Fakta Dunia

20 Fakta Menarik Manchester, Terkenal dengan Sepak Bolanya

115
×

20 Fakta Menarik Manchester, Terkenal dengan Sepak Bolanya

Sebarkan artikel ini
10 fakta kota Manchester.
10 fakta kota Manchester. Sumber : handluggageonly.co.uk

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang Manchester? Mungkin kamu mengenal kota ini karena ada dua klub sepak bola ternama, Manchester United dan Manchester City. Eits, tapi kota ini bukan hanya terkenal karena dua klub sepak bola itu, lho, Sobat! 

Kita memang sering dengar nama Manchester di dunia sepak bola, tapi coba deh, apa kamu tahu bahwa kota ini juga adalah pusat dari banyak hal seru yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya? Yup! Manchester menyimpan sejuta hal menakjubkan lainnya yang bakal bikin kamu terpukau.

Nah, di artikel ini, kita bakal menyelami ’15Fakta Menarik Manchester’ yang akan membuat kamu melihat kota ini dengan sudut pandang yang baru. Dari sejarah nama yang unik, stadion-stadion megah yang menjadi rumah bagi klub-klub terkenal, hingga kontribusi Manchester dalam musik dan pendidikan. Believe me, Manchester lebih dari sekadar tempat untuk nonton sepak bola.

1. Salah Satu Kota yang Memulai Revolusi Industri

 fakta menarik manchester.
Potret pertambangan kota Manchester. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Manchester adalah salah satu kota yang memulai Revolusi Industri? Yup, pada abad ke-18 dan 19, Manchester mengalami perubahan besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. 

Kota ini menjadi pusat industri tekstil dengan pabrik-pabrik kapas yang menjamur di setiap sudutnya. Dampak dari revolusi ini nggak hanya dirasakan di Inggris saja, tapi juga di seluruh dunia. Manchester menjadi saksi bagaimana mesin-mesin besar dan teknologi baru mengubah cara kerja manusia dan menggerakkan perekonomian global.

2. Tumbuh Jadi Kota Metropolitan yang Maju

 fakta menarik manchester.
Potret Jalur kereta kota Manchester. Sumber: IST

Dengan perkembangan industri yang pesat, Manchester tumbuh menjadi kota metropolitan yang ramai dan maju. Infrastruktur kota berkembang dengan pesat, mulai dari jalan raya, kanal, hingga jalur kereta api yang menghubungkan Manchester dengan kota-kota lain di Inggris. 

Pertumbuhan ini juga membawa dampak sosial yang signifikan, seperti urbanisasi besar-besaran dan munculnya kelas pekerja industri. Manchester menjadi simbol modernisasi dan kemajuan, menarik perhatian banyak orang untuk datang dan bekerja di kota ini.

3. Manchester Town Hall, Bangunan dengan Arsitektur Era Victoria

Manchester Town Hall.
Potret Manchester Town Hall. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka dengan bangunan bersejarah, Manchester Town Hall adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Albert Square, bangunan ini adalah contoh sempurna dari arsitektur era Victoria di Inggris. 

Dibangun pada tahun 1877, Manchester Town Hall memamerkan keindahan desain neo-gothic yang megah. Selain digunakan sebagai kantor administrasi kota, bangunan ini juga sering menjadi lokasi acara-acara penting dan kegiatan publik.

4. CIS Tower, Gedung Pencakar Langit yang Ikonik

CIS Tower.
Potret CIS Tower. Sumber: Dok. placenorthwest.co.uk

Nggak hanya bangunan bersejarah, Manchester juga punya gedung pencakar langit yang ikonik, yaitu CIS Tower. Dibangun pada tahun 1962, gedung ini setinggi 387 kaki atau sekitar 117 meter, menjadikannya salah satu gedung tertinggi di Manchester. 

CIS Tower adalah simbol modernitas dan perkembangan kota yang terus berlanjut. Dengan arsitektur modern yang menarik, gedung ini menjadi salah satu pemandangan yang ikonik di skyline Manchester.

5. Dijuluki sebagai Kota Sepak Bola

 manchaster City.
Potret logo manchaster City. Sumber: IST

Bagi Sobat Suka Fakta yang penggemar sepak bola, Manchester pasti sudah nggak asing lagi. Kota ini dikenal sebagai kota sepak bola karena menjadi rumah bagi dua klub besar, Manchester United dan Manchester City. 

Kedua klub ini telah membawa banyak prestasi dan kebanggaan bagi kota Manchester, menjadikannya pusat perhatian para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Selain itu, Manchester juga menjadi tempat berdirinya liga sepak bola profesional pertama di dunia pada tahun 1888, yang semakin mengukuhkan statusnya sebagai kota sepak bola.

6. Etihad dan Old Trafford, Dua Stadion Megah di Manchester

Etihad Stadium
Potret Etihad Stadium. Sumber: Dok. peakpx.com

Manchester memiliki dua stadion megah yang menjadi markas bagi klub sepak bola besar. Pertama, Etihad Stadium, kandang dari Manchester City. Stadion ini dibuka pada tahun 2003 dan memiliki kapasitas 55.017 kursi. 

Kemudian ada Old Trafford, markas Manchester United sejak tahun 1910. Dengan kapasitas 74.879 kursi, stadion ini adalah stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris. Kedua stadion ini bukan hanya tempat pertandingan, tapi juga destinasi wisata yang menarik bagi para penggemar sepak bola.

7. Melahirkan Band-Band Besar Dunia

The Smiths,
Potret Anggota band The Smiths, Sumber: Dok. bbc.com

Selain sepak bola, Manchester juga terkenal dengan musiknya. Beberapa band besar yang lahir dari kota ini adalah Oasis, The Smiths, dan 1975. Oasis, dengan hits seperti “Wonderwall” dan “Don’t Look Back in Anger”, telah menjadi ikon musik Britpop. 

The Smiths, dengan lirik-lirik yang dalam dan suara khas Morrissey, membawa pengaruh besar dalam musik alternatif. 1975, sebagai band modern, juga telah mencapai kesuksesan internasional dengan lagu-lagu hits mereka. 

8. Ada Banyak Festival Musik Tahunan yang Digelar

Manchester International Festival.
Potret Manchester International Festival. Sumber: Dok. local.gov.uk

Bagi kamu yang suka festival dan acara budaya, Manchester adalah tempat yang tepat. untuk kamu kunjungi. Kota ini memiliki banyak festival musik tahunan, seperti Manchester International Festival, yang menampilkan berbagai pertunjukan musik, teater, dan seni rupa. 

Ada juga acara-acara seperti Parklife dan Warehouse Project yang selalu ramai dikunjungi oleh penikmat musik. Manchester adalah kota yang hidup dengan musik dan budaya, selalu ada sesuatu yang menarik untuk dinikmati setiap tahunnya.

9. Curry Mile, Surga Kuliner Asia di Manchester

Curry Mile
Potret kuliner Manchester, Curry Mile. Sumber : creativetourist.com

Sobat Suka Fakta, buat kamu yang suka kuliner, jangan lewatkan Curry Mile di Manchester. Terletak di Jalan Wilmslow, Rusholme, Curry Mile adalah pusat kuliner Asia terbesar di luar Asia. 

Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam makanan khas Asia Selatan, dari kari yang lezat hingga makanan penutup yang menggugah selera. Curry Mile adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin mencicipi kelezatan kuliner Asia di Manchester.

10. Ada Kejuaraan Makan Pie Dunia

 Harry's Bar
Potret Harry’s Bar. Sumber: Dok. hot-dinners.com

Sobat Suka Fakta, siapa bilang makan pie nggak bisa jadi ajang kompetisi? Di Manchester, ada kejuaraan makan pie dunia yang diadakan setiap tahun di Harry’s Bar, Wigan. Acara ini dimulai pada 1992 dan telah menjadi tradisi unik yang menarik perhatian banyak orang dari seluruh dunia. Jika kamu suka pie dan ingin mencoba tantangan yang seru, kejuaraan ini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan!

11. Chetham, Perpustakaan Umum Pertama di Inggris

Chetham
Potret perpustakaan Chetham. Sumber: Dok. awellreadwanderer.com

Sobat Suka Fakta, apakah kamu tahu bahwa Manchester adalah rumah bagi perpustakaan umum pertama di Inggris? Yup, Perpustakaan Chetham dibuka pada tahun 1653 dan menjadi perpustakaan umum tertua di negara ini. 

Perpustakaan ini menampung lebih dari 100.000 volume buku cetak, termasuk manuskrip, surat, dan lukisan. Chetham adalah tempat yang penuh sejarah dan merupakan harta karun bagi siapa saja yang mencintai buku dan sejarah. Perpustakaan ini juga menawarkan pandangan unik tentang pendidikan dan literasi di masa lalu.

12. Kota yang Mempelopori Pola Makan Vegetarian

William Cowherd
Potret William Cowherd. Sumber: Dok. en.wikipedia.org

Sobat, tahukah kamu kalau gerakan vegetarian juga punya sejarah panjang di Manchester? Di sinilah seorang pendeta bernama William Cowherd, pada awal abad ke-19, mengajarkan manfaat pola makan vegetarian kepada jemaatnya. 

Ia mendirikan gereja yang mengadopsi diet bebas daging sebagai bagian dari ajaran mereka. Sejarah ini menunjukkan bahwa Manchester selalu menjadi pelopor dalam berbagai inovasi sosial dan budaya.

13. Manchester Bee, Lambang Kota yang Menggambarkan Kegigihan

 Patung Lebah.
Potret Patung Lebah. Sumber: Dok. britishironworkcentre.co.uk

Di Manchester, kamu pasti sering melihat simbol lebah pekerja di berbagai tempat. Bahkan, hewan ini dijadikan sebagai suvenir. Kenapa begitu, ya? Ternyata, lebah pekerja merupakan simbol kota ini sejak masa Revolusi Industri, pada 1800-an.

Lebah pekerja atau Manchester Bee ini melambangkan ketekunan dan kerja keras warga Manchester. Saat revolusi industri, Manchester dibanjiri pabrik tekstil yang digambarkan sebagai sarang-sarang lebah, dan pekerja di pabrik ini diibaratkan seperti lebah pekerja yang gigih.

Simbol ini juga kembali populer setelah serangan teroris di Manchester Arena pada tahun 2017, sebagai tanda kekuatan dan ketahanan masyarakat kota ini. Lebah pekerja adalah bukti betapa pentingnya nilai-nilai kerja keras dan kebersamaan di Manchester.

14. Perjuangan Hak Pilih Wanita Dimulai di Kota Ini

Suffragette
Potret Suffragette. Sumber: Dok. beta.nationalarchives.gov.uk

Sobat Suka Fakta, Manchester juga memainkan peran penting dalam sejarah perjuangan hak pilih wanita. Gerakan Suffragette, yang memperjuangkan hak pilih bagi wanita di Inggris, dimulai di Manchester. 

Emmeline Pankhurst, seorang aktivis terkenal, mendirikan Women’s Social and Political Union (WSPU) di kota ini pada tahun 1903. Gerakan ini menjadi salah satu pilar utama dalam meraih hak pilih bagi wanita di Inggris. Hingga kini, Manchester tetap menjadi simbol perjuangan hak-hak wanita di seluruh dunia.

15. Rolls Royce Didirikan di Manchester

Rolls Royce
Potret mobil Rolls Royce. Sumber: IST

Tahukah kamu, Sobat Suka Fakta, bahwa merek mobil mewah ikonik Rolls Royce didirikan di Manchester? Pada tanggal 4 Mei 1904, Charles Rolls dan Henry Royce bertemu di The Midland Hotel di Manchester. 

Pertemuan ini menandai awal dari kemitraan yang menghasilkan salah satu merek mobil paling terkenal di dunia. Rolls Royce menjadi simbol kemewahan dan prestise, dan semuanya dimulai dari kota Manchester.

16. Serial Peaky Blinders Banyak Mengambil Latar di Kota Ini

 Peaky Blinders
Potret pemain serial Peaky Blinders. Sumber: Dok Peaky Blinders

Buat kamu yang suka serial Peaky Blinders, ada fakta menarik nih! Meskipun cerita Peaky Blinders berlatar di Birmingham, tapi banyak adegan dalam serial ini sebenarnya difilmkan di Manchester. Kota ini dipilih karena latar belakang industrinya yang cocok untuk menggambarkan era tersebut. Manchester memberikan suasana otentik yang memperkuat cerita dan visual dalam serial yang populer ini.

17. Jadi Tempat Pembelahan Atom Pertama Kali

Ernest Rutherford
Potret Ernest Rutherford. Sumber: Dok. manchester.ac.uk

Di Universitas Manchester, Ernest Rutherford berhasil membelah atom untuk pertama kalinya. Penemuan ini terjadi pada tahun 1917 dan membawa perubahan besar dalam ilmu fisika, membuka jalan bagi perkembangan teknologi nuklir. Prestasi ini menunjukkan bahwa Manchester bukan hanya kota industri, tapi juga pusat inovasi ilmiah.

18. Tuan Rumah Commonwealth Games 2002

 kota manchester.
Potret kota manchester. Sumber: IST

Pada tahun 2002, Manchester menjadi tuan rumah Commonwealth Games, salah satu ajang olahraga multi-olahraga terbesar di dunia. Acara ini membawa banyak investasi dan regenerasi ke kota, memperbaiki infrastruktur dan memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi penduduk setempat. 

Stadion City of Manchester, yang sekarang dikenal sebagai Etihad Stadium, dibangun untuk acara ini. Manchester sukses menyelenggarakan acara ini dengan gemilang, semakin mengukuhkan reputasinya sebagai kota olahraga.

19. Manchester Arndale, Pusat Perbelanjaan Terbesar Manchester

Manchester Arndale
Potret pusat perbelanjaan Manchester Arndale. Sumber: Dok. oceanoutdoor.com

Bagi kamu yang suka berbelanja, Manchester memiliki Manchester Arndale, pusat perbelanjaan terbesar di pusat kota Eropa. Dibangun pada tahun 1972, Arndale Centre menawarkan berbagai toko, restoran, dan hiburan. Kamu bisa menemukan hampir segala sesuatu di sini, dari pakaian merek terkenal hingga makanan lezat. Manchester Arndale adalah destinasi belanja yang wajib dikunjungi bagi para shopaholic!

20. Tempat Terbaik untuk Dihuni di Inggris

 Kota Manchester.
Potret Kota Manchester. Sumber: IST

Manchester bukan hanya kota yang menarik untuk dikunjungi, tapi juga tempat yang nyaman untuk ditinggali. Menurut survei Global The Economist, Manchester dinobatkan sebagai salah satu tempat terbaik untuk dihuni di Inggris. 

Faktor-faktor seperti rendahnya tingkat kejahatan, pendidikan berkualitas, akses kesehatan yang baik, dan stabilitas politik-sosial membuat Manchester menjadi pilihan favorit bagi banyak orang yang mencari tempat tinggal ideal. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah berbagai fakta menarik tentang Manchester. Melalui perjalanan ini, kita jadi tau bahwa Manchester bukan hanya sekadar kota yang menarik bagi pecinta sepak bola. Manchester lebih dari itu. Ia menyimpan sejuta keunikan yang menanti untuk dijelajahi satu per satu.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadikan Manchester sebagai destinasi wisata selanjutnya? Eits, selain Manchester, kamu juga bisa membaca fakta menarik Moskow, fakta menarik Dumai, hingga fakta menarik Makau. Dijamin, artikel-artikel itu akan memberikan wawasan tersembunyi yang sangat bermanfaat!

REFERENSI

  • Bobo.id. “Kenapa Kota Manchester di Inggris Terkenal dengan Sepak Bola? Ini Faktanya.” Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://bobo.grid.id/read/083480702/kenapa-kota-manchester-di-inggris-terkenal-dengan-sepak-bola-ini-faktanya?page=all
  • Peponi Travel. “5 Fakta Kota Manchester.” Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://peponi.travel.blog/2022/01/21/5-fakta-kota-manchester/
  • Amber Student. “15 Fakta Menarik Tentang Manchester yang Tidak Boleh Anda Lewatkan.” Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://amberstudent.com/blog/post/interesting-facts-about-manchester-that-you-should-not-miss
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *