Fakta Dunia

Steak and Kidney Pie, Hidangan Lezat Khas Inggris dari Daging Sapi dan Ginjal 

48
×

Steak and Kidney Pie, Hidangan Lezat Khas Inggris dari Daging Sapi dan Ginjal 

Sebarkan artikel ini
Steak and Kidney Pie,
Steak and Kidney Pie, Hidangan Lezat Khas Inggris dari Daging Sapi dan Ginjal. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Setelah sebelumnya kita wisata kuliner ke Spanyol dengan mengulik paella, sekarang saatnya kita beranjak ke Inggris dengan membahas steak and kidney pie. 

Steak and kidney pie adalah pai gurih yang dibuat dari daging sapi dan ginjal, dibalut dengan pastry yang renyah. Mungkin ada yang mikir, “Ginjal? Serius?!” Tapi percaya deh, bagi pecinta kuliner, ginjal itu justru yang bikin rasanya makin unik dan enak.

Eits, selain rasanya yang mantap, ternyata makanan ini punya sejarah panjang yang seru banget buat diikuti. Mulai dari disebut-sebut di puisi abad ke-14 sampai jadi makanan kesukaan karakter di Harry Potter, steak and kidney pie udah jadi bagian penting dari budaya Inggris.

Nah, dalam artikel ini, kita bakal kupas tuntas semua hal tentang steak and kidney pie. Dijamin, perjalanan ini bakal bikin perut kamu keroncongan! Yuk, langsung aja kita mulai petualangan kuliner kita!

Asal Usul dan Sejarah Steak and Kidney Pie

 Steak dan Kidney Pie
Potret Lukisan Henry VIII. Sumber: id.wikipedia.org

Abad ke-14 hingga Abad ke-19

Sobat Suka Fakta, yuk kita mulai petualangan sejarah kita! Steak and kidney pie sebenarnya sudah ada sejak lama banget, lho. Bahkan, pertama kali disebut-sebut dalam puisi abad ke-14, Piers Ploughman. 

Waktu itu, pai adalah makanan yang simpel, tapi sangat berguna karena bisa awet dan dibawa ke mana-mana. Bayangin deh, di zaman Henry VIII, pai sudah jadi makanan populer dan disukai banyak orang.

Lompat ke abad ke-19, kita ketemu sama resep tertulis pertama untuk steak and kidney pie pada tahun 1694. Tapi, versi awal ini masih beda banget sama yang kita kenal sekarang. Dulu, bahan-bahannya adalah daging domba, plum, kismis, dan pala. Kebayang nggak tuh rasanya? 

Kemudian di tahun 1836, Charles Dickens menyebut pai ini dalam novel The Pickwick Papers, yang menunjukkan kalau pai ini sudah jadi makanan favorit di zamannya.

Abad ke-20 hingga Sekarang

Masuk ke abad ke-20, steak and kidney pie semakin populer, apalagi berkat koki-koki terkenal seperti Gary Rhodes yang menghidupkan kembali minat terhadap makanan tradisional Inggris ini. 

Di zaman modern, pai juga muncul di berbagai media populer, salah satunya di seri Harry Potter. Siapa yang nggak ingat Ron Weasley yang suka banget sama steak and kidney pie di Hogwarts?!

Selain itu, banyak restoran dan pub di Inggris yang menjadikan steak and kidney pie sebagai menu andalan mereka. Bahkan, ada versi vegan dari pai ini yang memenangkan penghargaan dari PETA di tahun 2020. Menarik banget, kan, Sobat Suka Fakta?!

Bahan dan Metode Memasak Steak and Kidney Pie

Steak and Kidney Pie
Bahan utama yang digunakan daging sapi dan ginjal sapi. Sumber: IST

Bahan Utama

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang bikin ngiler, yaitu bahan-bahan untuk membuat steak and kidney pie. Bahan utamanya adalah daging sapi dan ginjal. Ginjal yang digunakan bisa dari sapi, domba, atau sapi muda, tergantung selera kamu. 

Selain itu, kita juga butuh puff pastry atau shortcrust pastry, jamur, wortel, bawang bombay, dan tentunya bumbu-bumbu seperti garam dan merica.

Metode Memasak

Cara masaknya nggak terlalu sulit kok, Sobat Suka Fakta. Pertama-tama, steak dan ginjal dipotong dadu, lalu digoreng hingga kecoklatan. Setelah itu, kita tumis bawang bombay, jamur, dan wortel sampai harum. Kemudian, semua bahan ini dicampur dengan kaldu sapi dan dimasak hingga empuk dan berkuah kental.

Setelah isian siap, kita tinggal menyiapkan pastry-nya. Puff pastry atau shortcrust pastry digulung dan dipotong sesuai ukuran wadah pai. Isian yang sudah matang dimasukkan ke dalam wadah pai, lalu ditutup dengan pastry. Pai ini dipanggang hingga pastry berwarna coklat keemasan dan isian di dalamnya menggelegak.

Resep Modern

Koki-koki terkenal seperti Tom Kitchin punya resep spesial untuk steak and kidney pie. Mereka seringkali menambahkan bahan-bahan seperti sumsum tulang untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan spesial. Ada juga variasi modern yang menggunakan jamur atau bahkan membuat versi vegan dari pai ini.

Steak and Kidney Pie Menjadi Bagian Penting dari Budaya Inggris

Restoran Rules di Covent Garden
Potret Restoran Rules di Covent Garden. Sumber: coventgarden.london

Peran dalam Budaya Inggris

Steak and kidney pie bukan cuma soal makanan, tapi juga bagian penting dari budaya Inggris. Pie ini sering muncul dalam literatur dan media, seperti dalam karya-karya Charles Dickens dan seri Harry Potter. Di buku Harry Potter, steak and kidney pie adalah makanan favorit Ron Weasley, yang membuat pie ini semakin dikenal di kalangan anak muda.

Restoran dan Pub Terkenal

Kalau kamu berkunjung ke Inggris, jangan lupa mampir ke restoran dan pub terkenal yang menyajikan steak and kidney pie. Di London, ada restoran Rules di Covent Garden yang terkenal dengan pie ini. 

Restoran ini mengklaim sebagai restoran tertua di ibu kota, berdiri sejak tahun 1798. Di sini, kamu bisa menikmati pie dengan cita rasa otentik yang sudah terkenal sejak lama.

Selain itu, ada juga The Kitchin di Edinburgh yang dimiliki oleh koki berbintang Michelin, Tom Kitchin. Pie di sini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan sering menjadi menu favorit para pengunjung. Bahkan, ketika pie ini sempat dihapus dari menu, banyak pengunjung yang meminta untuk dikembalikan karena sangat populer.

Referensi Populer

Steak and kidney pie sering muncul dalam karya-karya sastra dan media populer. Salah satu contoh terkenal adalah dalam novel komik “Stiff Upper Lip” karya P.G. Wodehouse, di mana pie ini menjadi bagian penting dari plot cerita. Pie ini juga dikenal dengan berbagai nama lokal seperti “Kate and Sidney pie”, “snake and kiddy pie”, dan “snake and pygmy pie”.

Menariknya lagi, banyak koki terkenal yang bereksperimen dengan resep steak and kidney pie, menciptakan variasi yang lebih modern dan inovatif. Mulai dari penggunaan jamur, tiram, hingga pembuatan versi vegetarian dan vegan, steak and kidney pie terus berkembang dan tetap menjadi favorit banyak orang.

Variasi dan Inovasi Modern Terhadap Resep Steak and Kidney Pie

Steak and Kidney Pie
Potret Steak and Kidney Pie. Sumber: IST

Variasi Regional

Sobat Suka Fakta, ternyata, steak and kidney pie punya banyak variasi yang bikin hidangan ini makin seru untuk dijelajahi. Di berbagai daerah di Inggris, ada cara berbeda dalam menyajikan pie ini. Misalnya, di West Country, krim beku atau krim ganda sering ditambahkan ke dalam pie melalui lubang di topping kue sebelum disajikan. Ini bikin rasanya jadi lebih creamy dan kaya.

Di East Yorkshire, ada variasi yang menggantikan ginjal dengan irisan kentang, yang dikenal sebagai meat and potato pie. Sementara di English Midlands, Northern England, dan Scotland, tiram atau jamur sering ditambahkan ke dalam pie, menciptakan variasi yang dikenal sebagai Musselburgh pie. 

Inovasi Modern

Inovasi dalam dunia kuliner nggak pernah berhenti, Sobat Suka Fakta. Steak and kidney pie juga mengalami banyak inovasi, terutama dalam resep dan bahan yang digunakan. Koki-koki modern sering bereksperimen dengan menambahkan bahan-bahan baru yang unik. 

Misalnya, beberapa resep modern menggunakan jamur untuk menggantikan ginjal, yang membuat pie ini cocok bagi mereka yang kurang suka jeroan. Ada juga inovasi yang menghadirkan versi vegetarian dan vegan dari steak and kidney pie. 

Di tahun 2020, Fray Bentos meluncurkan steak and kidney pie vegan yang berhasil memenangkan penghargaan PETA. Ini menunjukkan bahwa hidangan klasik ini bisa dinikmati oleh semua orang, termasuk mereka yang menjalani pola makan nabati.

Inovasi lainnya adalah penggunaan berbagai jenis pastry, seperti puff pastry atau shortcrust pastry, dan teknik memasak yang lebih modern untuk memastikan pie ini tetap enak dan lezat. Bahkan, beberapa koki terkenal seperti Gary Rhodes dan Tom Kitchin menambahkan bahan spesial seperti sumsum tulang untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan tekstur yang unik.

Panduan Membuat Steak and Kidney Pie di Rumah

Bahan dan Persiapan

Sekarang, kita masuk ke bagian yang paling ditunggu-tunggu, yaitu panduan membuat steak and kidney pie di rumah. Tenang aja, Sobat Suka Fakta, cara membuatnya nggak sesulit yang kamu bayangkan kok. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 800g daging sapi, dipotong dadu
  • 200g ginjal sapi, domba, atau sapi muda, dipotong dadu
  • 75g tepung terigu
  • Minyak zaitun untuk menggoreng
  • 100g lemak babi asap
  • 200g jamur kancing, dipotong dan dibelah empat
  • 2 wortel, kupas dan cincang
  • 1 buket garni (campuran daun bawang, seledri, dan thyme)
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 bawang bombay, cincang
  • Saus Worcestershire secukupnya
  • 1 liter kaldu sapi
  • 1 sdm peterseli cincang
  • 500g puff pastry, cairkan jika beku
  • 1 butir telur, kocok
  • 1 potong sumsum tulang, tinggi 7,5 cm

Langkah-langkah Memasak

  1. Persiapan Awal: Bumbui tepung dengan garam dan merica, lalu baluri potongan daging sapi dan ginjal dengan tepung tersebut.
  2. Menggoreng Daging: Panaskan sedikit minyak zaitun dalam wajan besar, lalu goreng potongan daging sapi dan ginjal hingga kecoklatan. Sisihkan.
  3. Menumis Bahan Lain: Bersihkan wajan, tambahkan minyak lagi, lalu tumis lemak babi asap hingga berwarna kecoklatan. Masukkan jamur, wortel, buket garni, bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga sayuran mulai melunak.
  4. Memasak Isian: Kembalikan daging sapi dan ginjal ke dalam wajan, tambahkan saus Worcestershire, dan tuang kaldu sapi hingga daging terendam. Didihkan, lalu kecilkan api dan masak selama 2,5-3 jam hingga daging empuk. Sisihkan hingga dingin.
  5. Menyiapkan Pastry: Panaskan oven hingga 220°C (kipas 200°C, gas 7). Gulung puff pastry hingga tebal 2 cm dan potong sedikit lebih besar dari wadah pai. Letakkan isian ke dalam wadah pai, taburi peterseli di atasnya, lalu tutup dengan pastry. Olesi dengan telur kocok.
  6. Memanggang Pai: Buat beberapa lubang kecil di tengah pastry untuk uap keluar. Panggang selama 10 menit, turunkan suhu menjadi 200°C (kipas 180°C, gas 6), dan panggang lagi selama 15-20 menit hingga berwarna coklat keemasan.
  7. Menambahkan Sumsum Tulang: Panggang sumsum tulang selama 8-10 menit, lalu masukkan ke dalam pai setelah matang.

Penyajian

Setelah matang, biarkan pie selama 5 menit sebelum disajikan. Kamu bisa menyajikan steak and kidney pie ini dengan pelengkap seperti kentang tumbuk atau sayuran panggang. Hidangan ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman, terutama saat cuaca dingin. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah pasti bikin semua orang ketagihan.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah panduan lengkap untuk membuat steak and kidney pie di rumah. Yuk, coba buat sendiri dan rasakan kelezatan hidangan klasik Inggris ini!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, gak kerasa kita udah ada di penghujung perjalanan kita menjelajahi banyak hal tentang steak and kidney pie. Pie yang satu ini memang punya tempat spesial dalam budaya kuliner Inggris, dengan rasanya yang khas dan kaya akan sejarah.

Sekarang, setelah kamu tahu banyak tentang steak and kidney pie, kenapa nggak coba membuatnya sendiri di rumah? Bahan-bahannya mudah didapat, dan dengan panduan yang sudah kita bahas, kamu pasti bisa membuat pai yang lezat dan autentik. Ini bisa jadi kegiatan seru di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman. 

Terima kasih sudah mengikuti petualangan kuliner kita kali ini, Sobat Suka Fakta. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang steak and kidney pie dan menginspirasi kamu untuk mencoba membuat atau mencicipinya. Sampai jumpa di petualangan kuliner berikutnya!

REFERENSI

  • Cloake, F. (2020, Desember 30). Steak dan pai ginjal: kisah di balik klasik Inggris. National Geographic. Diakses dari https://www.nationalgeographic.com/travel/article/steak-and-kidney-pie-story-behind-british-classic
  • Wikipedia contributors. (n.d.). Steak and kidney pie. Wikipedia, The Free Encyclopedia. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/Steak_and_kidney_pie
  • Chunk of Devon. (n.d.). Steak dan Pie Ginjal. Diakses dari https://www.chunkofdevon.co.uk/blogs/chunk-news/steak-and-kidney-pie
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *