Fakta Dunia

19 Fakta Menarik Sao Paulo, Menjadi Pusat Keuangan di Brasil

120
×

19 Fakta Menarik Sao Paulo, Menjadi Pusat Keuangan di Brasil

Sebarkan artikel ini
kota sao paulo
11 fakta unik sao paulo. Sumber : IST

Halo Sobat Suka Fakta! Selamat datang kembali di blog favorit kalian, tempat kita berbagi segala macam fakta menarik dari berbagai belahan dunia. Kali ini, kita akan menjelajahi sebuah kota yang penuh dengan kehidupan dan warna, yaitu São Paulo! Kalian mungkin sudah sering mendengar tentang Rio de Janeiro dengan pantainya yang indah dan karnavalnya yang megah. 

Tapi, tahukah kalian kalau São Paulo adalah jantung Brasil yang berdetak kencang? Yup, meskipun São Paulo bukan ibu kota Brasil, kota ini punya peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan di negara ini.

São Paulo, atau sering disingkat sebagai Sampa, adalah kota terbesar di Brasil dan belahan bumi selatan. Dengan populasi yang luar biasa padat, São Paulo menjadi pusat dari segala macam aktivitas, mulai dari bisnis, budaya, seni, hingga kehidupan malam yang tidak pernah tidur. 

Jadi, siap-siap untuk terkejut dan terkagum-kagum dengan berbagai fakta menarik São Paulo yang akan kita bahas satu per satu. Kita akan mengupas tuntas segala hal menarik tentang kota ini dalam gaya bahasa yang santai dan informatif. Jadi, pastikan kalian membaca sampai habis ya, karena setiap fakta yang kita sajikan akan semakin membuat kalian penasaran dan ingin tahu lebih banyak lagi.

Yuk, simak terus dan temukan kenapa São Paulo layak untuk masuk dalam daftar kota yang wajib kalian kunjungi suatu hari nanti! Siapkan diri kalian untuk petualangan seru mengenal lebih dalam tentang São Paulo. Let’s go!

1. Kota dengan Keanekaragaman Etnis yang Mengagumkan

Sao Paulo.
Potret Kota Sao Paulo. Sumber : IST

Nah, Sobat Suka Fakta, salah satu hal paling menarik tentang São Paulo adalah keanekaragaman etnisnya yang luar biasa. Kota ini bisa dibilang sebagai melting pot yang sesungguhnya, tempat berbagai budaya dan etnis dari seluruh dunia bertemu dan hidup berdampingan.

Bayangkan saja, di satu kota kalian bisa menemukan komunitas Jepang terbesar di luar Jepang, komunitas Italia yang sangat besar, serta banyak komunitas lain dari berbagai negara seperti Lebanon, Korea, dan Portugal. Keberagaman ini membuat São Paulo begitu kaya akan budaya dan tradisi, menjadikannya tempat yang penuh warna dan menarik untuk dijelajahi.

Selain itu, keberagaman ini juga terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kalian bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis restoran yang menyajikan makanan dari berbagai negara, festival budaya yang diadakan oleh berbagai komunitas, serta berbagai acara seni dan musik yang mencerminkan kekayaan budaya kota ini. Jadi, kalau kalian suka belajar tentang budaya dan tradisi yang berbeda, São Paulo adalah tempat yang tepat untuk kalian kunjungi!

2. Sao Paulo Adalah Kota yang Tidak Pernah Tidur

Sao Paulo
Potret Restaurant di Kota Sao Paulo. Sumber: Dok. tripadvisor.co.id

Kalau kalian suka kehidupan malam, São Paulo adalah surga bagi kalian. Kota ini benar-benar tidak pernah tidur! Banyak restoran dan toko di São Paulo buka sepanjang waktu, jadi kalian bisa menikmati makanan lezat kapan saja, bahkan di tengah malam. 

Bayangkan saja, kalian bisa makan sushi di restoran Jepang, lalu lanjut makan pizza di restoran Italia, semuanya dalam satu malam. Selain itu, klub malam dan bar di São Paulo juga terkenal dengan kehidupan malamnya yang energik dan penuh semangat. Tidak heran kalau kota ini selalu ramai dan hidup, tidak peduli jam berapa pun itu.

Namun, perlu diingat juga bahwa meskipun banyak tempat yang buka 24 jam, kalian harus tetap berhati-hati saat keluar malam. Beberapa daerah di São Paulo bisa cukup berbahaya pada malam hari, jadi pastikan kalian selalu waspada dan menghindari daerah-daerah yang kurang aman. Tapi jangan khawatir, dengan sedikit kehati-hatian, kalian bisa menikmati kehidupan malam São Paulo yang seru dan menyenangkan!

3. Pemerintah Sao Paulo Melarang Iklan Luar Ruang 

Sao Paulo
Potret Kota Sao Paulo. Sumber : IST

Fakta menarik lainnya, Sobat Suka Fakta, São Paulo telah melarang semua papan reklame dan spanduk di kota ini sejak tahun 2007. Kebijakan ini diterapkan untuk menjaga penampilan kota agar tetap bersih dan tidak terganggu oleh iklan yang berlebihan. Bisa kalian bayangkan, berjalan-jalan di pusat kota tanpa melihat satu pun papan reklame? 

Hal ini tentunya membuat pemandangan kota lebih enak dilihat dan lebih tertata. São Paulo menjadi salah satu dari sekitar 1.500 kota di dunia yang melarang iklan luar ruang, tetapi sebagian besar kota-kota ini adalah kota kecil.

Tanpa iklan luar ruang, São Paulo memberikan suasana yang berbeda dan unik. Banyak orang yang menganggap kebijakan ini sebagai langkah yang sangat baik karena membantu menjaga keindahan kota dan membuatnya lebih nyaman untuk dihuni. 

Selain itu, kebijakan ini juga mendorong perusahaan untuk mencari cara-cara baru yang lebih kreatif dalam mempromosikan produk mereka. Jadi, kalau kalian suka kota yang bersih dan tertata, kalian pasti akan menyukai São Paulo!

4. Kota yang Memiliki Helipad Terbanyak Kedua di Dunia

Helipad
Potret Helipad tempat landasan Helikopter. SUmber: IST

Nah, buat kalian yang suka hal-hal berbau mewah, kalian pasti akan terkesan dengan fakta ini. São Paulo adalah kota dengan jumlah helipad terbanyak kedua di dunia, hanya kalah dari New York

Di kota ini, orang-orang kaya lebih suka bepergian dengan helikopter daripada harus terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Bayangkan saja, bisa terbang melintasi gedung-gedung pencakar langit dan menikmati pemandangan kota dari atas, sungguh pengalaman yang luar biasa, bukan?

Jumlah helipad yang banyak ini juga menunjukkan betapa maju dan berkembangnya São Paulo. Kota ini benar-benar menawarkan segala kemudahan dan kenyamanan bagi penduduknya, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup mewah. Jadi, kalau kalian berkesempatan untuk mengunjungi São Paulo, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman terbang dengan helikopter di kota ini!

5. Menjadi Kota Terpadat di Belahan Bumi Selatan

Kota Sao Paulo
Potret Kota Sao Paulo. Sumber : IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau São Paulo adalah kota terpadat di belahan bumi selatan? Dengan populasi yang mencapai lebih dari 11 juta jiwa, São Paulo mengalahkan kota-kota lain di belahan bumi selatan dalam hal jumlah penduduk. 

Ini menjadikannya sebagai pusat aktivitas dan kehidupan yang sangat dinamis. Kota ini selalu ramai, penuh dengan orang-orang yang bergerak cepat, dan selalu ada sesuatu yang terjadi di setiap sudutnya.

Kepadatan penduduk ini juga mencerminkan betapa pentingnya São Paulo dalam konteks ekonomi dan sosial di Brasil. Kota ini menjadi pusat dari berbagai aktivitas bisnis, industri, dan pendidikan, menjadikannya tempat yang sangat strategis dan berpengaruh. Jadi, kalau kalian ingin merasakan energi dan dinamika sebuah kota besar, São Paulo adalah tempat yang tepat untuk kalian kunjungi.

6. Sao Paulo Adalah Kota Berbahasa Portugis Terbesar di Dunia

Sao Paulo
Ilustrasi bahasa Sao Paulo. Sumber: Dok. id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, kali ini kita lanjut lagi dengan fakta menarik tentang São Paulo yang pastinya bikin kalian makin penasaran. Tahukah kalian kalau São Paulo adalah kota berbahasa Portugis terbesar di dunia?

Ya, kota ini tidak hanya besar dalam hal luas wilayah dan jumlah penduduk, tetapi juga dalam hal penggunaan bahasa Portugis. Dengan lebih dari 11 juta penduduk, São Paulo menjadi pusat kebudayaan dan bahasa Portugis yang penting, bahkan lebih besar dari kota-kota di Portugal sendiri.

Keberadaan bahasa Portugis yang dominan ini membuat São Paulo menjadi tempat yang menarik untuk mempelajari dan menikmati budaya Brasil. Di sini, kalian bisa mendengar dan belajar bahasa Portugis dalam berbagai dialek dan aksen, serta menikmati karya seni, sastra, dan musik yang dihasilkan dalam bahasa ini. Jadi, buat kalian yang tertarik dengan bahasa dan budaya Portugis, São Paulo adalah destinasi yang wajib dikunjungi!

7. Sungai Tietê adalah Sungai Paling Terkenal di Sao Paulo 

Sungai Tietê.
Potret Sungai Tietê. Sumber : IST

Fakta menarik berikutnya adalah tentang Sungai Tietê, salah satu sungai paling terkenal di São Paulo. Uniknya, Sungai Tietê tidak mengalir ke laut seperti kebanyakan sungai lainnya, melainkan mengalir dari benua ke arah pedalaman. 

Sungai ini melintasi kota São Paulo dan kemudian mengalir jauh ke dalam wilayah Brasil. Hal ini membuat Sungai Tietê menjadi salah satu sungai yang cukup unik di dunia.

Namun, perlu diketahui juga bahwa Sungai Tietê sering menjadi perhatian karena masalah polusi. Pemerintah dan berbagai organisasi terus berusaha untuk membersihkan dan memulihkan sungai ini agar bisa kembali menjadi salah satu aset alam yang berharga bagi kota São Paulo.

Jadi, meskipun Sungai Tietê saat ini menghadapi tantangan besar, keberadaannya tetap menjadi salah satu aspek menarik dari kota ini yang layak untuk diketahui.

8. Salah Satu Kota di Dunia dengan Populasi yang Banyak Memiliki Tato 

Pembuatan Tato.
Potret Pembuatan Tato. Sumber : IST

Siapa sangka, Sobat Suka Fakta, kalau São Paulo adalah salah satu kota di dunia dengan populasi yang paling banyak memiliki tato? Yap, budaya tato di São Paulo sangat berkembang pesat dan menjadi bagian penting dari identitas banyak penduduknya. Mulai dari tato kecil yang sederhana hingga karya seni besar yang rumit, kalian bisa menemukan berbagai macam tato di tubuh penduduk São Paulo.

Popularitas tato ini tidak lepas dari pengaruh berbagai budaya dan gaya hidup yang ada di kota ini. Tato sering kali menjadi cara bagi seseorang untuk mengekspresikan diri, menceritakan kisah hidup, atau bahkan sekadar mengikuti tren. Kalau kalian penggemar tato, São Paulo adalah tempat yang tepat untuk menemukan inspirasi dan mungkin bahkan mendapatkan tato baru dari seniman tato lokal yang berbakat!

9. Menjadi Pusat Keuangan Terpenting di Brasil

Paulista Avenue.
Potrer Paulista Avenue. Sumber : IST

Berikutnya, kita akan bicara tentang betapa pentingnya São Paulo dalam dunia bisnis dan keuangan. Sobat Suka Fakta, tahukah kalian bahwa Paulista Avenue di São Paulo adalah salah satu pusat keuangan terpenting di Brasil? Di sini, kalian bisa menemukan kantor-kantor perusahaan besar, bank, dan institusi keuangan lainnya yang beroperasi di Brasil. Paulista Avenue bukan hanya sekadar jalanan, tetapi juga simbol dari kekuatan ekonomi São Paulo.

Selain itu, São Paulo juga menjadi rumah bagi Bursa Saham São Paulo (BOVESPA), yang merupakan bursa efek terbesar kedua di benua Amerika. Keberadaan bursa saham ini menegaskan peran São Paulo sebagai “ibu kota finansial Brasil” yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis global. Jadi, kalau kalian tertarik dengan dunia bisnis dan keuangan, São Paulo adalah tempat yang sangat menarik untuk dipelajari dan dikunjungi.

10. Kota yang Terkenal dengan Kombinasi Gedung Pencakar Langit dan Daerah Kumuh

Sobat Suka Fakta, salah satu pemandangan yang paling mencolok di São Paulo adalah kombinasi antara gedung pencakar langit yang megah dengan daerah kumuh atau favela. Kota ini menawarkan kontras yang sangat tajam antara kemewahan dan kemiskinan, yang menjadi salah satu aspek menarik dan kompleks dari kehidupan di São Paulo. Di satu sisi, kalian bisa melihat gedung-gedung tinggi yang modern dan mewah, sementara di sisi lain, ada favela yang padat dan sering kali dibangun secara ilegal.

Favela ini menjadi rumah bagi sekitar setengah dari penduduk kota, dan meskipun banyak dari daerah ini menghadapi tantangan besar seperti kemiskinan dan kriminalitas, mereka juga merupakan pusat dari banyak budaya dan komunitas yang kuat.

Kehidupan di favela sering kali penuh dengan kreativitas dan solidaritas, yang mencerminkan semangat juang dan ketahanan penduduknya. Jadi, meskipun kontras ini menunjukkan sisi gelap dari pertumbuhan kota, ia juga memperlihatkan kekayaan dan keragaman sosial yang ada di São Paulo.

11. Sao Paulo Dikenal Sebagai “Kota Hujan” Karena Selalu Hujan di Pagi Hari

Hujan.
Ilustrasi Hujan. Sumber : IST

Sobat Suka Fakta, kalau kalian suka suasana hujan, kalian pasti akan menyukai fakta ini. São Paulo dikenal sebagai “kota hujan” karena hampir setiap pagi kedua terjadi gerimis ringan. Ini adalah fenomena yang cukup unik dan membuat pagi di São Paulo terasa sejuk dan menyegarkan. Hujan ringan ini tidak hanya memberikan suasana romantis dan tenang, tetapi juga membantu menjaga kesejukan kota yang padat ini.

Namun, meskipun sering hujan di pagi hari, São Paulo masih tetap beraktivitas dengan sangat dinamis. Orang-orang terbiasa dengan cuaca ini dan tetap menjalani rutinitas harian mereka tanpa terganggu. Jadi, kalau kalian berkunjung ke São Paulo, jangan lupa bawa payung atau jas hujan, ya! Hujan pagi ini justru bisa menambah keasyikan kalian saat menjelajahi kota.

12. Kota yang Merayakan Hari Pizza Setiap Tahun

Pizza.
Potret makanan Pizza. Sumber : IST

Halo penggemar pizza! Kalian pasti senang mendengar bahwa São Paulo merayakan Hari Pizza setiap tahun. Yup, kalian tidak salah dengar. Setiap tahun, kota ini mengadakan perayaan khusus untuk makanan cepat saji favorit banyak orang ini. Hari Pizza dirayakan dengan berbagai acara, termasuk lomba makan pizza, festival pizza, dan berbagai promosi spesial di restoran-restoran pizza.

Pizza adalah salah satu makanan cepat saji yang paling populer di São Paulo, dan tidak heran kalau kota ini memiliki begitu banyak restoran pizza yang lezat. Dari pizza tradisional Italia hingga kreasi-kreasi baru yang unik, kalian bisa menemukan berbagai jenis pizza yang pasti memuaskan selera kalian. Jadi, kalau kalian berada di São Paulo saat Hari Pizza, pastikan untuk ikut merayakan dan menikmati berbagai hidangan pizza yang lezat!

13. Memiliki Sistem Transportasi Metro Terbesar di Brasil

 Alat transportasi metro.
Potret Alat transportasi metro. Sumber: Dok. monotrilho de são paulo

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau São Paulo memiliki sistem metro terbesar di Brasil? Yup, sistem metro di kota ini terdiri dari 6 jalur yang membentang luas dan menghubungkan berbagai bagian kota. Metro São Paulo bukan hanya besar dalam hal panjang jalur, tetapi juga dalam hal jumlah penumpang yang dilayani setiap harinya. Sistem transportasi ini sangat efisien dan menjadi tulang punggung mobilitas sehari-hari bagi jutaan penduduk São Paulo.

Selain itu, metro di São Paulo juga terkenal dengan kebersihannya dan ketepatan waktunya. Jadi, kalau kalian ingin berkeliling kota dengan cepat dan nyaman, menggunakan metro adalah pilihan yang sangat tepat. Kalian bisa menjelajahi berbagai destinasi menarik di São Paulo tanpa harus terjebak kemacetan lalu lintas yang sering kali menjadi masalah di kota besar ini.

14. Bandara Internasional Guarulhos, Bandara Tersibuk di Amerika Selatan

Bandara Internasional Guarulhos
Potret Bandara Internasional Guarulhos. Sumber: IST

Kalau kalian sering bepergian, kalian pasti tahu betapa pentingnya bandara yang baik. São Paulo memiliki Bandara Internasional Guarulhos, yang merupakan bandara tersibuk di Amerika Selatan. Setiap tahun, bandara ini melayani jutaan penumpang dari berbagai belahan dunia, menjadikannya pintu gerbang utama menuju Brasil dan Amerika Selatan.

Bandara Guarulhos tidak hanya sibuk tetapi juga sangat modern dengan berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari toko-toko bebas bea, restoran, hingga lounge eksklusif, semuanya tersedia untuk memastikan kenyamanan penumpang. Jadi, kalau kalian terbang ke São Paulo, kalian bisa menikmati layanan kelas dunia di salah satu bandara terbaik di Amerika Selatan.

15. Keamanan di Hotel dan Restoran Dijaga Ketat oleh Karyawan Bersenjata

 penjaga Hotel.
Ilustrasi penjaga Hotel. Sumber : IST

Keamanan adalah hal penting saat kalian berwisata, dan São Paulo sangat memperhatikannya. Semua hotel dan restoran yang layak di kota ini dijaga ketat oleh karyawan bersenjata dari perusahaan keamanan swasta. Langkah ini diambil untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para tamu dan pengunjung.

Keamanan yang ketat ini mungkin terasa sedikit berlebihan, tetapi ini menunjukkan betapa seriusnya São Paulo dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjungnya. Jadi, kalian bisa merasa lebih tenang saat menginap di hotel atau makan di restoran di kota ini. Dengan keamanan yang terjaga, kalian bisa lebih menikmati waktu kalian di São Paulo tanpa harus khawatir.

16. Memiliki Keanekaragaman Kuliner Tradisional Brasil hingga Internasional

Feijoada,
Potret Kuliner Feijoada, Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kalian pecinta kuliner, São Paulo adalah surga bagi lidah kalian. Kota ini memiliki lebih dari 15.000 bar dan 13.000 restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan dari seluruh dunia. Mulai dari hidangan tradisional Brasil hingga masakan internasional seperti sushi, pizza, dan makanan Timur Tengah, kalian bisa menemukan hampir semua jenis makanan di sini. Keanekaragaman kuliner ini mencerminkan keberagaman etnis yang ada di kota ini.

Setiap sudut kota menawarkan cita rasa yang berbeda, membuat setiap kunjungan ke restoran atau bar menjadi petualangan kuliner tersendiri. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi feijoada, hidangan tradisional Brasil yang terbuat dari kacang hitam dan daging, atau brigadeiro, permen khas Brasil yang manis dan lezat. São Paulo benar-benar tempat yang sempurna bagi kalian yang suka menjelajahi berbagai rasa dan tekstur makanan.

17. Carnaval de São Paulo Menjadi Perayaan yang Sangat Spektakuler  

Carnaval de São Paulo
Potret Carnaval de São Paulo. Sumber: Dok. jovempan.com

São Paulo tidak pernah kekurangan alasan untuk merayakan. Selain Hari Pizza yang telah kita bahas sebelumnya, kota ini juga memiliki berbagai perayaan lokal yang menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah Carnaval de São Paulo, yang meskipun tidak sebesar Carnaval di Rio, tetap merupakan perayaan yang spektakuler dengan parade, kostum warna-warni, dan musik samba yang menghentak.

Ada juga berbagai festival budaya yang diadakan oleh komunitas-komunitas etnis di São Paulo, seperti Festival Tanabata oleh komunitas Jepang dan Festa Italiana oleh komunitas Italia. Perayaan-perayaan ini menawarkan kesempatan untuk merasakan budaya yang berbeda tanpa harus meninggalkan kota. Jadi, setiap kali kalian berada di São Paulo, selalu ada sesuatu yang bisa dirayakan dan dinikmati!

18. Memiliki Sejarah Panjang, Sao Paulo Dibangun pada Abad ke-16

missionários Jesuit Manuel da Nóbrega
Potret missionários Jesuit Manuel da Nóbrega. Sumber: Dok. bibliotecacatolica.com

Sobat Suka Fakta, São Paulo memiliki sejarah yang panjang dan kaya yang dimulai sejak abad ke-16. Kota ini didirikan pada tanggal 25 Januari 1554 oleh missionários Jesuit Manuel da Nóbrega dan José de Anchieta. Awalnya, São Paulo adalah sebuah misi kecil yang didirikan untuk mengkristenkan penduduk asli. Namun, seiring berjalannya waktu, kota ini berkembang menjadi salah satu pusat ekonomi dan budaya terbesar di Brasil.

São Paulo juga memiliki banyak situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Paulista, yang menyimpan berbagai artefak dan pameran tentang sejarah Brasil. Ada juga Mercado Municipal, pasar bersejarah yang terkenal dengan arsitektur megah dan berbagai produk lokal yang lezat. Mengunjungi tempat-tempat ini akan memberikan kalian pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan perkembangan kota ini.

19. Bahasa Portugis adalah Bahasa yang Paling Banyak Digunakan

Meskipun São Paulo adalah kota yang sangat kosmopolitan, bahasa yang paling banyak digunakan di sini tetaplah Portugis. Hampir semua penduduk berbicara dalam bahasa ini, dan kalian akan mendengar berbagai dialek dan aksen yang berbeda. Bahasa Portugis di Brasil sendiri memiliki beberapa perbedaan dengan Portugis yang digunakan di Portugal, baik dari segi pengucapan maupun kosakata.

Namun, jangan khawatir jika kalian tidak bisa berbahasa Portugis. Di daerah-daerah wisata dan pusat bisnis, banyak orang yang bisa berbicara bahasa Inggris, meskipun mungkin tidak sefasih penduduk di negara-negara berbahasa Inggris. Jadi, selama kalian tahu beberapa frasa dasar dalam bahasa Portugis, kalian tidak akan kesulitan berkomunikasi dan menikmati waktu kalian di São Paulo.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, São Paulo benar-benar kota yang luar biasa dengan berbagai fakta menarik yang membuatnya unik dan istimewa. Dari keanekaragaman etnis dan kuliner, hingga kehidupan malam yang tidak pernah tidur dan kebijakan tanpa iklan luar ruang, setiap aspek kota ini menawarkan sesuatu yang menarik untuk dieksplorasi. São Paulo tidak hanya menjadi pusat ekonomi dan budaya di Brasil, tetapi juga kota yang penuh dengan kehidupan dan energi.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi São Paulo? Dengan semua fakta menarik yang telah kita bahas, tidak diragukan lagi bahwa kota ini layak untuk masuk dalam daftar perjalanan kalian. Jangan lupa untuk merencanakan kunjungan kalian dan nikmati semua hal menakjubkan yang ditawarkan oleh São Paulo!

REFERENSI

  • “20 Fakta Menarik tentang São Paulo.” 100-facts.com. Diakses pada 1 Juli 2024. https://100-facts.com/id/20-fakta-menarik-tentang-sao-paulo-2/
  • “São Paulo.” Ensiklopedia P2K STIKOM. Diakses pada 1 Juli 2024. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/S%C3%A3o_Paulo
  • “From Metropolis to Megametropolis.” Britannica.com. Diakses pada 1 Juli 2024. https://www.britannica.com/place/Sao-Paulo-Brazil/From-metropolis-to-megametropolis
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *