Fakta Dunia

25 Fakta Menarik Mumbai, Kiblatnya Film Bollywood

170
×

25 Fakta Menarik Mumbai, Kiblatnya Film Bollywood

Sebarkan artikel ini
kota Mumbai
12 Fakta Menarik Mumbai, Kiblatnya Film Bollywood . Sumber: IST

Daftar Isi

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang Mumbai? Meskipun tidak sepopuler Sao Paulo, kota yang sering disebut sebagai kiblatnya film Bollywood ini penuh dengan kejutan dan fakta menarik yang bikin kita makin penasaran. 

Sebagai salah satu kota terbesar dan paling dinamis di India, Mumbai memiliki banyak cerita seru yang sayang banget kalau dilewatkan. Mulai dari sejarahnya yang unik, kehidupan sehari-harinya yang penuh warna, hingga tempat-tempat ikonik yang bikin kita terkagum-kagum.

Dalam artikel ini, kita akan mengajak kamu menjelajahi berbagai fakta menarik tentang Mumbai. Gak cuma bikin kamu tambah pengetahuan, tapi juga bakal bikin kamu makin jatuh cinta sama kota yang satu ini. Jadi, siap-siap buat perjalanan virtual yang seru ini, yuk!

Mumbai bukan cuma soal hiruk-pikuk kehidupan perkotaan, tapi juga tentang bagaimana kota ini berhasil menyatukan berbagai hal yang tampaknya bertolak belakang. Dari kehidupan mewah hingga perkampungan kumuh, dari pantai-pantai yang ramai hingga taman nasional yang tenang, semuanya ada di Mumbai. Dan tentu saja, sebagai pusat industri film Bollywood, Mumbai selalu punya cerita seru di balik layar.

Nah, sebelum kita mulai masuk ke dalam fakta-fakta menarik Mumbai, mari kita lihat dulu kenapa kota ini begitu istimewa dan jadi daya tarik bagi banyak orang di seluruh dunia. Siap? Let’s go!

1. Nama “Mumbai” Berasal dari Sebuah Kuil Kuno

Kuil Mumba Devi.
Potret Kuil Mumba Devi. Sumber: templefolks.com

Sobat, tahukah kamu kalau nama Mumbai sebenarnya berasal dari sebuah kuil kuno? Yup, nama Mumbai diambil dari kuil Mumba Devi Mandir yang terletak di daerah Bori Bunde. Sebelumnya, kota ini lebih dikenal dengan nama Bombay, yang berasal dari sebutan Portugis “Bom Baim” yang berarti “teluk indah”. 

Perubahan nama dari Bombay ke Mumbai dilakukan untuk menghormati dewa pelindung lokal, Mumba Devi. Nama ini nggak cuma membawa nuansa lokal yang kental, tapi juga mencerminkan warisan budaya yang kaya dari kota ini.

2. Mumbai Terdiri dari Tujuh Pulau yang Terpisah

Kota Mumbai.
Potret Kota Mumbai. Sumber: Youssouf Cader | Dreamstime

Kamu tahu nggak sih, Sobat, kalau Mumbai dulunya terdiri dari tujuh pulau yang terpisah? Pulau-pulau ini kemudian dihubungkan pada abad ke-17 dan ke-18 oleh para kolonial Inggris. Sebelumnya, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Portugis, hingga akhirnya diserahkan ke Inggris sebagai mahar pernikahan Catherine of Braganza dengan Charles II dari Inggris.

Proses penggabungan pulau-pulau ini berlangsung selama lebih dari 60 tahun, menciptakan kota pelabuhan yang megah dan strategis. Jadi, saat kita berjalan-jalan di Mumbai, kita sebenarnya sedang melintasi sejarah yang panjang dan penuh perubahan.

3. Kota Terpadat di India dengan Populasi Lebih dari 22 Juta Jiwa

 kota Mumbai.
Potret keramaian kota Mumbai. SUmber: IST

Sobat, Mumbai adalah kota terpadat di India dengan lebih dari 22 juta jiwa yang tinggal di sini! Kebayang nggak sih betapa ramainya? Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, nggak heran kalau kota ini selalu sibuk dan penuh aktivitas 24/7. 

Kepadatan penduduk yang tinggi ini juga membawa tantangan tersendiri, seperti kemacetan lalu lintas, kepadatan transportasi umum, dan persaingan untuk mendapatkan ruang tinggal. Namun, di balik semua itu, kepadatan ini juga menunjukkan betapa menariknya Mumbai sebagai pusat kehidupan urban yang dinamis.

4. Kontras Kemiskinan dan Kekayaan Sangat Mencolok

Mumbai
Potret gedung megah langit dan perumahan kumuh. Sumber: JOHNNY/MILLERMEDIADRUMIMAGES.COM

Sobat, salah satu hal yang menarik dari Mumbai adalah kontras yang begitu mencolok antara kemiskinan dan kekayaan. Di satu sisi, kita bisa melihat gedung pencakar langit yang megah dan properti mewah, sementara di sisi lain ada perkampungan kumuh yang padat dan penuh tantangan. 

Kontras ini nggak hanya terlihat dalam pemandangan kota, tapi juga dalam gaya hidup sehari-hari penduduknya. Meskipun demikian, kedua sisi ini sama-sama menjadi bagian integral dari kehidupan Mumbai, menciptakan dinamika sosial yang unik dan penuh warna.

5. Memiliki Jaringan Kereta Api Tersibuk di Dunia

kereta api
Potret kereta api India. Sumber: boombastis.com

Sobat Suka Fakta, apakah kalian pernah naik kereta api di Mumbai? Kalau pernah, pasti tahu betapa penuhnya kereta-kereta di sini! Jaringan kereta api Mumbai adalah salah satu yang tersibuk di dunia. Setiap harinya, jutaan orang berdesakan di dalam gerbong untuk pergi bekerja, sekolah, atau beraktivitas lainnya. 

Sejarah kereta api di Mumbai juga cukup panjang, dimulai dengan kereta pertama di India yang beroperasi pada tahun 1853 dari Mumbai ke Thane. Meskipun sering penuh dan kadang tak nyaman, kereta api tetap menjadi nadi kehidupan kota ini.

6. Mumbai Memiliki Becak Otomatis yang Dikenal “Tuk-Tuk”

Tuk-Tuk india.
Potret Tuk-Tuk india. Sumber: IST

Selain kereta api, Mumbai juga memiliki berbagai pilihan transportasi umum lainnya. Ada bus, taksi, dan tentunya becak otomatis yang dikenal dengan sebutan “tuk-tuk”. Namun, tahukah kamu kalau becak otomatis dilarang beroperasi di pusat kota pada siang hari? 

Larangan ini diterapkan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga kelancaran lalu lintas. Jadi, kalau kamu sedang di pusat kota dan nggak melihat banyak tuk-tuk, sekarang kamu tahu alasannya!

7. Pelabuhan Mumbai Adalah Pelabuhan Terpenting di India

Pelabuhan Mumbai.
Potret pelabuhan Mumbai. Sumber: ship-technology.com

Sobat Suka Fakta, pelabuhan Mumbai adalah salah satu pelabuhan terpenting di India, lho. Hampir setengah dari seluruh arus barang internasional yang masuk dan keluar dari India melewati pelabuhan ini.

Sebagai kota pelabuhan, Mumbai memainkan peran vital dalam perdagangan dan ekonomi negara. Dengan fasilitas yang terus berkembang, pelabuhan ini menjadi pusat logistik yang sibuk dan efisien. Nggak heran kalau banyak perusahaan besar memilih Mumbai sebagai basis operasional mereka.

8. Taman Nasional Sanjay Gandhi Merupakan Jantung Kota Mumbai

Taman Nasional Sanjay Gandhi.
Potret Taman Nasional Sanjay Gandhi. Sumber: IST

Siapa bilang taman nasional hanya ada di pedesaan? Di jantung kota Mumbai, ada Taman Nasional Sanjay Gandhi yang luas dan penuh keanekaragaman hayati. Taman ini membentang sekitar 104 km persegi dan menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna. 

Dengan lebih dari 6300 spesies hewan, taman ini menjadi tempat yang pas buat Sobat yang suka dengan alam dan petualangan. Selain itu, taman ini juga menjadi tempat rekreasi favorit bagi warga Mumbai yang ingin sejenak lepas dari hiruk pikuk kota.

9. Memiliki Taman Besar di Pusat Kota yang Jadi Rumah Bagi Tanaman & Serangga

Priyadarshini park
Potret Priyadarshini park. Sumber: tripadvisor.co.id

Selain Taman Nasional Sanjay Gandhi, Mumbai juga memiliki banyak taman kota yang menyegarkan. Di pusat kota, ada taman besar yang menjadi rumah bagi ribuan spesies tanaman dan serangga. 

Taman-taman ini nggak cuma memberikan udara segar, tapi juga menjadi tempat bersantai dan berkumpul bagi warga. Jadi, kalau kamu lagi di Mumbai dan butuh tempat buat santai sejenak, taman-taman ini bisa jadi pilihan yang pas.

Nah, itu dia lima bagian pertama dari artikel kita tentang fakta menarik Mumbai. Selanjutnya, kita akan bahas tempat menarik dan budaya, festival dan tradisi, serta banyak lagi yang nggak kalah seru. Tetap di sini, ya, Sobat Suka Fakta!

10. Antilia Merupakan Rumah Paling Mahal di Dunia

rumah antilia.
Potret rumah antilia. Sumber: en.wikipedia.org

Salah satu hal yang paling menarik tentang Mumbai adalah adanya rumah paling mahal di dunia yang bernama Antilia. Rumah ini milik Mukesh Ambani, salah satu orang terkaya di India, dan bernilai sekitar 1 miliar dolar.

Dengan 27 lantai dan fasilitas yang super mewah, Antilia tidak hanya menjadi simbol kekayaan, tapi juga keunikan arsitektur modern. Bayangkan, di dalam rumah ini ada kolam renang, spa, teater pribadi, bahkan helipad!

11. Kota dengan Keanekaragaman Warisan Budaya dan Spiritual

Masjid Haji Ali.
Potret Masjid Haji Ali. Sumber: IST

Selain modernitasnya, Mumbai juga kaya dengan warisan budaya dan spiritual. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai kuil dan tempat ibadah yang menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari penduduknya. Salah satu yang terkenal adalah Kuil Mumba Devi, tempat asal nama Mumbai. Selain itu, ada juga Masjid Haji Ali yang terletak di sebuah pulau kecil dan bisa diakses saat air surut. Keberagaman tempat ibadah ini mencerminkan toleransi dan harmoni antar agama di Mumbai.

12. Berbagai Warisan Budayanya Telah Resmi Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Gua Elephanta.
Potret Gua Elephanta. Sumber: IST

Mumbai juga menjadi rumah bagi beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO yang memukau. Salah satunya adalah Gua Elephanta, yang terletak di Pulau Elephanta. Gua ini terkenal dengan patung-patung dan ukiran yang menggambarkan dewa-dewa Hindu. 

Ada juga Chhatrapati Shivaji Terminus, stasiun kereta yang indah dengan arsitektur bergaya Victoria yang menakjubkan. Mengunjungi tempat-tempat ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan tentang kekayaan sejarah dan budaya Mumbai.

13. Ganesh Chaturthi adalah Sebuah Festival Jalanan Terbesar di Mumbai

Ganesh Chaturthi.
Potret festival Ganesh Chaturthi. Sumber: ixigo.com

Sobat, jika kamu berkunjung ke Mumbai, jangan sampai melewatkan Ganesh Chaturthi! Festival ini adalah salah satu perayaan terbesar di kota ini dan berlangsung selama 10 hari. Selama festival, seluruh kota dipenuhi dengan patung-patung besar dewa Ganesha, musik, tarian, dan parade yang meriah. Orang-orang dari berbagai latar belakang berkumpul untuk merayakan dengan penuh semangat. Ini adalah momen yang menunjukkan kebersamaan dan kegembiraan warga Mumbai dalam merayakan tradisi mereka.

14. Mumbai Tidak Akan Bisa Dipisahkan dengan Kriket

kriket
Potret pertndingan kriket di Mumbai. Sumber: sport.detik.com

Mumbai dan kriket adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kriket adalah olahraga yang sangat populer di sini, dan hampir setiap sudut kota memiliki tempat untuk bermain kriket, dari jalanan hingga stadion besar. Masyarakat Mumbai sangat fanatik dengan kriket, dan pertandingan kriket selalu ditonton dengan antusiasme yang luar biasa. Tidak jarang kamu akan melihat anak-anak bermain kriket di gang-gang kecil dengan semangat yang sama seperti para pemain profesional.

15. Mumbai adalah Ibu Kota Industri Film Bollywood

Bollywod.
Ilustrasi syuting film Bollywod. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah nonton film Bollywood? Nah, Mumbai adalah pusat dari industri film Hindi ini. Di sini, kamu bisa menemukan banyak studio film dan perusahaan produksi yang menghasilkan ribuan film setiap tahunnya.

Bollywood tidak hanya memberikan hiburan, tapi juga menjadi salah satu pilar ekonomi Mumbai. Banyak aktor dan aktris terkenal tinggal di sini, dan sering kali kamu bisa melihat syuting film di berbagai lokasi kota.

16. Menjadi Pusat Keuangan Terpenting di India

 bursa efek nasional India.
Potret kantor bursa efek nasional India. Sumber: id.wikipedia.org

Selain sebagai pusat hiburan, Mumbai juga dikenal sebagai ibu kota keuangan India. Kota ini adalah rumah bagi Bursa Efek Bombay, Bursa Efek Nasional India, dan banyak bank serta perusahaan finansial terkemuka.

Mumbai memainkan peran penting dalam perekonomian India, dengan banyak transaksi bisnis besar yang terjadi di sini setiap harinya. Sobat, kalau kamu tertarik dengan dunia bisnis dan keuangan, Mumbai adalah tempat yang penuh peluang!

17. Memiliki Perpustakaan yang Menyimpan Salinan Asli “Komedi Ilahi”

 Dante Alighieri.
Potret Dante Alighieri. Sumber: en.wikipedia.org

Tahukah kamu, Sobat, kalau di Mumbai ada perpustakaan yang menyimpan salah satu dari dua salinan asli “Komedi Ilahi” karya Dante? Buku ini sangat langka dan bernilai tinggi, menjadikan perpustakaan ini tempat yang menarik bagi pecinta sastra dan sejarah. Keberadaan salinan asli ini menunjukkan betapa berharganya literatur dan pendidikan di Mumbai, bahkan di tengah kesibukan kotanya.

18. Mumbai Terkenal dengan Dabbawalanya, Para Pengantar Makan Siang

Dabbawala.
Potret Dabbawala pengantar makanan. Sumber: klook.com

Sobat Suka Fakta, ada hal unik lainnya di Mumbai, yaitu Dabbawala. Mereka adalah para pengantar makanan yang terkenal dengan sistem distribusi makanan mereka yang sangat efisien. Setiap hari, ribuan Dabbawala mengantarkan makan siang buatan rumah ke kantor-kantor dengan tepat waktu. 

Hebatnya, mereka hampir tidak pernah melakukan kesalahan meskipun tidak menggunakan teknologi canggih. Sistem kerja mereka bahkan dipelajari oleh mahasiswa manajemen di seluruh dunia!

19. Warga Mumbai Suka Mendengarkan Musik di Taman Pakai Tape Recorder 

tape recorder
Ilustrasi pria mendengarkan tape recorder. Sumber: pexels.com

Ada lagi nih, kebiasaan unik warga Mumbai yang bikin kita senyum. Mereka suka berjalan-jalan di taman sambil mendengarkan musik dari tape recorder, bukan headphone. 

Kebiasaan ini menciptakan suasana yang meriah dan penuh keakraban di taman-taman kota. Volume tape recorder sering kali dinaikkan hingga maksimal, jadi jangan kaget kalau kamu mendengar musik keras saat berjalan-jalan di taman Mumbai!

20. Mumbai Menjadi Pusat Pendidikan dan Penelitian Ilmiah 

pusat Penelitian Atom Bhabha
Potret Logo Pusat Penelitian Atom Bhabha. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Mumbai juga menjadi pusat pendidikan dan penelitian ilmiah? Di kota ini, terdapat beberapa lembaga penelitian paling bergengsi di India, seperti Pusat Penelitian Atom Bhabha dan Institut Penelitian Fundamental Tata. 

Lembaga-lembaga ini tidak hanya berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memainkan peran penting dalam pengembangan nuklir India. Keberadaan lembaga-lembaga ini menunjukkan betapa pentingnya Mumbai dalam peta ilmu pengetahuan dunia.

21. Bahasa Inggris Sering Digunakan di Sekolah dan Universitas

Mumbai.
Potret Universitas Mumbai. Sumber: IST

Selain itu, Sobat, di Mumbai penggunaan bahasa Inggris sangat umum, terutama di kalangan kaum intelektual dan kelas menengah. Bahasa Inggris sering digunakan di sekolah-sekolah dan universitas, menjadikannya sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan tinggi. 

Hal ini memudahkan penduduk Mumbai untuk berkomunikasi dengan dunia luar dan mengakses berbagai sumber daya pendidikan global. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Mumbai, kamu tidak akan kesulitan menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar!

22. Jalur Laut Bandra-Worli, Jembatan Laut yang Jadi Ikon Modern Milik Mumbai

Bandra-Worli
Potret jembatan Bandra-Worli. Sumber: IST

Salah satu ikon modern Mumbai adalah Jalur Laut Bandra-Worli, sebuah jembatan laut yang menghubungkan dua bagian penting kota ini. Jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata karena pemandangannya yang indah. 

Dibangun dengan teknologi canggih yang mampu menahan gelombang laut yang kuat, jembatan ini menunjukkan kemampuan teknis dan inovasi Mumbai dalam mengembangkan infrastruktur modern.

23. Bandara Juhu Merupakan Bandara Pertama di India

Bandara Juhu
Potret Bandara Juhu. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak kalau Bandara Juhu di Mumbai adalah bandara pertama di India? Didirikan pada tahun 1928, bandara ini menjadi pionir dalam industri penerbangan di India. 

Meskipun sekarang sudah ada Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji yang lebih besar dan modern, Bandara Juhu tetap memiliki nilai sejarah yang penting. Bandara ini menjadi saksi bisu perkembangan transportasi udara di India dan peran Mumbai sebagai gerbang internasional.

24. Kota yang Terkenal Memiliki Kekurangan Toilet di Kafe

Meski Mumbai terkenal dengan kemajuan dan modernitasnya, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi penduduknya, salah satunya adalah masalah sanitasi. Banyak kafe di Mumbai tidak memiliki toilet, yang tentu saja menjadi masalah bagi pengunjung. 

Hal ini mencerminkan masih adanya kesenjangan dalam akses terhadap fasilitas dasar di kota yang begitu besar dan maju. Pemerintah dan berbagai organisasi terus berupaya untuk memperbaiki kondisi ini agar kehidupan sehari-hari warga Mumbai menjadi lebih nyaman.

25. Banyak Petugas Keamanan yang Tertidur Saat Shift Malam

fakta menarik mumbai
Potret petugas yang tertidur. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat, keamanan di Mumbai juga menjadi perhatian utama. Banyak tempat yang dijaga sepanjang waktu oleh petugas keamanan. Namun, ada kebiasaan unik di sini, yaitu petugas keamanan sering tertidur saat shift malam. 

Meski terdengar lucu, hal ini menunjukkan bahwa menjaga keamanan di kota yang tak pernah tidur ini bukanlah tugas yang mudah. Upaya terus dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan agar warga dan pengunjung merasa aman dan nyaman.

Kesimpulan

Halo Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di penghujung artikel tentang 25 Fakta Menarik Mumbai, kiblatnya film Bollywood. Dari sejarah panjangnya, kepadatan penduduk, infrastruktur modern, hingga fakta-fakta unik dan menarik yang ada di kota ini, semuanya membuktikan bahwa Mumbai adalah kota yang penuh warna dan dinamis. Kota ini tidak hanya menjadi pusat industri film Bollywood, tetapi juga pusat keuangan, budaya, dan penelitian yang penting di India.

Melalui artikel ini, kita telah melihat bagaimana Mumbai berhasil menggabungkan berbagai elemen yang bertolak belakang, mulai dari kehidupan mewah hingga perkampungan kumuh, dari pantai yang ramai hingga taman nasional yang tenang. Semua ini menjadikan Mumbai sebagai kota yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang Mumbai dan membuat kamu semakin tertarik untuk mengunjungi kota ini. Terima kasih sudah mengikuti perjalanan virtual ini, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

REFERENSI

  • “33 Fakta Menarik Tentang Mumbai.” 100 Facts. Diakses pada 1 Juli 2024. https://100-facts.com/id/33-fakta-menarik-tentang-mumbai-2/
  • “Ini 18 Fakta Menarik Tentang Kota Asal Film Bollywood, Mumbai.” Menit Dunia. Diakses pada 1 Juli 2024. https://menitdunia.blogspot.com/2016/11/18-fakta-menarik-tentang-kota-mumbai.html
  • “20 Fakta Tentang Mumbai Yang Pasti Akan Membuat Anda Tercengang.” Holidify. Diakses pada 1 Juli 2024. https://www.holidify.com/pages/facts-about-mumbai-2339.html
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *