Fakta Dunia

Mengenal Ham Iberico, Salah Satu Makanan Termahal di Dunia 

59
×

Mengenal Ham Iberico, Salah Satu Makanan Termahal di Dunia 

Sebarkan artikel ini
Ham Iberico
Mengenal Ham Iberico, Salah Satu Makanan Termahal di Dunia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kamu pasti pernah mendengar tentang makanan mewah yang harganya bikin kaget, kan? Nah, kali ini kita bakal ngobrolin tentang salah satu makanan termahal di dunia yang wajib kamu tau, yaitu ham Iberico

Buat para pecinta wisata kuliner, nama ini mungkin sudah nggak asing lagi. Ham Iberico adalah jenis ham yang berasal dari Spanyol dan Portugal. Apa sih yang bikin ham ini begitu spesial dan mahal? Selain rasanya yang super lezat, proses pembuatannya yang panjang dan rumit juga jadi alasan kenapa harga ham ini bisa melambung tinggi.

Di artikel ini, kita akan bahas segala hal tentang ham Iberico, mulai dari asal-usulnya, proses produksinya, sampai fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu. Jadi, siap untuk menjelajahi dunia ham Iberico? Yuk, langsung aja kita mulai perjalanan seru ini!

Apa itu Ham Iberico?

ham Iberico
Potret wilayah Alentejo. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kita melangkah lebih jauh, kita perlu tahu dulu nih, apa sih sebenarnya ham Iberico itu? Jadi, ham Iberico adalah jenis ham yang dibuat dari kaki babi iberia hitam yang diawetkan. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ham ini berasal dari budaya Spanyol dan Portugal. Di Spanyol, kamu bisa menemukan babi ini di provinsi seperti Huelva, Córdoba, Cáceres, Badajoz, Salamanca, Ciudad Real, dan Seville. Di Portugal, mereka banyak ditemukan di wilayah Alentejo. Jadi, bisa dibilang babi Iberia ini punya rumah yang sangat alami dan luas

Berbeda dengan ham biasa, ham Iberico dibuat dari babi Iberia Hitam yang punya ciri khas unik dan rasa yang luar biasa. Tapi, yang perlu kamu tahu, nggak semua ham Iberico itu sama, lho. Ada beberapa jenis ham Iberico berdasarkan persentase keturunan babi Iberia dan pola makannya. 

Misalnya, ada yang 100% Iberia dan ada juga yang hasil persilangan dengan babi Duroc. Selain itu, ada juga kategori berdasarkan pola makan babi tersebut, apakah mereka makan biji ek atau makanan lain. Jadi, nggak heran kalau harganya bisa sangat bervariasi.

Produksi Ham Iberico Melalui Serangkaian Proses yang Ketat

Babi Iberia.
Potret Babi Iberia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, proses produksi ham iberico ternyata melalui serangkaian proses yang begitu panjang dan sangat hati-hati. Yup! Proses panjang dan selektif ini bertujuan agar hasil yang didapat maksimal dengan kualitas yang baik. 

1. Budidaya Babi Iberia 

Anak babi Iberia yang sudah disapih akan digemukkan dengan jelai dan jagung selama beberapa minggu. Setelah itu, mereka dibiarkan berkeliaran di padang rumput dan hutan ek yang disebut dehesa. Di sini, mereka makan rumput, herba, biji pohon ek, kastanye, dan akar-akaran. 

Saat waktu penyembelihan mendekat, pola makan mereka mungkin dibatasi hanya pada kacang kastanye atau biji ek untuk mendapatkan kualitas terbaik. Kalau kualitas lebih rendah, mereka akan diberi campuran biji ek dan pakan komersial.

2. Proses Penyembelihan dan Pengawetan

Setelah babi disembelih, dagingnya diberi garam dan dibiarkan mengering selama dua minggu. Kemudian, daging ini dibilas dan dibiarkan mengering lagi selama empat hingga enam minggu. Proses pengawetan ini memakan waktu minimal dua belas bulan, tapi beberapa produsen mengawetkan ham Iberico mereka hingga 48 bulan. 

Selama proses ini, daging dikeringkan dalam garam yang membantu mencegah penumpukan organisme berbahaya dan kemudian digantung agar terpapar unsur-unsur alam, menghasilkan lapisan luar jamur yang melindungi daging di dalamnya.

Tips Menyimpan Ham Iberico agar Kualitasnya Terjaga

Ham iberio.
Potret cara menyimpan Ham iberico. Sumber: IST

Sekarang, Sobat Suka Fakta, menyimpan ham Iberico dengan benar sangat penting untuk menjaga kualitas dan rasanya. Yuk, simak cara menyimpan ham iberico yang baik dan benar!

1. Metode Penyimpanan yang Benar

Ham Iberico biasanya dijual dalam bentuk irisan dan dikemas vakum atau sebagai paha utuh. Ham yang dikemas vakum bisa bertahan hingga 100 hari pada suhu ruangan karena kemasannya menyegel oksigen dan memperlambat proses penuaan. 

Paha utuh yang tidak dikemas vakum tidak bertahan selama itu, tapi jika dipotong secara teratur dan ditutup dengan plastik pembungkus atau kain kasa, paha yang dibuka bisa bertahan selama tiga bulan.

2. Tips Menjaga Kualitas Ham Iberico

Pembekuan tidak disarankan karena bisa merusak serat pada ham dan mengubah rasanya. Jadi, simpanlah ham Iberico di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kualitasnya tetap optimal.

Pelabelan Dilakukan untuk Menandai Kualitas Daging

penanda kualita
Potret Label penanda kualitas. Sumber: moniberic.com

Sobat Suka Fakta, ternyata ham ini punya sistem penilaian yang ketat, lho. Hal itu dilakukan untuk memastikan kualitasnya. Yuk, kita lihat lebih dalam!

Ham Iberico diberi label berdasarkan pola makan babi dan persentase keturunan babi Iberia. Sistem pelabelan ini dimulai pada Januari 2014 dan menggunakan serangkaian label berkode warna, seperti:

1. Label Hitam

Ini yang terbaik, disebut jamón ibérico de bellota. Ham ini berasal dari babi kampung yang berkeliaran di hutan ek dan hanya makan biji ek selama periode terakhir hidupnya. Babi ini harus 100% ras Iberia murni.

2. Label Merah

Juga jamón ibérico de bellota, tapi dari babi yang bukan ras murni. Persentase keturunan Iberia pada hewan tersebut harus dicantumkan pada label, bisa 75% atau 50% ras babi ibérico murni.

3. Label Hijau

Disebut jamón ibérico cebo de campo. Ham ini berasal dari babi yang digembalakan dan diberi makan kombinasi biji ek dan biji-bijian. Daging ham ini bisa berasal dari babi yang 100%, 75%, atau 50% jenis babi ibérico murni.

4. Label Putih

Disebut jamón ibérico de cebo. Ham ini berasal dari babi yang hanya diberi makan biji-bijian dan diawetkan selama 24 bulan. Bisa berasal dari babi yang 100%, 75%, atau 50% ras babi ibérico murni.

Penggunaan Istilah Pata Negra Pernah Menimbulkan Perselisihan

Pata negra
Potret Pata negra. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu pasti penasaran kenapa ada istilah “pata negra” yang sering muncul kalau ngomongin ham Iberico. “Pata negra” secara harfiah berarti ‘kaki atau cakar hitam’. Istilah ini digunakan sebagai label komersial untuk jamón ibérico. 

Dalam bahasa Spanyol sehari-hari dan budaya populer, kata ini digunakan sebagai superlatif atau sinonim dari yang terbaik. Nama ini merujuk pada warna kuku babi yang selalu hitam pada ras babi Iberia Hitam.

Istilah ini sering digunakan secara bebas di masa lalu, sehingga menyebabkan perselisihan kualitas dan pasar. Namun, peraturan modern hanya mengizinkan penggunaan kata pata negra untuk label hitam jamón yang bersumber dari babi Black Iberia murni yang diberi makan biji ek.

Memiliki Nama yang Berbeda Sesuai Daerah Produksinya

DOP Guijuelo.
Potret logo restaurant DOP Guijuelo. Sumber: jamondoguijuelo.com

Sekarang kita bahas daerah-daerah produksi ham Iberico yang terkenal. Daerah-daerah tersebut memiliki sebutan sendiri bagi daging yang dihasilkannya. Daerah-daerah ini punya reputasi tinggi dalam menghasilkan ham Iberico berkualitas.

1. DOP Guijuelo

DOP Guijuelo diproduksi di wilayah kaki pegunungan Gredos dan Béjar, dalam komunitas otonom Castile dan León, Extremadura, Andalusia, dan Castile-La Mancha. Zona ini terdiri dari 77 kotamadya di tenggara provinsi Salamanca, dengan kota induk Guijuelo sendiri. Sekitar 60% produksi jamón ibérico berasal dari DO Jamón de Guijuelo.

2. DOP Jabugo

DOP Jabugo diproduksi di provinsi Huelva, di Taman Alam Sierra de Aracena dan Picos de Aroche, mencakup kota Cumbres Mayores, Cortegana, Jabugo, Encinasola, dan Galaroza. Seluruh kota Jabugo dikhususkan untuk produksi ham Iberia. Kota ini bahkan punya alun-alun utama yang disebut La Plaza del Jamón.

3. DOP Dehesa de Extremadura

Area produksi terletak di padang rumput pohon ek gabus dan pohon ek hijau di provinsi Cáceres dan Badajoz. Extremadura memiliki sekitar satu juta hektar dari total area dehesa di semenanjung.

4. DOP Los Pedroches

Diproduksi di provinsi Córdoba, dikenal dengan bentuk potongan V pada ham. Zona ini memiliki warna mawar yang khas menjadi merah keunguan dengan lemak yang menyusup ke dalam massa otot.

Popularitasnya telah Mendunia

Ham Iberico.
Potret Ham Iberico. Sumber: IST

Ham Iberico sangat populer di Spanyol dan dianggap sebagai makanan lezat yang dicari banyak orang. Sekitar 13.000 metrik ton jamón ibérico dan produk terkait dikonsumsi di Spanyol pada tahun 2017, dengan penjualan eceran sekitar 4 miliar euro.

Tak hanya di Spanyol, popularitas ham Iberico juga telah merambah ke berbagai negara. Kualitasnya yang tinggi itu membuat permintaan global terus meningkat, meski produksinya terbatas.

Ham Iberico termasuk salah satu ham termahal di dunia. Produksi yang maksimal untuk memastikan kualitas telah menyebabkan harga ham ini terus naik. Bahkan diperkirakan harga ham Iberico akan berlipat ganda antara tahun 2017 dan 2021.

Permintaan terus tumbuh sementara ketersediaan mandek, menyebabkan harga ham Iberico meningkat. Pada tahun 2020, penjualan di Spanyol turun 35-40% karena pandemi COVID-19, namun permintaan tetap tinggi di pasar internasional.

Eksistensi Ham Iberico di Negeri Paman SAM

Ham Iberico.
Potret Ham Iberico. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ham yang lezat ini ternyata juga jadi incaran banyak orang di negeri Paman Sam. Yuk, kita lihat bagaimana perjalanan ham Iberico ke pasar Amerika Serikat!

Perjalanan Ham Iberico ke Pasar AS

Sebelum tahun 2005, daging babi yang dibesarkan dan disembelih di luar Spanyol saja yang diizinkan untuk diproses di Spanyol dan diekspor ke Amerika Serikat karena kekhawatiran tentang demam babi. 

Tapi, pada tahun 2005, rumah potong hewan pertama di Spanyol akhirnya disetujui oleh Departemen Pertanian AS untuk memproduksi produk sampingan Iberico untuk diekspor.

Jamones ibéricos pertama kali dirilis untuk dijual di Amerika Serikat pada bulan Desember 2007, dan jamones bellota diikuti pada bulan Juli 2008. Jadi, kalau kamu di AS, sekarang sudah lebih mudah mendapatkan ham Iberico yang otentik!

Peraturan dan Persyaratan Ekspor

Untuk memastikan kualitas dan keamanan, ada banyak peraturan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh produsen ham Iberico sebelum bisa diekspor ke Amerika Serikat. Hal ini mencakup persyaratan kesehatan hewan dan proses pengolahan yang sangat ketat. Makanya, ham Iberico yang sampai ke AS pasti sudah melewati banyak pengujian dan seleksi ketat.

Fakta-Fakta Menarik Lainnya tentang Ham Iberico

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan mengulik berbagai fakta menarik lainnya tentang ham Iberico! Ternyata, ada banyak hal menarik yang mungkin belum kamu tahu tentang makanan lezat ini. Yuk, kita bahas satu per satu!

Makanan Babi Iberia

Babi Iberia yang digunakan untuk membuat ham Iberico tidak hanya makan biji ek, lho. Mereka juga makan rumput, herba, kastanye, dan akar-akaran saat berkeliaran di dehesa. Biji ek memang memberikan rasa unik pada dagingnya, tapi babi-babi ini juga makan banyak makanan lain yang lezat.

Proses Pengawetan yang Unik

Proses pengawetan ham Iberico bisa memakan waktu hingga 4 tahun. Selama proses ini, daging dikeringkan dalam garam yang membantu mencegah penumpukan organisme berbahaya dan kemudian digantung agar terpapar unsur-unsur alam. Proses ini membuat ham Iberico memiliki rasa yang kompleks dan unik.

Manfaat Kesehatan Ham Iberico

Ternyata, ham Iberico juga punya banyak manfaat kesehatan. Daging babi Iberico mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, protein berkualitas tinggi, zat besi, vitamin, dan antioksidan alami. Jadi, selain lezat, ham Iberico juga sehat!

Kesimpulan

Akhirnya, Sobat Suka Fakta, kita sampai di bagian akhir artikel ini. Ham Iberico adalah salah satu makanan termahal di dunia, tapi harganya sebanding dengan kualitas dan rasanya yang luar biasa. 

Dari babi Iberia yang hidup bebas di dehesa hingga proses pengawetan yang panjang dan rumit, semuanya berkontribusi pada kelezatan ham ini. Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk mencoba ham Iberico, jangan ragu lagi!

Terima kasih sudah ikut menjelajahi dunia ham Iberico bersama kami. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat kamu semakin penasaran untuk mencoba makanan mewah yang satu ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Wikipedia contributors. (n.d.). Jamón ibérico. In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Jam%C3%B3n_ib%C3%A9rico
  • Jamon.com. (n.d.). About Jamón Ibérico. Retrieved from https://www.jamon.com/about-jamon-iberico.html
  • House of Caviar and Fine Foods. (n.d.). Iberico Ham Facts. Retrieved from https://www.houseofcaviarandfinefoods.com/blog/iberico-ham-facts#:~ =Iberico%20ham%20typically%20has%20less,much%20over%20hundreds%20of%20years
  • Makespain.com. (n.d.). 10 things you didn’t know about Iberico Ham. Retrieved from https://makespain.com/10-things-you-didnt-know-about-iberico-ham/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *