Fakta Dunia

21 Fakta Menarik Los Angeles, Pusatnya Film Hollywood

153
×

21 Fakta Menarik Los Angeles, Pusatnya Film Hollywood

Sebarkan artikel ini
Los Angeles
15 Fakta Menarik Los Angeles, Pusatnya Film Hollywood. Sumber : IST

Halo Sobat Suka Fakta! Los Angeles, atau sering disingkat LA, adalah kota yang nggak pernah tidur dan selalu penuh dengan gaya hidup yang gemerlap. Dari kilau Hollywood hingga pantai-pantai indah, LA punya segalanya.

Nggak heran kalau kota ini disebut sebagai ibu kota hiburan dunia! Nah, di artikel ini, kita akan membahas 20 fakta menarik Los Angeles yang mungkin belum banyak Sobat ketahui. Yuk, kita jelajahi bersama kota Los Angeles di Amerika Serikat secara virtual dalam artikel ini.

LA sangat dikenal sebagai ‘sarangnya’ para bintang film, selebriti dan musisi papan atas dunia. Tapi ternyata, di samping itu, kota ini juga punya sejarah yang panjang dan beragam budaya. Setiap sudut kota ini punya cerita menarik yang menunggu untuk diungkap. Jadi, yuk kita mulai petualangan kita dengan mengenal lebih dalam tentang kota yang penuh pesona ini!

21 Fakta Menarik Los Angeles, Ada Gaya Hidup Glamor Bintang Hollywood

1. Los Angeles Punya Nama Asli yang Panjang

fakta menarik Los Angeles.
Potret Kota Los Angeles. Sumber : IST

Tahukah kamu, Sobat, bahwa nama asli Los Angeles sebenarnya sangat panjang dan indah? Kota ini awalnya diberi nama “El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles del Río de Porciúncula.” yang berarti “Kota Bunda Maria Ratu Para Malaikat di Sungai Porciúncula.” Nama ini diberikan oleh penduduk Spanyol yang pertama kali menetap di sini. Bisa dibayangkan, kan, betapa sulitnya menyebut nama kota ini sehari-hari?

Karena itulah, nama panjang ini akhirnya disingkat menjadi Los Angeles, yang kini dikenal lagi dengan singkatan LA. Selain dikenal dengan nama resminya, Los Angeles juga punya banyak julukan yang menarik. Salah satu yang paling populer adalah “City of Angels,” yang merupakan terjemahan dari nama aslinya dalam bahasa Spanyol. Julukan ini mencerminkan betapa pentingnya peran kota ini dalam sejarah dan budaya Amerika Serikat. 

Selain itu, LA juga sering disebut “La La Land,” terutama dalam konteks industri film yang megah dan gemerlap. Ada juga julukan “Big Orange” yang menggambarkan bahwa banyak sekali jeruk yang tumbuh di daerah ini.

2. Papan Hollywood Punya Sejarah Menarik 

Tulisan Holyywood
Potret Tulisan Holyywood di atas bukit. Sumber : curbed.com

Tanda papan di bukit Hollywood pertama kali dipasang pada tahun 1923 sebagai bagian dari iklan perumahan bernama “Hollywoodland.” Awalnya, tanda ini hanya direncanakan untuk berdiri selama 18 bulan saja. Namun, karena semakin populer dan menjadi simbol industri film yang berkembang pesat, tanda ini tetap dipertahankan dan akhirnya menjadi ikon global yang dikenal sekarang.

Seiring berjalannya waktu, “land” dihapus dari tanda tersebut, dan sekarang kita hanya melihat “Hollywood.” Tempat ini telah menjadi landmark yang wajib dikunjungi oleh siapa pun yang datang ke LA. Dari wisatawan biasa hingga selebriti, semua orang ingin berfoto di depan tanda yang melambangkan gemerlapnya industri hiburan ini.

3. Observatorium Griffith, Destinasi Wisata dan Lokasi Populer Syuting Film Hollywood

Griffith Observatory
Potret Observatorium Griffith Tempat untuk melihat Benda langit. Sumber: IST

Observatorium Griffith adalah salah satu bangunan terindah di LA dan menawarkan pemandangan kota yang spektakuler. Tempat ini tidak hanya menjadi destinasi wisata populer, tapi juga sering dijadikan lokasi syuting untuk film-film terkenal. Film seperti Rebel Without a Cause, Jurassic Park, dan La La Land pernah menggunakan taman observatorium ini sebagai latar syuting film mereka. 

Selain itu, Observatorium Griffith juga menawarkan banyak kegiatan edukatif. Sobat bisa mengamati bintang di malam hari menggunakan teleskop yang tersedia, atau mengikuti tur yang menjelaskan tentang astronomi dan sejarah observatorium ini. Tempat ini benar-benar kombinasi sempurna antara hiburan dan pendidikan.

4. Peran Thomas Edison dalam Pembentukan Hollywood 

Thomas Edison
Potret Thomas Edison. Sumber : Dok.thoughtco.com

Fakta menarik lainnya adalah bagaimana Thomas Edison secara tidak langsung berperan dalam pembentukan Hollywood. Pada awal abad ke-20, industri film masih berpusat di Pantai Timur Amerika, terutama di sekitar New York. Edison, yang memiliki banyak paten terkait teknologi film, sering menuntut para pembuat film yang menggunakan hak patennya tanpa izin dan menyita peralatan mereka. Untuk menghindari alatnya disita oleh Edison, banyak pembuat film memutuskan untuk pindah ke Los Angeles.

Los Angeles yang dipilih menjadi tempat ideal untuk produksi film, menandai awal dari perkembangan Hollywood sebagai pusat industri film dunia, dan hingga kini, LA tetap menjadi ibu kota hiburan global yang tak tertandingi.

5. Hollywood Walk of Fame, Prestasi Selebriti di atas Lantai Bintang

Hollywood Walk
Potret Hollywood Walk of Fame. Sumber : IST

Hollywood Walk of Fame adalah tempat di mana lebih dari 2,754 bintang diberi penghormatan dengan bintang yang tertanam di trotoar. Tempat ini mulai dipenuhi bintang sejak tahun 1960 dan terus bertambah hingga hari ini. Bagi Sobat yang ingin melihat nama-nama besar dalam industri hiburan, Walk of Fame adalah destinasi wajib.

Berkunjung ke Walk of Fame bukan hanya soal melihat nama-nama besar, tapi juga merasakan sejarah panjang industri hiburan. Setiap bintang di trotoar ini memiliki cerita dan kontribusi besar dalam dunia hiburan, mulai dari aktor, penyanyi, hingga sutradara dan produser terkenal. Jadi, jangan lupa untuk menyusuri jalan ini saat berada di LA!

6. Peninggalan Zaman Pra Sejarah di Los Angeles

 La Brea Tar Pits.
Potret La Brea Tar Pits. Sumber: Dok. edition.cnn.com

Di tengah kota yang modern, Los Angeles menyimpan sisa-sisa zaman prasejarah di La Brea Tar Pits. Tempat ini adalah salah satu situs fosil Zaman Es terbesar dan paling beragam di dunia. Sobat bisa melihat fosil-fosil kucing bertaring pedang, kungkang raksasa, dan bahkan bayi mammut yang diawetkan. Mengunjungi La Brea Tar Pits seperti berjalan-jalan di masa lalu, Sobat!

Tar pits ini terbentuk dari aspal yang muncul ke permukaan tanah dan menjebak hewan-hewan yang lewat. Proses ini sudah berlangsung selama ribuan tahun, menciptakan koleksi fosil yang luar biasa. Selain melihat fosil, Sobat juga bisa mengunjungi museum di dekatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah geologi dan paleontologi.

7. Daerah yang Diapit Pantai dan Gunung yang Indah

Pegunungan Santa Monica
Potret Pegunungan Santa Monica. Sumber : IST

Los Angeles memang terkenal dengan pantainya, tapi jangan lupa kalau kota ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Ada lima pegunungan utama yang mudah dijangkau dari LA, seperti Pegunungan Santa Monica dan Pegunungan San Gabriel. Pegunungan ini menawarkan jalur pendakian yang menakjubkan dan pemandangan alam yang luar biasa. Jadi, kalau Sobat suka petualangan, jangan lupa siapkan sepatu hiking!

Pegunungan ini bukan hanya tempat untuk berolahraga, tapi juga menawarkan pemandangan spektakuler yang tidak boleh dilewatkan. Dari puncaknya, Sobat bisa melihat kota LA dari ketinggian dan menikmati keindahan alam yang kontras dengan keramaian kota. Tempat ini cocok untuk melepas penat dan menikmati kedamaian di tengah kesibukan.

8. Cuaca di Los Angeles Cenderung Panas

 Los Angeles
Ilustrasi cuaca di Los Angeles. Sumber : IST

Fakta unik lainnya tentang Los Angeles adalah variasi suhu yang ekstrem. Di satu tempat, suhu bisa mencapai 21°C, sementara hanya beberapa kilometer jauhnya bisa mencapai 35°C. Ini disebabkan oleh iklim mikro yang ada di LA. Jadi, Sobat, saat berkunjung ke sini, pastikan selalu siap dengan pakaian yang sesuai untuk menghadapi perubahan suhu yang mendadak.

Perbedaan suhu ini bisa terjadi dalam jarak yang sangat dekat, membuat LA menjadi kota dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Misalnya, di Dermaga Santa Monica, suhu maksimum rata-rata di bulan Juli adalah 21°C, sedangkan hanya 24 km jauhnya, di Taman Canoga, suhunya bisa mencapai 35°C. Perubahan ini membuat LA semakin menarik untuk dijelajahi, karena setiap bagian kota bisa menawarkan pengalaman cuaca yang berbeda.

9. Ada Berbagai Ragam Budaya dan Etnis di Los Angeles

 tahun baru imlek.
Ilustrasi acara tahun baru imlek. Sumber : IST

Los Angles nggak hanya dihuni oleh orang-orang amerika, namun juga banyak etnis lain dari luar benua Amerika yang tinggal menetap di sana sampai membuat pemukiman khusus seperti Chinatown. Sejak tahun 1850-an, komunitas Tionghoa sudah menjadi bagian penting dari kota ini.

Chinatown di LA bukan hanya pusat perdagangan, tapi juga pusat budaya yang hidup dengan berbagai acara tahunan seperti perayaan Tahun Baru Imlek. Sobat bisa menikmati makanan autentik, membeli suvenir unik, dan merasakan atmosfer budaya Tionghoa yang kental.

Chinatown di LA menawarkan pengalaman yang kaya dan berbeda dari bagian lain kota. Dengan arsitektur tradisional, pasar yang ramai, dan restoran yang menyajikan masakan Tionghoa asli, Sobat bisa merasakan seolah-olah sedang berada di Tiongkok.

Selain itu, banyak warga Thailand yang tinggal di LA. Bahkan populasi warga Thailand di LA adalah yang terbesar di luar Thailand. Lebih dari 80.000 penduduk Thailand tinggal di kota ini, menjadikannya salah satu komunitas yang paling beragam. Kehadiran mereka membawa warna tersendiri bagi budaya LA, terutama dalam hal kuliner dan festival. Jadi, jangan lewatkan untuk mencoba makanan Thailand yang otentik saat berada di LA!

Dengan banyaknya restoran, toko, dan festival Thailand, Sobat bisa merasakan budaya Thailand di LA dengan mudah. Setiap tahun, ada berbagai acara budaya yang diadakan oleh komunitas Thailand, termasuk perayaan Songkran (Tahun Baru Thailand) dan Loy Krathong (Festival Cahaya). Ini adalah kesempatan yang bagus untuk menikmati budaya Thailand tanpa harus bepergian jauh.

10. Internet Lahir di University of California, Los Angeles

Pekerjaan ARPANET
Potret Pekerjaan ARPANET. Sumber: Dok. mosaic-lille.fr

Pada tahun 1969, sebuah tim peneliti di University of California, Los Angeles (UCLA) mengirim pesan elektronik pertama melalui ARPANET, yang merupakan cikal bakal internet yang kita kenal sekarang. Pesan tersebut sebenarnya hanya berisi dua huruf, “LO,” karena sistemnya crash sebelum kata “LOGIN” selesai terkirim. Tapi momen kecil ini menjadi tonggak penting dalam sejarah teknologi.

ARPANET adalah proyek Departemen Pertahanan AS yang bertujuan mengembangkan jaringan komputer yang bisa saling berkomunikasi. Percobaan ini berhasil, dan dari sinilah internet mulai berkembang. Sobat, mari kita berterima kasih kepada para peneliti di UCLA yang telah menghadirkan internet. 

11. Pengukuran Kecepatan Cahaya Pertama

Dr. Albert A
Potret Dr. Albert A. Sumber: Dok.news.uchicago.edu

Fakta menarik lainnya, Los Angeles adalah tempat di mana kecepatan cahaya pertama kali diukur secara akurat. Pada tahun 1926, Dr. Albert A. Michelson, seorang fisikawan Amerika, memasang serangkaian cermin di Gunung Wilson, tepat di luar Los Angeles. Michelson berhasil mengukur kecepatan cahaya sekitar 186.000 mil per detik. Hasil ini membantu mengonfirmasi teori relativitas Albert Einstein dan membuka jalan bagi kemajuan lebih lanjut dalam bidang fisika.

Pengukuran ini tidak hanya penting bagi ilmu fisika, tetapi juga bagi perkembangan teknologi komunikasi dan banyak aspek lain dalam kehidupan kita sehari-hari. LA benar-benar menjadi saksi dari banyak inovasi dan penemuan penting dalam sejarah sains dan teknologi.

12. Terowongan Bawah Tanah

Terowongan Bawah Tanah.
Potret Terowongan Bawah Tanah. Sumber: Dok. voaindonesia.com

Di bawah jalan-jalan sibuk Los Angeles, terdapat jaringan terowongan bawah tanah yang terbengkalai. Terowongan sepanjang 17 kilometer ini telah ada sejak tahun 1920-an. Saat itu, alkohol dilarang di AS, dan terowongan ini digunakan sebagai jalur rahasia untuk bar ilegal dan pesta bawah tanah. Sekarang, terowongan-terowongan ini nggak lagi digunakan, tetapi mereka tetap menjadi bagian menarik dari sejarah kota.

13. Jumlah Mobil Lebih Banyak daripada Orang

Mobil
Potret Keramaian Mobil. Sumber : IST

Los Angeles adalah salah satu kota dengan jumlah mobil yang sangat banyak, bahkan melebihi jumlah penduduknya! 

Bayangkan saja, di wilayah perkotaan LA terdapat sekitar 6,433,000 mobil dengan populasi sebanyak 3,8 juta pada tahun 2023. Jadi, nggak heran kalau jalanan di LA selalu ramai dan macet. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya mobil dalam kehidupan sehari-hari di LA. 

Kalau kalian mau ke sana, siap-siap saja menghadapi lalu lintas yang padat, ya. Mungkin kalian bisa sekalian menikmati pemandangan mobil-mobil keren yang sering berseliweran di jalanan.

14. Bar Ramah Anjing

The Blue Dog Beer Tavern
Potret The Blue Dog Beer Tavern. Sumber: Dok. dailynews.com

Bagi Sobat Suka Fakta yang suka menghabiskan waktu dengan anjing peliharaan, LA punya kabar baik nih! Di kota ini, ada beberapa bar yang ramah anjing, di mana Sobat bisa minum dan bersantai sambil membawa anjing kesayangan. Beberapa bar terkenal yang ramah anjing antara lain The Blue Dog Beer Tavern, Golden Road Brewing, dan Big Bar.

Menghabiskan waktu di bar-bar ini pastinya menyenangkan, karena Sobat tidak perlu meninggalkan anjing di rumah. Selain menikmati minuman, Sobat juga bisa berkenalan dengan sesama pecinta anjing dan menikmati suasana yang lebih santai dan ramah.

15. Mercusuar Kayu Tertua di Pelabuhan San Pedro

Mercusuar Kayu Tertua.
Potret Mercusuar Kayu Tertua. Sumber : IST

Mercusuar kayu di Pelabuhan San Pedro adalah salah satu peninggalan bersejarah yang menarik di LA. Dibangun pada tahun 1874, mercusuar ini merupakan satu-satunya mercusuar kayu yang tersisa di California. Dengan arsitektur bergaya Victoria yang unik, mercusuar ini awalnya digunakan sebagai titik navigasi di teluk San Pedro.

Mengunjungi mercusuar ini, Sobat bisa merasakan suasana zaman dulu yang kental. Tempat ini juga sering menjadi spot favorit untuk berfoto karena keindahan dan keunikannya. Jadi, jangan lewatkan untuk mampir ke sini saat berada di LA.

16. Perpustakaan Huntington

Potret Perpustakaan Huntington.Sumber: Dok.oeildelaphotographie.com

Perpustakaan Huntington adalah salah satu perpustakaan terbesar dengan koleksi penelitian yang sangat kaya. Tempat ini juga memiliki taman mawar yang indah dan sering dijadikan lokasi syuting film dan acara televisi. Selain sebagai tempat penyimpanan ilmu pengetahuan, Perpustakaan Huntington juga menjadi destinasi wisata yang menarik di LA.

Selain menikmati koleksi buku dan manuskrip langka, Sobat juga bisa berjalan-jalan di taman yang luas dan indah. Tempat ini cocok banget untuk Sobat yang suka belajar sekaligus menikmati keindahan alam. 

17. Los Angeles Adalah Kota Terbesar Kedua di AS

Los Angeles.
Potret kota Los Angeles. Sumber : IST

Dengan populasi lebih dari 12 juta orang, Los Angeles adalah kota metropolitan terbesar kedua di Amerika Serikat setelah New York City. Ukuran dan populasinya yang besar menjadikan LA sebagai pusat ekonomi, budaya, dan politik yang sangat berpengaruh di AS. Sebagai kota terbesar di California, LA memainkan peran penting dalam berbagai sektor seperti hiburan, perdagangan, teknologi, dan banyak lagi.

Ekonomi LA sangat beragam dan kuat, dengan kontribusi besar dari industri film dan hiburan, teknologi, pariwisata, dan perdagangan internasional. Pelabuhan Los Angeles, misalnya, adalah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, yang menghubungkan perdagangan antara AS dan Asia. Dengan ekonomi yang dinamis, LA terus berkembang dan menawarkan banyak peluang bagi bisnis dan inovasi.

18. Produksi Minyak di Los Angeles

 Ladang Minyak.
Potret Ladang Minyak. Sumber: Dok. spectrumnews1.com

Selain punya pemasukan ekonomi kota yang tinggi dari industri film, Los Angeles memiliki ladang minyak terbesar ketiga di Amerika.

Pada tahun 1923, ladang minyak ini hampir menyumbang seperempat dari produksi minyak di seluruh dunia. Hingga kini, ribuan sumur minyak aktif masih beroperasi di kota ini, menunjukkan betapa pentingnya industri minyak bagi LA.

Produksi minyak memainkan peran utama dalam kemunculan Los Angeles sebagai kekuatan ekonomi. Meski sekarang industri minyak bukan lagi yang utama, jejaknya masih terlihat jelas di berbagai bagian kota. Jadi, selain sebagai pusat hiburan, LA juga punya sejarah panjang dalam industri energi.

19. Jadi Tuan Rumah Olimpiade Sebanyak Dua Kali

Los Angeles.
Potret Kota Los Angeles. Sumber : IST

Los Angeles telah menjadi tuan rumah Olimpiade dua kali, pada tahun 1932 dan 1984. Dan yang lebih keren lagi, kota ini akan menjadi tuan rumah Olimpiade untuk ketiga kalinya pada tahun 2028. Ini menjadikan LA sebagai salah satu dari sedikit kota di dunia yang pernah menyelenggarakan Olimpiade sebanyak tiga kali. Sebuah prestasi yang membanggakan, bukan?

Tuan rumah Olimpiade membawa banyak keuntungan bagi LA, termasuk peningkatan infrastruktur, pariwisata, dan ekonomi lokal. Olimpiade 1984, misalnya, sangat sukses dan meninggalkan warisan positif bagi kota ini. Jadi, Sobat, kita tunggu saja kemeriahan Olimpiade 2028 di Los Angeles yang pasti akan menjadi momen bersejarah lainnya.

20. Kambing Punya Pekerjaan Khusus di Los Angeles

kambing.
Potret Hewan kambing. Sumber : IST

Setiap tahun, Museum Getty di LA menyewa kambing untuk merawat halaman dan tanah mereka selama musim semi. Kambing-kambing ini membantu menjaga rumput tetap pendek dan sehat, sekaligus mengurangi penggunaan mesin pemotong rumput yang berisik dan boros energi. Ini adalah solusi yang ramah lingkungan dan efektif.

Menggunakan kambing untuk merawat taman mungkin terdengar unik, tapi ini adalah salah satu cara Museum Getty menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan. Selain itu, pemandangan kambing yang berkeliaran di halaman museum tentu menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jadi, Sobat, kalau berkunjung ke Museum Getty, jangan kaget kalau melihat kambing-kambing yang sedang asyik bekerja!

21. Pemakaman Abadi Selebriti Hollywood

Hollywood.
Potret Pemakaman Hollywood. Sumber: Dok.expedia.co.id

Pemakaman Abadi Hollywood adalah tempat peristirahatan banyak bintang ikonis seperti Mel Blanc, pengisi suara dari Looney Tunes. Makamnya bahkan bertuliskan “That’s all folks,” menambahkan sentuhan humor pada tempat yang biasanya serius. Pemakaman ini menjadi saksi bisu dari sejarah panjang industri hiburan di LA.

Jika mengunjungi pemakaman ini, Sobat bisa melihat makam-makam dari banyak selebriti terkenal dan merasakan sejarah Hollywood dari dekat. Tempat ini bukan hanya untuk mereka yang ingin mengenang bintang-bintang besar, tetapi juga untuk siapa saja yang tertarik dengan sejarah dan budaya pop.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 21 fakta menarik Los Angeles yang sudah kita bahas. Mulai dari sejarah panjangnya, ragam budaya yang memikat, hingga keunikan kehidupan sehari-harinya, LA memang penuh dengan pesona yang tak ada habisnya. Dari nama panjangnya yang unik hingga perannya dalam kelahiran internet, setiap sudut kota ini memiliki cerita menarik yang layak untuk dijelajahi.

LA bukan hanya tentang gemerlap Hollywood, tapi juga tentang inovasi, keragaman, dan warisan budaya yang kaya. Jadi, kalau Sobat berkesempatan mengunjungi LA, pastikan untuk mengeksplorasi semua aspek yang membuat kota ini begitu istimewa.

Selain menikmati tempat-tempat ikonis seperti Observatorium Griffith dan Hollywood Walk of Fame, jangan lupa untuk merasakan langsung kehidupan lokal yang beragam. Nikmati makanan otentik di Chinatown, atau ikuti festival budaya yang diadakan oleh komunitas Thailand dan Armenia di LA. Kunjungi situs-situs bersejarah seperti La Brea Tar Pits dan Perpustakaan Huntington untuk menambah wawasan. Dan tentu saja, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan Olimpiade 2028 yang akan datang. 

Dengan segala keunikan dan daya tariknya, LA menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang datang. Sobat Suka Fakta, see you di next journey, ya!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *