Fakta Dunia

8 Fakta Menarik New Orleans, Tempat Kelahiran Musik Jazz

118
×

8 Fakta Menarik New Orleans, Tempat Kelahiran Musik Jazz

Sebarkan artikel ini
Kota New Orleans
Fakta Menarik Kota New Orleans yang Terkenal. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pernah denger nama New Orleans? New Orleans, atau sering disebut “NOLA”, adalah salah satu pelabuhan utama di Amerika Serikat sekaligus kota terbesar di negara bagian Louisiana.

Kota ini terkenal dengan sejarahnya yang kaya, budaya yang beragam, dan tradisi-tradisi uniknya. Dari musik jazz yang mendunia hingga festival Mardi Gras yang super meriah, New Orleans punya banyak cerita seru. 

Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas fakta menarik New Orleans yang terkenal, mulai dari sejarah panjangnya hingga makanan khas yang bikin ngiler. Semua disajikan dengan gaya santai dan informatif, khusus buat Sobat Suka Fakta.

1. Kota ini Didirikan oleh Bangsawan Prancis

Jean-Baptiste Le Moyne de Bienville.
Potret Jean-Baptiste Le Moyne de Bienville. Sumber: en.wikipedia.org

Kota ini didirikan pada tahun 1718 oleh Jean-Baptiste Le Moyne de Bienville, seorang bangsawan Prancis. Awalnya, New Orleans hanya sebuah perkemahan perdagangan di tepi timur Sungai Mississippi. Namun berkat lokasinya yang strategis itu, New Orleans segera berkembang menjadi pusat perdagangan yang penting. Seiring berjalannya waktu, New Orleans mengalami beberapa kali perubahan kepemilikan.

Setelah didirikan oleh Prancis, kota ini jatuh ke tangan Spanyol pada tahun 1763. Namun, Prancis kembali mengambil alih pada tahun 1800 sebelum akhirnya menyerahkannya kepada Amerika Serikat melalui Pembelian Louisiana pada tahun 1803. Perubahan-perubahan ini berhasil meninggalkan jejak yang mendalam pada budaya dan arsitektur kota.

Selain itu, New Orleans juga pernah menjadi ibu kota Louisiana. Posisi ini berpindah-pindah beberapa kali antara New Orleans, Donaldsonville, dan Baton Rouge. Meski bukan lagi ibu kota, New Orleans tetap menjadi pusat ekonomi dan budaya yang penting di Louisiana.

2. Jadi Tuan Rumah Festival Jazz yang Diadakan Setiap Musim Semi

Festival jazz di New orleans.
Potret Festival jazz di New orleans. Sumber: aegworldwide.com

Sobat Suka Fakta, New Orleans menawarkan berbagai aktivitas dan hiburan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Salah satu daya tarik terbesar adalah Mardi Gras, festival tahunan yang penuh warna dan kegembiraan. Parade megah, kostum mencolok, dan musik yang riuh rendah membuat Mardi Gras menjadi salah satu perayaan paling terkenal di dunia.

Selain Mardi Gras, New Orleans juga menjadi tuan rumah Festival Jazz yang diadakan setiap tahun pada musim semi. Festival ini menarik ribuan pengunjung yang datang untuk menikmati pertunjukan musik jazz dari musisi lokal dan internasional. Ini adalah waktu yang sempurna untuk merasakan kekayaan budaya musik di kota ini.

Jika Sobat Suka Fakta lebih suka kegiatan yang santai, cobalah berlayar menyusuri Sungai Mississippi dengan kapal uap. Pelayaran ini menawarkan pemandangan indah kota New Orleans dari sungai, sambil menikmati musik jazz dan hidangan lezat.

New Orleans juga dikenal dengan tur hantu dan voodoo yang mengasyikkan. Kota ini sering disebut sebagai salah satu kota paling berhantu di Amerika, dan tur-tur ini akan membawa Sobat Suka Fakta melalui tempat-tempat paling angker di kota, seperti LaLaurie Mansion dan Pemakaman St. Louis No. 1. Mendengar cerita-cerita seram sambil berjalan di malam hari pasti memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Jangan lupa untuk mengunjungi French Quarter, kawasan bersejarah yang penuh dengan bangunan indah, toko-toko unik, dan restoran lezat. Di sini, Sobat Suka Fakta bisa menikmati atmosfer New Orleans yang sebenarnya, dengan musik jazz yang mengalun di setiap sudut jalan.

3. French Quarter, Kawasan Tertua di New Orleans  

Katedral St. Louis
Potret Katedral St. Louis. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan menjelajahi landmark dan arsitektur ikonik di New Orleans. Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah yang menarik perhatian. 

Salah satunya adalah French Quarter, kawasan tertua di New Orleans yang dibangun dengan gaya arsitektur Prancis dan Spanyol. Di sini, Sobat Suka Fakta bisa menemukan jalan-jalan berbatu, balkon berornamen besi, dan bangunan bersejarah yang mempesona.

Salah satu landmark paling terkenal adalah Katedral St. Louis. Terletak di Jackson Square, katedral ini adalah katedral tertua yang masih beroperasi di Amerika Serikat, dibangun sejak tahun 1794. Dengan tiga menara yang menjulang tinggi dan arsitektur kolonial yang menawan, katedral ini menjadi simbol keagungan New Orleans.

Selain itu, jangan lewatkan Lake Pontchartrain Causeway, jembatan terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 23,86 mil di atas Danau Pontchartrain. Jembatan ini menjadi salah satu pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman yang unik bagi para pengendara.

New Orleans juga memiliki banyak rumah perkebunan bersejarah yang indah, seperti Laura Plantation dan Oak Alley Plantation. Tempat-tempat ini memberikan gambaran tentang kehidupan di masa lalu dan arsitektur megah yang masih dipertahankan hingga hari ini.

Dengan semua keindahan dan keunikan arsitekturnya, New Orleans benar-benar menjadi kota yang mempesona dan penuh sejarah. Sobat Suka Fakta pasti akan terpesona dengan segala yang ditawarkan oleh kota ini.

4.Dikenal sebagai Tempat Kelahiran Musik Jazz 

Louis Armstrong
Louis Armstrong pemain Trompet Jazz. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, salah satu hal yang paling terkenal dari New Orleans adalah musik jazz. Kota ini dikenal sebagai tempat kelahiran jazz, dengan musisi legendaris seperti Louis Armstrong yang berasal dari sini. Musik jazz tidak hanya menjadi bagian dari sejarah kota, tetapi juga menjadi detak jantung yang terdengar di seluruh penjuru kota, terutama di French Quarter.

Selain jazz, New Orleans juga terkenal dengan festival Mardi Gras-nya yang spektakuler. Setiap tahun, ribuan orang dari seluruh dunia datang ke New Orleans untuk merayakan Mardi Gras, menikmati parade, musik, dan pesta yang tak ada habisnya. Tradisi ini dimulai pada zaman kolonial Prancis dan terus berkembang menjadi salah satu festival terbesar di dunia.

Gak ketinggalan, kuliner New Orleans juga mencerminkan keanekaragaman budaya kota ini. Hidangan seperti gumbo, jambalaya, dan beignet adalah beberapa contoh makanan khas yang mencampurkan pengaruh Prancis, Spanyol, Afrika, dan Karibia. Jika Sobat Suka Fakta suka kuliner, New Orleans adalah surga yang wajib dikunjungi, nih!

5. Surga bagi Pecinta Kuliner

Gumbo
Kuliner paling ikonik di New Orleans, Gumbo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa di antara kalian yang suka kuliner? Kalau kamu pecinta makanan, New Orleans adalah surganya! Kota ini terkenal dengan makanan yang lezat dan penuh rasa. New Orleans memiliki campuran kuliner yang unik dari berbagai budaya, termasuk Prancis, Spanyol, Afrika, dan Karibia.

Pertama-tama, kita harus membahas gumbo. Hidangan ini adalah salah satu yang paling ikonik di New Orleans. Gumbo adalah sup kental yang biasanya terbuat dari okra, sayuran, seafood, atau daging, dan disajikan dengan nasi. Rasanya sangat kaya dan penuh rempah-rempah, benar-benar memanjakan lidah!

Jangan lupa tentang jambalaya. Hidangan ini mirip dengan paella dari Spanyol, tetapi dengan sentuhan khas New Orleans. Jambalaya terdiri dari nasi yang dimasak dengan berbagai macam daging seperti ayam, sosis, dan seafood, serta dibumbui dengan rempah-rempah khas Cajun. Setiap suapan adalah perpaduan sempurna dari rasa gurih dan pedas.

Bagi kalian yang suka makanan manis, beignet adalah pilihan yang tepat. Donat khas Prancis yang digoreng dan ditaburi gula bubuk itu biasanya dinikmati dengan secangkir kopi chicory di Café du Monde, tempat yang legendaris di New Orleans. Kombinasi kopi yang kuat dan beignet yang manis adalah cara sempurna untuk memulai hari.

Selain itu, ada po’boy, sandwich yang terkenal di New Orleans. Po’boy biasanya terbuat dari roti baguette yang diisi dengan berbagai macam isian seperti udang goreng, tiram, atau daging panggang. Setiap gigitan po’boy memberikan rasa yang renyah dan lezat, membuatnya menjadi favorit di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan.

6. Ekonominya Dukung oleh Tambang, Pariwisata, Manufaktur Pesawat

Mardi Gras.
Potret acara Mardi Gras. Sumber: notransmilitaryban.org

Sobat Suka Fakta, mari kita bahas sedikit tentang ekonomi dan perekonomian New Orleans. Kota ini memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan, dan hal itu masih terasa hingga kini. Ekonomi New Orleans didukung oleh empat sektor utama, yaitu produksi minyak dan gas, pariwisata, pelabuhan dan pembuatan kapal, serta manufaktur kedirgantaraan.

Pelabuhan New Orleans adalah salah satu yang paling penting di Amerika Serikat. Dengan lokasinya yang strategis di tepi Sungai Mississippi, pelabuhan ini menjadi pintu gerbang utama untuk perdagangan internasional. Banyak barang seperti biji-bijian, kopi, dan bahan kimia yang diimpor dan diekspor melalui pelabuhan ini, menjadikannya pusat ekonomi yang vital.

Selain pelabuhan, sektor pariwisata juga memainkan peran besar dalam perekonomian New Orleans. Setiap tahunnya, jutaan wisatawan datang untuk menikmati festival, musik, makanan, dan budaya unik kota ini. 

Mardi Gras dan Festival Jazz adalah dua acara terbesar yang menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia. Hotel, restoran, dan berbagai atraksi wisata di New Orleans sangat bergantung pada pariwisata untuk tetap beroperasi dan berkembang.

Produksi minyak dan gas juga merupakan sektor penting. Louisiana dikenal dengan cadangan minyak dan gas alamnya yang melimpah, dengan New Orleans yang berfungsi sebagai pusat utama untuk perusahaan energi yang beroperasi di Teluk Meksiko. Sektor ini menyediakan banyak pekerjaan bagi penduduk lokal dan berkontribusi besar terhadap perekonomian negara bagian.

Manufaktur kedirgantaraan adalah sektor yang sedang berkembang di New Orleans. Dengan fasilitas seperti Pusat Luar Angkasa Michoud NASA, kota ini terlibat dalam produksi dan pengembangan teknologi canggih untuk industri penerbangan dan ruang angkasa. Hal ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menempatkan New Orleans sebagai pemain penting dalam industri teknologi tinggi.

7. Memiliki Tradisi Unik yang Sering Dikaitkan dengan Ritual Mistis

Pemakaman ratu voodoo Marie Lavea
Pemakaman ratu voodoo Marie Laveau. Sumber; IST

New Orleans adalah kota yang penuh dengan hal-hal unik dan sedikit aneh, Sobat Suka Fakta. Salah satu fakta menarik kota New Orleans adalah tradisi voodoo yang masih hidup hingga hari ini. 

Voodoo New Orleans berasal dari agama Vodun Afrika Barat yang dibawa oleh budak Afrika dan kemudian bercampur dengan Katolik setempat. Praktik voodoo di sini sering kali dikaitkan dengan ritual mistis dan cerita-cerita seram.

Selain itu, New Orleans memiliki pemakaman yang sangat unik. Kota ini berada di bawah permukaan laut, di mana orang-orang tidak bisa dikubur di dalam tanah secara langsung. Pemakaman St. Louis No. 1 adalah yang paling terkenal, dengan makam ratu voodoo Marie Laveau yang sering dikunjungi oleh para pelancong yang penasaran.

Sobat Suka Fakta mungkin pernah mendengar tentang Bourbon Street, tapi tahukah kamu bahwa nama jalan ini tidak berasal dari nama minuman keras? Yup! Bourbon Street sebenarnya dinamai sesuai dengan nama keluarga kerajaan Prancis, Wangsa Bourbon. Meski begitu, jalan ini terkenal dengan kehidupan malamnya yang ramai, penuh dengan bar dan klub yang menawarkan hiburan tanpa henti.

Keanehan lain yang tak kalah menarik adalah sejarah panjang mafia di New Orleans. Pada akhir abad ke-19, kota ini menjadi tempat kejadian insiden mafia besar pertama di Amerika Serikat. Pembunuhan Kepala Polisi David Hennessy oleh kelompok mafia Italia mengguncang kota ini dan membuka mata banyak orang tentang keberadaan dan pengaruh organisasi kriminal di New Orleans.

8. Kota Pertama di AS yang Jadi Tuan Rumah Pertunjukan Opera

Gedung pertunjukan opera
Gedung pertunjukan opera. Sumber: operalogg

Sobat Suka Fakta, kita sudah membahas banyak hal menarik tentang New Orleans, tapi masih ada beberapa fakta menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan!

  • Pertunjukan Opera Pertama di Amerika

Tahukah kamu bahwa New Orleans adalah kota pertama di Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah pertunjukan opera? Yup! Pada tahun 1796, pertunjukan opera pertama dipentaskan di Crescent City, menjadikannya ibukota opera Amerika Utara di masa itu.

  • Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan Lake Pontchartrain Causeway di New Orleans diakui oleh Guinness Book of World Records sebagai jembatan terpanjang yang membentang terus menerus di atas air. Jembatan ini memiliki panjang 23,86 mil dan telah menjadi landmark terkenal sejak dibangun pada tahun 1956.

  • Katedral St. Louis

Katedral ini adalah katedral tertua yang masih beroperasi di Amerika Serikat. Terletak di sisi utara Jackson Square di French Quarter, katedral ini telah berdiri sejak tahun 1794 dan masih mengadakan misa setiap minggunya.

  • Budaya Minum di Jalanan

Salah satu hal unik tentang New Orleans adalah kebiasaan minum di jalanan. Tidak seperti banyak kota lainnya, New Orleans mengizinkan penduduk dan wisatawan untuk membawa minuman beralkohol di jalan-jalan tertentu, terutama di French Quarter. Hal ini menambah suasana meriah dan bebas di kota ini.

  • Dadu dan Poker

Permainan dadu dan poker memiliki akar sejarah yang dalam di New Orleans. Permainan kartu Poque, pendahulu poker, berasal dari Prancis dan dibawa ke New Orleans oleh para penjajah. Sementara itu, permainan dadu yang dikenal sebagai craps juga berasal di kota ini, dengan nama yang berasal dari kata Prancis untuk katak, “crapaud”.

  • Pengaruh Perbudakan

Sejarah perbudakan di New Orleans sangat signifikan. Kota ini adalah salah satu pusat utama perdagangan budak di Amerika Serikat. Rumah lelang, kapal, hotel, dan bahkan taman umum digunakan untuk menjual dan membeli budak. Dampak dari sejarah ini masih terasa hingga sekarang dalam budaya dan masyarakat kota.

Sobat Suka Fakta, dengan segala keunikannya, New Orleans memang kota yang penuh pesona dan sejarah. Setiap sudut kota ini menyimpan cerita yang menarik untuk ditemukan. Semoga perjalanan kita melalui fakta menarik kota New Orleans ini membuat kalian semakin ingin mengunjungi dan menjelajahi lebih jauh!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, New Orleans memang kota yang penuh pesona dan cerita. Dari sejarahnya yang panjang hingga budayanya yang kaya, New Orleans menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya. 

Fakta menarik kota New Orleans yang telah kita bahas menunjukkan betapa uniknya kota ini, dengan perpaduan antara tradisi dan modernitas, menciptakan suasana yang begitu khas. Kota ini tidak hanya dikenal dengan musik jazz yang mendunia, tetapi juga dengan berbagai festival meriah, kuliner yang menggugah selera, serta landmark ikonik yang mengisahkan sejarah panjang kota ini.

Nah, selain New Orleans, kamu juga bisa membaca fakta menarik Berlin, Macau, Manama, Moskow, Rio de Janeiro, Las Vegas, Tijuana, Amsterdam hingga Pattaya.

Referensi :

  • Experience New Orleans. (n.d.). New Orleans Facts. Diakses dari https://www.experienceneworleans.com/facts.html
  • New Orleans Travel Professionals. (n.d.). Tahukah Anda | Fakta New Orleans. Diakses dari https://www.neworleans.com/travel-professionals/did-you-know-new-orleans-facts
  • NOLA Activities. (n.d.). 7 Fun Facts You Didn’t Know About New Orleans. Diakses dari https://nolaactivities.com/blog/7-fun-facts-you-didnt-know-about-new-orleans
  • Britannica Kids. (n.d.). New Orleans. Diakses dari https://kids.britannica.com/kids/article/New-Orleans/605938
  • Tiqets Blog. (n.d.). 10 Fakta Tentang New Orleans yang Perlu Diketahui Sebelum Anda Pergi. Diakses dari https://www.tiqets.com/blog/facts-about-new-orleans
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *