Fakta Dunia

8 Fakta Caviar Beluga, Kaviar Termahal di Dunia dengan Harga Rp300 Juta

56
×

8 Fakta Caviar Beluga, Kaviar Termahal di Dunia dengan Harga Rp300 Juta

Sebarkan artikel ini
Caviar Beluga
8 Fakta Caviar Beluga, Caviar Termahal di Dunia dengan Harga Rp300 Juta. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti pernah mendengar tentang makanan termahal di dunia, kan?! Selain ada white truffle dan daging kobe, ada juga Caviar beluga. Kalian pasti pernah denger Caviar ini, kan?! 

Caviar beluga dikenal bukan cuma karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, tapi juga karena proses produksinya yang panjang dan rumit. Nggak heran, harganya bisa mencapai ribuan dollar per kilogram! Caviar ini juga sering jadi simbol budaya kemewahan dan status sosial sejak zaman kerajaan dulu. 

Nah, di artikel ini, kita akan mengajak kalian mengenal lebih jauh Caviar beluga. Yuk, langsung aja kita mulai perjalanan wisata kuliner ini! Dijamin, kamu bakal takjub dengan berbagai keunikan Caviar ini!

Berasal dari Telur Ikan Sturgeon Beluga di Laut Kaspia

Telur Ikan Sturgeon
Potret Ikan Sturgeon. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, caviar beluga ini merupakan telur dari ikan sturgeon beluga. Tapi, pernahkah kalian bertanya-tanya di mana ikan sturgeon beluga hidup? 

Nah, ikan raksasa ini ditemukan di Laut Kaspia yang berbatasan dengan Iran, Azerbaijan, Kazakhstan, Rusia, dan Turkmenistan. Selain itu, ikan sturgeon beluga juga dapat ditemukan di Laut Hitam dan kadang-kadang di Laut Adriatik.

Kondisi geografis dan ekologi di kawasan ini sangat mendukung kehidupan ikan sturgeon beluga. Laut Kaspia, misalnya, memiliki perairan yang kaya akan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan ikan ini. 

Caviar Terbesar dan Paling Lembut yang Harga Mencapai Rp300 Juta

Caviar
Potret telur caviar. Sumber: IST

Ngomong-ngomong soal caviar beluga, kalian pasti penasaran seperti apa sih bentuk dan rasanya? Telur caviar beluga dikenal sebagai yang terbesar dan paling lembut di antara semua jenis Caviar. Warna telurnya bisa bervariasi dari abu-abu terang hingga hampir hitam. Telur dari ikan yang lebih tua biasanya lebih terang dan lebih bernilai.

Rasanya? Caviar beluga punya tekstur yang sangat halus dan meleleh di mulut. Setiap gigitan akan membawa kalian dalam perjalanan rasa yang kaya dan khas, benar-benar bikin ketagihan! Tapi, tahu nggak, Sobat, harga Caviar beluga ini bisa mencapai USD7.000 (Rp115 juta) hingga USD22.000 (Rp360 juta) per kilogram. Wah, mahal banget, ya!

Ikannya Membutuhkan Waktu 20 Tahun untuk Mencapai Kematangan

 Ikan Sturgeon.
Potret Ikan Sturgeon. Sumber: IST

Proses pemanenan Caviar beluga ternyata nggak mudah, Sobat. Ikan sturgeon beluga membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk mencapai kematangan dan siap dipanen. Ikan yang dipanen bisa mencapai berat hampir 900 kg! 

Namun, metode pemanenan tradisional seringkali mengakibatkan kematian ikan betina, yang tentunya sangat mempengaruhi populasi mereka. Status ikan sturgeon beluga pun sangat terancam punah, oleh karena itu, berbagai upaya konservasi telah dilakukan. 

Pada tahun 2005, Amerika Serikat melarang impor Caviar beluga dari Laut Kaspia dan Laut Hitam. CITES juga menangguhkan perdagangan Caviar dari wilayah-wilayah ini pada tahun 2006. Namun, ada pengecualian untuk Caviar dari Iran, karena negara ini dianggap melakukan konservasi dan pengawasan perikanan yang efektif.

Tapi, ada kabar baiknya juga, nih. Sturgeon Aquafarms di Florida berhasil mendapatkan izin untuk perdagangan Caviar beluga di AS pada tahun 2016. Mereka juga berkontribusi dalam upaya repopulasi dengan menyediakan lebih dari 160.000 telur beluga yang telah dibuahi ke wilayah Laut Kaspia.

Awalnya Caviar hanya Dikonsumsi oleh Keluarga Kerajaan

Henry Schacht.
Potret Henry Schacht. Sumber: Dok. warburgpincus.com

Sobat Suka Fakta, sejarah Caviar beluga penuh dengan kemewahan dan intrik. Awalnya, Caviar beluga hanya disajikan untuk keluarga kerajaan. Pada abad pertengahan, raja-raja Inggris menyimpan seluruh ikan sturgeon beluga untuk konsumsi mereka sendiri dan menyebutnya sebagai “Ikan Kerajaan”. 

Praktik makan Caviar kemudian menyebar ke Rusia, di mana Caviar menjadi simbol kemewahan. Di Amerika Serikat, bisnis Caviar pertama didirikan pada tahun 1873 oleh Henry Schacht di Sungai Delaware. 

Dengan populasi ikan sturgeon yang melimpah, Schacht mampu menjual Caviar dengan harga lebih murah dibandingkan pasar Eropa, membuat Caviar lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Pada abad ke-19, Amerika Serikat memproduksi sekitar 90% Caviar dunia, dengan hampir 40% berasal dari ikan beluga.

Namun, semua ini berubah pada awal abad ke-20 ketika populasi ikan sturgeon mulai menurun drastis akibat penangkapan ikan yang berlebihan. Caviar beluga pun semakin langka dan mahal, semakin memperkuat statusnya sebagai makanan mewah.

Caviar Disajikan dengan Cara Sederhana tanpa Tambahan Apapun

Caviar
Potret makanan Pancake Caviar. Sumber: IST

Caviar beluga biasanya disajikan dengan cara yang sangat sederhana untuk menjaga kemurnian rasanya. Biasanya, Caviar disajikan dengan sendok yang terbuat dari mutiara, tulang, atau bahan bukan logam lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa logam yang dapat mengganggu rasa asli Caviar.

Cara terbaik untuk menikmati Caviar beluga adalah dengan roti panggang atau blini, sejenis pancake tipis dari Rusia. Caviar beluga juga bisa disajikan dengan hiasan krim asam, crème fraîche, bawang cincang, atau putih telur rebus cincang. Namun, banyak yang lebih suka menikmati Caviar beluga tanpa tambahan apapun untuk benar-benar merasakan kelezatan alami telur-telur tersebut.

Minuman yang paling cocok untuk Caviar beluga adalah sampanye kering atau vodka. Kombinasi ini membantu membersihkan langit-langit mulut dan meningkatkan pengalaman mencicipi Caviar.

Ada Jenis Caviar Lain yang Rasanya Gak Kalah dari Caviar Beluga

 Caviar hibrida kaluga.
Potret Jenis Caviar hibrida kaluga. Sumber: Dok. thecaviarco.com

Sobat Suka Fakta, meskipun Caviar beluga sangat diidamkan, tapi ada loh beberapa alternatif yang bisa menjadi pengganti yang baik. Salah satu yang paling terkenal adalah Caviar hibrida Kaluga. Caviar ini merupakan kombinasi dari Sungai Beluga Roe dan Amur Roe, menghasilkan rasa mentega dan tekstur lembut yang hampir mirip dengan Caviar beluga.

Caviar Osetra Rusia juga merupakan alternatif yang populer. Caviar ini berasal dari ikan sturgeon Osetra dan memiliki rasa yang kaya dan creamy dengan butiran yang lebih kecil dibandingkan beluga. Telur Ossetra berkisar dari warna abu-abu hingga coklat keemasan dan sangat dihargai di kalangan penikmat Caviar.

Untuk penggemar Caviar yang mencari pilihan yang lebih ekonomis, ada Caviar Sevruga. Telur Caviar Sevruga lebih kecil dan memiliki rasa yang halus dan mentega dengan sedikit rasa asin. Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang baru mencoba Caviar.

Dengan begitu banyak pilihan alternatif, Sobat Suka Fakta, tetap ada cara untuk menikmati kelezatan Caviar tanpa harus selalu mengandalkan Caviar beluga yang langka dan mahal. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencoba salah satu alternatif ini?

Mengandung Berbagai Nutrisi Penting bagi Tubuh

depresi.
Ilustrasi wanita mengalami depresi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Caviar beluga bukan hanya lezat, tapi juga punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Caviar ini kaya akan kalsium, fosfor, protein, selenium, zat besi, magnesium, serta vitamin B12 dan B6. 

Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diingat bahwa Caviar juga tinggi natrium dan kolesterol. Jadi, meskipun sehat, tetap harus dikonsumsi dengan bijak ya, Sobat. 

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam Caviar bisa membantu mengurangi gejala depresi dan gangguan bipolar. Bahkan, Caviar beluga pernah diresepkan sebagai obat untuk mengatasi impotensi. Jadi, bisa dibilang Caviar ini punya khasiat yang mirip dengan Viagra!

Fakta Menarik Lainnya tentang Caviar Beluga

Caviar beluga punya banyak fakta menarik yang mungkin belum kalian ketahui. Misalnya, tahukah kalian bahwa Caviar ini pernah dianggap sebagai makanan para raja dan bangsawan? Tsar Yunani, Romawi, dan Rusia kuno suka berbelanja Caviar secara royal.

Caviar beluga juga dikenal sebagai “ikra” di Rusia, yang berasal dari kata Turki “havyar” dan kata Persia “khayah” yang berarti telur. Sebagian besar Caviar dunia memang diproduksi di Laut Kaspia yang berbatasan dengan Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Azerbaijan, dan Iran.

Meski harganya sangat mahal, Caviar beluga tidak selalu identik dengan kemewahan. Dulu, di Amerika, Caviar ini bahkan diberikan gratis di bar untuk membuat pelanggan haus dan membeli lebih banyak minuman.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah menyelesaikan perjalanan menarik mengenal lebih dekat Caviar beluga. Mulai dari habitatnya di Laut Kaspia, karakteristik telur yang besar dan lembut, hingga proses pemanenan yang rumit dan upaya konservasi yang sedang dilakukan.

Caviar beluga tidak hanya menjadi simbol kemewahan, tapi juga punya sejarah yang panjang dan manfaat kesehatan yang luar biasa. Meskipun harganya mahal dan sulit didapat, ada alternatif seperti Caviar hibrida Kaluga dan Ossetra Rusia yang bisa Sobat coba.

Semoga dengan artikel ini, kalian semakin mengenal dan mengapresiasi Caviar beluga. Jangan lupa untuk menikmati Caviar dengan cara yang benar, dan tetap bijak dalam mengonsumsinya. Sampai jumpa di petualangan fakta berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Wikipedia contributors. (2024, June 20). Beluga caviar. Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved June 20, 2024, from https://en.wikipedia.org/wiki/Beluga_caviar
  • Imperia Caviar. (2022, September 15). Beluga Caviar: Everything You Need to Know. Imperia Caviar Blog. Retrieved June 20, 2024, from https://imperiacaviar.com/blogs/blog/beluga-caviar-everything-you-need-to-know
  • Gourmet Food Store. (n.d.). What is Beluga Caviar. Gourmet Food Store. Retrieved June 20, 2024, from https://www.gourmetfoodstore.com/what-is-beluga-caviar-15951
  • MacDonald Highlands. (n.d.). Four Facts of Beluga Caviar to Know. MacDonald Highlands Blog. Retrieved June 20, 2024, from https://macdonaldhighlands.com/four-facts-of-beluga-caviar-to-know/
  • OLMA Food. (n.d.). Caviar Facts. OLMA Food. Retrieved June 20, 2024, from https://olmafood.com/blog/caviar-facts/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *