Fakta Dunia

Mengenal Makanan Khas Vietnam Pho yang Menyebar di Seluruh Dunia 

70
×

Mengenal Makanan Khas Vietnam Pho yang Menyebar di Seluruh Dunia 

Sebarkan artikel ini
Pho
Mengenal Pho, Makanan Khas Vietnam yang Telah Menyebar di Seluruh Dunia. Sumber: Dok. Vietnam.Travel

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar Pho itu apa? Pho adalah makanan khas Vietnam dengan kaldu khas nya yang kaya akan rempah. Meski wisata kuliner ini belum seterkenal sushi, kebab, atau ramen, tapi Pho ternyata gak kalah enak, lho!

Pho itu bukan cuma makanan biasa, Pho adalah simbol dari budaya dan sejarah Vietnam. Hidangan ini sangat dicintai dan dihormati, bahkan dianggap sebagai jiwa dan esensi kuliner Vietnam. 

Nah, dalam artikel ini kita akan menjelajahi makanan khas Vietnam Pho, mulai dari sejarahnya yang menarik, seni dalam pembuatannya, variasi regional, hingga bagaimana cara menikmatinya dengan benar. Yuk, langsung aja kita mulai!

1. Sejarah dan Asal Usul Pho, Makanan Lezat Khas Vietnam

 Vietnam dan Prancis
Bendera Vietnam dan Prancis, Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Pho, yang diucapkan “fuh”, berasal dari Vietnam Utara, khususnya di kota Hanoi yang ramai. Hidangan ini sudah menjadi bagian dari tradisi kuliner Vietnam selama lebih dari seratus tahun.

Menariknya, nama “Pho” ternyata punya cerita unik. Nama ini diduga berasal dari masakan Prancis “pot-au-feu”, yang merupakan sup daging sapi klasik. Selama masa kolonial Prancis di Vietnam, penduduk lokal mengadaptasi hidangan ini dengan teknik dan cita rasa mereka sendiri, sehingga lahirlah Pho seperti yang kita kenal sekarang. 

Jadi, Pho adalah hasil dari pertukaran budaya yang dinamis antara Vietnam dan Prancis, menggabungkan kecerdikan Vietnam dengan pengaruh kuliner Prancis.

Nah, evolusi Pho mencerminkan betapa kreatifnya masyarakat Vietnam dalam menghadapi pengaruh asing. Saat ini, Pho telah mendunia dan menjadi simbol favorit masakan Vietnam di seluruh dunia. 

2. Membuat Kaldu Pho Membutuhkan Waktu, Kesabaran dan Keterampilan Khusus

Kaldu Pho.
Ilustrasi memasak Kaldu Pho. Sumber: IST

Kalau ngomongin Pho, yang paling penting tentu saja kaldunya. Membuat kaldu Pho itu benar-benar seni, Sobat Suka Fakta! Ini bukan pekerjaan mudah karena membutuhkan waktu, kesabaran, dan keterampilan khusus.

Pertama-tama, kaldu Pho dibuat dari tulang sapi atau ayam berkualitas tinggi yang direbus selama beberapa jam. Proses ini memungkinkan rasa dari tulang benar-benar keluar dan berkembang. 

Bahan-bahan seperti bawang bombay dan jahe yang hangus, kayu manis, dan bunga lawang ditambahkan untuk memberikan kedalaman dan aroma smoky yang halus pada kaldu.

Tidak hanya itu, kaldu Pho harus terus disaring untuk menghilangkan kotoran dan memastikan hasil akhirnya jernih dan bersih. Perhatian terhadap detail inilah yang membuat kaldu Pho yang luar biasa berbeda dari yang biasa.

Hasil akhirnya? Kuah kaldu yang memancarkan aroma surgawi dengan perpaduan rasa gurih, manis, dan aromatik. Kaldu ini adalah dasar dari seluruh pengalaman Pho. Dipadukan dengan bihun, irisan daging empuk, serta sederet bumbu segar seperti tauge dan irisan jeruk nipis, kuah ini menyatukan semua komponen sehingga menciptakan simfoni rasa dan tekstur.

3. Bahan-Bahan Utama yang Digunakan Dalam Pho

PHO
Kolase bahan bahan utama membuat Pho. Sumber: Dok. tokopedia

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengupas tuntas seni di balik kaldu Pho, sekarang saatnya kita cari tahu Pho dibuat dari apa? Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan Pho adalah Mie Beras (Bánh Phở) hingga rempah-rempah khas Vietnam.

Yuk mari kita lihat lebih dekat bahan-bahan utama yang membuat Pho begitu lezat dan spesial. Setiap elemen dalam semangkuk Pho memiliki peran penting dalam menciptakan harmoni rasa yang kita nikmati.

1. Mie Beras (Bánh Phở)

Mie beras dalam Pho memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Mie ini terbuat dari tepung beras dan air, dan bentuknya pipih dan lebar. Rasa netral dari mie ini membuatnya sempurna untuk menyerap kelezatan kaldu yang gurih.

2. Daging

Pho tradisional biasanya menggunakan daging sapi yang diiris tipis. Namun, ada juga variasi dengan daging ayam (Pho Ga). Potongan daging ini bisa dimasak langsung dalam kaldu panas atau ditambahkan setelah kaldu mendidih untuk mempertahankan teksturnya yang lembut.

3. Rempah-rempah dan Aromatik

Rempah-rempah seperti adas bintang, cengkeh, batang kayu manis, dan kapulaga adalah kunci dalam menciptakan rasa khas Pho. Jahe dan bawang bombay yang hangus juga ditambahkan untuk memberikan aroma smoky yang unik pada kaldu.

4. Hiasan dan Bumbu

Tidak ada semangkuk Pho yang lengkap tanpa hiasan seperti tauge, daun ketumbar, dan irisan jeruk nipis. Selain itu, bumbu tambahan seperti saus hoisin, Sriracha, dan kecap ikan sering kali disajikan di sampingnya, memungkinkan pengunjung untuk menyesuaikan rasa Pho sesuai selera mereka.

Setiap komponen ini, meskipun sederhana, bersatu untuk menciptakan hidangan yang kompleks dan memuaskan. Jadi, sudah siap untuk mencicipi kelezatan Pho yang sesungguhnya? 

4. Tidak Hanya 1 Jenis, Pho Memiliki Beragam Variasi yang Menarik

 pho ga
Potret variasi Pho dengan daging ayam (Pho Ga). Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata, Pho itu nggak cuma satu jenis, lho! Setiap wilayah di Vietnam punya cara unik untuk membuat dan menikmati Pho. Yuk, kita lihat perbedaannya!

1. Pho Bac (Gaya Utara)

Pho Bac berasal dari Vietnam Utara, khususnya Hanoi. Gaya ini dikenal dengan kuahnya yang bening dan ringan. Bihun yang digunakan lebih kecil dan hiasannya sederhana. 

Biasanya hanya ada daging sapi iris tipis dan sedikit daun ketumbar atau bawang hijau. Rasa Pho Bac cenderung lebih murni dan tidak terlalu banyak bumbu tambahan, sehingga rasa kaldu benar-benar menonjol.

2. Pho Nam (Gaya Selatan)

Pho Nam adalah versi dari Vietnam Selatan. Kuahnya sedikit lebih manis dan lebih kompleks karena menggunakan lebih banyak bumbu dan rempah. Bihun yang digunakan sedikit lebih besar dan hiasannya lebih banyak. 

Di samping daging sapi iris tipis, ada tauge, daun basil Thailand, irisan jeruk nipis, dan cabai segar. Pho Nam juga sering disajikan dengan saus hoisin dan Sriracha sebagai bumbu tambahan.

3. Variasi Lainnya

Selain Pho Bac dan Pho Nam, ada juga variasi lain seperti Pho Ga (Pho Ayam) yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utama. Beberapa variasi modern bahkan menggunakan bahan-bahan seperti bebek, hati panggang, atau bahkan anggur merah dalam kuahnya. Ada juga Pho vegetarian yang menggunakan kaldu sayuran dan tahu sebagai pengganti daging.

5. Pho Bukan Hanya Makanan, Tetapi Sebuah Seni 

Pho.
Potret Makanan Pho. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, menyantap Pho itu bukan hanya sekadar makan, tapi juga sebuah seni! Ada etika dan tradisi tertentu yang menambah pengalaman menyantap Pho jadi lebih nikmat. Mau tahu caranya? Yuk, kita simak!

1. Menggunakan Sumpit dan Sendok

Cara tradisional menikmati Pho adalah dengan menggunakan sumpit untuk mengambil mie dan bumbu, dan sendok untuk memakan kuah. Kombinasi ini memungkinkan kamu menikmati setiap elemen Pho dengan maksimal.

2. Menyesuaikan Rasa

Saat Pho disajikan, biasanya ada sepiring bumbu segar seperti tauge, daun ketumbar, basil, dan irisan jeruk nipis. Tambahkan bumbu ini sesuai selera kamu. Jangan lupa tambahkan saus hoisin atau Sriracha jika suka rasa manis atau pedas.

3. Mencium Aroma Kaldu

Sebelum menyantap, luangkan waktu sejenak untuk menghirup aroma kaldu. Ini membantu kamu mengapresiasi kedalaman rasa yang telah diciptakan dari proses perebusan yang panjang.

4. Menikmati Daging

Makanlah potongan daging di sela-sela gigitan mie. Teknik ini akan memberikan pengalaman rasa yang seimbang dan sangat memanjakan lidah.

5. Tetap Condong ke Depan

Untuk menghindari percikan kuah, condongkan tubuh sedikit ke depan di atas mangkuk. Ini juga bisa mendekatkan kamu ke hidangan sehingga lebih mudah menikmatinya.

Dengan mengikuti seni dan etika ini, pengalaman makan Pho kamu akan jadi lebih autentik dan menyenangkan. 

6. Pho Memiliki Tempat Khusus dalam Budaya di Vietnam

Pho
Potret Restaurant Pho di Amerika. Sumber: Hong Van

Pho bukan hanya soal rasa, Sobat Suka Fakta. Pho juga punya tempat khusus dalam budaya dan kehidupan sosial di Vietnam. Yuk, kita lihat bagaimana Pho menjadi bagian penting dari tradisi Vietnam.

Simbol Kebersamaan

Di Vietnam, menikmati semangkuk Pho sering kali dilakukan bersama keluarga dan teman. Ini bukan sekadar makan, tapi juga momen untuk berkumpul dan berbagi cerita. Tradisi ini menciptakan rasa kebersamaan dan mempererat hubungan sosial.

Makna Budaya

Pho melambangkan semangat dan kreativitas masyarakat Vietnam dalam menghadapi pengaruh budaya asing. Dalam setiap mangkuk Pho, terkandung sejarah, tradisi, dan nilai-nilai kebersamaan yang sangat dihargai oleh masyarakat Vietnam.

Tradisi Kuliner

Pho adalah contoh sempurna bagaimana masakan bisa mencerminkan identitas sebuah bangsa. Dari cara pembuatannya hingga cara menikmatinya, semuanya mencerminkan dedikasi dan cinta masyarakat Vietnam terhadap kuliner mereka.

Populer di Berbagai Kalangan

Baik tua maupun muda, Pho adalah makanan yang dicintai oleh semua kalangan di Vietnam. Dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah, Pho selalu ada dan menjadi pilihan favorit.

Melalui Pho, kita bisa melihat bagaimana makanan bisa menjadi lebih dari sekadar sesuatu yang kita makan. Pho adalah simbol identitas, kebersamaan, dan warisan budaya yang berharga. 

7. Hidangan Lezat Asal Vietnam ini Telah Berkembang ke Seluruh Dunia 

Pho.
Potret Makanan Pho. Sumber: Dok. tripadvisor.co.id

Sobat Suka Fakta, mari kita lihat bagaimana hidangan lezat ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi favorit di banyak negara. Yuk, kita simak perjalanan Pho di luar Vietnam!

Penyebaran oleh Imigran

Setelah jatuhnya Saigon pada tahun 1975, banyak orang Vietnam yang melarikan diri dari negara mereka dan menetap di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Mereka membawa tradisi kuliner mereka, termasuk Pho. Banyak dari mereka membuka restoran untuk mencari nafkah, dan inilah awal mula Pho dikenal di dunia internasional.

Pho di Amerika

Di Amerika Serikat, Pho pertama kali dikenal di komunitas-komunitas Vietnam yang ada di Little Saigon di California. Awalnya, Pho hanya dinikmati oleh komunitas imigran Vietnam. Namun, seiring waktu, orang Amerika mulai tertarik dengan rasa dan cerita di balik Pho. 

Pho kemudian menjadi semakin populer, terutama setelah kunjungan Presiden Bill Clinton ke Vietnam pada tahun 2000, di mana ia mencoba dan menikmati semangkuk Pho.

Adaptasi di Negara Lain

Di Australia dan Kanada, Pho juga menjadi sangat populer. Restoran Pho bermunculan di berbagai kota besar, dan masyarakat setempat pun mulai mencintai hidangan ini. Pho diadaptasi sesuai selera lokal, namun tetap mempertahankan esensi dan rasa aslinya.

Popularitas Global

Sekarang, Pho dapat ditemukan di hampir setiap sudut dunia, dari restoran khusus Pho hingga menu di restoran cepat saji. Bahkan, McDonald’s di Vietnam memperkenalkan “Pho Burger” pada tahun 2020, yang menggabungkan elemen rasa Pho ke dalam burger.

Melihat perjalanan Pho dari jalanan Hanoi hingga restoran di seluruh dunia menunjukkan betapa kuatnya daya tarik hidangan ini. Pho benar-benar menjadi simbol kuliner yang mendunia. 

Sekarang, tertarik untuk membuat Pho di rumah? Yuk, kita lanjut ke tips dan trik membuat Pho autentik di dapurmu sendiri!

8. Bahan-Bahan dan Cara Membuat Pho di Rumah

Sobat Suka Fakta, siapa bilang kamu harus pergi ke restoran untuk menikmati semangkuk Pho yang lezat? Dengan bahan-bahan yang tepat dan sedikit kesabaran, kamu bisa membuat Pho autentik di rumah! Berikut adalah panduan lengkap untuk membuat Pho yang enak dan otentik di dapurmu sendiri.

1. Bahan-Bahan Utama

  • Tulang: Tulang sapi (sumsum dan ruas jari) untuk Pho tradisional, atau tulang ayam untuk Pho Ga.
  • Rempah-Rempah: Adas bintang, cengkeh, batang kayu manis, biji ketumbar, dan kapulaga.
  • Aromatik: Jahe segar dan bawang kuning.
  • Mie Beras: Carilah mie ketan berbentuk pipih, yang sering diberi label ‘Bánh Phở.’
  • Protein: Iris tipis daging sapi atau ayam, tergantung selera. Untuk daging sapi, potongan seperti sirloin atau tenderloin paling cocok.
  • Bumbu dan Hiasan: Kemangi segar, daun ketumbar, mint, tauge, irisan jeruk nipis, daun bawang, dan cabai.

2. Langkah Membuat Kaldu Pho Asli di Rumah

  • Char the Aromatics: Letakkan jahe dan bawang bombay (dengan kulitnya) langsung di atas api (seperti kompor gas atau pemanggang) sampai menghitam. Ini memberikan rasa berasap yang unik pada kaldu.
  • Rebus Tulangnya: Sebelum direbus, rebus tulang pilihan kamu selama sekitar 10 menit untuk menghilangkan kotoran. Buang airnya dan bilas tulangnya. Langkah ini memastikan kaldu bening.
  • Didihkan Lambat: Tempatkan tulang yang sudah dibersihkan ke dalam panci besar berisi air bersih. Tambahkan jahe hangus dan bawang bombay, beserta bumbu kamu (diikat dengan kain muslin atau kantong bumbu). Biarkan campuran ini mendidih perlahan selama minimal 6 jam untuk daging sapi (3 jam untuk ayam), sesekali hilangkan busa atau kotoran yang mengapung ke permukaan.
  • Bumbu: Setelah mendidih, bumbui kaldu dengan kecap ikan, gula, dan garam. Sesuaikan ini sesuai selera kamu.
  • Saring dan Sajikan: Saring kaldu untuk menghilangkan tulang, bumbu, dan aromatik. Didihkan kembali dan tuangkan mie dan daging yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk saji tersendiri.

3. Menjadikannya Vegetarian/Vegan:

  • Basis Kaldu: Alih-alih tulang daging, gunakan campuran sayuran sehat seperti jamur (shiitake adalah pilihan yang sangat baik), lobak daikon, dan wortel. Rumput laut atau rumput laut bisa menambah kedalaman kaldu.
  • Alternatif Protein: Tahu, baik yang lunak maupun keras, dapat menggantikan irisan daging. Seitan atau tempe juga bisa digunakan untuk menambah tekstur.
  • Pengganti Saus Ikan: Gunakan kecap atau tamari (untuk pilihan bebas gluten) untuk membumbui kaldu. Ada juga merek kecap ikan vegan yang tersedia di beberapa pasar.
  • Sayuran Tambahan: Bok choy, brokoli, dan kacang polong dapat ditambahkan ke dalam mangkuk untuk menambah variasi dan nutrisi.

3. Tips dan Trik Tambahan

  • Pilih Bahan Segar: Kualitas bahan sangat mempengaruhi hasil akhir. Pastikan kamu menggunakan bahan yang segar dan berkualitas tinggi.
  • Jangan Terburu-buru: Membuat kaldu Pho yang lezat membutuhkan waktu. Jangan terburu-buru, biarkan kaldu mendidih perlahan agar semua rasa benar-benar keluar.
  • Sesuaikan Rasa: Jangan ragu untuk mencicipi kaldu saat proses memasak dan sesuaikan bumbunya sesuai selera kamu.

Membuat Pho di rumah bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menikmati semangkuk Pho autentik kapan saja. Siap mencoba? Selamat memasak, Sobat Suka Fakta!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita menggali dalam semua hal tentang Pho, kita jadi tau bahwa makanan khas Vietnam yang lezat ini memang lebih dari sekadar hidangan. Ia adalah simbol budaya, sejarah, dan kebersamaan yang mendalam. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, mari kita terus menghargai dan menikmati makanan khas Vietnam Pho ini. Selamat menikmati Pho dan sampai jumpa di petualangan kuliner berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *