Fakta Dunia

Mengenal Paella, Makanan Khas Spanyol Nasi Campur Seafood

57
×

Mengenal Paella, Makanan Khas Spanyol Nasi Campur Seafood

Sebarkan artikel ini
Paella
Mengenal Paella, Makanan Khas Spanyol Nasi Campur Seafood. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti udah gak asing sama wisata kuliner internasional seperti sushi, bebek peking, dan ramen. Tapi, taukah kalian kalau ternyata ada juga makanan super enak dari Spanyol? Yup! Salah satu makanan khas Spanyol adalah paella. Kalian pernah dengar tentang paella gak? 

Paella ini salah satu makanan yang wajib dicoba kalau kalian jalan-jalan ke Spanyol, terutama ke Valencia, tempat asalnya. Di sana, paella gak cuma makanan biasa, tapi juga simbol kebersamaan yang menyatukan keluarga dan teman-teman di satu meja.

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas segala hal tentang paella. Mulai dari sejarah, resep tradisionalnya, berbagai variasi yang ada, sampai tips dan trik buat masak paella yang sempurna. Kita juga bakal lihat gimana paella ini jadi bagian penting dari budaya Spanyol dan diakui di seluruh dunia.

Jadi, siap-siap buat perjalanan kuliner yang seru dan informatif bareng kita. Yuk, mulai petualangan kita dengan mengenal lebih dekat hidangan lezat ini!

Paella Berasal dari Kota Valencia, Spanyol

Valencia.
Ilustrasi peta Valencia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu gak sih kalau paella ini berasal dari Valencia, sebuah kota di Spanyol yang terkenal dengan keindahan alam dan budaya kulinernya. Paella pertama kali dimasak oleh para petani di La Albufera, sebuah taman alam di Valencia, lebih dari dua abad yang lalu. Bayangin, udah lebih dari 200 tahun paella ini eksis dan tetap jadi favorit banyak orang!

Paella pertama kali disebutkan di surat kabar pada tahun 1843. Tapi, banyak yang percaya kalau hidangan ini udah ada jauh sebelum itu, mungkin sejak awal abad ke-19 atau bahkan abad ke-16. 

Awalnya, paella dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat oleh para petani, seperti nasi, kelinci, ayam, dan sayuran. Bisa dibilang, paella adalah hidangan yang lahir dari kreativitas dan ketersediaan bahan di sekitar.

Resep Tradisional Paella yang Lezat dan Menggoyang Lidah

Beras Bomba.
Potret Beras Bomba. Sumber: IST

Nah, Sob, kalian pasti bertanya-tanya, paella itu terbuat dari apa? Jadi, paella dibuat dari nasi, sayuran, dan daging. Bahan yang digunakan adalah bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Jadi, gak kaleng-kaleng, deh bahan-bahannya!

Bahan utama yang wajib ada adalah nasi bomba. Nasi jenis ini dipilih karena mampu menyerap rasa dengan sempurna tanpa jadi lembek. Selain nasi, paella tradisional juga mengandung ayam, kelinci, kacang hijau, kacang garrofón, tomat, kunyit, minyak zaitun, garam, dan air. Kalian juga bisa tambahkan saffron untuk memberikan warna kuning yang khas dan rasa yang istimewa. 

Cara masaknya, pertama-tama, kalian harus memasak semua bahan dalam wajan paella besar di atas api terbuka. Ingat, jangan diaduk setelah kaldu ditambahkan ya, biar rasa nasi benar-benar meresap dan menghasilkan socarrat, lapisan nasi yang sedikit gosong di dasar panci.

Paella Memiliki Beragam Variasi yang Dapat Dicoba

Paella.
Potret Makanan Paella. Sumber; IST

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas resep tradisionalnya, sekarang kita lanjut ke berbagai variasi paella yang gak kalah lezat. Paella memang dikenal sebagai hidangan yang fleksibel dan bisa dimodifikasi sesuai selera. Makanya, ada banyak variasi paella yang bisa kalian coba.

1. Paella Seafood

Ini salah satu variasi paling populer. Paella seafood dibuat dengan tambahan berbagai jenis seafood seperti udang, cumi, kerang, dan lobster. Rasa laut yang segar berpadu dengan nasi dan rempah-rempah membuat paella seafood jadi favorit banyak orang.

2. Paella Mixta

Buat kalian yang suka campuran antara daging dan seafood, paella mixta adalah pilihan yang tepat. Hidangan ini menggabungkan bahan-bahan dari paella tradisional dan paella seafood, sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan kompleks.

3. Paella Sayur

Buat Sobat Suka Fakta yang vegetarian atau sekedar ingin mencoba paella yang lebih sehat, paella sayur bisa jadi pilihan. Paella ini menggunakan berbagai sayuran segar seperti artichoke, paprika, dan kacang hijau. Rasanya tetap lezat meski tanpa daging atau seafood.

4. Fideuà

Nah, ini variasi yang agak beda nih. Fideuà adalah hidangan mirip paella tapi menggunakan mie halus sebagai pengganti nasi. Biasanya, fideuà dimasak dengan seafood dan memberikan sensasi rasa yang unik.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Banyak banget kan variasi paella yang bisa kalian coba? Setiap variasi punya keunikan dan cita rasa sendiri yang pasti bikin kalian pengen coba semuanya!!

Cara Memasak dan Menikmati Paella di Rumah

Paella.
Potret Memasak makanan Paella. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas variasi paella yang menggoda, sekarang kita lanjut ke cara memasak dan menikmati paella. Bagi kalian yang suka masak atau penasaran pengen coba bikin paella sendiri di rumah, bagian ini pasti menarik banget!

Teknik Memasak Paella

Untuk membuat paella yang autentik, teknik memasak adalah kuncinya. Paella biasanya dimasak di atas api terbuka menggunakan panci paella besar dan dangkal. Proses memasaknya unik banget, karena setelah semua bahan ditambahkan, kalian harus biarkan nasi masak tanpa diaduk. 

Ini penting banget buat dapetin socarrat, yaitu lapisan nasi yang sedikit gosong di dasar panci. Rasa socarrat ini gurih banget dan bikin paella makin lezat. Selain itu, saffron adalah bahan wajib yang harus ada. 

Saffron nggak cuma ngasih warna kuning yang cantik, tapi juga aroma dan rasa yang khas. Ditambah lagi, paella dimasak dalam lapisan nasi yang tipis, supaya semua bumbu dan rasa benar-benar meresap ke dalam nasi. Gimana, Sobat Suka Fakta? Tertarik buat coba masak paella?

Tradisi Makan Paella

Setelah paella matang, cara menikmatinya juga nggak kalah penting. Di Spanyol, paella sering disajikan langsung dari panci tempat dimasaknya. Tradisi ini membuat makan paella jadi pengalaman yang lebih seru dan otentik. Sobat Suka Fakta bisa ajak teman atau keluarga buat makan bareng, langsung dari panci paella. Rasanya pasti lebih nikmat!

Untuk pengalaman yang benar-benar autentik, kalian bisa gunakan sendok sebagai pengganti garpu. Dengan sendok, kalian bisa mengeruk sampai ke dasar panci dan menikmati seluruh lapisan paella, termasuk socarrat yang renyah. 

Selain itu, paella biasanya dinikmati sebagai makan siang, bukan makan malam. Jadi, kalau kalian mau coba makan paella seperti orang Spanyol, pastikan untuk menikmatinya di siang hari.

Paella Memiliki Makna Kultural dan Sosial di Spanyol

 pria
Potret pria memasak Paella. Sumber: Dok. peek.com

Paella bukan cuma hidangan lezat, tapi juga punya makna kultural dan sosial yang dalam di Spanyol. Di bagian ini, kita bakal bahas gimana paella jadi bagian penting dari budaya dan kehidupan sosial di sana.

Paella sebagai Hidangan Sosial

Paella sering dianggap sebagai hidangan sosial yang menyatukan orang-orang. Di Spanyol, terutama di Valencia, paella sering dimasak dan dinikmati bersama-sama oleh keluarga dan teman-teman. Tradisi ini mirip dengan tradisi barbeque atau makan besar di negara lain. 

Setiap hari Minggu, keluarga Spanyol berkumpul untuk menikmati paella sebagai hidangan utama mereka. Acara ini bukan cuma tentang makan, tapi juga tentang kebersamaan dan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Tradisi Memasak oleh Pria

Menariknya, memasak paella secara tradisional adalah tugas para pria di Valencia. Biasanya, para pria berkumpul di sekitar api terbuka dan memasak paella bersama-sama. Mereka menggunakan ranting jeruk sebagai bahan bakar, yang memberikan aroma khas pada paella. 

Tradisi ini masih berlangsung hingga sekarang, meskipun generasi muda, baik pria maupun wanita, juga ikut memasak paella.

Festival dan Perayaan

Paella juga sering muncul dalam berbagai festival dan perayaan di Spanyol. Salah satu yang paling terkenal adalah Las Fallas, sebuah festival di Valencia yang diadakan setiap bulan Maret. 

Selama festival ini, banyak paella besar dimasak di jalan-jalan, menciptakan pemandangan yang spektakuler dan suasana yang meriah. Selain itu, ada juga kompetisi memasak paella yang diadakan di berbagai wilayah Spanyol, di mana para koki bersaing untuk membuat paella terbaik.

Paella Telah Mendapatkan Pengakuan dan Popularitas di Seluruh Dunia

Paella
Potret dalam Kompetisi concursos de paella. Sumber: Dok. noticiasciudadanas.com

Sobat Suka Fakta, ternyata paella nggak cuma terkenal di Spanyol aja, lho! Yup! Paella telah diakui oleh dunia, Sob!

Simbol Budaya Spanyol

Paella sering dianggap sebagai simbol budaya Spanyol. Hidangan ini mencerminkan sejarah, tradisi, dan keanekaragaman kuliner Spanyol. Bahkan, pada tahun 2021, pemerintah daerah Valencia menyatakan paella sebagai Aset Kepentingan Budaya Takbenda. 

Ini adalah langkah penting menuju pengakuan paella sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO, seperti pizza Napolitan dan bir Belgia.

Emoji Paella di WhatsApp

Pengakuan global paella juga tercermin dalam hal kecil seperti emoji. Pada tahun 2016, WhatsApp memperkenalkan emoji paella. 

Awalnya, emoji ini tidak akurat menggambarkan paella Valenciana, tapi setelah protes dari orang Valencia, emoji tersebut didesain ulang agar lebih sesuai. Kini, emoji paella menampilkan ayam, kacang hijau, dan garrofón, persis seperti paella asli.

Rekor Dunia dan Popularitas Internasional

Paella juga mencatatkan rekor dunia. Pada tahun 2001, paella terbesar yang pernah dibuat mampu dinikmati oleh 110.000 orang! Paella raksasa ini dimasak oleh chef Valencia Antonio Galbis di Madrid dan masuk dalam Guinness World Records. 

Popularitas paella tidak berhenti di Spanyol saja. Hidangan ini telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi menu favorit di banyak restoran Spanyol di berbagai negara. Banyak orang dari berbagai budaya menikmati paella, menjadikannya hidangan internasional yang diakui dan disukai.

Kompetisi Memasak Paella

Di Spanyol, kompetisi memasak paella, yang dikenal sebagai “concursos de paella,” adalah acara yang sangat dinantikan. Kompetisi ini diadakan di berbagai wilayah Spanyol, dan para koki beradu keterampilan untuk membuat paella terbaik. 

Acara ini bukan cuma soal masak-memasak, tapi juga tentang merayakan tradisi dan keahlian kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Ternyata paella punya banyak cerita menarik dan prestasi yang membanggakan, ya! Jadi makin pengen nyobain paella, kan?

Paella di Era Modern, Kompetisi Memasak Hingga Hidangan Favorit di Restoran Internasional

Jamie Oliver.
Potret Chef terkenal, Jamie Oliver. Sumber: Dok. delicious.com.

Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas tentang pengakuan dan popularitas paella, sekarang kita lanjut ke bagian yang gak kalah seru, yaitu bagaimana paella berkembang di dunia modern. Ternyata, paella gak cuma jadi favorit di Spanyol aja, lho, tapi juga di seluruh dunia.

Kompetisi Memasak Paella

Di dunia modern, paella tetap mempertahankan popularitasnya. Salah satu buktinya adalah banyaknya kompetisi memasak paella yang diadakan di berbagai negara. 

Di Spanyol sendiri, ada banyak “concursos de paella” di mana para koki dari berbagai daerah bersaing untuk membuat paella terbaik. Kompetisi ini bukan hanya ajang pamer kemampuan memasak, tapi juga merayakan warisan kuliner yang kaya.

Popularitas Internasional

Paella telah melampaui batas-batas geografis dan menjadi hidangan favorit di banyak restoran internasional. Di berbagai negara, terutama di kota-kota besar, restoran Spanyol sering menyajikan paella sebagai menu andalan mereka. Di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lainnya, paella telah menjadi simbol kuliner Spanyol yang dikenal luas.

Adaptasi Paella

Menariknya, paella juga telah beradaptasi dengan berbagai preferensi kuliner di seluruh dunia. Ada paella vegetarian yang menggunakan sayuran segar sebagai pengganti daging dan seafood. 

Bahkan, di beberapa restoran, kalian bisa menemukan paella vegan yang sepenuhnya bebas dari produk hewani. Adaptasi ini menunjukkan fleksibilitas paella dan kemampuannya untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan dan selera masyarakat modern.

Paella dalam Budaya Populer

Paella juga sering muncul dalam budaya populer. Di berbagai acara kuliner di televisi, paella sering menjadi hidangan yang dipamerkan oleh chef terkenal. Jamie Oliver, misalnya, pernah membuat versi paella yang cukup kontroversial karena menggunakan chorizo. Meski begitu, hal ini menunjukkan betapa terkenalnya paella dan betapa banyak variasi yang bisa dibuat.

Tips dan Trik Memasak Paella yang Mudah Dilakukan di Rumah

Saffron.
Potret Benang Saffron. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, buat kalian yang udah gak sabar pengen coba masak paella sendiri di rumah, bagian ini pasti bakal jadi favorit kalian. Kita bakal bahas tips dan trik buat masak paella yang sempurna. Yuk, kita mulai!

Memilih Jenis Nasi yang Tepat

Pertama-tama, pastikan kalian memilih jenis nasi yang tepat. Nasi yang paling umum digunakan untuk paella adalah nasi bomba. Nasi jenis ini bisa menyerap banyak cairan tanpa jadi lembek, sehingga cocok banget buat paella. Selain nasi bomba, kalian juga bisa pakai nasi Calasparra yang punya karakteristik mirip.

Menghasilkan Socarrat yang Sempurna

Salah satu bagian terbaik dari paella adalah socarrat, yaitu lapisan nasi yang sedikit gosong di dasar panci. Untuk menghasilkan socarrat yang sempurna, ada trik khusus yang harus kalian ikuti. 

Setelah menambahkan kaldu, biarkan paella matang tanpa diaduk. Menjelang akhir pemasakan, besarkan api selama beberapa menit untuk membuat kerak di bagian bawah paella. Hati-hati jangan sampai gosong ya, karena warnanya harus keemasan dan sedikit renyah.

Menggunakan Saffron

Saffron adalah bahan penting yang memberikan paella warna kuning khas dan rasa yang unik. Untuk hasil terbaik, tambahkan saffron sesaat sebelum kaldu ditambahkan. Caranya, rendam benang saffron dalam sedikit air panas selama beberapa menit, lalu tambahkan ke dalam panci paella. Ini akan membantu melepaskan aroma dan rasa saffron dengan maksimal.

Memasak dengan Api Terbuka

Tradisi memasak paella di atas api terbuka memang memberikan rasa yang khas. Kalau kalian punya kesempatan, coba masak paella di atas barbeque atau api terbuka di luar ruangan. Gunakan ranting jeruk atau kayu aromatik lainnya sebagai bahan bakar untuk memberikan aroma yang khas pada paella kalian.

Menyimpan dan Memanaskan Sisa Paella

Kalau kalian punya sisa paella, jangan khawatir. Sisa paella bisa disimpan dan dipanaskan kembali dengan mudah. Kamu bisa menyimpan sisa paella dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. 

Saat ingin memanaskan kembali, tambahkan sedikit kaldu atau air untuk melembabkan nasi dan panaskan di atas kompor atau microwave. Paella yang dipanaskan kembali tetap lezat dan bisa dinikmati kapan saja.

Menggunakan Panci Paella yang Tepat

Panci paella atau paellera adalah alat penting yang harus kalian miliki. Panci ini lebar dan dangkal, sehingga memungkinkan nasi matang dengan merata. Pastikan kalian memilih ukuran panci yang sesuai dengan jumlah porsi yang ingin kalian buat. Kalau nggak punya panci paella, kalian bisa pakai wajan lebar dan dangkal sebagai alternatif.

Gimana, Sobat Suka Fakta? Mudah kan tips dan triknya? Dengan tips ini, kalian pasti bisa masak paella yang lezat dan autentik di rumah. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, gimana, seru kan perjalanan kita mengenal lebih dalam tentang paella? Dari perjalanan ini kita tau bahwa paella bukan cuma sekadar hidangan nasi campur seafood, tapi juga simbol budaya dan tradisi Spanyol yang kaya. 

Hidangan ini lahir dari kreativitas para petani di Valencia lebih dari dua abad yang lalu dan terus berkembang hingga menjadi favorit di seluruh dunia. Baik dinikmati di rumah bersama keluarga, di restoran, atau bahkan di festival, paella selalu membawa kebersamaan dan rasa yang istimewa.

Jadi, Sobat Suka Fakta, tunggu apa lagi? Ayo coba buat paella sendiri di rumah atau ajak teman dan keluarga untuk makan paella di restoran Spanyol terdekat. Nikmati kelezatan paella dan rasakan sendiri kenikmatan hidangan nasi campur seafood khas Spanyol ini. Jangan lupa, bagikan pengalaman kalian dengan paella di kolom komentar, ya! Terima kasih sudah mengikuti perjalanan kita mengenal paella, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Sazón The Folk Cook. “10 Interesting & Fun Facts About Paella.” Diakses dari Sazón The Folk Cook
  • Valencia Revealed. “25 Fun Facts About Paella.” Diakses dari Valencia Revealed
  • Facts.net. “15 Paella Facts.” Diakses dari Facts.net
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *