Fakta Dunia

15 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia 

60
×

15 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia 

Sebarkan artikel ini
Kota biaya termahal.
15 kota dengan biaya hidup termahal di indonesia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal ngobrolin topik yang seru dan pastinya penting buat kamu yang tinggal di kota besar atau lagi punya rencana pindah ke salah satu kota besar di Indonesia. Yup, topik kita kali ini adalah kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Well, buat kamu yang lagi merencanakan masa depan, entah itu untuk kuliah, kerja, atau bahkan menetap di suatu kota, mengetahui biaya hidup itu krusial banget. Dengan tahu biaya hidup, kamu bisa merencanakan keuangan lebih baik dan siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Artikel ini bertujuan buat kasih kamu gambaran jelas tentang biaya hidup di 15 kota besar di Indonesia yang terkenal mahal. Kita bakal lihat faktor-faktor apa saja yang bikin biaya hidup di kota-kota ini tinggi dan gimana upah minimum provinsi (UMP) atau kota (UMK) dibandingkan dengan biaya hidup bulanan rata-rata.

So, siap buat mulai perjalanan ini dan temukan kota-kota mana aja yang masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia? Yuk, langsung aja kita mulai!

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta
Potret Kota DKI Jakarta. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kita akan mulai dari kota metropolitan tercinta, DKI Jakarta. Apakah biaya hidup Jakarta mahal? Hmm, sepertinya tidak heran kalau Jakarta ada di urutan pertama dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Bayangkan, biaya hidup ideal di sini mencapai Rp15 juta per bulan!

Jadi, Sob, biaya yang tinggi itu disebabkan karena Jakarta memiliki tingkat urbanisasi yang super tinggi. Ditambah lagi Jakarta merupakan pusat bisnis serta ekonomi Indonesia. So, gak heran kalo segala sesuatu di Jakarta serba mahal, mulai dari harga sewa tempat tinggal, makanan, transportasi, hingga hiburan.

Tapi, kalau kita bandingkan dengan UMP Jakarta pada tahun 2024 yang hanya Rp5.067.381 per bulan, kamu bisa lihat ada selisih yang cukup besar. Artinya, banyak orang yang harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidup di sini.

Jadi, kalau kamu berencana tinggal di Jakarta, pastikan kamu punya rencana keuangan yang matang, ya!

2. Kota Bekasi

Kota Bekasi
Potret Kota bekasi. Sumber: IST

Selanjutnya, kita meluncur sedikit ke sebelah timur Jakarta, yaitu Kota Bekasi. Siapa sangka, kota yang dikenal sebagai kota penyangga Jakarta ini juga punya biaya hidup yang nggak kalah tinggi, Sobat. Kira-kira berapa biaya hidup di Bekasi? Bayangkan, biaya hidup di Bekasi mencapai lebih dari Rp14 juta per bulan!

Bekasi berkembang pesat dengan infrastruktur yang semakin canggih, dan ini berpengaruh besar pada biaya hidup. Banyak orang yang tinggal di Bekasi tapi bekerja di Jakarta. Ini akhirnya bikin kebutuhan di sini meningkat tajam.

Namun, UMP Bekasi di tahun 2024 adalah Rp5.343.430 per bulan, masih jauh di bawah biaya hidup rata-rata. Jadi, buat kamu yang tinggal di Bekasi, penting banget buat mengatur keuangan dengan bijak.

3. Kota Surabaya

Kota Surabaya
Potret Kota Surabaya. Sumber: IST

Sekarang kita beralih ke Jawa Timur, tepatnya ke Kota Surabaya. Berapa biaya hidup di Surabaya? Kota yang dikenal sebagai pusat bisnis dan perdagangan di Jawa Timur ini punya biaya hidup lebih dari Rp13 juta per bulan. Wah, cukup tinggi, ya?!

Surabaya punya banyak daya tarik, mulai dari kuliner yang enak, fasilitas kota yang lengkap, hingga berbagai peluang bisnis. Namun, semua itu tentu ada harganya. Biaya tempat tinggal, makanan, dan transportasi di Surabaya bisa cukup menguras kantong.

Kalau dibandingkan dengan UMP Surabaya tahun 2024 yang besarannya Rp4.725.479 per bulan, terlihat jelas ada gap yang besar antara pendapatan dan biaya hidup. So, buat kamu yang mau tinggal di Surabaya, pastikan kamu punya strategi untuk mengelola pengeluaran sehari-hari supaya nggak keteteran.

4. Kota Depok

Kota Depok
Potret Kampus yang ada di Depok, UI. Sumber: ui.ac.id

Yuk, Sobat Suka Fakta, kita geser sedikit dari Jakarta ke Kota Depok. Apakah kalian sudah tahu berapa biaya hidup di Depok? Kota ini terkenal sebagai salah satu kota penyangga Jakarta dengan biaya hidup yang nggak kalah tinggi, yaitu mencapai lebih dari Rp12 juta per bulan.

Depok punya daya tarik tersendiri dengan banyaknya universitas ternama dan fasilitas kota yang terus berkembang. Urbanisasi dan konektivitas dengan Jakarta jadi faktor utama yang bikin biaya hidup di sini tinggi.

Kalau kita lihat UMP Depok tahun 2024 yang nominalnya hanya Rp4.878.612 per bulan, jelas banget ada selisih yang cukup signifikan. Buat kamu yang tinggal atau baru berencana untuk tinggal di Depok, penting banget untuk punya perencanaan keuangan yang matang supaya bisa bertahan di kota ini.

5. Kota Makassar

Kota Makassar
Potret Kota Makassar. Sumber: IST

Kita lanjut ke Indonesia bagian Timur, tepatnya di Kota Makassar. Sebagai kota terbesar di Sulawesi, Makassar punya biaya hidup yang cukup tinggi, yaitu lebih dari Rp11 juta per bulan.

Kenapa biaya hidup di Makassar mahal? Makassar berkembang pesat dengan sektor bisnis dan perdagangan yang maju. Pertumbuhan ekonomi di kota ini jadi salah satu faktor utama tingginya biaya hidup. Selain itu, letak geografis Makassar yang strategis juga berperan penting.

Namun, UMP Makassar tahun 2024 hanya Rp3.640.000 per bulan, yang berarti warga Makassar harus ekstra pintar mengelola pengeluaran sehari-hari. Buat kamu yang mau tinggal di Makassar, yuk, mulai pikirkan strategi keuangan dari sekarang!

6. Kota Tangerang

Kota Tangerang
Potret Kota Tangerang. Sumber: tangerangkota.go.id

Sobat, mari kita kembali ke wilayah sekitar Jakarta, yaitu Kota Tangerang. Berapa biaya hidup di Kota Tangerang? Termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, dengan rata-rata biaya hidup ideal mencapai lebih dari Rp10 juta per bulan.

Kota Tangerang yang berada dekat dengan Jakarta tentunya sangat terpengaruh oleh dinamika ekonomi Jakarta. Banyak orang yang bekerja di Jakarta tetapi tinggal di Tangerang, sehingga permintaan akan berbagai kebutuhan di sini juga tinggi.

UMP Tangerang tahun 2024 adalah Rp4.500.000 per bulan, yang lagi-lagi jauh di bawah biaya hidup rata-rata. Buat kamu yang mau atau sudah tinggal di Tangerang, pastikan untuk selalu bijak dalam mengatur keuangan agar bisa menikmati hidup di kota ini tanpa stres berlebihan.

7. Kota Bogor

Kota Bogor
Potret Kota Bogor. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan loncat ke Kota Bogor. Kota yang terkenal dengan julukan “Kota Hujan” ini ternyata juga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Apakah biaya hidup di Bogor mahal? Bayangkan, biaya hidup ideal di Bogor mencapai lebih dari Rp10 juta per bulan.

Bogor memiliki keindahan alam yang memukau dan sektor pariwisata yang maju. Hal ini tentu berdampak pada biaya hidup yang cukup tinggi, terutama untuk akomodasi dan kebutuhan sehari-hari. Banyak orang yang tinggal di Bogor tapi bekerja di Jakarta, sehingga permintaan di sini juga meningkat.

UMP Kota Bogor tahun 2024 adalah Rp4.813.988 per bulan, masih jauh di bawah biaya hidup rata-rata. Buat kamu yang tinggal di Bogor, penting banget untuk punya perencanaan keuangan yang baik supaya bisa menikmati segala keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan kota ini.

8. Kota Kendari

Kota Kendari
Potret Kota Kendari. Sumber: IST

Selanjutnya, kita akan terbang ke Sulawesi Tenggara, tepatnya ke Kota Kendari. Apakah biaya hidup di Kendari mahal? Meskipun bukan termasuk kota besar, Kendari punya biaya hidup yang tinggi, yaitu lebih dari Rp10 juta per bulan.

Pertumbuhan ekonomi di Kendari cukup pesat, terutama di sektor pertambangan dan perikanan. Hal ini membuat biaya hidup di kota ini meningkat, terutama untuk kebutuhan pokok dan akomodasi. 

Kendari mungkin tidak sebesar Jakarta atau Surabaya, tapi biaya hidup di sini tetap perlu diperhatikan. UMP Kota Kendari tahun 2024 adalah Rp3.000.000 per bulan, yang tentu saja jauh lebih rendah dibandingkan biaya hidup rata-rata. 

9. Kota Batam

Kota Batam
Potret Kota Batam. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat, sekarang kita akan menuju ke pulau di ujung Barat Indonesia, yaitu Kota Batam. Kira-kira berapa biaya hidup di Kota Batam? Kota yang dikenal sebagai pusat industri dan perdagangan internasional ini memiliki biaya hidup lebih dari Rp10 juta per bulan.

Batam menjadi magnet bagi investasi asing yang tentunya berdampak pada tingginya biaya hidup. Banyak ekspatriat dan pekerja dari luar kota yang tinggal di sini, membuat harga kebutuhan pokok, sewa tempat tinggal, dan biaya hidup lainnya meningkat.

UMP Kota Batam tahun 2024 adalah Rp4.500.000 per bulan, masih jauh di bawah biaya hidup rata-rata. Jadi, buat kamu yang tinggal atau berencana tinggal di Batam, penting banget untuk mengatur keuangan dengan cermat.

10. Kota Balikpapan

Kota Balikpapan
Potret Kota Balikpapan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita menuju ke Kalimantan Timur, tepatnya Kota Balikpapan. Berapa biaya hidup di Kota Balikpapan? Sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur, Balikpapan ternyata memiliki biaya hidup termahal di Indonesia dengan biaya hidup lebih dari Rp9 juta per bulan.

Biaya hidup yang tinggi itu memiliki gap yang sangat jauh dengan UMP Kota Balikpapan. Pada 2024, UMP Balikpapan hanya sebesar Rp4.500.000 per bulan.

Balikpapan terkenal dengan industri minyak dan gasnya, yang tentu saja berpengaruh besar pada biaya hidup di kota ini. Tingginya permintaan untuk akomodasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari membuat biaya hidup di sini meningkat.

11. Kota Bandung

Kota Bandung
Potret Kota Bandung. Sumber: IST

Sekarang, kita menuju ke Jawa Barat, tepatnya Kota Bandung. Apakah kalian sudah tahu berapa biaya hidup di Kota Bandung? Kota yang terkenal dengan julukan “Paris van Java” ini juga memiliki biaya hidup yang cukup tinggi, meskipun tidak setinggi Jakarta atau Bekasi. 

Bayangkan, biaya hidup di Bandung mencapai Rp10 juta per bulan, sedangkan UMP di kota ini hanya Rp4.500.000 per bulan. Artinya, warga Bandung harus pintar-pintar mengelola uang.

Bandung adalah kota yang dinamis dengan banyak universitas, pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata. Semua ini membuat biaya hidup di Bandung cukup tinggi, terutama untuk akomodasi dan hiburan.

12. Kota Medan

Kota Medan
Potret Kota Medan. Sumber: IST

Selanjutnya, kita terbang ke Sumatera Utara, tepatnya Kota Medan. Apakah biaya hidup di Medan mahal? Kota terbesar di Sumatera ini punya biaya hidup yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp10,5 juta per bulan, sementara UMP-nya hanya Rp4.500.000 per bulan.

Medan adalah pusat perdagangan dan bisnis di Sumatera Utara, dengan berbagai fasilitas kota yang lengkap. Hal ini membuat biaya hidup di Medan cukup tinggi, terutama untuk kebutuhan pokok dan akomodasi.

13. Kota Semarang

Kota Semarang
Potret Kota Semarang Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan melanjutkan perjalanan ke Jawa Tengah, tepatnya ke Kota Semarang. Apakah biaya hidup di Kota Semarang mahal? Kota ini terkenal dengan warisan budaya dan sejarahnya, serta sebagai salah satu pusat bisnis di Jawa Tengah. Biaya hidup di Semarang mencapai sekitar Rp10 juta per bulan.

Semarang memiliki banyak daya tarik, mulai dari kawasan kota tua, kuliner yang lezat, hingga fasilitas kota yang terus berkembang. Semua ini berkontribusi pada tingginya biaya hidup di Semarang, terutama untuk akomodasi dan kebutuhan pokok.

UMP Kota Semarang tahun 2024 adalah Rp4.500.000 per bulan, yang tentu saja lebih rendah dibandingkan biaya hidup rata-rata. Buat kamu yang tinggal di Semarang, penting banget untuk mengelola keuangan dengan bijak agar bisa menikmati segala keunikan dan kenyamanan yang ditawarkan kota ini.

14. Kota Palembang

Kota Palembang
Potret Kota Palembang. Sumber: IST

Selanjutnya, kita beralih ke Sumatera Selatan, tepatnya ke Kota Palembang. Berapa biaya hidup di Kota Palembang? Kota yang terkenal dengan pempeknya ini juga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, dengan biaya hidup sekitar Rp10,5 juta per bulan.

Palembang adalah pusat ekonomi dan perdagangan di Sumatera Selatan. Pertumbuhan ekonomi yang pesat dan sektor perdagangan yang maju berkontribusi pada tingginya biaya hidup di kota ini. Selain itu, perkembangan infrastruktur juga berpengaruh besar.

UMP Kota Palembang tahun 2024 adalah Rp4.500.000 per bulan, jadi ada selisih yang cukup besar antara UMP dan biaya hidup. Buat kamu yang tinggal di Palembang, pastikan untuk mengatur pengeluaran dengan baik agar bisa menikmati segala kenyamanan yang ditawarkan kota ini.

15. Kota Manado

Kota Manado
Potret Kota Manado. Sumber: IST

Akhirnya, kita sampai di kota terakhir, yaitu Kota Manado. Kota ini terletak di Sulawesi Utara dan terkenal dengan keindahan alamnya serta kekayaan lautnya.

Manado adalah kota yang indah dengan sektor pariwisata yang maju. Banyak orang datang ke sini untuk menikmati pantai, laut, dan kehidupan bawah air yang menakjubkan. Hal ini tentu saja berpengaruh pada biaya hidup yang cukup tinggi, terutama untuk akomodasi dan kebutuhan sehari-hari.

Berapa biaya hidup di Kota Manado? Biaya hidup di Manado mencapai sekitar Rp10 juta per bulan, sementara UMP-nya di 2024 adalah Rp4.500.000 per bulan. Jadi, buat kamu yang tinggal di Manado, penting banget untuk punya perencanaan keuangan yang matang agar bisa menikmati keindahan alam dan segala kenyamanan yang ditawarkan kota ini.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, dari pembahasan 15 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, kita bisa melihat bahwa masih banyak kota yang memiliki biaya hidup yang jauh lebih tinggi dibandingkan UMP atau UMK mereka. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya perencanaan keuangan yang baik untuk bisa bertahan di kota-kota tersebut.

Dengan perencanaan yang baik, kamu bisa mengatasi tantangan biaya hidup tinggi dan tetap bisa hidup nyaman di kota-kota besar. Ingat, gaji yang di bawah biaya hidup bukanlah akhir dari segalanya. Dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan sejahtera.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir! Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, dan terus ikuti artikel menarik lainnya di sini. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya!

REFERENSI

  • Badan Pusat Statistik. (2023). “BPS Merilis Daftar 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal, Berapa UMP-nya?” Diakses dari https://pina.id/artikel/detail/bps-merilis-daftar-10-kota-dengan-biaya-hidup-termahal-berapa-ump-nya-h7fmambk2lp
  • Liputan6.com. (2023). “5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Ternyata Ada Depok dan Bekasi.” Diakses dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/5591056/5-kota-dengan-biaya-hidup-termahal-di-indonesia-ternyata-ada-depok-dan-bekasi#:~:text=DKI%20Jakarta&text=DKI%20Jakarta%20menempati%20daftar%20urutan,hanya%20sebesar%20Rp%205.067.381
  • Bantentv.com. (2023). “Inilah Enam Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia.” Diakses dari https://bantentv.com/hiburan/gaya-hidup/inilah-enam-kota-dengan-biaya-hidup-termahal-di-indonesia/
  • Detik.com. (2023). “10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal dan Terendah di Indonesia, Ini Daftarnya.” Diakses dari https://www.detik.com/sumut/berita/d-7149338/10-kota-dengan-biaya-hidup-termahal-dan-terendah-di-indonesia-ini-daftarnya
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *