Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Batam, Memiliki Pelabuhan Terbanyak di Indonesia

74
×

10 Fakta Menarik Batam, Memiliki Pelabuhan Terbanyak di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kota Batam
10 Fakta Menarik Batam. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal ngobrolin salah satu kota terbesar di Indonesia, yaitu Batam yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. 

Kota ini memang terkenal sebagai pusat industri dan perdagangan penting di Indonesia. Letaknya yang strategis di jalur pelayaran internasional dan dekat dengan perbatasan Singapura-Malaysia bikin Batam tumbuh pesat banget dalam beberapa tahun terakhir.

Tapi, jangan salah, Batam itu nggak cuma soal bisnis dan industri aja, lho! Ada banyak hal menarik dan unik yang mungkin belum kamu tahu. Nah, di artikel ini, kita akan kupas tuntas 10 fakta menarik Batam yang pastinya bakal bikin kamu makin tertarik buat main ke sana.

Jadi, siap buat jalan-jalan virtual dan menggali fakta-fakta seru tentang Batam? Yuk, kita mulai petualangan ini!

1. Batam Adalah Kota yang dengan Infrastruktur Terunggul di Indonesia

Bandara Hang Nadim
Potret Bandara Hang Nadim. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, salah satu keunggulan Batam yang bikin bangga adalah infrastrukturnya yang benar-benar unggul. Pemerintah Batam benar-benar serius dalam membangun dan mengatur kota ini. 

Misalnya, mereka melarang pembangunan di pinggir jalan protokol dan mengatur kabel listrik agar tidak terlihat semrawut. Jadi, Batam terlihat lebih rapi dan tertata.

Salah satu kebanggaan lainnya adalah Bandara Hang Nadim. Bandara ini punya landasan pacu sepanjang 4.025 meter yang merupakan landasan pacu terpanjang di Asia Tenggara! 

Jalan-jalan utama dan menuju kawasan industri juga dibangun lebar untuk mengatasi kemacetan. Jadi, kamu bisa menikmati perjalanan yang nyaman tanpa harus khawatir terjebak macet.

2. Jembatan Barelang, Penghubung Pulau-pulau di Batam 

Jembatan Barelang
Potret Jembatan Tengku Fisabilillah. Sumber: IST

Sekarang kita lanjut ke ikon Batam yang satu ini, yaitu Jembatan Barelang. Jembatan yang juga dikenal sebagai jembatan penghubung Batam-Rempang-Galang ini adalah salah satu kebanggaan kota Batam.

Jembatan Barelang terdiri dari enam jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Rempang dan Pulau Galang. Setiap jembatan punya nama yang unik, seperti:

  • Jembatan Tengku Fisabilillah
  • Jembatan Nara Singa
  • Jembatan Raja Ali Haji
  • Jembatan Sultan Zainal Abidin
  • Jembatan Tuanku Tambusai
  • Jembatan Raja Kecik

Jembatan-jembatan ini nggak cuma memperindah pemandangan, tapi juga memudahkan transportasi dan konektivitas antar pulau di wilayah Batam. Jadi, kalau kamu main ke Batam, jangan lupa mampir ke Jembatan Barelang, ya, Sobat Suka Fakta!

3. Batam Menjadi Kota yang Memiliki Pelabuhan Terbanyak di Indonesia

Fakta Menarik Batam: Memiliki Pelabuhan Terkenal
Potret Pelabuhan Feri Internasional Batam Center. Sumber: batamport.bpbatam.go.id

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Batam punya pelabuhan terbanyak di Indonesia? Yap, dengan wilayah yang cuma sekitar 3.990 km persegi, Batam punya banyak banget pelabuhan internasional. Keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini bikin Batam jadi pintu gerbang perdagangan internasional yang penting banget.

Beberapa pelabuhan terkenal di Batam antara lain

  • Pelabuhan Feri Internasional Sekupang
  • Pelabuhan Feri Internasional Batam Center
  • Pelabuhan Feri Internasional Nongsa Pura
  • Terminal Feri Internasional Harbour Bay
  • Terminal Feri Internasional Waterfront

Keberadaan pelabuhan ini nggak cuma mendukung pertumbuhan ekonomi Batam, tapi juga memudahkan akses domestik dan internasional. Jadi, nggak heran kalau Batam jadi salah satu kota dengan mobilitas tertinggi di Indonesia.

4. Surga Bagi Pecinta Barang Murah, Batam Menawarkan Pasar Gelap yang Menjual Barang Impor Murah

Pasar Gelap.
Potret Pasar Gelap. Sumber: batamnews.co.id

Nah, Sobat Suka Fakta, buat kamu yang suka berburu barang murah, Batam adalah surganya! Di sini ada banyak pasar seken yang menjual barang-barang impor dengan harga miring. Mulai dari tas bermerek seperti Gucci, Bonia, sampai Braun Buffel bisa kamu temuin dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan di tempat lain.

Kenapa bisa murah? Karena Batam ditetapkan sebagai zona bebas bea, jadi aktivitas ekspor dan impor di sini dikenakan pajak yang lebih rendah. Tapi, tetap hati-hati ya saat berbelanja di pasar seken, pastikan barang yang kamu beli dalam kondisi baik dan sesuai dengan harapan.

5. Batam Memiliki Keindahan Wisata Laut yang Memikat

Batam
Potret Keindahan Pulang Abang. Sumber: idntimes.com

Setelah puas berbelanja, saatnya kita menjelajah keindahan alam Batam, Sobat Suka Fakta! Dikelilingi oleh laut, Batam menawarkan banyak pulau dengan pesona alam yang memikat. 

Pantai berpasir putih, ombak yang tenang, dan keindahan bawah laut yang luar biasa bikin Batam jadi destinasi favorit buat para pecinta wisata laut. Beberapa pulau terkenal di Batam yang wajib kamu kunjungi antara lain:

  • Pulau Rempang
  • Pulau Galang
  • Pulau Abang
  • Pulau Ranoh
  • Pulau Putri
  • Pulau Pengalap
  • Pulau Patoh
  • Pulau Tunjuk
  • Nongsa

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti snorkeling, scuba diving, atau sekadar bersantai di pantai. Jadi, kalau kamu suka dengan wisata laut, Batam adalah tempat yang tepat buat kamu kunjungi!

6. Letaknya yang Strategis, Batam Terletak di Jalur Pelayaran Internasional

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau salah satu keunggulan utama Batam adalah letaknya yang super strategis? Batam terletak di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. 

Lokasi ini bikin Batam jadi pusat kegiatan ekonomi yang sibuk. Bayangin aja, dari Batam ke Singapura cuma butuh waktu 45 menit naik kapal feri, dan ke Malaysia cuma sekitar 2 jam perjalanan laut. 

Akses yang mudah ini nggak cuma menguntungkan buat perdagangan, tapi juga buat pariwisata. Banyak wisatawan dari Singapura dan Malaysia yang sering bolak-balik ke Batam buat belanja atau sekadar refreshing.

Keuntungan lokasi strategis ini juga bikin Batam jadi tempat yang ramai dikunjungi dan disukai oleh para pebisnis. Banyak perusahaan besar yang membuka cabangnya di sini karena Batam menyediakan akses yang cepat dan efisien ke pasar internasional. 

Jadi, nggak heran kalau Batam terus berkembang dan jadi salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Dengan semua kelebihan ini, Batam memang layak jadi bintang di peta Indonesia!

7. Kota ini Bisa Menangkap Siaran Televisi dari 2 Negara, Malaysia dan Singapura

Televisi
Ilustras Siaran stasiun TV. Sumber: IST

Kamu suka nonton TV, Sobat Suka Fakta? Kalau iya, kamu bakal seneng banget di Batam. Soalnya, kawasan Batam dan sekitarnya bisa menangkap siaran televisi dari dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.

Tanpa perlu parabola atau layanan televisi berbayar, kamu bisa menikmati berbagai siaran internasional langsung dari rumah. Jadi, nggak cuma hiburan lokal aja yang bisa dinikmati, tapi juga hiburan internasional.

Hal ini tentu jadi keuntungan tersendiri buat masyarakat Batam yang bisa menikmati variasi tontonan dari tiga negara berbeda, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Unik, ya, Sob?!

8. Di Batam, Menyebutkan Nama Lokasi Berdasarkan Pemukiman

Batam
Potret Ocarina Kota Batam. Sumber: atourin.com

Nah, Sobat Suka Fakta, di Batam ada kebiasaan unik nih! Masyarakat di sini lebih mengenal daerah-daerah berdasarkan nama pemukiman atau kompleks perumahan daripada nama jalan. Misalnya, nama-nama seperti Mega Legenda, Botania, Greenland, dan Ocarina lebih familiar dibandingkan nama jalannya sendiri.

Jadi, kalau kamu tanya alamat di Batam, jangan kaget kalau orang-orang lebih sering nyebut nama kompleks atau kawasan tempat tinggal daripada nama jalannya. Kebiasaan ini kadang bikin wisatawan bingung, tapi di sisi lain, justru bikin Batam punya ciri khas tersendiri. 

So, buat kamu yang mau jalan-jalan ke Batam, inget ya, tanya nama pemukiman atau kompleksnya biar nggak nyasar!

9. Batam Memiliki Studio Film Terbesar di Indonesia

Infinate Studio
Potret Infinate Studio. Sumber: saiiandria.com

Sobat Suka Fakta, tau nggak kalau Batam punya studio film terbesar di Indonesia? Yup, Infinite Studios yang ada di Nongsa, Batam, adalah studio film dan animasi terbesar di Indonesia. 

Studio ini dibuka sejak tahun 2005 dan menawarkan fasilitas syuting film indoor maupun outdoor. Banyak film internasional yang mengambil gambar di sini, termasuk film-film Hollywood seperti Crazy Rich Asians, Blackhat, Joker Game, dan Beyond Skyline. 

Selain itu, Infinite Studios juga dibuka untuk wisatawan sebagai tujuan wisata edukatif. Kamu bisa berkeliling melihat lokasi syuting dan belajar tentang proses pembuatan film. 

10. Kota ini Memiliki Nama-Nama Simpang Jalan yang Unik

Sobat Suka Fakta, di Batam ada nama-nama simpang jalan yang unik dan lucu! Bayangin aja, ada simpang yang namanya Simpang Frengki dan Simpang Kara. Bahkan, ada juga nama simpang yang lebih ekstrim, seperti Simpang (nama carut minang).

Nama-nama simpang ini memang terdengar aneh buat pengunjung yang pertama kali ke Batam. Tapi, justru ini yang bikin Batam punya daya tarik tersendiri. Jadi, kalau kamu jalan-jalan di Batam, jangan kaget ya kalau tiba-tiba kamu nemuin nama simpang yang unik dan bikin ngakak!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 10 fakta menarik tentang Batam yang telah kita bahas. Mulai dari pelabuhan terbanyak di Indonesia, jembatan ikonik Barelang, kebiasaan unik menyebut nama lokasi berdasarkan pemukiman, hingga studio film terbesar di Indonesia, semuanya membuat Batam menjadi kota yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Batam nggak cuma terkenal sebagai pusat industri dan perdagangan, tapi juga punya segudang keunikan dan daya tarik yang bikin kita penasaran. Lokasinya yang strategis, infrastruktur yang unggul, serta keindahan alamnya menjadikan Batam sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau ada kesempatan, yuk rencanakan perjalanan ke Batam dan eksplorasi semua keindahan serta keunikan yang ditawarkan kota ini. Jangan lupa juga untuk berbagi pengalamanmu di komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu biar mereka juga tahu betapa serunya Batam!

REFERENSI

  • Batamnews. (2023). 8 Fakta Menarik dan Unik tentang Kota Batam yang Wajib Diketahui. Diakses dari Batamnews. https://www.batamnews.co.id/berita-102162-8-fakta-menarik-dan-unik-tentang-kota-batam-yang-wajib-diketahui.html
  • Batam Tourism Polytechnic. (2023). Fakta Menarik Seputar Pariwisata di Batam. Diakses dari BTP.
  • Jurnalpost. (2023). https://btp.ac.id/fakta-menarik-seputar-pariwisata-di-batam/
  • 10 Fakta Tentang Kota Batam. Diakses dari Jurnalpost. https://jurnalpost.com/read/10-fakta-tentang-kota-batam/10229/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *