Fakta Dunia

Mengenal White Truffle, Jamur yang Bisa Dijadikan Skincare

47
×

Mengenal White Truffle, Jamur yang Bisa Dijadikan Skincare

Sebarkan artikel ini
White Truffle
Mengenal White Truffle, Jamur yang Bisa Dimakan dan Dijadikan Skincare. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang white truffle? Mungkin terdengar asing buat sebagian dari kalian, tapi buat para pecinta kuliner dan skincare, white truffle itu bagaikan harta karun. 

White truffle atau truffle putih adalah salah satu jamur paling langka dan berharga di dunia. Tidak hanya terkenal di dapur restoran mewah, white truffle juga mulai merambah dunia kecantikan karena berbagai manfaatnya yang keren banget.

Tapi tunggu, nggak cuma itu yang bikin white truffle jadi primadona. Jamur ini juga dikenal punya banyak manfaat kesehatan. Kaya akan berbagai vitamin dan mineral, white truffle nggak hanya memanjakan lidah, tapi juga memberikan banyak kebaikan buat tubuh dan kulit kita.

Di artikel ini, kita akan kupas tuntas tentang white truffle. Jadi, pastikan kalian stay tune sampai akhir artikel untuk mengetahui lebih banyak tentang white truffle. Yuk, kita mulai petualangan wisata kuliner ini!

Apa Itu White Truffle?

Piedmont
Potret Kota Piedmont. Sumber: IST

White truffle adalah jenis jamur yang paling langka dan berharga di dunia. Biasanya, white truffle ditemukan di wilayah Piedmont, Italia, salah satu negara tercantik di dunia. Bahkan, di wilayah ini, white truffle telah jadi bagian dari budaya mereka.

Truffle ini dikenal dengan aroma yang sangat kuat dan khas, bahkan bisa dibilang lebih harum dibandingkan dengan jenis truffle lainnya. Gak heran kalo white truffle sangat dicari di pasaran dan harganya pun selangit.

White truffle ini berasal dari spesies jamur yang bernama Tuber Magnatum Pico. Mereka tumbuh di bawah tanah dan hidup dalam hubungan simbiosis dengan akar pohon, seperti pohon oak, chestnut, hazelnut, dan hornbeam. 

Jamur ini biasanya ditemukan beberapa inci di bawah permukaan tanah dan berbentuk bola kecil yang tidak beraturan, dengan ukuran yang bervariasi dari satu inci hingga lebih dari satu pon.

Cara menemukan white truffle juga cukup menarik. Anjing yang terlatih khusus digunakan untuk mencium bau truffle yang tersembunyi di dalam tanah. Dulu, babi juga digunakan untuk tugas ini, tetapi karena babi sering makan truffle yang mereka temukan, akhirnya para pemburu truffle lebih memilih menggunakan anjing.

Ada White Truffle yang Beratnya Mencapai 2 kg

Truffle.
Potret Sabatino yang menemukan Truffle. Sumber: Dok. transfermarkt.co.id

Ngomong-ngomong soal white truffle, ada cerita seru tentang rekor white truffle terbesar yang pernah ditemukan. Sabatino, salah satu pemasok truffle ternama, memegang Guinness World Record untuk white truffle terbesar yang pernah dijual. 

Truffle putih ini beratnya mencapai 4,16 pon atau sekitar 1,89 kilogram. Truffle raksasa ini ditemukan pada 2014 dan dijual melalui lelang di Sotheby’s. Hasil penjualannya disumbangkan untuk amal. Keren, kan?!

Habitat Aslinya Ada di Piedmont, Italia 

Kota Piedmont.
Potret Kota Piedmont. Sumber: IST

Seperti yang sudah disebutkan, white truffle bisa ditemukan di wilayah Piedmont, Italia, khususnya di kota Alba. Makanya, white truffle sering juga disebut sebagai Alba truffle. Tapi nggak hanya di situ saja, Sobat! Wilayah lain di Italia seperti Molise, Abruzzo, dan Tuscany juga dikenal sebagai penghasil white truffle.

Di luar Italia, white truffle juga bisa ditemukan di Kroasia, Slovenia, dan Prancis, meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit. Truffle ini tumbuh sporadis di kebun, hutan, dan kawasan berhutan, dan untuk menemukannya, para pemburu truffle menggunakan anjing yang sudah dilatih khusus.

Harganya Bisa Mencapai Ratusan Juta per Setengah Kilo

Potret Jamur Truffle. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap terkejut, ya! White truffle ini memang benar-benar bikin dompet meringis. Bayangkan, harganya bisa mencapai ribuan dolar per pon (0,5 kg), lho!

Harga white truffle biasanya berkisar antara USD4.000 (Rp65 juta) hingga USD6.000 (Rp98 juta) per pon, tapi karena permintaan yang terus meningkat dan perubahan kondisi iklim, harganya bisa melonjak hingga USD8.000 atau sekitar Rp131 juta per pon. Gila, kan?!

Kenapa bisa semahal itu? Nah, selain karena white truffle sangat langka dan sulit ditemukan, proses panennya juga nggak mudah. Perlu bantuan anjing-anjing terlatih dan harus dilakukan di musim tertentu saja. Selain itu, perubahan iklim seperti kondisi kekeringan di Italia juga mempengaruhi ketersediaan white truffle, yang akhirnya berdampak pada harganya.

Buat para chef dan restoran mewah, white truffle ini adalah bahan yang sangat berharga. Rasanya yang unik dan aromanya yang kuat bisa mengubah hidangan biasa jadi luar biasa. Itu sebabnya, meskipun harganya mahal, banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan white truffle ini.

Mengandung Berbagai Vitamin dan Mineral yang Baik bagi Tubuh

Kulit cerah
Ilustrasi Kulit yang cerah. Sumber: IST

White truffle ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik buat tubuh kita. Di antaranya ada Vitamin A, B, C, D, K, Zinc, Copper, Manganese, dan Phosphorus. Jadi, selain memanjakan lidah, white truffle juga memberikan kebaikan untuk tubuh kita.

Ada yang bilang, white truffle juga punya sifat afrodisiak, yang artinya bisa meningkatkan gairah. Hal ini mungkin karena aromanya yang kuat dan berkaitan dengan feromon kawin. 

Selain itu, truffle juga dikenal bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem imun tubuh. Dengan banyaknya kandungan gizi ini, nggak heran kalau white truffle disebut sebagai “makanan super”.

Cara Menyimpan White Truffle agar Tetap Enak

kulkas.
Ilustrasi Penyimpanan kulkas. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kalian punya white truffle di rumah, penting banget nih tahu cara menyimpannya dengan benar biar tetap segar dan enak. Setelah menerima white truffle, segera keluarkan dari kantong yang tertutup rapat dan bungkus dengan handuk kertas baru untuk menyerap kelembapan. Ini penting banget untuk menjaga truffle tetap kering dan nggak berjamur.

Kemudian, letakkan truffle yang sudah dibungkus tadi dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es. Pastikan untuk memeriksa truffle setiap hari dan ganti handuk kertasnya untuk menghindari kelembapan berlebih. 

Ingat, white truffle bisa kehilangan hingga 10% beratnya setiap hari, jadi pastikan untuk menikmatinya secepat mungkin setelah diterima. Ini supaya kalian bisa merasakan white truffle dalam kondisi terbaiknya.

Tips Memasak White Truffle Agar Hasilnya Lezat dan Bikin Ketagihan

 Risotto
Potret makanan Risotto. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa yang suka masak? Kalau kalian punya white truffle di dapur, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan rasa terbaik dari jamur mahal ini. Pertama-tama, white truffle memiliki aroma dan rasa yang sangat intens, jadi nggak perlu banyak tips untuk membuat hidangan kalian jadi spesial.

Cara paling tradisional untuk menikmati white truffle adalah dengan mengirisnya tipis-tipis menggunakan alat cukur truffle. Irisan tipis ini bisa kalian letakkan di atas hidangan pasta, risotto, atau telur. Panas dari makanan akan membantu mengeluarkan aroma dan rasa dari truffle tanpa merusaknya.

Selain diiris, kalian juga bisa memarut white truffle. Ini akan menyebarkan rasa lebih merata ke seluruh hidangan. White truffle sangat cocok untuk ditambahkan ke dalam saus berbasis lemak seperti mentega, krim, atau minyak. Kenapa? Karena senyawa dan molekul perasa dalam white truffle larut dalam lemak, sehingga rasanya bisa lebih meresap ke dalam saus.

Ingat, Sobat, jangan pernah memasak white truffle dengan api besar karena ini bisa merusak rasa dan aromanya. Cukup panaskan hidangan kalian, lalu tambahkan irisan atau parutan white truffle di atasnya. Nikmati momen mewah ini, dan rasakan perbedaannya!

White Truffle Sering Digunakan dalam Produk Skincare Kelas Atas

jamur Truffle.
Ilustrasi Skincare yang mengandung jamur Truffle. Sumber: IST

Siapa sangka, white truffle yang biasa kita kenal sebagai bahan mewah di dapur, ternyata juga punya manfaat luar biasa untuk kulit kita. Dalam beberapa tahun terakhir, white truffle semakin populer di dunia skincare, terutama dalam produk-produk perawatan kulit kelas atas.

Kenapa white truffle bisa begitu bermanfaat untuk kecantikan? White truffle kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Di dalamnya terkandung Vitamin C, B12, B3, B6, dan asam lemak esensial. Semua nutrisi ini membantu menjaga kulit tetap sehat, lembap, dan awet muda.

Selain itu, white truffle juga dikenal punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Ini berarti white truffle bisa membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi, bukan cuma enak dimakan, white truffle juga bisa bikin kulit kalian glowing!

5 Manfaat Kecantikan White Truffle Secara Detail

Kerutan Truffle.
Ilustrasi Kerutan Truffle. Sumber: IST

Yuk, kita bahas lebih detail tentang manfaat kecantikan dari white truffle ini. Ada beberapa poin utama yang perlu kalian tahu:

1. Anti-Penuaan dan Peremajaan Kulit

White truffle kaya akan antioksidan, seperti Vitamin C, yang membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Asam lemak esensial dalam white truffle juga membantu kulit kita mempertahankan tingkat kelembapan alaminya, membuat kulit jadi lebih halus dan awet muda.

2. Mencerahkan Kulit dan Memudarkan Hiperpigmentasi

White truffle mengandung Vitamin C yang tinggi, yang membantu memudarkan bintik hitam dan perubahan warna kulit. Selain itu, ada juga Vitamin B3 dan B12 yang terkenal untuk mencerahkan kulit dan memberikan warna kulit yang merata.

3. Menghidrasi dan Melembabkan Kulit

Kaya akan vitamin dan asam amino, white truffle memberikan hidrasi yang intens untuk kulit. Kandungan ceramide dalam white truffle membantu menjaga kelembapan dan memperbaiki pelindung kulit alami, membuat kulit tetap lembut dan halus.

4. Menenangkan Kulit

Buat Sobat yang punya kulit sensitif, white truffle bisa jadi sahabat kalian. Kandungan ceramide dan sifat anti-inflamasinya membantu menenangkan kemerahan dan iritasi, serta melindungi kulit dari stres lingkungan seperti sinar UV dan polusi.

5. Memperbaiki dan Melindungi Kulit

White truffle mengandung enzim Superoxide Dismutase (SOD) yang membantu membalikkan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Vitamin B3 atau Niacin dalam white truffle juga mendukung regenerasi kulit, menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya.

Itu dia beberapa manfaat kecantikan dari white truffle. Selanjutnya, kita akan bahas cara menggunakan white truffle dalam rutinitas perawatan kulit kalian. Jadi, tetap di sini ya, Sobat Suka Fakta!

Cara Menggunakan White Truffle dalam Perawatan Kulit

serum wajah.
Ilusrasi serum wajah. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah mengetahui semua manfaat luar biasa dari white truffle untuk kecantikan kulit, sekarang saatnya kita pelajari cara menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. White truffle bisa ditemukan dalam berbagai produk skincare seperti serum, pelembab, toner, dan pembersih. Yuk, kita bahas lebih detail!

1. Serum Wajah

Serum wajah dengan kandungan white truffle sangat bagus untuk memberikan nutrisi intensif pada kulit. Serum ini biasanya kaya akan vitamin dan antioksidan yang membantu mengurangi garis halus dan kerutan. 

Cara penggunaannya gampang, Sobat. Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner, aplikasikan beberapa tetes serum white truffle ke seluruh wajah dan leher, lalu pijat perlahan hingga meresap.

2. Pelembap

Pelembap yang mengandung white truffle cocok banget buat Sobat yang punya kulit kering atau sensitif. Kandungan ceramide dan asam lemak esensial dalam white truffle membantu menjaga kelembapan dan memperbaiki pelindung kulit. Gunakan pelembab ini setelah serum untuk hasil maksimal. Ambil sedikit pelembab dan aplikasikan ke wajah dan leher, pijat lembut hingga meresap.

3. Toner

Toner dengan ekstrak white truffle bisa membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan. Setelah membersihkan wajah, tuangkan toner ke kapas dan usapkan lembut ke seluruh wajah. Toner ini akan membantu menyiapkan kulit Sobat untuk menerima manfaat dari serum dan pelembab yang akan digunakan selanjutnya.

4. Pembersih Wajah

Pembersih wajah dengan white truffle sangat efektif membersihkan kulit dari kotoran dan sisa makeup tanpa membuatnya kering. Gunakan pembersih ini setiap pagi dan malam. Basahi wajah, aplikasikan pembersih, dan pijat lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Wajah

Masker wajah yang mengandung white truffle adalah cara yang bagus untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil terbaik. Aplikasikan masker secara merata ke seluruh wajah, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker ini akan membantu menghidrasi, mencerahkan, dan menenangkan kulit.

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit dengan White Truffle

Saat memilih produk perawatan kulit dengan white truffle, pastikan Sobat memilih produk dari brand yang terpercaya. Baca label dengan teliti untuk memastikan produk tersebut mengandung ekstrak white truffle yang asli dan berkualitas. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan keras seperti paraben, alkohol, atau pewangi sintetis yang bisa menyebabkan iritasi.

Kesimpulan

White truffle, atau truffle putih, adalah jamur langka dan mahal yang dikenal karena aroma dan rasanya yang khas. Berasal dari wilayah Piedmont di Italia, white truffle menjadi primadona di dunia kuliner dan sering dijumpai di hidangan restoran mewah. 

Manfaat white truffle tidak hanya terbatas pada dunia kuliner. Jamur ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. White truffle juga dianggap sebagai afrodisiak karena aromanya yang khas. Dalam perawatan kulit, white truffle semakin populer karena kandungan antioksidan, asam lemak esensial, dan vitamin yang membantu mengurangi kerutan, mencerahkan kulit, menghidrasi, dan menenangkan kulit sensitif.

Secara keseluruhan, white truffle adalah bahan yang luar biasa baik dalam dunia kuliner maupun kecantikan. Meskipun harganya tinggi, manfaat yang diberikan sebanding dengan investasi yang kita keluarkan. Jika ada kesempatan, cobalah white truffle dalam hidangan favorit kalian atau sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit untuk merasakan sendiri keistimewaannya.

REFERENSI

  • Sabatino Truffles. (2024). All About White Truffles. Retrieved from https://sabatino1911.com/blogs/trufflepedia/all-about-white-truffles
  • D’Artagnan. (2024). White Truffles: Recipes and Uses. Retrieved from https://www.dartagnan.com/white-truffles-recipes-and-uses.html
  • Destination I Do. (2024). The Skincare Benefits of White Truffle. Retrieved from https://destinationido.com/planning-and-advice/the-skincare-benefits-of-white-truffle/#:~:text=Brightening%3A%20White%20truffle%20is%20known,it%20looking%20and%20feeling%20healthier
  • Herbal Dynamics Beauty. (2021, June 25). Top 5 White Truffle Benefits for Skin. Retrieved from https://www.herbaldynamicsbeauty.com/blogs/herbal-dynamics-beauty/top-5-white-truffle-benefits-for-skin
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *