Fakta Dunia

6 Fakta Menarik Porto yang Jarang Diketahui

162
×

6 Fakta Menarik Porto yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Potret Kota porto
7 Fakta Menarik Porto yang Jarang Diketahui. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta,! Kalain pernah dengar tentang Porto? Kota yang sering disebut-sebut sebagai “Land of the Bridges” ini adalah permata tersembunyi di barat laut Portugal. Porto, kota terbesar kedua setelah Lisbon, memikat siapa saja yang mengunjunginya dengan pesona arsitektur klasik, budaya yang kaya, dan kuliner yang memanjakan lidah.

Porto dikenal sebagai kota yang penuh kejutan. Mulai dari arsitektur khasnya seperti Stasiun Sao Bento dan Jembatan Ponte Dom Luis I, hingga wine cellar yang menawarkan Port Wine yang legendaris, semuanya menyatu dalam keindahan kota tua yang memikat ini.

Selain menjadi destinasi wisata yang populer, Porto juga menyimpan cerita dan fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kota ini menawarkan lebih dari sekadar pemandangan indah. Di balik jalan-jalan sempit yang menanjak dan bangunan warna-warni yang khas, tersimpan sejarah yang kaya dan tradisi yang unik.

Jadi, Sobat Suka Fakta, mari kita mulai perjalanan kita ke “6 Fakta Menarik Porto yang Jarang Diketahui.” Siap untuk terpesona oleh keajaiban Porto? Let’s go!

1. Nama Negara Portugal Berasal dari Porto

fakta menarik porto
Potret Kota Porto. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah Sobat bahwa nama negara Portugal sebenarnya berasal dari Porto? Ya, Porto memang memiliki peran penting dalam sejarah Portugal. Nama ini berasal dari kata Portus Cale, sebuah pelabuhan yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi di mulut Sungai Douro.

Portus Cale berasal dari dua kata Latin, portus berarti “pelabuhan,” dan cale yang dipercaya berasal dari bahasa Celtic yang berarti “rumah” atau “kastil.” Awalnya, Portus Cale merujuk pada pelabuhan di Vila Nova de Gaia yang terletak di seberang Porto, di sisi selatan Sungai Douro.

Seiring berjalannya waktu, nama Portus Cale berubah menjadi Portucale di Abad Pertengahan, dan akhirnya menjadi Portugale. Meskipun pada abad ke-7 dan ke-8 nama ini hanya merujuk pada wilayah antara Sungai Douro dan Sungai Minho di utara, secara bertahap seluruh wilayah Portugal modern saat ini diidentifikasi dengan nama yang sama.

2. Stasiun Sao Bento, Tempat Indah bagi Pecinta Seni & Sejarah

Sao Bento
Potret Stasiun Sao Bento, Stasiun porto. Sumber: IST

Jika Sobat suka seni dan sejarah, Stasiun Sao Bento adalah tempat yang harus masuk dalam daftar kunjungan Sobat di Porto. Stasiun kereta ini dibangun pada awal abad ke-20 di atas bekas biara Benediktin yang terbakar pada tahun 1783.

Stasiun Sao Bento begitu istimewa karena keberadaan ubin keramik khas Portugal yang disebut azulejos. Di dalam lobi stasiun, terdapat sekitar 20.000 ubin azulejos berwarna biru yang menghiasi dinding dan menggambarkan kisah-kisah sejarah Portugal.

Ada empat lukisan besar yang menceritakan sejarah transportasi Portugal, kehidupan Porto pada abad ke-19, penaklukan Maroko oleh Henry si Navigator, dan kunjungan Raja Joao I serta Ratu Philippa ke Porto tahun 1387. Seluruh rangkaian lukisan ini dibuat oleh seniman terkenal Jorge Colaço dan membutuhkan waktu 11 tahun untuk menyelesaikannya.

Meskipun sudah berumur lebih dari seabad, keindahan lukisan azulejos ini masih terlihat jelas dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Jika melihatnya langsung, Sobat Suka Fakta pasti akan berdecak kagum.

Jadi, pastikan Sobat tidak melewatkan Stasiun Sao Bento saat berada di Porto. Selain menikmati keindahan seni azulejos, Sobat juga bisa merasakan suasana sejarah yang menyelimuti setiap sudut stasiun ini.

3. Port Wine, Anggur Khas Porto

Wine.
Potret wine anggur khas Porto. Sumber: blibli.com

Sobat Suka Fakta, jika Sobat adalah pencinta anggur, pasti sudah tidak asing lagi dengan Port Wine. Anggur khas Porto ini memiliki rasa manis yang unik dan biasanya dinikmati sebagai hidangan penutup. Namun, tahukah Sobat dari mana Port Wine berasal dan bagaimana proses pembuatannya?

Port Wine diproduksi di sepanjang Sungai Douro, wilayah penghasil anggur yang terkenal dengan iklim dan tanahnya yang ideal. Anggur jenis Tinta Barroca, Tinta Cão, dan Tinta Roriz diproses melalui fermentasi di berbagai wine cellar sepanjang Sungai Douro. Kemudian, wine ini dibawa ke Vila Nova de Gaia, kota tetangga Porto, untuk disimpan dan dituakan.

Di Porto, Sobat bisa mengikuti tur ke wine cellar terkenal seperti Calem dan mencicipi berbagai varian Port Wine. Tur biasanya dimulai dengan penjelasan sejarah dan proses pembuatan Port Wine, dilanjutkan dengan melihat tong-tong besar berisi anggur yang telah berusia puluhan tahun. Pada akhir tur, pengunjung akan disuguhi beberapa gelas Port Wine dari yang murah hingga yang mahal.

Selain Port Wine merah yang manis, ada juga varian putih yang cenderung lebih pahit. Jangan lupa juga untuk mencoba varian Vintage Port yang merupakan jenis Port Wine paling berharga.

Satu hal yang pasti: menikmati Port Wine di kota asalnya, Porto, adalah pengalaman yang tidak boleh Sobat lewatkan.!

4. Sao Joao, Pesta Jalanan Terbesar di Dunia

Sao Joao
Potret Festival Sao Joao yang ada di Porto. Sumber: portuguesediner.com

Setiap kota di Portugal memiliki Santo Pelindungnya masing-masing, dan Porto merayakan St. John dalam festival jalanan terbesar yang dikenal sebagai Festas de São João. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 23 Juni dan menjadi salah satu perayaan terbesar di Eropa.

Selama festival, orang-orang turun ke jalan untuk merayakan dengan menari, bernyanyi, dan menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Namun, hal yang paling unik adalah tradisi memukul kepala orang lain dengan palu tiup dan melambaikan bawang putih ke wajah mereka. Tradisi ini bertujuan untuk mengucapkan selamat merayakan Sao Joao dan membawa keberuntungan di tahun mendatang.

Festival ini biasanya dimulai dengan makan malam bersama keluarga dan teman-teman, di mana hidangan tradisional seperti sardinha assada (sarden panggang) dan caldo verde (sup sayur) disajikan. Setelah makan malam, orang-orang menuju ke pusat kota untuk bergabung dalam pesta besar yang berlangsung hingga fajar.

Di sepanjang Sungai Douro, kapal-kapal dihiasi dengan lampu warna-warni yang menciptakan pemandangan magis. Saat kembang api menghiasi langit malam, suasana Porto menjadi semakin hidup.

Jika Sobat berencana mengunjungi Porto, pastikan datang saat festival Sao Joao untuk merasakan keseruan pesta jalanan terbesar ini!

5. Jembatan Ponte Dom Luis I, Landmark Ikonik Porto

Jembatan Ponte Dom Luis I
Potret Jembatan Ponte Dom Luis I. Sumber: IST

Salah satu landmark yang paling ikonik di Porto adalah Jembatan Ponte Dom Luis I. Jembatan baja melengkung yang membentang di atas Sungai Douro ini menghubungkan kota Porto dengan Vila Nova de Gaia.

Sobat Suka Fakta, menariknya, jembatan ini memiliki hubungan dengan Gustave Eiffel, sang arsitek Menara Eiffel. Awalnya, Gustave Eiffel adalah arsitek asli proyek jembatan ini, tetapi karena perbedaan pendapat mengenai jumlah tingkat, ia memutuskan untuk mundur dari proyek tersebut.

Sebagai gantinya, murid Gustave Eiffel yang bernama Teófilo Seyrig lah yang mengambil alih proyek ini dan mendesain jembatan dengan dua tingkat. Tingkat atas digunakan oleh kereta api ringan dan pejalan kaki, sementara tingkat bawah digunakan oleh kendaraan.

Jembatan Ponte Dom Luis I resmi dibuka pada 1886 dan menjadi salah satu jembatan terpanjang pada masanya. Struktur melengkungnya yang ikonik mirip dengan gaya Menara Eiffel, memberikan pesona tersendiri bagi kota Porto.

Pemandangan dari jembatan ini sungguh luar biasa, lho, Sobat! Kamu bisa melihat panorama kota Porto dengan bangunan berwarna-warni dan perahu-perahu yang berlayar di Sungai Douro.

Jadi, saat berada di Porto, jangan lupa menyusuri Jembatan Ponte Dom Luis I dan rasakan sensasi mengagumi pemandangan Porto dari ketinggian!

6. Francesinha, Makanan Favorit di Porto

Kalau Sobat Suka Fakta suka mencoba makanan unik, Porto punya sesuatu yang spesial untuk Sobat, yaitu Francesinha. Sandwich khas Portugal ini terdiri dari roti panggang, berbagai jenis daging, keju parut, dan saus bir. Sekilas terlihat seperti sandwich biasa, tapi rasa yang kaya dan lezat menjadikan Francesinha salah satu makanan favorit di Porto.

Nama Francesinha berarti “wanita Prancis kecil,” dan terinspirasi dari sandwich Prancis croque monsieur. Francesinha biasanya disajikan dengan kentang goreng dan telur goreng di atasnya, serta dilengkapi dengan saus bir yang kental dan sedikit pedas.

Setiap restoran di Porto punya resep saus birnya masing-masing, membuat rasa Francesinha berbeda-beda tergantung tempatnya. Tapi satu hal yang pasti, Francesinha selalu disajikan dalam porsi besar dan cocok untuk Sobat yang ingin mencoba kuliner khas Porto.

Beberapa tempat terbaik untuk menikmati Francesinha adalah Café Santiago, Bufete Fase, dan Brasão Cervejaria. Pastikan Sobat mencoba hidangan ini saat berada di Porto dan rasakan sendiri kenikmatannya. Bagaimana, Sobat Suka Fakta? Fakta menarik Porto yang satu ini bikin ngiler, ya? 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, Porto memang kota yang penuh kejutan dan pesona. Porto sebagai kota tertua di Eropa memiliki sejarah yang kaya dan tradisi yang unik. Mulai dari keindahan arsitektur Stasiun Sao Bento, suasana meriah Festival Sao Joao, keindahan arsitektur Ponte Dom Luis I, semua ini menambah daya tarik Porto.

Porto juga dikenal dengan Port Wine, anggur manis khas dari kota ini yang diproduksi di sepanjang Sungai Douro. Ada juga wine cellar seperti Calem yang menawarkan pengalaman tur mengesankan, memungkinkan Sobat untuk mencicipi varian Port Wine terbaik.

Semua pengalaman ini semakin lengkap dengan menikmati pemandangan indah di sepanjang Sungai Douro dan menjelajahi gereja-gereja tua yang cantik serta suasana jalanan yang unik. Jadi, saat merencanakan liburan ke Portugal, pastikan Porto masuk dalam daftar perjalanan Sobat.

REFERENSI:

  • Berkelana, Clara. “5 Hal yang Membuat Terobsesi Kota Porto.” Clara Berkalan. Tersedia: https://claraberkelana.com/2017/03/12/5-hal-yang-membuat-terobsesi-kota-porto/
  • Detik Travel. “I No English, I di Kota Porto, Portugal.” Detik Travel. Tersedia: https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5401773/i-no-english-i-di-kota-porto-portugal
  • Urbnups. “Porto: Kota Unik yang Penuh Rahasia.” Urbnups. Tersedia: https://urbnups.com/id/tips/locals/Portugal/Porto/Porto
  • Travel and Eat. “10 Interesting Facts About Porto.” Travel and Eat. Tersedia: https://travel-and-eat.com/10-interesting-facts-about-porto/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *