney Tower Eye yang sering disebut sebagai Sydney Tower oleh penduduk lokal. Menara ini adalah salah satu landmark yang paling mencolok di cakrawala Sydney. Dengan tinggi 1.014 kaki, menara ini adalah menara observasi tertinggi kedua di belahan Bumi Selatan. 

Di Sydney Tower, Sobat bisa naik ke atas menara untuk menikmati pemandangan 360 derajat kota Sydney yang memukau. Ada juga restoran berputar di puncaknya, di mana kamu bisa menikmati makan malam sambil melihat pemandangan kota yang terus berubah. Sydney Tower Eye benar-benar menawarkan cara unik untuk melihat dan mengalami Sydney dari ketinggian.

17. Sydney Menawarkan Berbagai Pilihan Hiburan untuk Menikmati Malam yang Seru

Potret Oxford Street.
Potret Oxford Street. Sumber: oxfordstreet.co

Setelah menikmati pameran seni di siang hari, saatnya kita menikmati kehidupan malam Sydney yang penuh warna. Kota ini terkenal dengan scene seni dan hiburannya yang hidup. Dari teater, live music, hingga bar dan klub malam, Sydney menawarkan berbagai pilihan untuk menikmati malam yang seru. 

Tempat-tempat seperti Oxford Street, Darling Harbour, dan The Rocks adalah hotspot untuk menikmati suasana malam yang semarak. Selain itu, banyak galeri seni yang mengadakan pameran dan acara malam, seperti Art Gallery of New South Wales dan Museum of Contemporary Art. Kehidupan malam Sydney gak hanya menawarkan hiburan, Sob, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya dan beragam.

18. Sydney Adalah Tempat Lahirnya Apel Granny Smith

Apel Granny Smith.
Potret Apel Granny Smith. Sumber: IST

Apel ini pertama kali ditemukan oleh Maria Ann Smith, seorang tukang kebun dari Ryde, Sydney. Pada tahun 1868, dia menemukan varietas apel ini dari biji apel Perancis yang dibuangnya. Sekarang Granny Smith menjadi salah satu jenis apel yang paling populer di dunia. 

Untuk merayakan warisan ini, Sydney mengadakan festival tahunan di Eastwood yang disebut Granny Smith Festival, di mana masyarakat bisa menikmati berbagai aktivitas, makanan, dan tentu saja, apel Granny Smith yang lezat.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita mengelilingi Sydney dan mengeksplorasi berbagai sisi menariknya, bisa dibilang kota ini memang luar biasa. Dari ikon-ikon global seperti Gedung Opera dan Sydney Harbour Bridge, hingga pesona alam seperti Blue Mountains dan pantai-pantai indahnya, Sydney benar-benar punya semuanya. Kota ini juga menawarkan kekayaan budaya dan sejarah yang mendalam, terlihat dari tempat-tempat seperti Cadmans Cottage dan Hyde Park.

Sydney adalah kota yang hidup dan berwarna dengan berbagai festival menarik seperti Vivid Sydney dan Sculpture by the Sea yang membuat kota ini selalu penuh dengan seni dan cahaya. 

Keberagaman budaya di Sydney juga membuatnya menjadi tempat yang sangat ramah dan penuh dengan berbagai pengalaman kuliner yang lezat. Selain itu, keunikan geografisnya dan sejarah menarik seperti asal-usul apel Granny Smith juga berhasil menambah daya tarik kota ini.

Kehidupan malam yang semarak membuat Sydney tidak pernah membosankan, selalu saja menawarkan hiburan untuk semua orang, mulai dari musik live hingga pameran seni kontemporer. 

Sydney Tower Eye dan pertunjukan kembang api Tahun Baru yang spektakuler menambahkan lebih banyak alasan kenapa Sydney adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Dengan semua keunikan dan pesonanya, Sydney benar-benar kota yang menawarkan pengalaman yang beragam dan tak terlupakan. Jadi, kalau kamu mencari destinasi yang memadukan keindahan alam, warisan budaya, dan kehidupan kota yang seru, Sydney adalah pilihan yang tepat!

Sobat, mari kita terus belajar dan menjelajah karena selalu ada banyak pelajaran yang bisa kita temukan dari perjalanan kita. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • Sydney City Tour. (n.d.). What are 10 interesting facts about Sydney? Retrieved from https://sydneycitytour.com.au/blog/what-are-10-interesting-facts-about-sydney/
  • Guest Reservations. (n.d.). 10 interesting facts that you probably didn’t know about Sydney, Australia. Retrieved from https://www.guestreservations.com/about/news/10-interesting-facts-that-you-probably-didnt-know-about-sydney-australia
  • Time Out. (n.d.). 13 essential pieces of trivia about Sydney. Retrieved from https://www.timeout.com/sydney/attractions/13-essential-pieces-of-trivia-about-sydney
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *