Fakta Dunia

13 Fakta Menarik Manila, Kota yang Menyimpan Keindahan!

130
×

13 Fakta Menarik Manila, Kota yang Menyimpan Keindahan!

Sebarkan artikel ini
Manila
13 Fakta Menarik Manila: Kota yang Menyimpan Keindahan. Sumber: dulichviet.com.vn

Hai, Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Sudah pernah dengar tentang Manila, belum? Ibu kota Filipina ini mungkin bukan destinasi pertama yang terpikirkan saat merencanakan liburan, tapi percayalah, Manila menyimpan banyak sekali keindahan dan keunikan yang wajib kamu tahu!

Manila nggak cuma jadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budaya di Filipina, tapi juga menawarkan berbagai pengalaman seru buat siapa saja yang berkunjung. Dari sejarah panjang yang kaya, kehidupan kota yang dinamis, sampai kuliner jalanan yang bikin lidah bergoyang, semuanya ada di Manila.

Nah, di artikel ini, kita bakal kupas tuntas 13 fakta menarik Manila yang mungkin belum kamu tahu. Jadi, siap-siap ya, Sobat Suka Fakta! Setelah baca artikel ini, bisa jadi kamu langsung pengen masukkan Manila ke dalam daftar destinasi liburanmu berikutnya. Yuk, kita mulai petualangannya!

1. Nama Manila Diambil Dari Kata “May-nilad”

fakta menarik manila
Potret bunga nilad. Sumber: RQS digital

Pertama-tama, mari kita bicara tentang sejarah dan asal usul nama Manila. Nama “Manila” aslinya berasal dari kata “Maynilad”,”Nilad” yang merupakan nama tanaman berbunga yang dulu tumbuh subur di sepanjang tepi Sungai Pasig. 

Sering disebut dengan “Maynilad”, lama kelamaan disingkat menjadi “Maynila” dan akhirnya menjadi “Manila” seperti yang kita kenal sekarang.

Sejarah Manila sendiri sangat kaya dan panjang, Sobat. Kota ini sudah menjadi pusat perdagangan penting, jauh sebelum masa kolonial. Pada tahun 1571, penakluk Spanyol, Miguel López de Legazpi, tiba dan menjadikan Manila sebagai ibu kota koloni baru Spanyol di Filipina. Kota ini berkembang pesat sebagai pusat perdagangan antara Asia, Amerika, dan Eropa melalui rute perdagangan Manila Galleon.

Saat masa kolonial Amerika dan Jepang, Manila terus memainkan peran penting dalam sejarah Filipina. Bahkan, setelah kehancuran yang dialami pada Perang Dunia II, Manila berhasil bangkit dan berkembang menjadi kota metropolis yang kita kenal sekarang. Seru banget, kan, belajar tentang sejarah Manila yang penuh liku ini?!

2. Manila Terletak di Pulau Luzon, Pulau Terbesar di Filipina

Pulau Luzon.
Potret pulau Luzon. Sumber: traveltriangle.com

Lanjut ke fakta menarik berikutnya, yaitu lokasi dan geografi. Manila terletak di pulau Luzon, pulau terbesar di Filipina. Kota ini berada di sepanjang pantai timur Teluk Manila dan dibelah dua oleh Sungai Pasig yang mengalir dari Laguna de Bay menuju Teluk Manila. 

Selain itu, Manila juga dikelilingi oleh beberapa fitur geografis menarik seperti pegunungan di Semenanjung Bataan di sebelah barat dan dataran rendah serta pegunungan Sierra Madre di timur.

Letak strategis ini menjadikan Manila sebagai salah satu pelabuhan terlindung terbaik di kawasan Pasifik, sekitar 1.100 km tenggara Hong Kong. Nggak heran kalau Manila selalu jadi pusat perdagangan dan ekonomi sejak dulu.

Selain itu, karena lokasinya yang strategis, Manila punya akses mudah ke berbagai daerah pertanian di pedalaman melalui sungai dan jalur darat. Ini membuat Manila menjadi pusat distribusi penting bagi berbagai barang dan komoditas. Gimana, makin tertarik kan untuk tahu lebih banyak tentang kota yang satu ini?!

3. Seperti Jakarta, Manila Hanya Memiliki 2 Musim, Hujan dan Kemarau

Iklim dan cuaca yang ada di Manila.
Iklim dan cuaca yang ada di Manila. Sumber: IST

Nah, sekarang mari kita bahas soal iklim dan cuaca di Manila, Sobat. Manila punya iklim muson tropis yang bikin kota ini mengalami dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau. 

Musim hujan berlangsung dari bulan Juni sampai November, sementara musim kemarau berlangsung dari bulan Desember sampai Mei.

Bulan terbasah di Manila biasanya adalah Juli, Agustus, dan September. Pada bulan-bulan ini, hujan deras dan badai petir sering banget terjadi. Total curah hujan tahunan di Manila rata-rata sekitar 2.000 mm atau sekitar 80 inci. 

Meski begitu, suhu tahunan di Manila nggak banyak berubah, Sob. Rata-rata suhu tahunan di sini berada di kisaran 27°C atau 80an F. Jadi, tenang! Meskipun sering hujan, kota ini tetap hangat sepanjang tahun.

Sobat Suka Fakta, menariknya lagi, meski Manila sering mengalami cuaca ekstrem, kota ini dilindungi oleh perbukitan Sierra Madre di timur dan pegunungan di Semenanjung Bataan di barat. Ini membantu mengurangi dampak langsung dari badai tropis yang sering melanda kawasan Asia Tenggara.

Itulah sekilas tentang iklim dan cuaca di Manila. Dengan iklim tropisnya, kota ini menawarkan pengalaman yang berbeda bagi siapa saja yang berkunjung, baik saat musim hujan maupun musim kemarau. Jadi, kapan pun kamu berkunjung, selalu ada sesuatu yang menarik untuk dinikmati di Manila!

Gimana, Sobat Suka Fakta? Makin tertarik kan untuk terus menjelajahi lebih banyak fakta menarik tentang Manila? Yuk, lanjut ke bagian berikutnya!

4. Dikenal Sebagai Kota Terpadat di Dunia, Populasi Manila Mencapai 13 Juta Jiwa

Potret kepadatan di Kota Manila
Potret kepadatan di Kota Manila. Sumber: goodstats.id

Nah, Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Manila adalah salah satu kota terpadat di dunia? Ya, bayangkan saja, di wilayah seluas 38 kilometer persegi, ada lebih dari 1,7 juta orang yang tinggal di sini. Itu hanya untuk kota Manilanya saja, lho. Kalau kita hitung dengan Kawasan Ibu Kota Nasional atau Metropolitan Manila yang mencakup 16 kota lainnya, populasinya bisa mencapai lebih dari 13 juta jiwa!

Kepadatan penduduk di Manila menciptakan dinamika sosial dan budaya yang sangat beragam. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai komunitas dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mayoritas penduduknya adalah orang Filipina, tapi ada juga komunitas Tionghoa, Amerika, Jepang, dan lainnya yang menambah warna keunikan budaya Manila.

Kepadatan ini juga membawa tantangan tersendiri, seperti kemacetan lalu lintas dan masalah perumahan. Meski begitu, pemerintah terus berupaya mencari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya. Di balik segala tantangan, kota ini tetap memancarkan pesona yang membuat banyak orang betah untuk tinggal atau sekedar berkunjung.

5. Manila Memiliki Keindahan Flora dan Fauna yang Bisa Ditemukan di Tengah Hiruk-Pikuk Kota

Potret fauna, burung cendet
Potret fauna, burung cendet. Sumber: wwb.co.id

Beralih ke fakta menarik tentang flora dan fauna di Manila. Meski dikenal sebagai kota yang padat dan ramai, kamu masih bisa menemukan berbagai jenis tanaman dan hewan di tengah hiruk-pikuk kota Manila.

Sob, Manila dipenuhi dengan pohon-pohon tropis seperti palem, beringin, akasia, dan bambu yang tumbuh subur di taman-taman kota. Keberadaan tanaman-tanaman ini gak hanya membuat kota jadi lebih asri, tapi juga memberikan tempat berlindung bagi berbagai jenis burung liar. Kamu bisa melihat burung cendet, merpati, dan burung gereja berkeliaran di sekitar taman dan jalanan kota.

Selain itu, Teluk Manila juga menjadi rumah bagi banyak spesies ikan seperti sarden, ikan teri, makarel, tuna, kakap, dan barakuda. Meski keindahan alam ini sedikit terganggu oleh polusi udara dan air akibat industrialisasi dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor, namun usaha untuk menjaga dan melestarikan alam terus dilakukan oleh pemerintah dan komunitas lokal.

6. Intramuros Adalah Bangunan Tua dan Bersejarah yang Dibangun Pada Abad ke-16

Intramuros
Potret kawasan bersejarah, Intramuros. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka dengan sejarah dan bangunan tua, Intramuros adalah tempat yang wajib kamu kunjungi di Manila. Intramuros yang berarti “di dalam tembok” adalah kota bertembok bersejarah yang dibangun oleh penjajah Spanyol pada abad ke-16. Kawasan ini penuh dengan bangunan kolonial yang masih terjaga dengan baik dan memberikan gambaran tentang masa lalu Manila.

Di dalam Intramuros, kamu bisa menemukan banyak situs bersejarah seperti Gereja San Agustin yang merupakan gereja tertua di Filipina, dan Fort Santiago yang merupakan benteng tua yang pernah jadi tempat penyiksaan dan penjara bagi pahlawan nasional Filipina, José Rizal. Mengunjungi Intramuros seperti berjalan mundur ke masa lalu, di mana kamu bisa merasakan atmosfer sejarah yang kental.

Selain itu, Intramuros juga menjadi pusat kegiatan budaya dan seni. Banyak acara dan festival diadakan di sini untuk merayakan warisan budaya Manila. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Manila, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Intramuros dan menikmati keindahan serta kekayaan sejarahnya.

Seru kan, Sobat Suka Fakta?! Kita baru saja menyelesaikan enam fakta menarik tentang Manila. Eits, masih ada sembilan lagi yang siap untuk kita eksplorasi. Yuk, kita lanjut ke bagian berikutnya!

7. Jeepney, Transportasi yang Berawal dari Jip Militer Milik Amerika Lalu Dimodifikasi Menjadi Angkutan Umum 

Transportasi Jeep.
Potret transportasi Jeep. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu lagi di Manila, satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah naik Jeepney, moda transportasi paling ikonik di Filipina. Kendaraan ini awalnya berasal dari jip militer yang ditinggalkan oleh tentara Amerika setelah Perang Dunia II, lalu dimodifikasi menjadi angkutan umum.

Jeepney terkenal dengan desainnya yang warna-warni dan unik. Setiap Jeepney dihias dengan berbagai macam gambar dan ornamen, menjadikannya seperti karya seni berjalan. Selain itu, Jeepney juga merupakan simbol budaya dan warisan Filipina yang sangat kental.

Naik Jeepney adalah pengalaman yang seru dan menantang, Sob! Rute Jeepney biasanya ditulis di bagian depan kendaraan dan kamu tinggal bilang “para” (berhenti) ke sopir saat ingin turun. Biayanya juga sangat terjangkau, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba transportasi khas ini saat kamu berada di Manila!

8. Sebagai Pusat Pendidikan di Filipina, Manila Memiliki Beberapa Universitas Tertua dan Paling Bergengsi di Asia

Universitas di Manila.
Potret salah satu Universitas di Manila. Sumber: universityforhope.blogspot.com

Manila juga dikenal sebagai pusat pendidikan di Filipina. Di sini, kamu bisa menemukan beberapa universitas tertua dan paling bergengsi di Asia. Salah satunya adalah Universitas Santo Tomas (UST) yang didirikan pada tahun 1611. UST bukan hanya universitas tertua di Asia, tetapi juga salah satu yang memiliki tradisi akademis yang sangat kaya.

Selain UST, ada juga Universitas Filipina (UP) yang terkenal dengan standar akademisnya yang tinggi dan kontribusinya dalam berbagai penelitian. Kampus utamanya berada di Kota Quezon, namun ada juga cabang di Manila yang fokus pada ilmu kesehatan.

Manila juga menjadi rumah bagi Universitas Ateneo de Manila dan Universitas De La Salle, dua institusi pendidikan tinggi yang juga sangat terkenal di Filipina. Kedua universitas ini sering bersaing dalam berbagai bidang, mulai dari akademik hingga olahraga. Jadi, kalau kamu tertarik dengan dunia pendidikan, Manila adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai institusi pendidikan unggulan.

9. Balut, Makanan Paling Terkenal di Filipina

 Balut.
Potret telur bebek embrio, Balut. Sumber: IST

Nah, buat Sobat Suka Fakta yang doyan makan, Manila adalah surga kuliner jalanan. Di setiap sudut kota, kamu bisa menemukan berbagai makanan jalanan yang menggoda selera. Dari yang unik sampai yang eksotis, semuanya ada di sini.

Salah satu makanan jalanan yang terkenal adalah balut, yaitu telur bebek yang sudah berkembang menjadi embrio. Meski terdengar ekstrem, balut sangat populer di Filipina dan dianggap sebagai makanan lezat dan kaya nutrisi. Kalau kamu berani mencoba, balut bisa jadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan, Sob!

Selain balut, ada juga halo-halo, makanan penutup yang menyegarkan. Halo-halo terbuat dari campuran es serut, susu, kacang merah, ubi, jeli, dan berbagai bahan lainnya. Rasanya manis dan segar, cocok banget buat kamu yang ingin melepas dahaga di tengah panasnya kota Manila.

Kamu juga harus mencoba isaw (usus ayam atau babi yang dibakar), kwek-kwek (telur puyuh yang digoreng dengan adonan tepung), dan berbagai makanan jalanan lainnya. Kuliner jalanan Manila nggak cuma enak, tapi juga memberikan pengalaman budaya yang unik.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Makin seru kan menjelajahi fakta-fakta menarik tentang Manila? Kita sudah sampai di sembilan fakta, dan masih ada enam lagi yang siap untuk kita bahas. Yuk, terus ikuti petualangan kita di kota yang menakjubkan ini!

10. Manila Ocean Park, Tempat Wisata Populer di Manila

Manila ocean Park.
Potret Manila ocean Park. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selain kehidupan malam yang seru, Manila juga punya banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Salah satu yang paling populer adalah Manila Ocean Park. Tempat ini adalah akuarium raksasa yang menawarkan berbagai pameran dan pertunjukan interaktif yang menampilkan kehidupan laut. 

Kamu bisa melihat beragam jenis ikan, termasuk hiu dan pari, serta menikmati pertunjukan lumba-lumba yang menggemaskan. Ada juga atraksi “pengalaman berjalan di bawah air”, di mana kamu bisa merasakan sensasi berjalan di dasar laut dengan helm oksigen. Seru banget, kan?!

Selain Manila Ocean Park, ada Rizal Park atau yang juga dikenal sebagai Luneta Park. Taman kota yang luas ini didedikasikan untuk Dr. José Rizal, pahlawan nasional Filipina. 

Di sini, kamu bisa berjalan-jalan santai, menikmati taman Jepang dan Cina, atau sekadar duduk-duduk di tepi kolam sambil menikmati suasana yang tenang. Rizal Park juga sering menjadi tempat berbagai acara dan festival, jadi kamu bisa merasakan keramaian dan semangat warga Manila saat berkunjung.

Eits, Sobat, jangan lupa juga kunjungi Fort Santiago yang terletak di dalam kawasan Intramuros. Benteng tua ini penuh dengan sejarah, terutama terkait dengan perjuangan Dr. José Rizal. 

Kamu bisa menjelajahi ruangan-ruangan tua, melihat berbagai artefak sejarah, dan menikmati pemandangan indah dari menara benteng. Mengunjungi Fort Santiago seperti berjalan mundur ke masa lalu, di mana kamu bisa merasakan atmosfer sejarah yang kental.

11. Manila Menawarkan Kehidupan Malam dan Hiburan yang Asyik!

Greenhills Shopping Center.
Potret Greenhills Shopping Center. Sumber: theurbanroamer.com

Sobat Suka Fakta, setelah seharian berkeliling, saatnya menikmati kehidupan malam di Manila, nih! Kota ini menawarkan beragam pilihan hiburan yang seru dan menarik. 

Kamu bisa mulai malam kamu dengan makan malam di salah satu dari banyaknya restoran dan kafe yang tersebar di seluruh kota. Ada banyak pilihan, mulai dari makanan lokal hingga internasional.

Setelah makan malam, cobalah kunjungi Malate dan Ermita, dua distrik yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang semarak. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai bar, klub malam, dan tempat karaoke yang buka sampai larut malam. Tempat-tempat ini sering dipenuhi oleh penduduk lokal dan wisatawan yang ingin bersenang-senang dan menikmati suasana malam di Manila.

Kalau kamu suka live music, ada banyak tempat yang menawarkan penampilan band lokal berbakat. The Hobbit House adalah salah satu tempat yang unik, di mana kamu bisa menikmati musik live sambil dikelilingi oleh suasana yang terinspirasi dari novel The Hobbit. 

Ada juga 70s Bistro, tempat yang populer untuk menikmati musik dari berbagai genre. Kedua tempat ini menawarkan pengalaman musik yang seru dan suasana yang ramah.

Selain itu, jangan lewatkan Greenhills Shopping Center dan Divisoria yang juga ramai di malam hari. Di sini, kamu bisa berbelanja berbagai barang dengan harga yang sangat terjangkau. 

Tempat-tempat ini menawarkan pengalaman belanja yang berbeda dan bisa jadi alternatif yang menarik jika kamu ingin menikmati suasana malam tanpa harus ke bar atau klub.

12. Manila Adalah Tempat yang Cocok untuk Mengeksplorasi Berbagai Museum dan Galeri Seni

Museum yang ada di Manila.
Potret salah satu Museum yang ada di Manila. Sumber: IST

Bagi Sobat Suka Fakta yang menyukai seni dan sejarah, Manila adalah tempat yang pas untuk mengeksplorasi berbagai museum dan galeri seni. Salah satu museum yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Nasional Filipina. 

Museum ini menampung banyak koleksi seni, artefak, dan pameran sejarah alam yang menampilkan warisan budaya Filipina yang kaya. Kamu bisa melihat berbagai lukisan, patung, dan artefak arkeologi yang sangat menarik. Selain itu, ada juga pameran tentang sejarah Filipina, mulai dari zaman prasejarah hingga era modern.

Ada juga Museum San Agustin yang terletak di dalam kompleks Gereja San Agustin di Intramuros. Museum ini menyimpan seni dan artefak keagamaan, serta memberikan sekilas sejarah gereja Katolik di Filipina. 

Museum San Agustin adalah tempat yang sempurna untuk kamu yang ingin mendalami sejarah dan budaya Filipina lebih dalam. Sementara bangunan gereja itu sendiri adalah karya arsitektur yang menakjubkan. Jadi pastikan kamu mengambil banyak foto saat berkunjung ke sini. 

Sobat, Manila juga memiliki dunia seni jalanan yang dinamis. Di seluruh kota, kamu bisa menemukan mural warna-warni dan grafiti yang menampilkan kreativitas seniman lokal. 

Beberapa mural ini menggambarkan kehidupan sehari-hari di Manila, sementara yang lain mencerminkan isu sosial dan politik. Seni jalanan ini memberikan sentuhan artistik pada wajah kota yang ramai dan sibuk. 

Selain museum dan seni jalanan, ada banyak galeri seni yang memamerkan karya seniman lokal dan internasional. Mengunjungi galeri-galeri ini bisa memberikan inspirasi dan wawasan baru tentang dunia seni. Kamu bisa menemukan berbagai karya seni modern dan kontemporer yang menakjubkan, serta bertemu dengan seniman lokal yang berbakat.

13. Kota yang Menjadi Peran Vital dalam Perekonomian Negara  

Ekonomi dan Perdagangan. Sumber:
Ekonomi dan Perdagangan. Sumber: autoshippers.co.

Sobat Suka Fakta, selain sebagai pusat budaya dan pendidikan, Manila juga merupakan pusat ekonomi dan perdagangan di Filipina. Kota ini memiliki peran vital dalam perekonomian negara dengan berbagai aktivitas perdagangan dan industri yang berlangsung setiap hari. 

Sebagai pusat keuangan, Manila adalah rumah bagi banyak lembaga keuangan besar seperti Bank Pembangunan Filipina, Bank Nasional Filipina, dan Bank Veteran Filipina. Ada juga banyak perusahaan asuransi swasta dan Bursa Efek Filipina yang berkontribusi dalam mobilisasi tabungan untuk investasi.

Pelabuhan Manila adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Asia Tenggara dan hampir semua impor dan ekspor Filipina melewati pelabuhan ini. Kegiatan perdagangan yang padat ini membuat Manila menjadi kota yang dinamis dengan banyak peluang bisnis. Industri-industri utama di kota ini meliputi produksi tekstil, pengolahan makanan dan tembakau, serta pengolahan bahan kimia. Selain itu, ada juga pabrik yang memproduksi barang-barang kayu, sabun, dan berbagai produk lainnya.

Dengan semua aktivitas ekonomi ini, nggak heran kalau Manila menjadi magnet bagi banyak orang yang mencari peluang kerja dan bisnis. Meski demikian, kota ini juga menghadapi tantangan seperti kemacetan lalu lintas dan polusi. Namun, dengan segala dinamikanya, Manila tetap menjadi pusat ekonomi yang penting di Filipina.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 13 fakta menarik tentang Manila yang bisa kamu ketahui. Dari sejarahnya yang kaya, kehidupan malam yang semarak, hingga berbagai tempat wisata menarik, Manila benar-benar menyimpan keindahan dan keunikan yang sayang untuk dilewatkan.

Manila tidak hanya menawarkan pengalaman budaya yang kaya, tetapi juga berbagai aktivitas seru dan pemandangan indah. Dengan keberagaman kulinernya yang menggoda selera, transportasi unik seperti Jeepney, dan berbagai festival yang meriah, kota ini pasti akan meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Setelah membaca semua fakta menarik ini, mungkin kamu jadi semakin tertarik untuk mengunjungi Manila, bukan?! Pastikan kamu mencatat semua tempat menarik ini di daftar kunjunganmu, dan jangan lupa untuk mencicipi kuliner jalanan yang lezat serta menikmati kehidupan malam yang seru. Manila menantimu dengan segala pesonanya!

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih mengenal dan mengapresiasi keindahan kota ini. Selamat berpetualang, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *