Fakta Dunia

Mengenal Lasagna, Hidangan Pasta Tertua di Dunia 

65
×

Mengenal Lasagna, Hidangan Pasta Tertua di Dunia 

Sebarkan artikel ini
Lasagna
Mengenal Lasagna, Hidangan Pasta Tertua di Dunia. Sumber: Dok. thecozycook.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal wisata kuliner dengan membahas lasagna. Siapa sih yang gak kenal dengan makanan satu ini?! Bentuk lasagna memang hampir mirip dengan steak and kidney pie, Sob, tapi kedua makanan ini berbeda jauh, lho!

Lasagna ini terkenal karena rasanya yang enak banget. Bayangin deh, lapisan demi lapisan pasta, keju, dan saus daging yang dipanggang sampai berbuih dan kecoklatan. Yummy!

Nah, di artikel ini kita bakal ngobrolin semua hal tentang lasagna. Mulai dari resep lasagna yang gampang dan enak, sampai fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu. Jadi, siap-siap untuk petualangan kali ini, ya, Sob!

Asal Usul dan Sejarah Singkat Lasagna

Bendera Italia
Potret Bendera Italia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kita nyemplung lebih dalam ke resep dan cara membuat lasagna, yuk kita kenalan dulu dengan sejarah singkat dari makanan yang satu ini. Ternyata, lasagna punya sejarah yang panjang dan menarik, lho!

Lasagna adalah salah satu hidangan pasta tertua di dunia yang asal-usulnya bisa ditelusuri kembali ke budaya zaman Romawi kuno. Nama “lasagna” sendiri berasal dari kata Yunani “laganon” yang merujuk pada lembaran pasta pertama yang ditemukan. 

Pada zaman Romawi, lasagna lebih mirip dengan lasagna modern, hanya saja mereka belum menggunakan tomat karena belum ditemukan di Eropa. Sementara lasagna yang kita kenal sekarang mulai muncul di Italia pada abad ke-14. 

Pada saat itu, lasagna dibuat dengan lembaran pasta yang disusun dengan saus dan keju, lalu dipanggang. Seiring berjalannya waktu, berbagai daerah di Italia mulai menambahkan bahan-bahan lokal mereka sendiri, seperti daging, sayuran, dan bumbu-bumbu khas, menjadikan lasagna semakin bervariasi dan lezat.

Menariknya, lasagna juga telah menyeberang ke berbagai belahan dunia dan diadaptasi sesuai dengan selera lokal. Di Amerika, misalnya, lasagna sering dibuat dengan keju ricotta dan mozzarella, serta saus tomat.

Bahan-bahan Dasar yang Diperlukan untuk Membuat Lasagna

Lasagna
Kolase Bahan – bahan Utama Lasagna. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, untuk membuat lasagna yang enak dan bikin nagih, kita perlu bahan-bahan yang tepat. Berikut ini adalah bahan-bahan dasar yang harus kamu siapkan:

  • Isian Keju: Keju adalah bahan utama dalam proses pembuatan lasagna. Untuk resep klasik, kita menggunakan ricotta dan parmesan yang dicampur dengan bumbu dan beberapa sendok makan peterseli. Kalau nggak punya ricotta, keju cottage juga bisa jadi alternatif yang oke.
  • Daging dan Sosis: Kombinasi sosis Italia dan daging giling memberikan kombinasi rasa yang gurih. Tapi, kalau kamu lebih suka pakai daging sapi saja, kamu bisa tambahkan sedikit biji adas dan bumbu Italia untuk rasa yang lebih nikmat.
  • Saus: Untuk sausnya, kamu bisa pakai saus pasta atau saus marinara. Kalau mau lebih spesial, kamu bisa bikin saus dari awal dengan tomat tumbuk dan tomat kalengan.
  • Bayam (variasi): Untuk variasi yang lebih sehat, kamu bisa tambahkan bayam. Gunakan bayam beku yang sudah dicairkan dan peras kelebihannya sebelum dicampur dengan lapisan keju.

Cara Membuat Lasagna yang Tepat dan Praktis

pasta.
Ilustrasi merebus pasta. Sumber: IST

Yuk, Sobat Suka Fakta, kita mulai petualangan membuat lasagna! Meskipun ada beberapa langkah pembuatan, tapi semua langkah ini cukup mudah kok. Dijamin, hasil akhirnya bakal bikin kamu puas. Mari kita lihat langkah-langkahnya!

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, pastikan semua bahan sudah siap. Ini penting banget biar proses memasak lebih lancar. Kamu perlu:

  • Mie lasagna
  • Campuran keju (ricotta, parmesan, peterseli)
  • Daging (sosis Italia dan daging giling)
  • Saus (saus pasta atau marinara)
  • Bayam (opsional)

2. Merebus Pasta

Masak mie lasagna dalam panci besar berisi air asin sesuai petunjuk di kemasan. Setelah matang, tiriskan dan bilas dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak.

3. Menyiapkan Saus Daging

Dalam wajan besar, masak sosis Italia dan daging giling bersama bawang merah dan bawang putih hingga matang dan kecoklatan. Tiriskan kelebihan lemaknya, lalu tambahkan saus pasta atau marinara. Didihkan saus ini selama beberapa menit hingga mengental.

4. Membuat Campuran Keju

Dalam mangkuk besar, campur keju ricotta dengan telur, parmesan, peterseli, garam, dan merica. Kemudian aduk hingga merata. Campuran keju ini yang akan memberikan tekstur creamy pada lasagna kamu.

5. Melapisi Lasagna

Sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru, melapisi lasagna! Ambil loyang berukuran 9×13 inci dan ikuti langkah-langkah ini:

  • Oleskan sekitar secangkir saus daging di dasar loyang.
  • Tambahkan selapis mie lasagna.
  • Olesi mie dengan campuran keju ricotta.
  • Ulangi lapisan ini hingga semua bahan habis, diakhiri dengan lapisan mie dan saus daging di atasnya.

6. Memanggang Lasagna

Setelah selesai menyusun lapisan lasagna, langkah selanjutnya adalah memanggang. Setelah lasagna diletakkan di loyang, tutupi loyang dengan aluminium foil dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 375°F (190°C) selama 25 menit. 

Setelah itu, keluarkan aluminium foil dan taburi lasagna dengan keju mozzarella dan parmesan. Panggang lagi selama 25 menit atau hingga keju meleleh dan bagian atasnya berwarna kecoklatan.

7. Biarkan Istirahat

Setelah lasagna matang, biarkan istirahat selama 15 menit sebelum dipotong. Ini penting agar lasagna tidak terlalu berair dan tetap rapi saat dipotong. Voila! Lasagna enak dan lezat siap disajikan. Gimana, Sobat Suka Fakta, mudah kan?!

Tips dan Trik Jika Ingin Memasak Lasagna Agar Hasilnya Sempurna

Saus San Marzano
Potret Saus San Marzano. Sumber: Dok. homemadeitaliancooking.com

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita bahas tips dan trik agar lasagna buatanmu semakin lezat dan sempurna. Tips-tips ini bakal berguna banget buat kamu yang ingin hasil terbaik. Yuk, langsung aja kita cek!

Tips Memilih Bahan Terbaik

  1. Keju: Pilih keju berkualitas baik. Keju segar yang kamu parut sendiri biasanya lebih baik daripada keju yang sudah diparut dan dikemas karena tidak mengandung bahan anti-caking.
  2. Saus: Jika memungkinkan, kamu sebaiknya membuat saus tomat sendiri. Tomat kalengan berkualitas baik seperti San Marzano bisa memberikan rasa yang lebih mantap.
  3. Daging: Kombinasi sosis Italia dan daging sapi giling segar biasanya memberikan rasa yang lebih kompleks. Jika kamu vegetarian, gunakan alternatif seperti jamur atau daging nabati.

Trik Agar Lasagna Tidak Lengket

  1. Mie Lasagna: Tambahkan sedikit minyak zaitun ke air rebusan mie lasagna agar tidak lengket. Jika menggunakan mie lasagna instan, pastikan sausnya cukup cair untuk menghidrasi mie selama proses pemanggangan.
  2. Melapisi Loyang: Olesi sedikit saus di dasar loyang sebelum menambahkan mie lasagna lapisan pertama. Ini bisa mencegah mie menempel di dasar loyang.

Cara Mendapatkan Keju yang Sempurna

  1. Keju Mozzarella: Gunakan keju mozzarella segar yang diparut sendiri untuk hasil yang lebih baik. Keju yang sudah diparut terkadang mengandung bahan tambahan yang membuatnya kurang meleleh dengan sempurna.
  2. Layering Keju: Jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak keju di setiap lapisan untuk hasil yang lebih cheesy dan lezat.

Dengan tips dan trik ini, dijamin lasagna kamu akan semakin enak dan sempurna. Nah, sekarang kita lanjut ke variasi resep lasagna yang bisa kamu coba. Let’s go!

Ada Banyak Variasi Resep Lasagna yang Dapat Dicoba

 Lasagna
Potret Lasagna Variasi Seafood. Sumber: Dok. stefseatsandsweets.com

Sobat Suka Fakta, lasagna nggak harus selalu sama. Ada banyak variasi resep lasagna yang bisa kamu coba sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Berikut beberapa variasi lasagna yang menarik dan pastinya enak:

Lasagna Vegetarian

Untuk kamu yang vegetarian atau ingin mencoba sesuatu yang lebih sehat, lasagna vegetarian bisa jadi pilihan. Gunakan sayuran seperti bayam, jamur, zucchini, dan terong sebagai pengganti daging. Tambahkan saus tomat dan keju seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan seperti lentil untuk ekstra protein.

Lasagna Seafood

Pecinta seafood, mana suaranya?!! Lasagna seafood ini pasti bikin kamu tergoda. Gunakan bahan seperti udang, kepiting, dan ikan sebagai pengganti daging. Campurkan dengan saus béchamel yang creamy dan keju parmesan untuk rasa yang gurih dan lezat.

Lasagna dengan Saus Putih (Béchamel)

Ini dia variasi yang lebih creamy! Alih-alih menggunakan saus tomat, lasagna ini menggunakan saus béchamel yang terbuat dari mentega, tepung, dan susu. Tambahkan keju seperti gruyere atau parmesan untuk rasa yang lebih kaya. Lasagna ini cocok untuk kamu yang suka rasa creamy dan lembut.

Fakta Menarik Lainnya Tentang Lasagna yang Jarang Diketahui

Festival Lasagna Love.
Potret Festival Lasagna Love. Sumber: Dok. lasagnalove.org

Sobat Suka Fakta, ternyata ada banyak hal menarik tentang lasagna yang mungkin belum kamu tahu. Lasagna bukan cuma sekedar makanan enak, tapi juga punya cerita dan fakta unik. Yuk, kita simak!

Popularitas Lasagna di Berbagai Negara

Lasagna itu nggak cuma populer di Italia saja, tapi juga di seluruh dunia! Di Amerika, lasagna sering kali dibuat dengan tambahan keju ricotta dan mozzarella. Sementara di Inggris, lasagna menjadi salah satu makanan yang sangat digemari dan sering hadir di meja makan keluarga.

Lasagna dalam Budaya Pop

Lasagna juga sering muncul di berbagai film dan acara TV. Salah satu karakter terkenal yang sangat menyukai lasagna adalah Garfield, kucing yang terkenal dengan kecintaannya pada lasagna. Lasagna juga sering muncul dalam acara masak-memasak di TV dan kontes memasak.

Festival dan Acara Khusus yang Merayakan Lasagna

Ternyata ada lho festival yang khusus merayakan lasagna! Salah satunya adalah “Lasagna Love Festival” yang diadakan di beberapa kota di Amerika. Festival ini menghadirkan berbagai macam lasagna dengan resep unik dari berbagai chef.

Fakta-fakta ini menambah keunikan dan keistimewaan lasagna sebagai makanan yang dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi, nggak heran kalau lasagna selalu jadi favorit banyak orang!

Cara Menyimpan dan Memanaskan Ulang Lasagna

 Lasagna
Ilustrasi Lasagna Yang dihangatkan dengan Microwave. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang setelah kamu tahu cara membuat lasagna yang enak dan lezat, penting juga untuk tahu cara menyimpan dan memanaskan ulang lasagna agar tetap enak dan segar. Yuk, kita pelajari caranya!

Cara Menyimpan Lasagna

  1. Menyimpan di Kulkas

Jika kamu berencana menyimpan lasagna untuk beberapa hari, pastikan lasagna sudah benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Bungkus rapat dengan aluminium foil atau simpan dalam wadah kedap udara. Lasagna bisa disimpan di kulkas hingga 2-3 hari.

  1. Membekukan Lasagna

Lasagna juga bisa dibekukan untuk penyimpanan jangka panjang. Potong lasagna menjadi beberapa porsi, bungkus rapat dengan plastik wrap dan aluminium foil, lalu masukkan ke dalam freezer. Lasagna bisa bertahan hingga 3 bulan di dalam freezer.

Cara Memanaskan Ulang Lasagna

  1. Oven

Cara terbaik untuk memanaskan ulang lasagna adalah di dalam oven. Panaskan oven hingga 350°F (175°C), letakkan lasagna di dalam loyang, dan tutup dengan aluminium foil. Panggang selama 20-30 menit atau hingga lasagna panas dan berbuih.

  1. Microwave

Jika kamu terburu-buru, kamu bisa memanaskan lasagna di microwave. Potong lasagna menjadi porsi kecil, letakkan di piring microwave-safe, dan panaskan dengan setting medium-high selama 2-3 menit atau hingga panas. Jangan lupa untuk menutup lasagna dengan tutup microwave agar tidak kering.

  1. Tips Tambahan

Biarkan lasagna istirahat selama beberapa menit setelah dipanaskan ulang sebelum disajikan. Ini membantu menjaga tekstur dan rasa lasagna tetap lezat.

Dengan cara menyimpan dan memanaskan ulang yang benar, lasagna kamu akan tetap enak dan lezat meskipun disimpan beberapa hari. 

Rekomendasi Hidangan yang Cocok Sebagai Pendamping Lasagna

 Salad Caesar:
Potret Makanan Salad Caesar: Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, lasagna memang enak dimakan begitu saja, tapi akan lebih nikmat lagi kalau disajikan dengan hidangan pendamping yang pas. Berikut ini beberapa rekomendasi hidangan pendamping yang cocok untuk menemani lasagna kamu:

Salad yang Cocok dengan Lasagna

  1. Salad Caesar: Salad Caesar dengan saus creamy dan crouton renyah adalah pasangan yang sempurna untuk lasagna. Rasa segar dari sayuran hijau dan saus bisa menyeimbangkan kelezatan lasagna.
  2. Salad Italia: Salad Italia yang sederhana dengan campuran selada, tomat ceri, zaitun, bawang merah, dan saus vinaigrette juga cocok untuk menemani lasagna. Tambahkan keju parmesan parut di atasnya untuk sentuhan ekstra.
  3. Roti Bawang Putih: Tidak ada yang lebih cocok untuk menemani lasagna selain roti bawang putih yang renyah dan gurih. Kamu bisa membuat roti bawang putih sendiri dengan mengolesi roti baguette dengan campuran mentega, bawang putih cincang, dan parsley, lalu panggang hingga kecoklatan. Roti bawang putih ini akan menjadi pasangan yang sempurna untuk menyantap lasagna.

Minuman yang Pas Disajikan dengan Lasagna

  1. Anggur Merah: Segelas anggur merah seperti Chianti atau Sangiovese akan menjadi pendamping yang sempurna untuk lasagna. Rasa anggur yang kaya dan kompleks akan melengkapi rasa lasagna yang gurih.
  2. Teh Lemon: Untuk pilihan minuman non-alkohol, teh lemon yang segar bisa menjadi pilihan yang tepat. Rasa asam dari lemon akan membantu menyegarkan mulut setelah menikmati lasagna.

Dengan hidangan pendamping ini, pengalaman makan lasagna kamu akan semakin lengkap dan nikmat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba kombinasi ini di rumah!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, akhirnya kita sampai di penghujung petualangan kuliner kita hari ini. Lasagna bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga pengalaman yang bisa dinikmati bersama keluarga dan teman. Dari sejarahnya yang panjang hingga tips dan trik untuk hasil terbaik, semua informasi ini diharapkan bisa membantu kamu dalam memasak lasagna.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba buat lasagna sendiri di rumah dan rasakan kelezatannya! Bagikan hasilnya dengan keluarga dan teman, dan lihat betapa mereka akan terkesan dengan kemampuan memasak kamu. Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat dan membuat kamu semakin bersemangat dalam memasak.

REFERENSI

  • Chandler, J. (n.d.). World’s Best Lasagna. Retrieved from https://www.allrecipes.com/recipe/23600/worlds-best-lasagna/
  • Dilallo, H. (n.d.). Easy Homemade Lasagna. Retrieved from https://www.spendwithpennies.com/easy-homemade-lasagna/
  • Nagi. (n.d.). Lasagna. Retrieved from https://www.recipetineats.com/lasagna/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *