Fakta Dunia

7 Fakta Bunga Chocolate Cosmos yang Baunya Seperti Coklat

55
×

7 Fakta Bunga Chocolate Cosmos yang Baunya Seperti Coklat

Sebarkan artikel ini
Bunga chocolate cosmos
7 fakta bunga chocolate cosmos yang baunya seperti coklat. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian tau gak, ternyata ada bunga yang wanginya seperti coklat, lho. Namanya Chocolate Cosmos. Buat kalian yang suka tumbuhan dan bunga-bunga unik, Chocolate Cosmos bisa jadi tambahan yang keren banget buat koleksi kalian, nih.

Bunga Chocolate Cosmos, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Cosmos atrosanguineus, merupakan salah satu bunga terlangka di dunia. Selain karena aromanya yang manis dan menggoda, Chocolate Cosmos juga punya sejarah dan fakta-fakta menarik yang bikin siapa saja penggemar tanaman bakal jatuh cinta. 

Nah, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang 7 fakta menarik dari bunga Chocolate Cosmos yang baunya seperti coklat. Yuk, simak terus artikel ini dan temukan kenapa bunga ini bisa jadi salah satu favorit kalian! Let’s go!

1. Ditemukan di Meksiko Pada Tahun 1800-an 

Meksiko.
Potret Bendera Meksiko. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai dengan cerita asal usul bunga Chocolate Cosmos yang ternyata berasal dari Meksiko. Ditemukan pada pertengahan tahun 1800-an, bunga ini tumbuh di hutan ek dan pinus tua di Meksiko. 

Awalnya, bunga ini dianggap punah di alam liar, tapi untungnya beberapa tanaman berhasil diselamatkan dan dibudidayakan. Bunga ini diperkenalkan ke dunia oleh perusahaan benih Inggris, Thompson & Morgan, pada tahun 1885. 

Sejak saat itu, Chocolate Cosmos menjadi favorit di kalangan pecinta tanaman karena keunikannya. Fakta bahwa bunga ini berasal dari tempat yang eksotis, menambah daya tariknya. Sekarang, bunga ini bisa kalian temui di taman-taman dan kebun di seluruh dunia, meskipun jumlahnya tetap langka.

2. Aromanya Sangat Mirip dengan Aroma Coklat 

Cokelat.
Potret berbagai jenis Cokelat. Sumber: IST

Siapa nih yang nggak tertarik dengan bunga yang baunya seperti coklat? Ini dia daya tarik utama bunga Chocolate Cosmos, Sobat Suka Fakta. 

Aroma uniknya yang mirip dengan coklat vanilla disebabkan oleh kandungan vanilin dalam bunganya. Vanilin adalah senyawa organik yang juga ditemukan dalam biji kakao, makanya aroma bunga ini bisa begitu mirip dengan coklat.

Menariknya lagi, aroma dari bunga Chocolate Cosmos paling kuat tercium pada hari-hari yang hangat. Jadi, kalau kalian punya bunga ini di kebun atau di pot di teras rumah, coba deh cium aromanya saat cuaca sedang cerah dan hangat. Pasti bikin suasana hati jadi lebih baik dengan aroma manis yang memikat.

3. Bisa Tumbuh di Tempat yang Mendapatkan Sinar Matahari Penuh

Bunga  chocolate
Ilustrasi tanaman Bunga chocolate. Sumber: IST

Sekarang, kita masuk ke bagian yang penting nih, Sobat Suka Fakta. Gimana sih cara menanam dan merawat bunga Chocolate Cosmos? Tenang, nggak sesulit yang kalian bayangkan kok. 

Bunga ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh. Pastikan kalian menanamnya di tanah yang subur dan berdrainase baik. Kalau tanah di tempat kalian agak asam, itu malah bagus karena bunga ini suka tanah dengan pH antara 5,5-6,0.

Untuk penyiraman, Chocolate Cosmos nggak butuh banyak air. Cukup siram sekali dalam seminggu dan pastikan tanahnya mengering di antara penyiraman. Jangan sampai terlalu banyak air karena bisa bikin akar bunga ini membusuk. 

Kalau kalian tinggal di daerah yang dingin, ada tips khusus buat melewati musim dingin. Di zona 9-11, bunga ini bisa bertahan sebagai tanaman keras, tapi di tempat yang lebih dingin, kalian perlu menggali umbinya di musim gugur dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering sampai musim semi tiba.

Pemupukan juga penting, nih. Cukup beri pupuk di musim semi dan hindari memberi pupuk terlalu banyak karena bisa bikin tanaman lebih banyak menghasilkan daun daripada bunga. Jangan lupa untuk memangkas tanaman setelah putaran pertama pembungaan selesai. Potong hingga sekitar 12-18 inci untuk mendorong pertumbuhan baru dan bunga yang lebih banyak.

Dengan perawatan yang tepat, bunga Chocolate Cosmos bisa jadi salah satu highlight di kebun kalian, Sobat Suka Fakta. Selain cantik, bunga ini juga bisa menambah aroma manis yang bikin kebun kalian makin istimewa.

4. Memiliki Tampilan yang Eksotis nan Elegan

Bunga Chocolate.
Potret Bunga Chocolate. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, bunga ini memang punya daya tarik visual yang luar biasa. Kelopaknya yang seperti beludru dengan warna merah tua sampai marun gelap memberikan kesan elegan dan eksotis. Kalau kalian suka bunga dengan tampilan yang unik, Chocolate Cosmos pasti akan memikat hati kalian.

Meskipun bunganya mirip dengan bunga kosmos lainnya, namun ukurannya sedikit lebih kecil, sekitar satu hingga dua inci. Namun, keindahan dan keunikan warnanya bikin Chocolate Cosmos tetap menonjol. 

Bunga ini biasanya mekar dari pertengahan musim panas hingga awal musim gugur. Jadi, kalian punya cukup waktu untuk menikmati keindahan bunganya sepanjang musim panas.

Sobat Suka Fakta, yang perlu kalian ingat, masa mekar Chocolate Cosmos memang relatif singkat. Namun, keindahan dan aroma manis yang ditawarkan bunga ini membuatnya layak untuk ditunggu. 

5. Memiliki Daya Tarik yang Sangat Memikat bagi Hewan Penyerbuk

 burung kolibri.
Potret burung kolibri. Sumber: IST

Selain keindahannya, ada lagi nih yang bikin Chocolate Cosmos makin istimewa, Sobat Suka Fakta. Bunga ini sangat menarik bagi penyerbuk seperti kupu-kupu dan burung kolibri. Aroma manis dan warna yang mencolok membuat bunga ini jadi magnet bagi penyerbuk. 

Menariknya lagi, Chocolate Cosmos adalah salah satu dari sedikit bunga yang benar-benar memiliki aroma coklat yang kuat. Ini yang bikin penyerbuk tertarik dan datang menghampiri bunga ini. 

Jadi, kalau kalian menanam Chocolate Cosmos, kalian juga akan menarik lebih banyak kupu-kupu dan burung kolibri ke kebun kalian. Bayangin aja, Sobat Suka Fakta, duduk santai di kebun sambil menikmati pemandangan indah dan aroma manis dari bunga Chocolate Cosmos, plus ditemani oleh kupu-kupu dan burung kolibri yang berterbangan. Pasti seru banget!

Dengan menanam Chocolate Cosmos, kalian nggak hanya menambah keindahan visual di kebun kalian, tapi juga berkontribusi pada ekosistem dengan menyediakan sumber makanan bagi penyerbuk. 

Jadi, buat kalian yang suka dengan kebun yang penuh warna dan kehidupan, bunga Chocolate Cosmos ini wajib banget ada di daftar tanaman kalian. Gimana, Sobat Suka Fakta? Menarik banget, kan?!

6. Budidayanya Dapat Dilakukan dengan Pembagian Umbi 

Sobat Suka Fakta, ternyata bunga ini memiliki biji yang steril. Itu artinya, meskipun bunganya bisa menghasilkan biji, tapi biji-biji ini tidak bisa tumbuh menjadi tanaman baru. Jadi, gimana caranya memperbanyak bunga Chocolate Cosmos? Tenang, ada solusinya kok!

Cara yang paling umum dan efektif untuk membiakkan Chocolate Cosmos adalah dengan pembagian umbi. Nah, proses ini bisa dilakukan di musim gugur atau awal musim semi. Caranya juga cukup mudah, Sobat Suka Fakta. 

Pertama, kalian perlu menggali tanaman dengan hati-hati untuk mengambil seluruh akarnya. Setelah itu, bersihkan tanah yang menempel pada umbi dan potong umbi menjadi beberapa bagian. Pastikan setiap bagian umbi memiliki setidaknya dua “mata” atau tunas pertumbuhan baru dan beberapa jaringan batang yang sehat.

Untuk mencegah umbi dari pembusukan, kalian bisa menaburkan bubuk arang hortikultura pada potongan umbi (opsional). Setelah itu, tanam kembali umbi dengan kedalaman yang sama seperti tanaman aslinya, sekitar satu inci. Siram segera setelah menanam dan mulsa area penanaman untuk menjaga kelembaban tanah dan mengurangi gulma.

Pembiakan melalui pembagian umbi ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan tanaman baru yang sama persis dengan induknya. Jadi, meskipun bijinya steril, kalian masih bisa memperbanyak koleksi Chocolate Cosmos di kebun kalian dengan cara ini. Gampang banget, kan?!

7. Masuk Dalam Kategori Flora Langka

Bunga Chocolate.
Potret Bunga Chocolate. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata bunga ini termasuk dalam kategori langka, lho. Di alam liar, bunga ini pernah dianggap punah karena hilangnya habitat dan pemanenan berlebihan. Namun, berkat upaya pelestarian, Chocolate Cosmos berhasil dilestarikan kembali melalui budidaya.

Status kelangkaan ini menjadi pengingat pentingnya upaya konservasi untuk melestarikan spesies tanaman yang unik dan indah seperti Chocolate Cosmos. Banyak ahli botani dan pecinta tanaman bekerja keras untuk memastikan bunga ini tidak benar-benar punah. 

Proyek-proyek penelitian dan budidaya dilakukan untuk melestarikan tanaman ini dan menjaga keanekaragaman hayati. Selain itu, Chocolate Cosmos juga sering digunakan dalam rangkaian bunga potong dan industri parfum. 

Aroma coklat yang khas menjadikannya bahan yang sangat dicari untuk membuat parfum dengan sentuhan unik. Jadi, dengan menanam Chocolate Cosmos, kalian tidak hanya menambah keindahan kebun kalian tapi juga berkontribusi pada pelestarian spesies yang langka ini.

Sobat Suka Fakta, dengan mengetahui status kelangkaan dan pentingnya upaya konservasi, kita bisa lebih menghargai keunikan bunga ini. Yuk, kita bersama-sama menjaga dan melestarikan Chocolate Cosmos agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah menjelajahi berbagai fakta menarik tentang bunga Chocolate Cosmos. Bunga yang terkenal dengan aroma coklat vanilla uniknya itu memang memiliki daya pikat tersendiri.

Bunga Chocolate Cosmos bukan hanya sekadar bunga biasa. Keunikannya dalam warna, aroma, dan cerita di baliknya membuat bunga ini sangat istimewa. Menanam bunga ini di kebun kalian bukan hanya menambah keindahan, tetapi juga membantu dalam upaya pelestarian spesies yang langka. 

Jadi, sudah siap menambah Chocolate Cosmos ke dalam koleksi tanaman kalian? Nikmati setiap mekarnya yang indah dan wangi itu, serta jangan lupa untuk selalu melestarikan keindahan alam bersama-sama!

REFERENSI

  • “All About Chocolate Cosmos,” Longfield Gardens, longfield-gardens.com.
  • Aloi, P., & Gillette, B. (2024). “Cara Menanam dan Merawat Chocolate Cosmos.” The Spruce. thespruce.com.
  • “Cosmos atrosanguineus,” Wikipedia, en.wikipedia.org
  • “18 Unbelievable Facts About Chocolate Cosmos,” Facts.net, facts.net.
  • “Arti Bunga Chocolate Cosmos, Fakta & Perawatan,” City Flowers, cityflowers.co.in.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *