Fakta Dunia

Resep Goulash, Hidangan Daging Khas Hungaria Mirip Gulai

58
×

Resep Goulash, Hidangan Daging Khas Hungaria Mirip Gulai

Sebarkan artikel ini
Goulash,
Resep Goulash, Hidangan Daging Khas Hungaria Mirip Gulai. Sumber: IST

Hai Sobat Suka Fakta! Siapa yang di sini suka makan makanan lezat berbasis daging dan rempah? Setelah sebelumnya kita wisata kuliner ke Inggris dengan bahas Steak and Kidney Pie, sekarang kita bakal bahas tentang Goulash, hidangan khas Hungaria yang pasti bikin lidah kamu bergoyang..

Jadi, apa sih sebenarnya Goulash itu? Nah, Goulash adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan bumbu paprika dan sayuran. Di Hungaria, Goulash ini sudah seperti ikon kuliner. Tapi, nggak cuma di sana, hidangan ini juga terkenal di berbagai penjuru dunia, lho.

Awalnya, hidangan ini dibuat oleh para penggembala di padang rumput Hungaria sekitar abad ke-9. Mereka masak daging sapi dengan bumbu sederhana dan menjadikannya sup. Seiring waktu, resepnya berkembang dan jadi lebih variatif dengan tambahan sayuran dan bumbu lain. Tapi tetap, rasa asli dan kesederhanaannya tetap dipertahankan.

Kalau kamu suka gulai, pasti bakal suka juga sama Goulash. Meski mirip, Goulash punya keunikan sendiri, terutama karena penggunaan paprika yang banyak. Paprika ini nggak cuma bikin warnanya jadi merah cerah, tapi juga kasih rasa khas yang beda banget dari gulai.

Nah, siap buat tahu lebih lanjut tentang Goulash? Yuk, kita lanjut ke bagian berikutnya buat ngulik apa itu Goulash dan gimana cara bikinnya di rumah. Dijamin, setelah baca artikel ini, kamu pasti langsung pengen coba masak Goulash sendiri!

Apa Itu Goulash?

 Goulash
Potret makanan Goulash. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ada baiknya kita tahu dulu apa sih sebenarnya Goulash itu. Goulash adalah hidangan daging sapi khas Hungaria yang dimasak perlahan dengan banyak bumbu, terutama paprika. Rasanya yang khas dan aromanya yang menggoda bikin hidangan ini jadi favorit banyak orang.

Goulash bisa dibilang mirip dengan sup atau semur. Tapi, bedanya, kuah Goulash lebih encer dibandingkan semur dan nggak menggunakan tepung atau krim sebagai pengental. Goulash juga biasanya disajikan dalam mangkuk seperti sup, bukan di atas nasi atau kentang tumbuk seperti semur.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, bayangkan saja sup daging sapi yang gurih dengan tambahan paprika yang memberikan rasa sedikit pedas dan manis. Bawang putih, capsicum, dan bawang bombay juga menambah aroma dan rasa yang kuat. 

Goulash ini memang cita rasanya lebih berani dari sup daging sapi biasa. Setiap suapan pasti bikin kamu pengen nambah lagi!

Bahan-Bahan Utama dalam Membuat Goulash

Goulash
Kolase Bahan-bahan utama Goulash. Sumber: IST

Oke, sekarang kita masuk ke bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Goulash. Pastikan kamu siapin semuanya, ya, Sobat Suka Fakta!

Daging Sapi

Potongan daging sapi yang paling umum digunakan adalah beef chuck. Daging ini keras, tapi akan menjadi sangat empuk setelah dimasak lama. Kamu juga bisa gunakan osso bucco tanpa tulang, pipi sapi, atau brisket. Pastikan dagingnya punya marbling lemak yang bagus biar hasilnya empuk dan juicy.

Paprika

Kalau bisa, gunakan paprika Hungaria yang lebih manis dan halus dibanding paprika biasa. Jangan gunakan paprika panas, karena kita akan pakai banyak paprika di sini. Paprika asap bisa jadi alternatif, tapi pastikan tidak terlalu banyak karena bisa membuat saus terlalu berasap.

Sayuran

  • Bawang Bombai dan Bawang Putih: Ini adalah bahan dasar dari rasa Goulash.
  • Capsicum/Paprika: Gunakan yang merah dan kuning kalau bisa, atau dua-duanya merah. Capsicum ini memberikan rasa manis dan menambah kekayaan rasa saus.
  • Tomat: Digunakan untuk mengentalkan saus secara alami.
  • Wortel dan Kentang: Memberikan isian yang lebih padat. Kamu bisa menggantinya dengan sayuran akar lain seperti ubi atau seledri.

Bumbu-Bumbu

  • Biji Jintan: Bumbu tradisional dalam Goulash. Opsional, tapi sangat disarankan karena memberikan rasa unik.
  • Daun Salam: Menambah aroma dan rasa.

Kaldu Sapi

Kaldu sapi digunakan untuk membuat saus. Kaldu sapi ini lebih baik daripada menggunakan air biasa karena bisa memberikan rasa yang lebih enak dan beragam.

Metode Memasak Goulash yang Benar dan Praktis

Daging sapi
Ilustrasi Memotong daging. Sumber: IST

Oke, Sobat Suka Fakta, saatnya kita masuk ke dapur dan mulai masak Goulash! Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasak Goulash yang mudah diikuti.

Persiapan Bahan

  1. Potong Daging Sapi: Potong daging sapi menjadi dadu berukuran sekitar 3,5 cm. Bumbui dengan garam dan merica.
  2. Siapkan Sayuran: Potong bawang bombay, bawang putih, capsicum, tomat, wortel, dan kentang sesuai ukuran yang diinginkan.

Penumisan

  1. Masak Bawang Bombai: Panaskan minyak dan mentega dalam panci besar. Tumis bawang bombay selama sekitar 6 menit hingga pinggirannya berwarna keemasan.
  2. Masak Daging Sapi: Masukkan daging sapi ke dalam panci. Aduk hingga permukaannya berubah warna menjadi kecoklatan. Jangan khawatir jika dagingnya tidak berubah warna menjadi cokelat keemasan karena terlalu banyak di dalam panci, itu normal.

Penambahan Sayuran dan Bumbu

  1. Tambahkan Sayuran: Masukkan bawang putih, capsicum, dan tomat. Aduk selama 3 menit hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan Bumbu: Masukkan paprika, jintan, dan daun salam. Aduk selama sekitar 30 detik.

Proses Slow Cook

  1. Tambahkan Kaldu Sapi: Tuang kaldu sapi ke dalam panci. Aduk rata dan didihkan.
  2. Masak Lambat: Tutup panci dan pindahkan ke oven. Masak selama 1,5 jam. Setelah itu, masukkan wortel dan kentang, lalu masak lagi selama 30 menit hingga daging sapi benar-benar empuk.

Tips dan Trik Memasak Goulash

Sobat Suka Fakta, setelah kita sudah tahu cara memasak Goulash, saatnya kita bahas beberapa tips dan trik untuk membuat Goulash yang lebih enak dan spesial. Tips ini bakal bikin Goulash kamu makin mantap!

1. Diamkan Semalaman

Goulash akan terasa lebih enak jika didiamkan semalaman. Jadi, kalau kamu punya waktu, masaklah Goulash sehari sebelum kamu ingin menyajikannya. Simpan di lemari es dan biarkan bumbu-bumbu meresap dengan sempurna.

2. Variasi Bahan

Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai bahan untuk membuat Goulash. Misalnya, jika kamu ingin versi yang lebih sehat, kamu bisa mengganti daging sapi dengan kalkun giling. Atau tambahkan sayuran lain seperti jagung, kacang polong, wortel, atau bayam untuk variasi rasa dan tekstur.

3. Penyimpanan

Goulash bisa disimpan di lemari es hingga 4-5 hari. Jika kamu ingin menyimpannya lebih lama, masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di freezer hingga 3 bulan. Saat ingin menyantapnya lagi, cukup hangatkan kembali di panci atau microwave.

4. Penggunaan Paprika

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu bisa menggunakan paprika Hungaria untuk rasa yang otentik. Paprika ini memberikan rasa yang lebih manis dan halus dibanding paprika biasa. Hindari menggunakan paprika panas karena kita akan menggunakan banyak paprika di sini.

5. Slow Cook untuk Tekstur Sempurna

Untuk mendapatkan tekstur daging sapi yang empuk dan “hancur”, masaklah Goulash dengan metode slow cook. Kamu bisa menggunakan oven, kompor dengan api kecil, atau slow cooker. Proses slow cook ini membuat semua rasa menyatu dengan sempurna.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, dijamin Goulash kamu akan menjadi hidangan yang luar biasa lezat dan memuaskan!

Keunikan Goulash Versi Amerika

Goulash
Kolase Bahan-bahan utama. Goulash Amerika. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, ternyata Goulash juga punya versi lain yang nggak kalah enak, yaitu Goulash versi Amerika. Goulash Amerika ini sedikit berbeda dari versi Hungaria, tapi tetap memiliki rasa yang menggugah selera.

Perbedaan utama antara Goulash Hungaria dan Goulash Amerika terletak pada bahan dan cara memasaknya. Goulash Amerika biasanya menggunakan daging giling dan pasta makaroni, sedangkan Goulash Hungaria menggunakan potongan daging sapi dan lebih banyak sayuran.

Bahan-Bahan

  • Daging Giling: Biasanya menggunakan daging sapi giling yang dicokelatkan terlebih dahulu.
  • Pasta Makaroni: Menambahkan tekstur yang kenyal dan membuat hidangan lebih mengenyangkan.
  • Saus Tomat dan Tomat Potong Dadu: Memberikan rasa yang lebih beragam dan saus yang lezat.
  • Bumbu-Bumbu: Saus Worcestershire, garam berbumbu, bumbu Italia, dan daun salam untuk menambah rasa.

Cara Memasak Goulash Amerika

  1. Masak Daging Giling: Mulailah dengan memasak hingga kecokelatan daging giling bersama bawang bombay dan paprika. Tiriskan lemaknya lalu masukkan bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan Saus dan Kaldu: Tuang saus tomat, tomat yang sudah dipotong dadu, kaldu sapi, dan saus Worcestershire untuk menambah rasa.
  3. Masukkan Pasta dan Bumbu: Tambahkan bumbu dan mie makaroni kering, lalu masak hingga mie matang.
  4. Tambahkan Keju Cheddar: Masukkan keju cheddar dan aduk hingga meleleh.

Goulash Amerika ini lebih cepat dan mudah dibuat, cocok untuk kamu yang punya jadwal sibuk tapi tetap ingin menikmati makanan enak dan bergizi.

Cara yang Benar Untuk Menyajikan Goulash

Goulash
Potret penyajian Goulash dengan roti. Sumber: IST

Sekarang, kita sampai di bagian yang paling menyenangkan, yaitu penyajian Goulash! Setelah capek-capek masak, saatnya menikmati hasilnya.

Cara Menyajikan Goulash

  • Seperti Sup: Kamu bisa menyajikan Goulash dalam mangkuk seperti sup. Tambahkan sedikit peterseli cincang di atasnya untuk hiasan.
  • Dengan Roti: Selain itu, kamu bisa juga menyajikan Goulash dengan roti, seperti roti keju atau roti artisan. Roti ini bisa dicelupkan ke dalam kuah Goulash yang lezat.
  • Spaetzle atau Kentang Tumbuk: Jika kamu ingin variasi, kamu bisa menyajikan Goulash di atas spaetzle (mie khas Jerman) atau kentang tumbuk. Pilihan ini akan membuat hidangan lebih mengenyangkan.

Ide Hiasan

  • Peterseli: Tambahkan peterseli cincang di atas Goulash untuk warna dan rasa segar.
  • Keju Cheddar: Taburkan keju cheddar parut untuk tambahan rasa gurih dan tekstur creamy.

Dengan cara penyajian yang menarik dan variasi garnish atau hiasan, Goulash kamu pasti akan jadi hidangan yang istimewa dan disukai semua orang di rumah.

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah cara membuat dan menyajikan Goulash, hidangan daging khas Hungaria yang mirip gulai. Cobalah resep ini di rumah dan rasakan sendiri kenikmatan Goulash yang kaya rasa dan lezat. 

Kandungan Gizi yang ada di dalam Goulash

Sobat Suka Fakta, setelah kita tahu cara memasak dan menyajikan Goulash, sekarang saatnya kita bahas nilai gizi dari hidangan lezat ini. Tentu saja, selain rasanya yang mantap, kita juga ingin tahu apakah Goulash ini baik untuk kesehatan kita, kan?!

Informasi Gizi per Porsi

Satu porsi Goulash Hungaria biasanya mengandung:

  • Kalori: Sekitar 574 kal
  • Protein: 46 gram
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Lemak: 32 gram
    • Lemak Jenuh: 14 gram
    • Lemak Tak Jenuh Ganda: 3 gram
    • Lemak Tak Jenuh Tunggal: 15 gram
    • Lemak Trans: 2 gram
  • Kolesterol: 150 mg
  • Sodium: 1361 mg
  • Kalium: 1918 mg
  • Serat: 7 gram
  • Gula: 8 gram
  • Vitamin dan Mineral:
    • Vitamin A: 8879 IU
    • Vitamin C: 91 mg
    • Kalsium: 96 mg
    • Zat Besi: 7 mg

Manfaat Kesehatan dari Bahan-Bahan Utama

  1. Daging Sapi
    • Kaya akan protein yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
    • Mengandung zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.
    • Sumber vitamin B12 yang baik untuk fungsi otak dan sistem saraf.
  2. Paprika
    • Tinggi vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.
    • Mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.
    • Membantu meningkatkan metabolisme.
  3. Bawang Bombai dan Bawang Putih
    • Mengandung senyawa sulfur yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.
    • Baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengatur kadar gula darah.
  4. Tomat
    • Kaya akan likopen, antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.
    • Sumber vitamin A dan C yang membantu menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.
  5. Wortel dan Kentang
    • Wortel kaya akan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.
    • Kentang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama.

Tips Mengatur Porsi dan Menjaga Keseimbangan Nutrisi

  • Kontrol Porsi: Meskipun Goulash lezat, penting untuk mengontrol porsi agar tidak berlebihan mengonsumsi kalori dan lemak.
  • Tambahkan Sayuran: Menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam Goulash dapat meningkatkan kandungan serat dan vitamin.
  • Kurangi Garam: Jika kamu memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, kurangi jumlah garam dalam resep atau gunakan kaldu rendah sodium.

Dengan mengetahui informasi nutrisi ini, kamu bisa menikmati Goulash dengan lebih bijak dan tetap menjaga kesehatan. Goulash tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang baik jika dikonsumsi dengan tepat.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, gak kerasa kita sudah ebrada di penghujung artikel. Melalui perjalanan kuliner ini, kita jadi tau bahwa Goulash, ikon budaya Hungaria ini memang spesial. Dengan daging sapi yang dimasak lambat, paprika yang kaya rasa, dan sayuran segar, Goulash menawarkan kombinasi rasa yang tak terlupakan.

Proses memasaknya memang butuh waktu, tapi hasilnya sepadan. Dengan metode slow cook, kamu bisa mendapatkan daging sapi yang empuk dan saus yang kaya. Selain lezat, Goulash juga kaya akan nutrisi. Jadi, menikmati Goulash tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mendukung kesehatan tubuh kita.

Jadi, tunggu apa lagi? Cobalah resep Goulash di rumah dan ajak keluarga serta teman-teman untuk ikut menikmatinya. Bagikan pengalaman memasak kamu di kolom komentar, ya! Selamat memasak dan menikmati Goulash, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • “Hungarian Goulash Recipe.” RecipeTin Eats. Diakses 10 Juni 2024, dari https://www.recipetineats.com/hungarian-goulash-recipe/.
  • “Easy Goulash Recipe.” I Wash You Dry. Diakses 10 Juni 2024, dari https://iwashyoudry.com/easy-goulash-recipe/.
  • “Hungarian Goulash.” Spend With Pennies. Diakses 10 Juni 2024, dari https://www.spendwithpennies.com/hungarian-goulash/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *