Fakta Unik

6 Sisi Gelap Dunia Model, Gali Lubang Tutup Lubang demi Hidup Elit?

44
×

6 Sisi Gelap Dunia Model, Gali Lubang Tutup Lubang demi Hidup Elit?

Sebarkan artikel ini
sisi gelap dunia model
Sisi gelap dunia model yang jarang diketahui orang. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang pernah bercita-cita jadi model? Dunia model itu memang selalu terlihat penuh kemewahan dan tentunya kecantikan yang luar biasa. Tapi, pernah nggak sih kalian berpikir, di balik semua gemerlap itu ada sisi gelap yang jarang banget orang tahu?

Yup! Dunia yang penuh keglamoran ini memang kerap menyembunyikan sisi gelapnya dengan sangat sempurna. Jadi, yang dilihat orang tuh cuma yang enak-enaknya aja. Nah dunia model ini sama kaya profesi lain yang punya sisi ga enaknya.

Setelah sebelum-sebelumnya kita mengulik sisi gelap pramugari, sisi gelap caddy golf, sisi gelap kerja di tambang, hingga sisi gelap kerja di pelayaran, kini kita akan membahas sisi gelap dunia model. Penasaran, kan?! Makanya simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

1. Banyak Model yang Harus Mengorbankan Privasinya

Model Catwalk.
Ilustrasi Model Catwalk. Sumber: Dok. xray-delta.com

Di balik catwalk yang penuh gaya, ternyata ada cerita kelam soal privasi yang harus dikorbankan. Contohnya, dalam film dokumenter Girl Model, seorang anak berusia 13 tahun bernama Nadya harus melepas semua pakaiannya di belakang panggung sebelum tampil. 

Bayangin deh, di belakang panggung itu banyak orang mulai dari penata gaya, fotografer, sampai desainer yang bebas melihat tubuh telanjangnya. Ngeri, kan?! Kehilangan privasi ini bukan cuma cerita film, loh. 

Banyak model, terutama di negara-negara barat, mengalami hal yang sama. Baru pada tahun 2013, Departemen Tenaga Kerja di New York mulai membuat aturan untuk melindungi hak-hak model anak, termasuk privasi mereka. 

2. Diet Ekstrim demi Menjaga Penampilan

Diet Ekstrim
Ilustrasi suntik kurus. Sumber: IST

Tahu nggak sih, untuk tetap sesuai dengan kriteria fisik yang dituntut industri, banyak model yang harus menjalani diet ketat yang kadang-kadang bikin ngeri. Ada yang nggak makan sama sekali bahkan sampai suntik kurus. Serem, kan?!

Dampaknya, banyak model yang akhirnya mengalami masalah kesehatan serius, terutama masalah lambung. Gimana nggak, kalau setiap hari harus ngejalanin diet ketat kayak gitu. Jadi, buat kalian yang pengen jadi model, ingat ya, menjaga kesehatan itu jauh lebih penting daripada sekadar tampil kurus.

3. Besarnya Tuntutan Kesempurnaan Fisik 

sisi gelap dunia model
Ilustrasi wanita operasi plastik. Sumber: IST

Dunia modeling memang menuntut kesempurnaan fisik, dan karena itulah banyak model yang merasa terpaksa menjalani operasi plastik. Agensi sering kali menuntut model mereka untuk menjalani berbagai prosedur pembedahan kecantikan supaya tetap bisa bersaing di industri yang ketat ini.

Nggak cuma operasi plastik, model juga harus selalu tampil prima dan flawless. Bayangin aja, setiap saat harus siap dengan segala tuntutan fisik yang kadang nggak manusiawi. Tekanan ini nggak hanya datang dari agensi, tapi juga dari diri sendiri dan lingkungan sekitar yang terus menuntut kesempurnaan. 

4. Terjebak di Lingkaran Hitam demi Memenuhi Gaya Hidup

Gaji
Ilustrasi pembagian Gaji. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, meskipun dari luar terlihat glamor, tapi ternyata banyak model yang sebenarnya terjebak dalam masalah keuangan. Yup! Gaji yang diterima sering kali nggak sebanding dengan biaya hidup yang harus dikeluarkan untuk tampil keren dan tetap eksis di industri ini.

Banyak model yang akhirnya terlibat hutang karena harus membeli pakaian mewah, pergi ke restoran mahal, dan menjaga penampilan mereka. Sayangnya, budaya hidup yang glamor ini sering kali nggak didukung oleh pendapatan yang stabil, membuat banyak model terjebak dalam lingkaran hutang yang sulit untuk dilepaskan. 

Jadi, buat kalian yang masih berpikir kalau jadi model itu berarti langsung kaya raya dan hidup enak, kalian salah, Sob! Realitanya, banyak model yang harus berjuang keras dan nggak jarang harus gali lubang tutup lubang untuk bisa bertahan. 

5. Sering Terjadi Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kasus pelecehan seksual bukan hal yang asing lagi di dunia ini. Salah satu skandal terbesar adalah yang melibatkan Dov Charney, CEO sebuah perusahaan fashion Amerika, yang pernah diduga melecehkan model-modelnya.

Kasus pelecehan ini bukan cuma satu atau dua kali terjadi, tapi sudah menjadi rahasia umum di industri modeling. Banyak model yang mengalami pelecehan seksual dan akhirnya depresi karena tekanan yang mereka hadapi. 

Penting banget buat kita semua untuk sadar dan waspada terhadap bahaya ini, serta terus mendukung upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua orang.

6. Masa Karirnya Sangat Singkat

SMA
Potret anak sekolah SMA. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau kebanyakan model memulai karir mereka di usia belasan tahun dan sering kali harus pensiun di awal 30-an? Ya, benar banget, dunia modeling memang terkenal dengan “tanggal kedaluwarsa” yang sangat ketat.

Banyak model yang meninggalkan pendidikan SMA dan kuliah demi mengejar karir di dunia modeling. Namun, setelah pensiun, mereka sering kali tidak punya bekal pendidikan atau keterampilan lain untuk melanjutkan hidup. 

Persaingan di dunia model sangat ketat, dan hanya sedikit model yang bisa terus eksis di usia yang lebih tua kecuali mereka punya prestasi yang sangat menonjol. Jadi, buat kalian yang masih muda dan bercita-cita jadi model, penting banget untuk tetap prioritaskan pendidikan dan persiapkan masa depan dengan baik.

Penting untuk Menyadari Realita Sebelum Terjun ke Dunia Model

model catwalk.
Potret Model Catwalk. Sumber: Dok. Edition.cnn.com

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita tahu berbagai sisi gelap dunia model, saatnya kita merenung dan mengambil hikmah. Penting banget buat kita semua untuk menyadari realita ini sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia modeling. 

Kesuksesan di dunia model bukan hanya soal kecantikan dan popularitas, tapi juga tentang kesiapan mental dan fisik untuk menghadapi berbagai tantangan. Selain itu, kita juga harus berhati-hati dan waspada terhadap berbagai risiko yang ada. 

Pendidikan dan keterampilan lain sangat penting sebagai bekal masa depan. Buat kalian yang tetap ingin menjadi model, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Jangan sampai terjebak dalam tekanan untuk selalu tampil sempurna. 

Tips Bagi Remaja yang Ingin Memasuki Dunia Modeling

Buat kalian, Sobat Suka Fakta yang masih punya impian untuk jadi model, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk tetap aman dan sukses di dunia modeling, di antaranya:

  1. Pilih Agensi yang Terpercaya: Cari agensi model yang punya reputasi baik dan jelas dalam melindungi hak-hak modelnya.
  2. Jaga Kesehatan: Prioritaskan kesehatan kalian di atas segala-galanya. Hindari diet ekstrem dan pastikan tubuh kalian mendapatkan nutrisi yang cukup.
  3. Prioritaskan Pendidikan: Jangan tinggalkan pendidikan. Pastikan kalian tetap mendapatkan pendidikan yang baik sebagai bekal masa depan.
  4. Waspada Terhadap Pelecehan: Selalu waspada dan jangan ragu untuk melaporkan jika mengalami atau melihat tindakan pelecehan seksual.
  5. Kelola Keuangan dengan Bijak: Jangan tergoda untuk hidup mewah di luar kemampuan. Kelola keuangan kalian dengan bijak dan realistis.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, akhirnya kita sampai di penghujung perjalanan menguak sisi gelap dunia model. Semua sisi gelap itu adalah realita yang harus dihadapi oleh para model. Dunia modeling memang penuh glamor, tapi juga menyimpan banyak tantangan yang jarang terlihat dari luar.

Ingat, kesuksesan tidak datang dengan mudah dan semua harus diperjuangkan dengan kerja keras dan kesiapan mental. Jadi, buat kalian yang punya impian menjadi model, semoga artikel ini bisa menjadi bekal dan inspirasi untuk tetap kuat dan berhati-hati.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai, Sobat Suka Fakta! Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu tentang sisi gelap dunia model. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

REFERENSI:

  • “Tubuh Tanpa Privasi dan Pelecehan Seksual, Inilah 5 Sisi Gelap Dunia Model yang Tidak Banyak Disadari Orang.” Intisari-Online.com. Diakses pada 28 Juni 2024, dari https://intisari.grid.id/read/03201065/tubuh-tanpa-privasi-dan-pelecehan-seksual-inilah-5-sisi-gelap-dunia-model-yang-tidak-banyak-disadari-orang?page=all.
  • “Sisi Gelap Dunia Model: Gak Ada Duitnya, Hingga Makan Kapas Demi Langsing.” Cekricek.id. Diakses pada 28 Juni 2024, dari https://cekricek.id/sisi-gelap-dunia-model-gak-ada-duitnya-hingga-makan-kapas-demi-langsing/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *