Fakta Dunia

10 Fakta Unik Hamburger, Disebut Sebagai Liberty Sandwich

64
×

10 Fakta Unik Hamburger, Disebut Sebagai Liberty Sandwich

Sebarkan artikel ini
hamburger
7 fakta unik hamburger yang jarang orang ketahui. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang gak kenal dengan hamburger? Makanan yang satu ini pasti udah sering banget kita temui, baik di restoran cepat saji, kafe, atau bahkan gerai pinggir jalan. Popularitasnya nggak kalah dibanding makanan-makanan internasional lainnya seperti kebab, ramen, lasagna, dan pizza.

Hamburger terkenal dengan kelezatan dagingnya yang juicy, roti yang empuk, serta tambahan sayuran segar dan saus yang bikin rasanya makin mantap. Tapi, tahukah kamu kalau di balik sepotong hamburger, ada banyak fakta unik hamburger yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya?

Nah, di artikel kali ini, kita akan wisata kuliner virtual yang seru dengan mengupas tuntas berbagai fakta unik hamburger. Yuk, simak terus, Sobat!

Sejarah & Asal Usul Hamburger

 fakta unik hamburger
Potret Kota Hamburg di Jerman. Sumber: IST

Pernah nggak sih kamu penasaran kenapa burger disebut hamburger? Ternyata, nama hamburger berasal dari kota Hamburg di Jerman. Semua itu bermula dari sebuah hidangan bernama steak Hamburg, sejenis steak daging giling yang populer di abad ke-19. Steak ini dibawa oleh imigran Hamburg, Jerman ke Amerika, dan dari sinilah nama hamburger mulai dikenal luas. Jadi, meskipun namanya terdengar seperti “ham”, sebenarnya nggak ada hubungannya dengan daging ham, melainkan dengan kota asalnya.

Pada tahun 1885 ketika imigran Jerman yang membawa steak Hamburg ke New York City mulai menyajikan daging ini di restoran mereka. Awalnya, steak Hamburg ini disajikan tanpa roti, tapi karena susah dimakan saat jalan-jalan, akhirnya mereka menaruhnya di antara dua potong roti. Voila! Jadilah hamburger pertama di Amerika. Dari sinilah hamburger mulai berkembang dan menjadi salah satu makanan favorit di Amerika Serikat.

Fakta Unik Hamburger

1. Hamburger di Antariksa

Burger.
Potret NASA yang memakan Burger. Sumber: Dok. infoastronomy.org

Pada tahun 1985, astronot di NASA berhasil membawa dan memakan hamburger di luar angkasa sebagai bagian dari eksperimen makanan antariksa. Dengan gravitasi nol, makan hamburger tentu jadi pengalaman yang unik dan menantang. Bukan hanya soal rasa, tapi juga bagaimana cara menyantapnya tanpa remah-remah beterbangan di kabin pesawat luar angkasa.

Eksperimen ini membantu ilmuwan memahami bagaimana makanan bisa dikemas dan disiapkan untuk konsumsi di ruang angkasa. Hasilnya, hamburger menjadi salah satu makanan yang cukup berhasil dan memberikan variasi dalam menu makanan astronot.

2. Rekor Penjualan Hamburger

Hamburger
Potret Burger McDonald’s. Sumber: IST

Perusahaan restoran franchise McDonald’s memegang rekor dunia dalam penjualan hamburger. Hingga saat ini, McDonald’s telah menjual lebih dari 300 miliar burger di seluruh dunia. Angka yang luar biasa ini menunjukkan betapa populernya hamburger sebagai makanan cepat saji.

Rata-rata, McDonald’s menjual sekitar 75 burger setiap detik! Bisa kamu bayangkan betapa banyaknya burger yang dikonsumsi orang-orang setiap harinya? Rekor penjualan ini membuat McDonald’s menjadi salah satu restoran cepat saji paling terkenal dan ikonis di dunia. 

3. Hamburger Sempat Dikira Sandwich

Sandwich.
Potret Roti Sandwich. Sumber: IST

Di awal kemunculannya, banyak orang menganggap hamburger sebagai variasi dari sandwich karena terdiri dari roti yang diisi dengan daging dan sayuran. Hal ini membuat hamburger sering disebut sebagai “sandwich” dalam berbagai literatur dan menu restoran.

Perbedaannya dengan sandwich biasa adalah isiannya yang spesifik menggunakan patty atau daging giling yang dimasak, sedangkan sandwich bisa diisi dengan berbagai macam bahan lainnya seperti ham, ayam, atau sayuran. Meskipun begitu, sampai sekarang, istilah sandwich dan hamburger kadang masih digunakan bergantian, tergantung pada kebiasaan dan budaya setempat.

4. Disebut Liberty Sandwich

Jerman.
Potret Bendera Jerman. Sumber: IST

Masih inget nggak, Sobat Suka Fakta, kalau hamburger itu asalnya dari Jerman? Nah, karena ada sentimen anti-Jerman selama Perang Dunia I, orang-orang Amerika menyebut hamburger sebagai Liberty Sandwich. Nama ini dipilih untuk menunjukkan semangat patriotisme dan menghindari konotasi negatif yang terkait dengan Jerman pada saat itu.

Sentimen anti-Jerman memang sangat kuat pada masa itu, dan banyak istilah yang diubah untuk menunjukkan dukungan kepada Amerika Serikat. Jadi, orang Amerika tetap bisa menikmati burger tanpa harus menyebut-nyebut unsur Jerman. 

5. Terjual dengan Harga 5 Sen

Koin 5 Sen.
Potret Koin 5 Sen. Sumber: IST

Pada awal kemunculannya di Amerika, hamburger dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya 5 sen saja. Harga ini membuat hamburger menjadi makanan yang sangat populer di kalangan pekerja dan masyarakat umum.

Harga murah ini tidak lepas dari kondisi ekonomi pada masa itu, di mana bahan-bahan makanan masih cukup terjangkau dan restoran cepat saji mulai berkembang. Dengan harga yang ramah di kantong, hamburger cepat meraih popularitas dan menjadi makanan favorit banyak orang. Sekarang, tentu harga hamburger sudah jauh berbeda, tapi asal-usulnya yang ekonomis tetap menjadi bagian menarik dari sejarahnya.

6. Burger Vegetarian Tidak Begitu Sehat

Burger Vegetarian
Potret Burger Vegetarian. Sumber: IST

Kamu mungkin berpikir bahwa burger vegetarian pasti lebih sehat daripada burger daging biasa, tapi faktanya nggak selalu begitu, lho. Banyak burger vegetarian yang mengandung bahan pengawet, garam, dan lemak tambahan untuk meningkatkan rasa dan tekstur. Bahkan, beberapa burger vegetarian memiliki kalori yang hampir setara dengan burger daging.

Selain itu, proses pengolahan beberapa bahan pengganti daging, seperti kedelai dan protein nabati lainnya, seringkali melibatkan langkah-langkah yang mengurangi nilai nutrisi alaminya.

7. Burger Memiliki Hall of Fame

Burger
Potret Hamburger Hall of Fame. Sumber: homeofthehamburger.org

Ternyata, ada tempat khusus yang didedikasikan untuk menghormati burger, Sobat Suka Fakta. Namanya Hamburger Hall of Fame, yang terletak di Seymour, Wisconsin. Di tempat ini, individu dan restoran yang memberikan kontribusi besar pada industri burger mendapatkan penghargaan. Mulai dari Oscar Mayer yang mempopulerkan hot dog dan hamburger, hingga Maurice dan Richard McDonald, pendiri McDonald’s.

Hamburger Hall of Fame tidak hanya memberikan penghargaan, tapi juga menampilkan sejarah perkembangan burger. Bagi pecinta burger, tempat ini tentu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan inovasi dalam dunia hamburger.

8. Hari Hamburger Sedunia

Hamburger
Potret International burger. Sumber: Google/PosterMyWall

Setiap tahun, tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Hamburger Sedunia. Ini adalah hari di mana banyak orang di seluruh dunia merayakan dengan menikmati burger favorit mereka dan berbagai restoran menawarkan promo spesial untuk merayakannya.

Hari Hamburger Sedunia pertama kali diperkenalkan untuk merayakan kelezatan dan popularitas burger sebagai makanan global. Di berbagai negara, perayaan ini diadakan dengan berbagai cara unik, mulai dari kompetisi makan burger, festival burger, hingga acara amal dengan tema burger. Jadi, jangan lupa catat tanggalnya dan rayakan dengan burger favoritmu!

9. Jenis Hamburger Aneh di Dunia

Rice Burge
Potret Jenis Rice Burger. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak kalau ada banyak jenis hamburger aneh di berbagai belahan dunia? Di Jepang, misalnya, ada burger dengan roti yang terbuat dari nasi, disebut “rice burger”. Di Thailand, ada burger dengan isian daging buaya. Sementara di Australia, kamu bisa menemukan burger dengan topping telur dan bit.

Di Amerika sendiri, ada banyak inovasi burger yang unik dan aneh. Misalnya, ada burger dengan isian mac and cheese, atau burger dengan topping es krim. Inovasi-inovasi ini menunjukkan betapa kreatifnya orang-orang dalam menciptakan variasi burger yang menarik dan menggugah selera. Meskipun terdengar aneh, banyak dari burger ini yang mendapat respon positif dan menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner.

10. Hamburger Terpanjang di Dunia

Hamburger
Potret Hamburger terpanjang. Sumber: cbsnews

Rekor hamburger terpanjang di dunia dicatat pada tahun 2011 di Massachusetts, Amerika Serikat. Burger ini memiliki panjang 1.282 kaki (sekitar 390 meter) dan beratnya mencapai lebih dari 13 ton! Proses pembuatannya melibatkan ratusan orang dan memakan waktu berjam-jam.

Burger raksasa ini dibuat untuk memecahkan rekor dunia dan sekaligus untuk kegiatan amal. Daging burgernya sendiri dimasak menggunakan panggangan khusus yang sangat besar, dan roti burgernya dibuat oleh pembuat roti lokal dengan ukuran yang juga sangat besar. Burger ini kemudian dipotong-potong dan dibagikan kepada ribuan orang yang hadir di acara tersebut. Luar biasa, bukan?

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita menjelajahi sejarah dan berbagai fakta unik tentang hamburger, ternyata makanan yang satu ini menyimpan begitu banyak cerita menarik di balik kelezatannya. Dari asal usulnya di Hamburg, Jerman, hingga menjadi makanan ikonis di Amerika, hamburger telah mengalami banyak evolusi dan inovasi. 

Fakta-fakta seperti hamburger yang dibawa ke antariksa, rekor penjualan luar biasa oleh McDonald’s, hingga burger vegetarian yang ternyata tidak selalu lebih sehat menunjukkan betapa beragamnya dunia hamburger.

Dengan semua fakta menarik ini, kita jadi lebih menghargai setiap gigitan hamburger yang kita nikmati. Jadi, Sobat Suka Fakta, semoga artikel ini menambah wawasan kamu tentang hamburger dan bisa jadi bahan cerita seru buat teman-temanmu. Selamat menikmati hamburger dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *