Fakta Dunia

9 Sisi Gelap K-pop, Tidak Lepas dari Skandal dan Pelecehan

47
×

9 Sisi Gelap K-pop, Tidak Lepas dari Skandal dan Pelecehan

Sebarkan artikel ini
sisi gelap K-pop
9 Sisi Gelap K-pop, Tidak Lepas dari Skandal dan Pelecehan. Sumber: Instagram /@blackpinkofficial

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang nggak kenal K-pop? Musik pop dari Korea Selatan ini nggak hanya mendominasi Asia, tapi juga berhasil menembus pasar dunia. Dari musiknya yang catchy, koreografi yang keren, hingga visual para idol yang menawan, K-pop punya daya tarik yang nggak bisa dipungkiri. 

Tapi, tahukah kamu kalau di balik gemerlapnya panggung dan senyum manis para idol, ada sisi gelap yang jarang kita ketahui? Yup, industri K-pop yang terlihat sempurna ini ternyata menyimpan banyak cerita pahit dan sisi gelap yang bikin kita geleng-geleng kepala. 

Nah, setelah sebelumnya kita mengulik sisi gelap Korea Selatan, kini kita akan mengupas tuntas sisi gelap K-pop yang sering kali terlewatkan. Jadi, simak terus ya, Sobat Suka Fakta, karena fakta-fakta ini pasti akan bikin kamu tercengang!

Sisi Gelap K-Pop

1. Para Idol Harus Melewati Masa Training yang Super Berat

 idol kpop
Potret Traning idol kpop. Sumber: Instagram

Sobat Suka Fakta, kalau kamu pikir jadi idol K-pop itu mudah, kamu salah! Pasalnya, sebelum bisa debut, para trainee harus melewati masa training yang super berat. Bayangkan saja, mereka harus berlatih vokal dan menari berjam-jam setiap harinya. 

Nggak hanya itu, mereka juga harus menjalani diet ketat untuk menjaga penampilan. Banyak dari mereka yang bahkan nggak dibayar selama masa training ini. Ada yang harus berlatih sampai bertahun-tahun, bahkan ada yang mencapai 11 tahun, tanpa jaminan bakal debut di panggung.

Latihan fisik yang keras dan diet ekstrem ini membuat para trainee sering kali pingsan karena kelelahan atau kelaparan. Seperti yang diceritakan oleh mantan trainee Elaine Chong, pingsan karena latihan sudah dianggap biasa. Miris, kan?! 

Ini menunjukkan betapa kejamnya masa training yang harus mereka jalani. Namun, bagi sebagian besar trainee, semua penderitaan itu seolah sepadan demi satu kesempatan untuk bersinar di atas panggung K-pop yang gemerlang.

2. Banyak Idol yang Terlibat Skandal Bullying di Sekolah

 pembulyan.
Ilustrasi pembulyan. Sumber: IST

Di balik senyum manis dan tampilan memukau, banyak idol K-pop yang terlibat dalam skandal bullying. Pada awal 2021, sejumlah idol dituduh sebagai pelaku bullying di sekolah mereka dulu. 

Budaya bullying di Korea Selatan memang dikenal sangat kejam, dan begitu tuduhan muncul, masyarakat biasanya langsung memboikot para idol tersebut. Ini tentu saja berdampak besar pada karier mereka. Salah satu contoh nyata adalah Soojin dari (G)I-DLE yang harus meninggalkan grupnya karena ia dituduh melakukan bullying. 

3. Dituntut Untuk Menjadi Sempurna di Depan Kamera 

Jennie
Potret Jennie di depan para wartawan. Sumber: koreajoongangdaily.joins.com

Kita semua tahu kalau idol K-pop selalu terlihat sempurna di depan kamera. Tapi, tahukah kamu kalau penampilan sempurna mereka itu sering berasal dari tekanan, lho! Yup! Agensi memiliki standar yang sangat tinggi untuk para idol, mulai dari penampilan fisik hingga sikap dan perilaku. 

Idol harus selalu menjaga image mereka sesuai dengan yang diinginkan oleh agensi, bahkan nama panggung mereka pun sering kali dibuat oleh agensi. Tekanan untuk selalu tampil sempurna ini bisa sangat berat. 

Idol dituntut untuk tidak pernah membuat kesalahan dan harus selalu terlihat baik di mata publik. Jika ada satu saja kesalahan, mereka bisa langsung dihujani kritik oleh netizen. Hal ini tentunya menambah beban mental yang harus mereka pikul setiap harinya. Bayangkan harus hidup dalam tekanan seperti itu terus-menerus, pasti sangat melelahkan.

4. Para Idol Harus Sembunyikan Asmara Agar Agensi Tak Kena Imbas 

jennie
Ilustrasi jennie dan Kai. Sumber: Twitter

Skandal kencan di dunia K-pop adalah hal yang sangat sensitif, Sobat Suka Fakta. Para idol sering kali harus merahasiakan hubungan asmara mereka karena takut terkena imbas dari penggemar dan agensi. 

Contohnya, hubungan Hyuna dan Dawn yang terpaksa harus diungkap pada 2018 setelah mereka berkencan diam-diam sejak 2016. Akibatnya, mereka dipecat dari Cube Entertainment karena dianggap mengkhianati kepercayaan perusahaan.

Tidak hanya Hyuna dan Dawn, hubungan Jennie BLACKPINK dan Kai EXO juga menjadi skandal besar. Mereka dikabarkan berkencan pada 2018, namun penggemar dan agensi Jennie menolak keras hubungan tersebut. 

Jennie terus-menerus diejek dan dikritik oleh netizen, yang akhirnya konon membuat hubungan mereka berakhir. Kasus-kasus ini menunjukkan betapa sulitnya para idol untuk menjalani kehidupan pribadi yang normal.

5. Industri K-pop Diwarnai dengan Kekerasan 

Omega X.
Potret Boygroup Omega X. Sumber: instagram @omegax_official

Sobat Suka Fakta, industri K-pop tidak hanya diwarnai oleh skandal kencan dan bullying, tapi juga kekerasan. Baru-baru ini, kasus kekerasan terhadap boy group OMEGA X menghebohkan publik.  

Setelah selesai mengadakan konser, CEO perusahaan kedapatan membentak dan mengancam member Kim Jaehan yang memiliki gangguan kepanikan. Bentakan ini tidak hanya membuat Jaehan tertekan, tapi juga menyoroti sisi gelap industri yang sering kali tersembunyi dari mata publik.

Kekerasan dan pelecehan dalam industri K-pop bukanlah hal baru. Banyak idol yang pernah mengalami perlakuan tidak manusiawi dari pihak agensi atau staf. Kasus ini menambah panjang daftar skandal kelam yang mencoreng gemerlapnya industri K-pop. 

Hal ini menunjukkan bahwa di balik wajah ceria dan penampilan sempurna, banyak idol yang harus menanggung beban berat dan mengalami penderitaan yang tidak terlihat oleh publik.

6. Menghadapi Ketidakadilan dalam Pembagian Pendapatan

Menghadapi Ketidakadilan
Potret Sunghyun yang tidak pernah dapat bayaran. Sumber: soompi.com

Sobat Suka Fakta, selain masa training yang berat, banyak idol K-pop yang juga menghadapi ketidakadilan dalam pembagian pendapatan. Beberapa grup K-pop bahkan tidak dibayar sama sekali selama bertahun-tahun. 

Contoh nyata adalah Sunghyun, mantan member IN2IT, yang mengungkapkan bahwa ia tidak pernah menerima pembayaran selama dua tahun terakhir, kecuali 50.000 won per bulan untuk membayar tagihan teleponnya.

Grup-grup lain seperti SECRET, B.A.P, STELLAR, The Rose, dan Yeon Woo mantan member MOMOLAND juga mengalami nasib serupa. Mereka bekerja keras tanpa bayaran yang layak, bahkan setelah debut. Ketidakadilan ini menunjukkan bahwa industri K-pop masih memiliki banyak masalah dalam hal kesejahteraan finansial para idolnya.

7. Industri K-pop Tidak Lepas dari Skandal Pelecehan Seksual 

Burning Sun
Kisah pelecehan Burning Sun. Sumber: timesnownews.com

Sobat Suka Fakta, industri K-pop juga tidak lepas dari skandal pelecehan seksual . Kasus paling terkenal adalah skandal ‘Burning Sun’ yang melibatkan Seungri, mantan anggota BIGBANG. 

Pada 2019, Seungri terlibat dalam kasus penipuan dan prostitusi di klubnya yang bernama Burning Sun. Kasus ini menghebohkan publik dan menjadi salah satu skandal kriminal terbesar dalam sejarah K-pop.

Selain itu, Kris Wu, mantan anggota EXO, juga terlibat dalam kasus pemerkosaan pada 2021. Kris dituduh melakukan pemerkosaan terhadap 30 orang, termasuk yang di bawah umur. 

Ia kemudian ditangkap oleh polisi di Beijing atas dugaan pemerkosaan dan divonis 13 tahun penjara Skandal-skandal ini menunjukkan sisi gelap industri K-pop yang sering kali tersembunyi dari mata publik.

8. Persaingan di Industri K-pop Sangat Ketat dan Tidak Sehat 

drama imitation.
Potret Drama Imitation. Sumber: INSTAGRAM/IMITATION KBS

Persaingan di industri K-pop sangat ketat, dan tidak jarang terjadi ketidakadilan antara agensi besar dan kecil. Grup rookie yang baru debut sering kali tersingkir oleh grup dari agensi besar yang memiliki lebih banyak sumber daya. Persaingan ini bukan hanya terjadi di panggung, tetapi juga dalam hal promosi dan mendapatkan airtime di televisi. 

Contohnya, dalam drama ‘Imitation’, digambarkan bagaimana grup rookie sering kali harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan perhatian, sementara grup dari agensi besar dengan mudah mendapatkan jam tayang yang lebih baik. Hal ini membuat banyak grup rookie harus berjuang ekstra keras untuk bisa bertahan di industri yang sangat kompetitif ini.

9. Mendapatkan Tuntutan Keadilan dari Para Penggemar

Blink
Potret salah satu penggemar mengirim truk protes ke kantor YG. Sumber: inikpop.com

Para penggemar K-pop sering kali berperan aktif dalam menuntut keadilan bagi idol favorit mereka. Contohnya, penggemar BLACKPINK, yang dikenal sebagai BLINK, pernah memprotes YG Entertainment karena kurangnya aktivitas dan rilis musik dari grup tersebut. Mereka bahkan mengirim truk protes ke kantor YG Entertainment dengan daftar tuntutan yang mereka inginkan.

Protes ini menunjukkan bahwa para penggemar tidak hanya peduli dengan karya musik idol mereka, tetapi juga dengan kesejahteraan mereka. Dukungan dari penggemar sering kali menjadi kekuatan besar yang bisa mempengaruhi keputusan agensi dan membawa perubahan yang positif bagi para idol.

Upaya Perbaikan yang Dilakukan Terhadap Industri K-pop

BigHit entertaiment.
Potret Kantor BigHit entertaiment. Sumber: kompas.com

Sobat Suka Fakta, meskipun banyak sisi gelap, namun ada juga upaya perbaikan dalam industri K-pop. Beberapa agensi mulai memprioritaskan kesejahteraan idol mereka. Contohnya adalah BigHit Entertainment, yang dikenal mempertimbangkan kesehatan dan kesejahteraan para idol mereka. 

BTS, grup yang dikelola oleh BigHit, diberikan waktu istirahat beberapa bulan pada 2019 untuk beristirahat dari jadwal mereka yang sibuk. Fans juga memperhatikan kenaikan berat badan sehat dari anggota BTS, yang kontras dengan idol lain. 

Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua perusahaan menerapkan aturan keras terhadap artis mereka untuk membuat grup yang sukses. Perubahan positif ini memberikan harapan bahwa industri K-pop bisa menjadi lebih manusiawi dan memperhatikan kesejahteraan para idolnya.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah berada di penghujung artikel. Dari perjalanan ini, kita jadi tau bahwa industri K-pop memang penuh dengan gemerlap dan kemewahan, tetapi di balik itu semua, ada sisi gelap yang jarang terlihat. 

Namun, ada harapan bahwa dengan dukungan dari penggemar dan perubahan kebijakan agensi, industri K-pop bisa menjadi lebih baik. Kita sebagai penggemar juga harus lebih bijak dan peduli dengan kesejahteraan para idol, bukan hanya mengagumi mereka dari penampilan luar.

REFERENSI

  • CNB Indonesia. (2022). Sisi Gelap Dunia Kpop, dari Bullying sampai Prostitusi. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220309191042-33-321485/sisi-gelap-dunia-kpop-dari-bullying-sampai-prostitusi
  • Female Daily. (2022). Super Mengejutkan! Ini Dia Sisi Gelap Industri K-Pop yang Bikin Geleng-geleng Kepala! Retrieved from https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/11/02/sisi-gelap-industri-k-pop-yang-bikin-geleng-kepala
  • Popbela. (2022). Curhat Mantan Trainee yang Merasa Jijik, Ini Sisi Gelap Industri K-Pop. Retrieved from https://www.popbela.com/career/working-life/natasha-cecilia-anandita/curhat-mantan-trainee-yang-merasa-jijik-ini-sisi-gelap-industri-k-pop
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *