Fakta Dunia

10 Fakta Unik Ramen, Jadi Makanan Paling Laris di Penjara New York!

66
×

10 Fakta Unik Ramen, Jadi Makanan Paling Laris di Penjara New York!

Sebarkan artikel ini
Ramen
10 Fakta Unik Ramen yang Jarang Diketahui. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kamu pasti tau wisata kuliner di Indonesia itu gak cuma ada makanan lokal aja, tapi ada juga makanan dari mancanegara, seperti sushi dari Jepang dan ramen dari China. Coba, siapa sih yang nggak kenal dengan ramen?! 

Ramen terkenal banget karena praktis, rasanya yang enak, dan harganya yang bersahabat di kantong. Nggak heran kalau ramen sering jadi pilihan utama. Tapi, Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak sih kalau di balik semangkuk ramen yang kelihatan sederhana ini, ternyata ada banyak fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar?

Nah, di artikel ini kita bakal bahas 10 fakta unik ramen yang mungkin bakal bikin kamu terkejut. Jadi, siap-siap untuk nambah pengetahuan. Yuk, langsung saja mulai petualangan kita mengungkap fakta unik ramen!

1. Fakta Unik Ramen Dianggap sebagai Barang Mewah

 Ramen.
Potret Makanan Ramen. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa sangka kalau ramen yang sekarang dikenal murah meriah ini dulunya dianggap sebagai barang mewah? Yup, kamu nggak salah dengar! 

Ketika ramen pertama kali dirilis, harganya ternyata jauh lebih mahal dibandingkan dengan mie udon segar yang bisa kamu beli di toko kelontong Jepang. Jadi, kalau dulu kamu makan ramen, itu berarti kamu termasuk orang yang cukup berada.

Uniknya lagi, dulu membeli ramen instan itu lebih mahal dibandingkan membeli mie segar Jepang. Mungkin ini karena proses pembuatannya yang lebih kompleks dan inovatif pada masanya. 

2. Ramen Dianggap Sebagai Penyelamat yang Ingin Makan Enak Tapi Tetap Hemat

Makanan ramen.
Potret Makanan ramen. Sumber: IST

Tahu nggak, Sob, kalau kamu bisa hidup dari makan ramen? Yup! Kamu bisa hidup murah dengan makan ramen hanya dengan biaya sekitar $150 per tahun. Ini salah satu alasan kenapa ramen jadi makanan pokok di kalangan mahasiswa. 

Ramen memang sering dianggap sebagai penyelamat bagi mereka yang ingin makan enak tapi tetap hemat. Dengan biaya yang super murah, kamu bisa menikmati berbagai rasa ramen yang ada. 

Jadi, nggak heran kalau banyak mahasiswa yang menjadikan ramen sebagai makanan sehari-hari. Nah, gimana, Sobat Suka Fakta? Tertarik hidup hemat dengan ramen?

3. Asal Usul Kata ‘Ramen’, dari Pengucapan dalam Bahasa Jepang untuk Kata China ‘Lamien’

Jepang
Potret negara Jepang. Sumber: IST

Pernah penasaran nggak, apa artinya ramen? Ternyata, kata ramen itu berasal dari pengucapan dalam bahasa Jepang untuk kata China ‘lamien’, yang berarti mie China. 

Jadi, ada pengaruh budaya China yang kuat dalam sejarah ramen ini. Beberapa orang mengatakan bahwa mi ini sebenarnya berasal dari China, sementara yang lain mengatakan bahwa ramen ditemukan pada abad ke-20 oleh Jepang.

Nah, terlepas dari asal-usulnya yang masih menjadi perdebatan, satu hal yang pasti, yaitu ramen telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner Jepang dan (juga) China. Jadi, Sobat Suka Fakta, lain kali kamu menikmati semangkuk ramen, kamu bisa mengingat cerita menarik di balik namanya ini!

4. Tiongkok adalah Negara yang Paling Banyak Konsumsi Ramen Instan di Dunia

Tiongkok.
Potret Negara Tiongkok. Sumber: Dok.travel.okezone.

Menurut Asosiasi Mie Instan Dunia, Tiongkok mengonsumsi sekitar 46 miliar bungkus ramen setiap tahunnya. Bayangkan, 46 miliar bungkus! Itu berarti hampir setiap orang di Tiongkok makan ramen setiap hari. 

Ramen memang sangat populer di Tiongkok karena selain praktis dan cepat disajikan, rasanya juga enak dan variatif. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, nggak heran kalau konsumsi ramen di sana mencapai angka yang fantastis. Jadi, kalo kamu suka ramen, kamu nggak sendirian, Sobat Suka Fakta! Ada jutaan orang di Tiongkok yang juga menikmati makanan yang sama.

5. Ramen Menjadi Barang Terlaris di Penjara Riker di New York

penjara Riker
Potret pulau penjara Riker. Sumber: nytimes.com

Ternyata, ramen adalah barang terlaris di Penjara Riker di New York, lho. Di penjara ini, Mie Cup selalu tersedia karena para narapidana sering menggunakannya sebagai makanan cepat saji yang mudah dibuat. 

Mereka hanya perlu air panas untuk menyeduh mie tersebut. Tapi, yang lebih menarik, kadang-kadang narapidana hanya menggunakan bumbu ramen untuk membumbui makanan lain yang hambar.

Ramen di penjara bukan hanya sekedar makanan, tapi juga semacam mata uang. Pasalnya, ramen sering ditukar untuk berbagai barang lain di dalam penjara. Jadi, Sobat Suka Fakta, ramen bukan hanya makanan favorit mahasiswa, tapi juga sangat disukai di tempat yang tak terduga seperti penjara.

6. Ada 22 Jenis Ramen yang Berbeda di Jepang

Ramen.
Potret Makanan Ramen. Sumber: Dok. fun-japan.jp

Jenis ramen apa saja? Di Jepang, ada setidaknya 22 jenis ramen yang berbeda. Bahan dasar dari makanan ini biasanya terdiri dari kuah, rasa asin, mie, dan topping. Namun, setiap daerah di Jepang punya gaya ramen yang unik dengan variasi dalam kuah, jenis mie, dan topping yang digunakan.

Misalnya, ada ramen dengan kuah berbahan dasar miso di Sapporo, kuah shoyu di Tokyo, dan kuah tonkotsu yang kaya lemak dari tulang babi di Kyushu. Setiap tempat punya ciri khas dan rasa yang berbeda. 

Jadi, kalau kamu berkeliling Jepang dan mencoba ramen di berbagai tempat, kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda di setiap mangkuknya. Menarik kan, Sobat Suka Fakta?!

9. Surga Bagi Pecinta Ramen, di Jepang Kamu Dapat Menemukan Museum Cup Noodles

Museum CupNoodles
Potret Museum CupNoodles. Sumber: Dok. ikedashi-kanko.jp

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu berpikir kalau ada museum yang didedikasikan khusus untuk mie instan? Yup! Di Jepang, ada yang namanya Museum CupNoodles, tempat yang sempurna buat kamu para pecinta ramen! 

Di museum ini terletak di Yokohama ini,  kamu bisa belajar tentang sejarah ramen instan, melihat proses pembuatannya, dan bahkan mencoba membuat mie instan dengan rasa dan topping pilihanmu sendiri. 

Ada juga berbagai pameran interaktif yang mengajak pengunjung untuk lebih memahami pentingnya ramen dalam budaya makanan Jepang. Jadi, kalau kamu kebetulan sedang berada di Jepang, jangan lupa mampir ke museum ini dan eksplorasi berbagai hal menarik tentang ramen!

8. Momofuku Ando Adalah Penemu Ramen Instan di Dunia 

Momofuku.
Potret Penemu Ramen, Momofuku. Sumber: Reuters

Sobat Suka Fakta, ngomong-ngomong soal ramen instan, kita nggak bisa lupa menyebut nama Momofuku Ando, penemu ramen instan yang telah mengubah dunia kuliner. 

Momofuku Ando pertama kali mendapatkan ide untuk membuat mie instan setelah melihat antrian panjang orang-orang yang menunggu untuk mendapatkan semangkuk ramen setelah Perang Dunia II. Dia berpikir, kenapa nggak membuat ramen yang cepat, mudah, dan enak untuk semua orang?

Setelah berbagai percobaan, pada tahun 1958, Ando akhirnya berhasil menciptakan ramen instan pertama di dunia yang diberi nama “Chikin Ramen”. Produk ini langsung sukses besar dan menjadi populer di seluruh Jepang. 

Lalu, pada tahun 1971, Ando memperkenalkan Mie Cup atau “Cup Noodles” yang lebih praktis karena hanya perlu air panas untuk menyajikannya. Inovasi ini membuat ramen instan semakin mendunia dan dicintai oleh banyak orang. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, setiap kali kamu menikmati semangkuk ramen instan, ingatlah bahwa semua itu berkat ide brilian dari Momofuku Ando!

9. Jenis Mie Pertama yang Dikonsumsi di Luar Angkasa 

Space Ram
Potret mie yang dapat dibawa ke luar angkasa, Space Ram. Sumber: Dok. soranews24.

Fakta yang satu ini pasti bikin kamu kagum, Sobat Suka Fakta. Tahukah kamu bahwa ramen adalah jenis mie pertama yang pernah dikonsumsi di luar angkasa? 

Pada tahun 2005, Momofuku Ando kembali membuat sejarah dengan menciptakan “Space Ram”, ramen khusus yang dirancang untuk dimakan oleh astronot Jepang, Soichi Noguchi, di pesawat ulang-alik Discovery.

“Space Ram” ini dibuat dengan mie yang lebih kecil dan kuah yang lebih kental agar lebih mudah dikonsumsi di lingkungan tanpa gravitasi. Inovasi ini menunjukkan betapa ramen tidak hanya dicintai di Bumi, tapi juga di luar angkasa!

10. Ramen Instan Adalah Salah Satu Penemuan Terbaik abad ke-20 di Jepang! 

Sobat Suka Fakta, di antara banyaknya inovasi dan teknologi canggih yang berasal dari Jepang, tahukah kamu bahwa ramen instan dianggap sebagai salah satu penemuan terbaik abad ke-20 di negara tersebut? 

Ini mungkin terdengar mengejutkan, mengingat Jepang dikenal sebagai negara dengan teknologi maju seperti robotika, elektronik, dan otomotif. Namun, dalam sebuah survei, mie instan dinobatkan sebagai penemuan paling berpengaruh dan favorit di Jepang, mengalahkan penemuan-penemuan lain seperti karaoke yang berada di posisi kedua.

Ramen instan ini adalah simbol dari adaptasi dan inovasi yang muncul dari masa-masa sulit pasca Perang Dunia II. Mie instan ini tidak hanya menyelamatkan banyak orang dari kelaparan, tetapi juga menjadi makanan yang menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Ramen instan juga memiliki dampak besar di seluruh dunia. Dari Asia hingga Amerika, mie instan menjadi makanan pokok yang disukai banyak orang karena kepraktisannya. Bisa dikatakan, ramen instan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah menjelajahi 10 fakta unik tentang ramen yang jarang diketahui orang. Dari ramen yang dulunya dianggap barang mewah, hingga bagaimana ramen menjadi makanan yang sangat populer di penjara, kita telah melihat betapa ramen memiliki sejarah dan cerita yang sangat menarik. 

Dengan segala informasi ini, semoga kamu jadi lebih menghargai dan semakin tertarik menikmati semangkuk ramen. Sekarang giliranmu, Sobat Suka Fakta! Apa kamu punya pengalaman menarik atau fakta unik lainnya tentang ramen yang ingin kamu bagikan? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar atau di media sosial. 

Terima kasih sudah ikut dalam perjalanan mengungkap fakta unik ramen ini. Sampai jumpa di artikel-artikel menarik berikutnya. Itadakimasu, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Tang, Jessica. (2016, May 10). 21 Things You Didn’t Know About Ramen. Spoon University. Diakses dari https://spoonuniversity.com/lifestyle/21-things-didnt-know-ramen
  • Ejjiramen. Fun Facts About Ramen. Diakses dari https://ejjiramen.com/fun-facts-about-ramen
  • OMG Facts. (10 tahun lalu). 10 Fakta Mie Ramen Yang Tidak Akan Pernah Anda Lupakan…Terutama Para Vegetarian. Diakses dari https://omgfacts.com/article/15737
  • El Shennawy, Leila. (2023, August 15). Sejarah Ramen yang Menarik—dan Lezat. Reader’s Digest. Diakses dari https://www.rd.com/article/history-of-ramen
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *