Fakta Unik

Mengenal Semangka Densuke, Semangka Termahal yang Mirip Bola Bowling

52
×

Mengenal Semangka Densuke, Semangka Termahal yang Mirip Bola Bowling

Sebarkan artikel ini
Semangka Densuke, Buah Termahal dan Terlangka di Dunia.
Semangka Densuke, Buah Termahal dan Terlangka di Dunia. Sumber: Dok. food.detik.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal ngomongin tentang buah yang super unik dan langka, yaitu semangka Densuke. Pasti kamu sering banget melihat semangka di pasar atau supermarket, kan? Tapi, semangka yang satu ini beda banget, lho. 

Semangka Densuke terkenal bukan cuma karena rasanya yang enak, tapi juga karena harganya yang bikin melongo. Bahkan, buah ini masuk dalam daftar makanan termahal di dunia. Kebayang nggak, ada semangka yang dijual sampai jutaan rupiah? 

Nah, di artikel ini kita akan bongkar habis tentang semangka Densuke, mulai dari asal-usulnya, kenapa bisa mahal banget, sampai kenapa semangka ini jadi incaran banyak orang. Jadi, siap buat tahu lebih banyak tentang semangka termahal di dunia? Yuk, langsung aja kita mulai!

Semangka Densuke Berasal dari Pulau Hokkaido

Berasal-dari-Pulau-Hokkaido-
Potret Pulau Hokkaido yang ada di kota jepang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, jadi semangka Densuke ini pertama kali ada di pulau Hokkaido, Jepang, pada tahun 1981. Awalnya, petani di Hokkaido mulai beralih dari pertanian padi ke tanaman lain yang lebih menguntungkan, dan salah satunya adalah semangka Densuke ini.

Kenapa sih semangka ini cuma bisa tumbuh di Hokkaido? Ternyata, iklim khas pulau ini dan tanah vulkanik yang kaya mineral jadi kombinasi sempurna buat semangka Densuke tumbuh subur. Semangka ini secara eksklusif ditanam di kota Tohma, di mana kondisi alamnya sangat mendukung pertumbuhan semangka yang unik ini.

Nama Densuke sendiri baru jadi merek dagang resmi pada tahun 1989. Jadi, hanya semangka yang ditanam di wilayah Hokkaido dan memenuhi standar ketat yang bisa disebut semangka Densuke asli. 

Memiliki Kulit Hitam Mengkilap seperti Bola Bowling

Memiliki-Kulit-Hitam-Mengkilap-seperti-Bola-Bowling-
Potret Buah semangka Densuke. Sumber: Toponthelist

Sobat Suka Fakta, semangka Densuke punya banyak keunikan yang bikin dia beda dari semangka lainnya. Pertama-tama, penampilannya yang sangat mencolok. Semangka ini punya kulit hitam mengkilap yang nggak biasa. Kebayang nggak, semangka dengan kulit sehitam bola bowling? Keren banget, kan?! 

Selain kulitnya yang unik, daging buah semangka Densuke berwarna merah cerah dan hampir tanpa biji. Rasanya? Wah, nggak perlu diragukan lagi! Semangka ini super manis dan teksturnya renyah banget. Kandungan gulanya yang tinggi bikin rasa manisnya lebih kuat dibanding semangka biasa.

Dijadikan Hadiah Mewah dan Simbol Penghormatan di Budaya Jepang

Dijadikan-Hadiah-Mewah-dan-Simbol-Penghormatan-di-Budaya-Jepang-
Potret kota Jepang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, di Jepang, buah-buahan punya tempat spesial dalam budaya mereka. Buah sering dijadikan hadiah mewah dan simbol penghormatan. Semangka Densuke, dengan segala keunikannya, dianggap sebagai raja semangka dan diperlakukan layaknya bangsawan.

Di Jepang, buah Densuke sering diberikan sebagai hadiah selama perayaan musim dan acara penting seperti pernikahan atau untuk mengesankan atasan. Tradisi memberikan buah ini berasal dari nilai spiritual dalam agama Shintoisme dan Buddhisme, di mana buah diberikan sebagai persembahan kepada para dewa di kuil-kuil.

Selain itu, ada juga rasa bangga patriotik terhadap hasil bumi bangsa. Buah yang langka, tanpa cacat, dan mahal seperti semangka Densuke punya nilai tinggi sebagai tanda penghargaan yang mewah. Buah ini sering diberikan sebagai tanda kekaguman dan penghormatan.

Buah-buahan di Jepang memang nggak melimpah, makanya mereka dianggap sebagai barang mewah. Petani yang menanam semangka Densuke sangat dihargai dalam budaya Jepang karena mereka berkontribusi pada hasil bumi yang sangat berkualitas dan diakui dunia.

Harganya Dibanderol Puluhan Juta Rupiah

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, semangka Densuke punya harga yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah per buah. Pada tahun 2008, semangka Densuke seberat 17 pon terjual seharga 650.000 yen atau sekitar Rp68 juta, mencatat rekor sebagai semangka termahal yang pernah dijual.

Kenapa bisa semahal itu? Salah satu alasannya adalah karena semangka ini sangat langka dan hanya ditanam di satu tempat di dunia. Selain itu, proses penanaman dan perawatannya yang memerlukan perhatian ekstra juga membuat harganya melambung tinggi.

Di tahun 2020, harga lelang semangka Densuke mengalami penurunan signifikan akibat pandemi COVID-19, dengan harga tertinggi hanya mencapai 220.000 yen atau sekitar Rp23 juta. Namun, pada tahun 2021, harga mulai pulih lagi dengan lelang di Sapporo, ibu kota Hokkaido, yang ditutup pada harga 600.000 yen atau sekitar Rp62 juta.

Buat kamu yang pengen nyicipin semangka Densuke tapi nggak punya budget sebesar itu, tenang aja! Kamu masih bisa beli semangka Densuke yang nggak masuk lelang dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu sekitar USD190 (Rp3 juta)  hingga USD300 (Rp5 juta). 

Kamu bisa nemuin semangka ini di ruang buah mewah di Jepang atau langsung di pasar lokal dan stasiun pinggir jalan di desa Tohma.

Budidayanya Dilakukan dengan Berbagai Proses yang Ketat

Budidayanya-Dilakukan-dengan-Berbagai-Proses-yang-Ketat-
Potret seorang pria yang sedang menanam tumbuhan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, proses budidaya semangka Densuke ini memang nggak main-main. Petani di Hokkaido benar-benar serius dalam menanam dan merawat semangka ini. Mulai dari penanaman hingga pemanenan, semuanya butuh perhatian khusus.

Pertama-tama, tanah di Hokkaido yang kaya akan mineral vulkanik menjadi media yang sangat ideal untuk pertumbuhan semangka Densuke. Petani harus memastikan kondisi tanah dan iklim tetap optimal sepanjang musim tanam. Semangka ini juga butuh areal yang luas dan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Proses pemeliharaan semangka Densuke juga sangat intensif. Buah ini diputar dengan tangan saat masih di pokoknya untuk menghindari pertumbuhan yang nggak merata dan memar. Setelah dipanen, semangka Densuke dipoles hingga hitam berkilau dan dinilai kualitas serta penampilannya sebelum mendapatkan stiker inspeksi sebagai sertifikat asal dan keaslian.

Selain itu, semangka Densuke juga harus melalui proses pemeliharaan yang ketat agar bisa memenuhi standar kualitas yang tinggi. Buah yang lulus uji kualitas inilah yang kemudian dijual melalui lelang dengan harga yang fantastis.

Makan Semangka Densuke Memberi Sensasi yang Berbeda dari Semangka Biasa

Makan-Semangka-Densuke-Memberi-Sensasi-yang-Berbeda-dari-Semangka-Biasa-
Potret buah semangka Densuke. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, gimana sih rasanya kalau kita bisa mencicipi semangka Densuke yang terkenal ini? Banyak pecinta wisata kuliner dan konsumen yang pernah mencoba semangka ini mengaku bahwa pengalaman mencicipi semangka Densuke sangat luar biasa.

Rasanya yang super manis dan teksturnya yang renyah bikin semangka Densuke jadi favorit banyak orang. Daging buahnya yang merah cerah dan hampir tanpa biji membuat sensasi makan semangka ini jadi lebih nikmat. Selain itu, semangka Densuke juga punya aroma yang khas dan segar.

Banyak testimoni dari orang-orang yang pernah mencicipi semangka ini mengatakan bahwa rasanya jauh lebih enak dibanding semangka biasa. Kesan pertama saat mencicipi semangka Densuke adalah rasa manis yang kuat dan tekstur yang sangat renyah. Beberapa orang bahkan merasa seperti menikmati makanan mewah karena kualitas buahnya yang premium.

Jadi, buat kamu yang penasaran dengan rasa semangka Densuke, jangan ragu untuk mencoba kalau ada kesempatan. Pengalaman mencicipi semangka termahal di dunia ini pasti bakal jadi momen yang nggak terlupakan!

Cara Mendapatkan Semangka Densuke

Cara-Mendapatkan-Semangka-Densuke-Beli-Langsung-di-Hokkaido-
Potret pasar lokal yang ada di Jepang. Sumber: Dok. klook.com

Setelah tahu betapa spesialnya semangka Densuke, pasti kamu penasaran gimana cara mendapatkan buah ini, kan? Tenang, ada beberapa cara untuk bisa menikmati semangka termahal di dunia ini, meskipun memang nggak gampang dan butuh usaha ekstra.

1. Beli Langsung di Hokkaido

Cara paling otentik tentu saja adalah membeli langsung di tempat asalnya, Hokkaido. Semangka Densuke bisa kamu temukan di pasar lokal dan stasiun pinggir jalan di desa Tohma dari bulan Juni hingga Agustus. Harganya sekitar 190 hingga 300 USD per buah.

2. Mengikuti Lelang

Buat kamu yang ingin merasakan semangka Densuke dengan kualitas terbaik, mengikuti lelang adalah pilihan terbaik. Setiap tahun, semangka Densuke dengan kualitas terbaik dijual melalui lelang di Sapporo. Kamu bisa mencoba keberuntunganmu di sini, tapi siap-siap merogoh kocek dalam-dalam, ya!

3. Ruang Buah Mewah

Di Jepang, ada ruang buah mewah yang mirip dengan toko perhiasan di Barat. Tempat ini menjual berbagai buah premium, termasuk semangka Densuke. Kamu bisa menemukan tempat seperti ini di kota-kota besar Jepang.

4. Menanam Sendiri

Buat kamu yang suka berkebun, menanam semangka Densuke sendiri bisa jadi alternatif menarik. Bibit semangka Densuke bisa dibeli secara online. Meski kondisinya mungkin nggak optimal seperti di Hokkaido, siapa tahu kamu bisa berhasil menanamnya!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita udah banyak banget bahas tentang semangka Densuke. Semangka Densuke bukan cuma buah biasa. Penampilannya yang unik dengan kulit hitam mengkilap dan daging merah cerah, serta rasanya yang super manis dan renyah, bikin semangka ini jadi incaran banyak orang.

Budaya Jepang yang sangat menghargai buah sebagai simbol penghormatan dan hadiah mewah juga menambah nilai dari semangka Densuke ini. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba semangka Densuke, ada beberapa cara yang bisa dicoba, mulai dari beli langsung di Hokkaido, mengikuti lelang, beli di ruang buah mewah, atau bahkan menanam sendiri.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang semangka Densuke dan mungkin suatu hari nanti kamu bisa mencicipi semangka legendaris ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

REFERENSI

  • Food Republic. (n.d.). Why Densuke Watermelons Can Cost Thousands of Dollars. Retrieved from Food Republic
  • Tasting Table. (n.d.). Why Densuke Watermelons Can Cost Thousands of Dollars. Retrieved from Tasting Table
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *