Fakta Dunia

Mengenal Massaman Curry, Hidangan Kari Khas Thailand yang Sangat Lezat!

72
×

Mengenal Massaman Curry, Hidangan Kari Khas Thailand yang Sangat Lezat!

Sebarkan artikel ini
massaman curry,
mengenal massaman curry, hidangan kari khas thailand dan resepnya. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta!  Kamu pecinta wisata kuliner Thailand? Kalau iya, kamu pasti gak asing sama makanan Pad Thai, Tom Yam, dan Massaman Curry, kan?! 

Massaman Curry adalah hidangan kari yang memadukan berbagai bumbu dan rempah-rempah, menciptakan cita rasa yang unik dan lezat. Biasanya, Massaman Curry dibuat dengan daging sapi atau ayam yang dimasak perlahan hingga empuk dan menyerap semua rasa rempah-rempah yang digunakan. Ditambah dengan santan yang kental dan kacang tanah yang renyah, Massaman Curry ini benar-benar menggugah selera.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang Massaman Curry, mulai dari sejarahnya, bahan-bahan yang digunakan, hingga cara membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, kita juga akan membahas beberapa variasi dan tips untuk membuat Massaman Curry yang sempurna. So, let’s dive in and discover the delicious world of Massaman Curry, Sob!

Sejarah dan Asal Usul Massaman Curry

Pedagang Muslim
Ilustrasi Pedagang Muslim. Sumber: pahami.id

Sobat Suka Fakta, pernah penasaran nggak sih dari mana asal Massaman Curry ini? Ternyata, sejarah Massaman Curry cukup panjang dan menarik, lho. 

Hidangan ini adalah hasil dari pengaruh budaya Persia, India, dan Melayu yang dibawa ke Thailand oleh para pedagang Muslim pada abad ke-17. Nama “Massaman” sendiri berasal dari kata “Musalman” yang artinya “Muslim” dalam bahasa Persia. Jadi, nggak heran kalau hidangan ini sering dikaitkan dengan komunitas Muslim di Thailand. 

Para pedagang Muslim inilah yang membawa berbagai rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan pala yang kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan lokal Thailand seperti serai, lengkuas, dan cabai. Hasilnya? Sebuah hidangan kari yang luar biasa lezat dan kaya akan rasa.

Awalnya, Massaman Curry banyak ditemukan di daerah selatan Thailand yang memang memiliki banyak pengaruh budaya Melayu. Namun, seiring waktu, hidangan ini menjadi populer di seluruh Thailand dan bahkan di seluruh dunia. 

Bahan-bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Massaman Curry

Massaman Curry
Kolase bahan bahan utama untuk membuat Massaman Curry

Setelah tahu sejarahnya, yuk kita bahas bahan-bahan utama yang membuat Massaman Curry begitu spesial. Sobat Suka Fakta, berikut adalah bahan-bahan yang kalian butuhkan untuk membuat Massaman Curry yang autentik:

  • Daging: Biasanya menggunakan daging sapi atau ayam. Tapi, daging kambing juga bisa jadi pilihan yang enak.
  • Santan: Santan kental adalah kunci untuk mendapatkan tekstur kari yang kaya dan creamy.
  • Rempah-rempah: Kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala, dan biji ketumbar adalah beberapa rempah yang memberikan aroma khas pada Massaman Curry.
  • Aromatik Thailand: Serai, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih menambah kedalaman rasa pada kari ini.
  • Bahan tambahan: Kentang, kacang tanah, dan bawang bombay. Kentang memberikan tekstur yang lembut, sementara kacang tanah menambah rasa gurih dan renyah.

Dengan kombinasi bahan-bahan ini, Massaman Curry menjadi hidangan yang penuh dengan rasa dan tekstur yang berbeda, membuat setiap suapan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Cara Membuat Massaman Curry yang Simple dan Praktis

Chef
Ilustrasi chef sedang memotong ayam. Sumber: IST

Sekarang, mari kita masuk ke bagian yang paling seru, yaitu cara membuat Massaman Curry dari awal. Tenang aja, Sobat Suka Fakta, meskipun terlihat rumit, sebenarnya cukup mudah kok kalau kita ikuti langkah-langkahnya dengan seksama. Yuk, kita mulai!

  1. Persiapan Bahan-bahan:
    • Potong daging sapi atau ayam menjadi potongan besar.
    • Siapkan rempah-rempah (kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala) dan aromatik (serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih).
    • Kupas dan potong kentang menjadi ukuran sedang.
    • Siapkan kacang tanah yang sudah dipanggang.
  2. Memasak Daging:
    • Rebus daging dalam panci dengan kaldu sapi, tambahkan serai dan daun salam hingga daging empuk.
    • Simpan cairan kaldu untuk digunakan nanti.
  3. Membuat Pasta Kari:
    • Char atau panggang kering rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, dan cengkeh untuk mengeluarkan aromanya.
    • Blender rempah-rempah bersama dengan aromatik (serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih) hingga halus.
  4. Menggabungkan Semua Bahan:
    • Panaskan minyak dalam wajan besar, tumis pasta kari hingga harum.
    • Tambahkan santan dan aduk hingga rata.
    • Masukkan kayu manis, adas bintang, dan kaldu daging yang tadi sudah disimpan.
    • Tambahkan kecap ikan, asam jawa, dan gula pasir, lalu aduk rata.
    • Masukkan kentang dan masak hingga empuk.
    • Terakhir, masukkan kembali daging yang sudah empuk ke dalam kari dan biarkan mendidih hingga saus mengental dan semua bahan tercampur sempurna.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Suka Fakta akan mendapatkan Massaman Curry yang autentik dan lezat. Siap untuk mencoba di rumah? Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi melati dan taburan kacang tanah di atasnya.

Alternatif Menggunakan Pasta Kari yang Dibeli di Toko

Maesri.
Potret Pasta kari intan, Maesri. Sumber: amazon.com

Sobat Suka Fakta, kita paham kok, kadang-kadang waktu dan bahan yang diperlukan untuk membuat pasta kari bisa jadi agak merepotkan. Tapi tenang aja, kita punya solusi praktis! Kalian bisa menggunakan pasta kari yang dibeli di toko sebagai alternatif. Eits, jangan khawatir, rasa Massaman Curry tetap bisa enak kok.

Pilihan Merk Pasta Kari

Saat memilih pasta kari Massaman yang dibeli di toko, ada beberapa merk yang direkomendasikan karena kualitas dan rasanya yang mendekati asli. Beberapa di antaranya adalah:

  • Maesri: Merek ini sering digunakan oleh restoran dan koki profesional. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp 20.000 per kaleng.
  • Mae Ploy: Alternatif lain yang juga bagus, meskipun tidak sepopuler Maesri.

Cara Mengolah Pasta Kari Instan

Menggunakan pasta kari instan sebenarnya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Persiapan Daging:
    • Rebus daging sapi atau ayam dengan kaldu hingga empuk, simpan kaldu untuk digunakan nanti.
  2. Menyiapkan Pasta Kari:
    • Panaskan sedikit minyak di wajan besar.
    • Tambahkan pasta kari instan dan tumis selama beberapa menit hingga harum.
  3. Menggabungkan Bahan:
    • Tambahkan santan ke dalam wajan dan aduk rata dengan pasta kari.
    • Masukkan kayu manis, adas bintang, dan kaldu daging yang disimpan tadi.
    • Tambahkan kecap ikan, asam jawa, dan gula pasir sesuai selera.
    • Masukkan kentang dan masak hingga empuk.
    • Terakhir, masukkan kembali daging dan biarkan mendidih hingga saus mengental.

Tips untuk Hasil Terbaik

  • Tambahan Bumbu Segar: Untuk meningkatkan rasa, tambahkan sedikit bawang putih cincang, jahe, dan serai yang sudah dihaluskan ke dalam pasta kari instan.
  • Periksa Keseimbangan Rasa: Jangan ragu untuk menyesuaikan rasa dengan menambahkan lebih banyak kecap ikan, gula, atau asam jawa sesuai selera kalian.

Resep Massaman Curry Ayam yang Bisa Bikin Ketagihan

Sekarang, mari kita coba resep Massaman Curry Ayam yang pasti bakal bikin kalian ketagihan, Sobat Suka Fakta. Resep ini cukup mudah diikuti dan bahan-bahannya juga gampang ditemukan. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram paha ayam atau stik drum, tanpa tulang dan kulit
  • 400 ml santan kental
  • 5-6 sendok makan pasta kari Massaman (bisa beli di toko)
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2-3 sendok makan pasta asam jawa
  • 3 sendok makan gula palem
  • 300 gram kentang, potong dadu
  • 1 bawang bombay, potong kasar
  • 1/4 cangkir kacang tanah panggang
  • Nasi melati untuk penyajian

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Memasak Santan:
    • Masukkan 1/2 cangkir santan ke dalam panci besar dan didihkan dengan api sedang.
    • Tambahkan pasta kari dan aduk hingga tercampur rata, biarkan mengental dan minyak kelapa terpisah dari pasta (sekitar 5 menit).
  2. Menggabungkan Bahan:
    • Tambahkan sisa santan dan aduk hingga tercampur rata.
    • Masukkan gula palem, kecap ikan, dan pasta asam jawa. Aduk hingga merata dan cicipi untuk menyesuaikan rasa.
    • Tambahkan ayam dan biarkan mendidih perlahan selama 35 menit.
  3. Menambahkan Kentang dan Kacang Tanah:
    • Tambahkan kentang dan bawang bombay ke dalam panci. Jika cairan tidak cukup untuk merendam semuanya, tambahkan sedikit air atau santan.
    • Masak hingga kentang empuk (sekitar 10-15 menit).
    • Tambahkan kacang tanah panggang dan aduk rata.
  4. Penyajian:
    • Sajikan Massaman Curry Ayam di atas nasi melati yang hangat.
    • Taburi dengan kacang tanah panggang dan nikmati selagi hangat.

Massaman Curry Bisa Divariasi Sesuai Selera

Kari vegetarian
Potret Kari vegetarian dengan tempe. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Massaman Curry ini bisa banget divariasikan sesuai dengan selera kalian. Berikut beberapa variasi yang bisa kalian coba:

Massaman Curry Vegetarian

Untuk Sobat Suka Fakta yang vegetarian, kalian bisa mengganti daging dengan tahu atau sayuran lain yang kalian suka. Berikut beberapa tipsnya:

  • Pengganti Daging: Tahu, tempe, atau jamur bisa jadi pengganti yang sempurna. Pastikan untuk menggoreng tahu atau tempe terlebih dahulu agar lebih lezat.
  • Sayuran Tambahan: Kalian bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang panjang, atau terong untuk variasi tekstur dan rasa.

Menggunakan Berbagai Jenis Daging

Selain ayam dan sapi, kalian juga bisa mencoba menggunakan daging lain untuk variasi rasa:

  • Daging Kambing: Memberikan rasa yang lebih kuat dan kaya.
  • Bebek: Menambah kelezatan dengan tekstur daging yang lembut.
  • Daging Babi: Meskipun tidak umum di Thailand karena pengaruh Muslim, bisa jadi variasi menarik jika kalian tidak mengikuti diet halal.

Penyesuaian Rasa

Setiap orang punya selera yang berbeda, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan rasa Massaman Curry kalian. Berikut beberapa tips untuk menyesuaikan rasa sesuai yang kalian inginkan:

  • Lebih Pedas: Tambahkan lebih banyak cabai atau gunakan cabai yang lebih pedas.
  • Lebih Manis: Tambahkan lebih banyak gula palem.
  • Lebih Asam: Tambahkan lebih banyak pasta asam jawa atau sedikit cuka.

Tips dan Trik Memasak Massaman Curry Agar Hasilnya Sempurna

Biar hasil masakan Massaman Curry-mu makin maksimal, berikut beberapa tips dan trik dari kami, Sobat Suka Fakta:

Memilih Bahan Terbaik

  • Santan: Pilih santan kental berkualitas untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang creamy.
  • Rempah-rempah Segar: Gunakan rempah-rempah yang segar untuk mendapatkan aroma dan rasa terbaik.
  • Daging: Pilih potongan daging yang berlemak untuk hasil yang lebih empuk dan beraroma.

Menyimpan dan Menghangatkan Ulang

Massaman Curry justru semakin enak setelah didiamkan semalam. Berikut cara menyimpannya:

  • Penyimpanan: Simpan Massaman Curry di dalam wadah kedap udara di kulkas hingga 3 hari.
  • Menghangatkan Ulang: Hangatkan di atas api kecil sambil diaduk perlahan agar tidak gosong di bagian bawah.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah cerita lengkap tentang Massaman Curry, hidangan kari khas Thailand yang penuh dengan rasa dan sejarah. Dari pengaruh budaya Persia, India, dan Melayu hingga menjadi salah satu hidangan yang paling disukai di seluruh dunia, Massaman Curry memang pantas mendapatkan tempat istimewa di hati para pecinta kuliner.

Massaman Curry adalah bukti bahwa memasak bisa menjadi petualangan yang menyenangkan. Setiap langkah dalam membuat hidangan ini adalah pengalaman yang berharga. 

Jadi, tunggu apa lagi, Sobat Suka Fakta? Saatnya kalian mencoba membuat Massaman Curry sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahannya, ikuti langkah-langkahnya, dan nikmati kelezatan kari yang kaya akan rasa dan sejarah. Selamat memasak dan menikmati Massaman Curry, Sobat Suka Fakta! Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang berguna dan menyenangkan!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *