Fakta Unik

Sisi Gelap Sepak Bola, Ada Pelanggaran HAM di Balik Piala Dunia 2022?

48
×

Sisi Gelap Sepak Bola, Ada Pelanggaran HAM di Balik Piala Dunia 2022?

Sebarkan artikel ini
sisi gelap sepak bola
Sisi gelap sepak bola yang jarang terekspos ke publik. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di antara kalian yang nggak suka sepak bola? Sepak bola itu udah kayak bagian dari hidup kita, terutama buat kalian yang doyan nonton dan main bola. Apalagi kalau sudah nonton tim favorit main, rasanya campur aduk, kan?! 

Tapi, di balik semua keindahan dan keseruan itu, ada banyak sisi gelap sepak bola yang jarang banget terekspos ke publik. Yup! Setelah sebelumnya kita membahas sisi gelap esport, kini kita akan membahas sisi gelap sepak bola. Penasaran, kan? So, let’s dive in!

Banyak Terjadi Skandal Korupsi 

sisi gelap sepak bola
Ilustrasi penyelundupan dana. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu nggak, ternyata korupsi di dunia sepak bola tuh nggak kalah hebohnya dari film-film thriller yang kalian tonton. Salah satu skandal terbesar adalah di FIFA, organisasi yang mengatur sepak bola dunia.  Mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, terpaksa mundur dari jabatannya pada tahun 2015 gara-gara skandal suap yang bikin geger. 

FIFA dituduh menerima suap senilai 150 juta dolar untuk mengatur berbagai turnamen, termasuk Copa America 2016. Bahkan, nama Michel Platini, yang saat itu Presiden UEFA, juga terseret dalam kasus ini karena diduga menerima uang haram.

Nah, korupsi ini nggak cuma bikin malu organisasi besar kayak FIFA, tapi juga ngancurin kepercayaan fans. Bayangin aja, Sob, kalian udah dukung tim favorit mati-matian, eh ternyata di belakang ada permainan curang. Kasus korupsi ini bikin banyak orang jadi ragu sama integritas pertandingan. 

Contoh lain kasus korupsi dan suap di sepak bola adalah pelaksanaan Piala Dunia 2018 di Rusia dan Piala Dunia 2022 di Qatar. Yup! Ajang bergengsi ini gak lepas dari tuduhan suap. Walaupun banyak tuduhan, sayangnya nggak semua bisa dibuktikan dan seringkali kasus-kasus ini cuma menguap begitu aja tanpa solusi yang jelas.

Marak Terjadi Praktik Pengaturan Skor

Calciopoli
Potret Calciopoli. Sumber: panditfootball.com

Sobat Suka Fakta, kalian pasti pernah denger tentang pengaturan skor, kan? Ini salah satu sisi gelap sepak bola yang sering banget terjadi. Salah satu kasus paling terkenal adalah Calciopoli di Italia tahun 2006 yang melibatkan klub-klub besar seperti Juventus, AC Milan, Fiorentina, dan Lazio.

Kasus ini terungkap setelah investigasi menemukan bahwa beberapa pertandingan telah diatur hasilnya dengan bantuan wasit yang korup. Akibatnya, Juventus terdegradasi ke Serie B, dan beberapa tokoh penting dilarang terlibat dalam dunia sepak bola seumur hidup.

Pengaturan skor ini nggak cuma merusak integritas pertandingan, tapi juga bikin fans kecewa berat. Gimana nggak, kita nonton bola dengan harapan lihat pertandingan yang fair, tapi ternyata ada permainan kotor di baliknya. Pasti kecewea, kan?! 

Federasi sepak bola di berbagai negara udah berusaha keras buat memberantas praktik ini. Mereka melakukan berbagai upaya investigasi dan memberikan sanksi berat kepada pelaku. Tapi sayangnya, pengaturan skor masih terus terjadi karena adanya situs taruhan yang beroperasi secara internasional dan pelaku yang semakin licik.

Eksploitasi Pemain Muda oleh Agen Tak Bertanggung Jawab

Claude Leroy
Potret Claude Leroy mantan pemain Kamerun juara AFCON 1998. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, ternyata sepak bola juga punya sisi gelap dalam hal perdagangan manusia, terutama pemain muda. Di Afrika dan Amerika Latin, banyak anak-anak yang dieksploitasi oleh agen-agen tak bertanggung jawab. 

Mereka dijanjikan karier cemerlang di Eropa, tapi kenyataannya malah dijual dengan harga murah atau bahkan dipaksa menjadi budak. Claude Leroy, mantan pemain yang mengantarkan Kamerun juara AFCON 1998, menyebutkan bahwa sistem akademi yang buruk di Afrika membuat anak-anak mudah dieksploitasi.

Namun untungnya, ada beberapa organisasi yang berusaha melawan praktik ini, Sobat. Mereka bekerja keras untuk memastikan bahwa pemain muda mendapatkan pendidikan yang layak dan pengawasan yang ketat. 

Organisasi sepak bola seperti FIFA dan UEFA juga mulai memperketat aturan tentang transfer pemain muda dan menindak agen-agen yang terlibat dalam perdagangan manusia. Tapi tentu aja, upaya ini perlu dukungan dari kita semua agar sepak bola bisa benar-benar menjadi olahraga yang bersih dan adil.

Pelanggaran HAM di Balik Megahnya Piala Dunia 2022 

stadion
Potret pekerja stadion megah di Qatar. Sumber: merdeka.com

Siapa di sini yang dulu excited banget nungguin Piala Dunia 2022 di Qatar? Eits, kamu tau gak kalo ternyata ada cerita kelam di balik persiapan event besar ini. Yup! Ternyata, ribuan pekerja migran yang membangun stadion-stadion megah itu mengalami pelanggaran HAM serius. 

Mereka dipaksa bekerja dalam kondisi yang nggak manusiawi, seperti gaji yang nggak dibayar dan kerja di bawah panas terik tanpa istirahat cukup. Menurut laporan, ada sekitar 24.000 pekerja yang menderita akibat perlakuan ini. Jadi, di balik gemerlapnya stadion yang keren itu, ada keringat dan air mata pekerja yang terabaikan.


Tentu aja, isu ini nggak bisa didiemin, Sobat. Beruntungnya, saat itu FIFA dan pemerintah Qatar mengklaim udah berusaha memperbaiki kondisi para pekerja. Tapi, nyatanya pelanggaran HAM masih terus terjadi. 

Ada laporan dari Pusat Sumber Daya Bisnis dan Hak Asasi Manusia yang menemukan 411 kasus pelanggaran HAM terkait pembangunan stadion di Qatar. Meskipun udah ada beberapa langkah perbaikan, seperti standar kerja yang lebih baik dan pembayaran gaji yang lebih transparan, kenyataannya di lapangan masih jauh dari harapan.

Media Sangat Berperan dalam Mengawasi Perkembangan Sepak Bola

Footbal Leaks.
Ilustrasi Football Leaks. Sumber: bianet.org

Sobat Suka Fakta, kalian pasti setuju kalau media punya peran penting dalam mengekspos budaya gelap sepak bola. Lewat investigasi mendalam, media seringkali berhasil mengungkap skandal besar yang sebelumnya tertutup rapat. 

Contohnya, Football Leaks yang berhasil membongkar banyak kasus korupsi, suap, dan pelanggaran lainnya di dunia sepak bola. Media membantu kita melihat realitas yang tersembunyi di balik gemerlapnya dunia sepak bola. Berkat media, kita jadi lebih kritis dan tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik layar.


Tapi, ada juga dampak negatifnya, Sobat. Ketika skandal besar terungkap, kepercayaan kita terhadap sepak bola bisa menurun drastis. Fans yang tadinya setia bisa merasa dikhianati dan kecewa. Apalagi kalau ternyata idolanya terlibat dalam skandal tersebut. 

Meskipun begitu, publikasi skandal juga mendorong adanya perubahan positif. Dengan mengetahui sisi gelap sepak bola, kita jadi lebih waspada dan mendorong pihak berwenang untuk mengambil tindakan tegas. Kita juga jadi lebih kritis dalam mendukung klub atau pemain, dan nggak mudah tertipu dengan penampilan luar yang terlihat sempurna.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita membahas semua sisi gelap sepak bola ini, kita jadi lebih paham bahwa di balik gemerlapnya olahraga ini ada banyak masalah serius yang perlu diatasi. Semua ini menunjukkan bahwa sepak bola masih jauh dari kata sempurna dan butuh banyak perbaikan.

Meskipun sisi gelap ini bikin kita sedih dan kecewa, kita tetap punya harapan untuk masa depan sepak bola yang lebih baik. Kita perlu mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk memberantas korupsi, melindungi hak asasi manusia, dan memastikan keadilan di setiap pertandingan.

Dengan begitu, kita bisa membantu menciptakan dunia sepak bola yang lebih bersih, adil, dan bisa dinikmati oleh semua orang tanpa adanya noda hitam di baliknya. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan baru dan membuat kita lebih kritis dalam menikmati sepak bola. See u di next artikel, Sob!

REFERENSI:

  • Starting Eleven. (2024). “Deretan Sisi Gelap Sepakbola yang Harus Kamu Tahu dari Sekarang.” Retrieved from https://startingeleven.id/deretan-sisi-gelap-sepakbola-yang-harus-kamu-tahu-dari-sekarang/
  • Bola.net. (2024). “Sisi Gelap Kehidupan Pesepak Bola Indonesia Terekspos, Ini Pesan Legenda Arema FC.” Retrieved from https://www.bola.net/indonesia/sisi-gelap-kehidupan-pesepak-bola-indonesia-terekspos-ini-pesan-legenda-arema-fc-25450f.html
  • Pandit Football. (2018). “Football Leaks Beberkan Sisi Gelap Sepakbola.” Retrieved from https://www.panditfootball.com/cerita/212279/ANS/181202/football-leaks-beberkan-sisi-gelap-sepakbola
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *