Fakta Dunia

10 Fakta Unik Pizza, Orang Amerika Konsumsi 350 Potong Pizza Setiap Detik!

63
×

10 Fakta Unik Pizza, Orang Amerika Konsumsi 350 Potong Pizza Setiap Detik!

Sebarkan artikel ini
Pizza
10 Fakta Unik Pizza, fakta unik pizza yang jarang diketahui. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang gak suka pizza? Kayaknya susah banget ya nemuin orang yang gak suka makanan yang satu ini. Pizza emang favorit banget, sih. Popularitasnya gak kalah kayak kebab, sushi, hamburger, dan ramen

Nah, kali ini kita bakal bahas 10 fakta unik pizza yang jarang banget diketahui orang. Dari sejarahnya yang panjang, gimana pizza bisa jadi makanan favorit, sampai rekor dunia yang berhubungan sama pizza. Pokoknya bakal seru banget, deh! 

Yuk, kita mulai petualangan kita dengan fakta pertama tentang asal-usul pizza. Siap-siap buat kaget sama cerita menarik di balik makanan lezat ini, ya!

Sejarah dan Asal Usul Pizza

Pizza
Potret Bendera Italia. Sumber: IST

Pizza adalah makanan khas Napoli, Italia. Makanan yang fenomenal ini punya sejarah yang panjang banget, lho! Ternyata, Pizza pertama kali muncul bukan di Italia, tapi di Yunani dan Mesir kuno.  Dulu, mereka memasak roti pipih dengan minyak zaitun dan rempah-rempah di atasnya. 

Tapi, Sob, pizza modern seperti yang kita kenal sekarang baru berkembang di Italia, saat tomat mulai ditambahkan pada komposisinya di akhir abad ke-18. Pizza ini kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia dan jadi makanan favorit banyak orang. Keren banget, kan?! 

Nama “Pizza” sendiri diambil dari bahasa Italia, yang berarti “pai, kue, tart”. Banyak yang mengira nama Pizza diambil dari kata Italia yang berarti “pastei”.

Fakta Unik Pizza

1. Orang Amerika Mengonsumsi 350 Potong Pizza Setiap Detik 

 Amerika.
Potret bendera Amerika. Sumber: ISt

Sob, ternyata orang Amerika bener-bener cinta banget sama pizza, lho! Bayangin aja, mereka makan sekitar 350 potong pizza setiap detiknya. Kalau dihitung-hitung, itu setara dengan 100 hektar pizza setiap hari. Yup, pizza everywhere, Sob!

Gak heran sih, pizza memang jadi makanan yang gampang dan enak buat dimakan kapan saja. Mulai dari acara keluarga, pesta ulang tahun, sampai nonton pertandingan olahraga, pizza selalu jadi pilihan utama. 

Penasaran kenapa pizza bisa sepopuler itu di Amerika? Yuk, kita bahas lebih lanjut di fakta berikutnya!

2. Frekuensi Makan Pizza di Amerika Serikat

pizza.
Ilustrasi sekelompok orang makan pizza. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tau gak sih kalau 93% orang Amerika makan pizza setidaknya sebulan sekali? Ini artinya, hampir semua orang Amerika gak bisa lepas dari yang namanya pizza. 

Menurut survei dari Mintel, kebanyakan orang Amerika suka makan pizza di berbagai kesempatan, baik itu saat santai di rumah, hangout bareng teman, atau bahkan saat sarapan. Kebiasaan makan pizza ini memang udah jadi bagian dari gaya hidup mereka. 

Dengan berbagai macam topping dan jenis pizza yang bisa dipilih, gak heran kalau pizza selalu punya tempat spesial di hati banyak orang. Jadi, Sobat Suka Fakta, kalau kamu ke Amerika, jangan heran ya kalau ngeliat pizza ada di mana-mana!

3. Ada Pizza Termahal di Dunia yang Dijual di Salerno, Italia

Renato Viola
Potret Koki Renato Viola. Sumber: Dok. sun-sentinel.com

Nah, Sobat Suka Fakta, kali ini kita bakal ngomongin tentang pizza yang harganya bikin melongo. Pizza termahal di dunia ini dijual di Salerno, Italia, dan harganya mencapai USD12.000! Pizza ini dibuat oleh koki ternama Renato Viola dan diberi nama Louis XIII. 

Tapi, apa sih yang bikin pizza ini begitu mahal? Ternyata, bahan-bahannya bukan bahan biasa, lho. Toppingnya terdiri dari tiga jenis kaviar, lobster dari Norwegia, keju bufala mozzarella, dan garam laut merah muda dari Sungai Murray, Australia. 

Spesialnya lagi, koki akan datang langsung ke rumah kamu untuk menyiapkan dan menyajikan pizza ini. Wow, kebayang gak sih pengalaman makan pizza yang super eksklusif ini?!

6. Topping Pizza Paling Populer dan Paling Tidak Disukai

Topping pizza
Potret Topping pizza paling disukai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu gak sih topping pizza apa yang paling populer di Amerika? Jawabannya adalah pepperoni! Yup, topping yang satu ini emang jadi favorit banyak orang. Menurut Harris Poll, pepperoni menjadi topping paling disukai, diikuti oleh sosis di posisi kedua.

Tapi di balik topping favorit, ada juga topping yang paling gak disukai, yaitu ikan teri. Banyak orang gak suka ikan teri karena baunya yang kuat dan rasanya yang asin. Gimana dengan kamu, Sobat Suka Fakta? Apakah kamu termasuk tim pepperoni atau justru suka topping ikan teri?

Bicara soal topping, setiap negara punya preferensi masing-masing. Misalnya di Jepang, mereka suka banget menaruh mayones di atas pizza. Sementara di India, topping favoritnya adalah tahu dan daging kambing cincang. Jadi, kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri, jangan kaget kalau nemu topping pizza yang aneh-aneh, ya!

7. Pengaruh Perang Dunia II Terhadap Popularitas Pizza

Perang Dunia
Ilustrasi Tentara angkatan darat. Sumber: IST

Lanjut ke fakta berikutnya, Sobat Suka Fakta! Ternyata, Perang Dunia II punya peran besar dalam menyebarkan popularitas pizza di Amerika Serikat. 

Sebelum perang, pizza lebih banyak dinikmati oleh imigran Italia di komunitas mereka sendiri. Namun, selama pendudukan Italia, tentara Sekutu mulai mengonsumsi makanan lokal termasuk pizza untuk menambah jatah makanan mereka.

Setelah perang berakhir, para tentara AS yang pulang ke rumah membawa serta kecintaan mereka pada pizza. Hal ini membuat pizza semakin populer di Amerika dan mulai dinikmati oleh berbagai kalangan. 

Jadi, bisa dibilang, Perang Dunia II membantu mengubah pizza dari makanan imigran menjadi makanan mainstream yang disukai banyak orang.

8. Pizza Pernah Dikirim ke Luar Angkasa

kosmonot Rusia, Yuri Usachov.
Potret kosmonot Rusia, Yuri Usachov. Sumber: Reuters

Sobat Suka Fakta, pernah kebayang gak sih kalau pizza bisa dikirim ke luar angkasa? Ternyata, ini beneran terjadi lho! 

Pada tahun 2001, Badan Antariksa Rusia menerima pembayaran lebih dari satu juta dolar untuk mengirimkan pizza berukuran enam inci ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pizza tersebut dikirim ke sana untuk dinikmati oleh kosmonot Rusia, Yuri Usachov.

Kebayang gak sih, gimana rasanya makan pizza sambil melayang di luar angkasa? Pastinya jadi pengalaman yang tak terlupakan sih. Pengiriman pizza ini menunjukkan betapa pizza memang sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari, bahkan di tempat yang sejauh luar angkasa sekalipun. 

9. Pizza Mendapatkan Rekor Dunia ‘Pizza Terbesar di Dunia’ 

Nah, Sobat Suka Fakta, siapa sangka, pizza ternyata punya banyak rekor yang luar biasa, lho! Salah satu rekor yang paling mengesankan adalah pizza terbesar di dunia. 

Pizza ini dibuat di Roma, Italia, pada 13 Desember 2012 oleh tim yang terdiri dari Dovilio Nardi, Andrea Mannocchi, Marco Nardi, Matteo Nardi, dan Matteo Giannotte. Pizza raksasa ini memiliki luas permukaan total 13.580,28 kaki persegi. Kebayang gak sih, sebesar apa pizza ini?!

Rekor lainnya adalah pizza termahal di dunia yang kita bahas sebelumnya, yaitu pizza Louis XIII dengan harga USD12,000. Selain itu, ada juga rekor pizza tertinggi di dunia yang dibuat di Polandia pada tahun 2010 dengan tinggi mencapai 96,76 meter. 

Masih banyak lagi rekor-rekor menarik lainnya, seperti pizza dengan topping terbanyak, pizza tercepat yang dimakan, hingga pizza yang dikirim ke luar angkasa. Jadi, Sobat Suka Fakta, fakta unik ini menambah kelezatan pizza , kan?!

10. Museum Pizza di AS Mendapatkan Sertifikasi dari Guinness World Records

Pizza
Potret Museum Pizza di AS. Sumber: Dok. pizzabrain

Sobat Suka Fakta, tahu gak sih kalau ada museum yang didedikasikan khusus untuk pizza? Yup, benar banget! Di Philadelphia, Amerika Serikat, ada museum bernama Pizza Brain yang memamerkan koleksi memorabilia pizza terbesar di dunia. 

Museum ini didirikan pada tahun 2012 oleh Brian Dwyer dan langsung mendapatkan sertifikasi dari Guinness World Records sebagai koleksi item pizza terbesar di dunia. Di museum ini, kamu bisa menemukan berbagai macam barang yang berhubungan dengan pizza, mulai dari poster, mainan, hingga seni pop. 

Pizza Brain juga memiliki pizzeria di mana kamu bisa mencicipi berbagai jenis pizza sambil menikmati pameran. Museum Pizza ini gak cuma buat pecinta pizza, tapi juga buat siapa saja yang penasaran dengan sejarah dan budaya di balik makanan yang satu ini. 

Manfaat Kesehatan dari Pizza

Paprika.
Potret sayur Paprika. Sumber: IST

Pizza yang termasuk sebagai jenis makanan utama atau main course ini juga beberapa manfaat kesehatan, asalkan kamu memilih bahan-bahan yang tepat. 

Apa manfaat dari pizza? Menurut penelitian dari Italia, manfaat memakan pizza secara teratur dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa makan pizza bisa mengurangi risiko kanker esofagus sebesar 59%, kanker usus besar sebesar 26%, dan kanker mulut sebesar 34%.

Gimana bisa, ya? Ternyata, bahan-bahan seperti tomat yang kaya akan likopen, keju yang mengandung kalsium, dan berbagai sayuran yang penuh dengan serat dan vitamin bisa memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Tentu saja, penting untuk memilih topping yang sehat dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi pizza.

Kalau kamu pengen pizza yang lebih sehat, kamu bisa mencoba beberapa tips ini:

  • Pilih topping sayuran seperti paprika, jamur, bayam, dan bawang.
  • Gunakan keju rendah lemak atau keju mozzarella bufala.
  • Pilih adonan whole wheat yang lebih tinggi serat.
  • Batasi penggunaan daging olahan dan pilih daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun.

Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati pizza tanpa merasa bersalah dan mendapatkan manfaat kesehatan dari bahan-bahan yang kamu pilih.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 10 fakta unik pizza yang jarang diketahui. Pizza memang bukan sekadar makanan biasa. Di balik setiap potongannya, ada banyak cerita dan sejarah yang menarik. Fakta-fakta ini menunjukkan betapa beragamnya budaya dan pengaruh pizza di seluruh dunia.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan membuat kamu semakin menghargai pizza. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman kamu yang juga suka pizza, dan ajak mereka untuk bergabung dalam petualangan menemukan fakta-fakta menarik lainnya.

Terima kasih sudah membaca, Sobat Suka Fakta! Tetap semangat eksplorasi wisata kuliner, dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *