Fakta Dunia

6 Fakta Menarik Dumai, Dijuluki Sebagai Kota Minyak!

69
×

6 Fakta Menarik Dumai, Dijuluki Sebagai Kota Minyak!

Sebarkan artikel ini
6 Fakta Menarik Dumai. Sumber: riaupembaruan.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan jalan-jalan virtual ke sebuah kota yang mungkin belum banyak dikenal, tapi penuh dengan keunikan dan daya tarik. 

Yup, kita bakal ngomongin fakta menarik Dumai, sebuah kota keren di Provinsi Riau sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Letaknya sekitar 201 km dari Kota Pekanbaru, dan Dumai punya banyak hal menarik yang bisa kita bahas.

Mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kalian adalah Dumai sebagai kota penghasil minyak dan gas bumi. Tapi tunggu dulu, kota ini punya lebih dari sekadar kilang minyak. Penasaran, kan?! Yuk, langsung aja kita mulai dengan fakta pertama!

1. Masjid Agung Al Mannan, Tempat Ibadah yang Menjadi Kebanggaan Masyarakat Dumai

Masjid Agung Al Mannan
Potret Masjid Agung Al Mannan. Sumber: duniamasjid.islamic-center.or.id

Sobat Suka Fakta, Masjid Agung Al Mannan ini bukan hanya tempat ibadah, tapi juga salah satu kebanggaan masyarakat Dumai. Masjid Agung Al Mannan dibangun pada tahun 2000 dan selesai dalam waktu dua tahun.

Dari bagian depan, masjid ini memiliki dua kubah yang bertingkat, dengan kubah bagian bawah berukuran lebih kecil dan terletak tepat di atas teras pintu masuk. Di bagian kiri dan kanan masjid juga terdapat kubah yang menambah keindahan arsitekturnya.

Selain itu, di depannya berdiri dua menara yang menjulang tinggi, membuat masjid ini terlihat megah dan indah. Masjid ini disebut-sebut mirip dengan masjid yang ada di Kelantan, Malaysia. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung Al Mannan juga sering menjadi destinasi wisata religi bagi para pengunjung yang datang ke Dumai. 

Keberadaan masjid ini sangat penting dalam kehidupan masyarakat Dumai, karena selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan.

2. Kota ini Memiliki Banyak Tempat Wisata dengan Sejuta Keindahan

Pantai Teluk Makmur
Wisata Pantai Teluk Makmur. Sumber: Sumber: putridumai.blogspot.com

Sobat Suka Fakta, Dumai punya banyak destinasi wisata yang bisa bikin liburanmu makin seru! Kota Dumai yang terletak di tepi pantai memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, budaya, hingga belanja. 

Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi antara lain kawasan konservasi di Kecamatan Sungai Sembilan, hutan wisata di Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur, serta pantai Teluk Makmur di Kecamatan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh di Kecamatan Dumai Timur.

Salah satu yang paling menarik adalah “Pantai Pasir” yang terletak di hulu Sungai Dumai. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi tempat yang pas untuk melepas lelah. 

Ada juga Pantai Purnama yang terkenal dengan pasir hitamnya yang lembut dan air pantai yang bersih. Selain itu, Danau Bunga Tujuh menyuguhkan pemandangan alam yang menawan dengan rindangnya pepohonan.

Jangan lupa, sepanjang perjalanan menuju Dumai, kamu bisa melihat berbagai hal unik seperti Suku Sakai yang merupakan suku pedalaman, hutan tropis yang asri, dan sungai dengan air yang unik berwarna teh. Ada juga pipa-pipa angguk yang mengangkat minyak dari perut bumi, menambah keunikan pemandangan.

3. Dumai Dijuluki Sebagai Kota Minyak

Fakta Menarik Dumai
Potret PT. Chevron Pacific Indonesia. Sumber: dunia-energi.com

Sobat Suka Fakta, pernah dengar Dumai sebagai kota minyak? Ini bukan sekadar julukan, lho. Sejak dulu, Dumai sudah terkenal dengan kekayaan minyak buminya.

Ada tiga perusahaan besar yang berperan penting dalam industri minyak di Dumai. Pertama, ada PT. CPI atau Chevron Pacific Indonesia, yang sebelumnya dikenal sebagai Caltex Pacific Indonesia. Mereka fokus pada pertambangan dan ekspor minyak dan gas bumi. 

Kedua, PT. Pertamina yang tentu sudah nggak asing lagi, bergerak di bidang pengolahan dan pendistribusian minyak dan gas bumi di dalam negeri. Ketiga, ada PT. Bukit Kapur Reksa (BKR) yang mengolah minyak sawit (CPO).

Hebatnya lagi, Dumai juga menjadi kota pelabuhan ekspor minyak bumi terbesar di Indonesia. Hampir semua hasil bumi dari Riau seperti minyak bumi, gas alam, minyak sawit (CPO), dan minyak kelapa, semuanya diakumulasikan di Dumai. Jadi, nggak heran kalau Dumai disebut sebagai kota minyak, kan?!

4. Gulai Udang Adalah Makanan Khas yang Populer di Dumai

Gulai Udang
Makanan khas Kota Dumai, Gulai Udang. Sumber: endeus.tv

Sobat Suka Fakta, siapa sih yang nggak suka kuliner? Nah, Dumai punya banyak makanan khas yang sayang banget kalau dilewatkan. 

Dumai dikenal sebagai salah satu daerah penghasil udang, jadi nggak heran kalau gulai udang menjadi makanan khas yang populer. Gulai udang ini punya rasa yang gurih dan lezat, cocok banget disantap dengan sepiring nasi hangat.

Selain gulai udang, ada juga asam pedas patin. Masakan ini berbahan dasar daging ikan patin yang dimasak dengan bumbu asam dan pedas. Rasanya segar dan nikmat, apalagi kalau dinikmati bersama nasi putih. Ikan baung juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat masakan ini.

Buat kamu yang suka makanan manis, ada Bolu Kemojo yang kerap disajikan pada saat pesta dan hajatan. Kue ini awalnya hanya dibuat pada momen-momen khusus, tapi sekarang sudah bisa ditemukan dengan mudah dan bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Dumai. Selain itu, ada juga Es Samudra, Keripik Cabai, dan Dodol Nanas yang nggak kalah enak.

5. Tugu Lancang Kuning, Ikon Kota Dumai yang Memiliki Cerita Unik

Tugu Lancang Kuning,
Potret Tugu Lancang Kuning. Sumber: Liputan6.com/ M Syukur

Ikon kota Dumai yang satu ini punya cerita dan fungsi yang nggak kalah menarik, Sobat Suka Fakta. Eits, Tugu Lancang Kuning bukan sekadar tugu biasa. 

Tugu ini juga memiliki perpustakaan di dalamnya yang berlokasi di tengah taman kota. Tempat ini sering dikunjungi anak muda, terutama di sore hari. Ornamen lancang kuning yang berada di atas bangunan perpustakaan menambah keunikannya. 

Lancang kuning sendiri adalah simbol dari provinsi Riau,  berupa perahu berwarna kuning yang dulu digunakan sebagai kendaraan resmi para raja atau datuk. Nama “lancang kuning” berasal dari kata “lancang” yang berarti melaju dan “kuning” yang melambangkan daulat dan martabat. 

Pemerintah setempat membangun Tugu Lancang Kuning untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak muda Dumai. Sebab keunikannya itu, banyak orang yang suka berfoto di sini.

6. Hutan Bakau atau Mangrove Adalah Kekayaan Alam yang Dimiliki Dumai 

Hutan Bakau
Potret Hutan Mangrove. Sumber: pixabay.com

Nah, Sobat Suka Fakta, Dumai juga punya kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah hutan bakau atau mangrove. Sebagian besar tanah di kota ini adalah tanah gambut yang menjadi tempat tumbuh suburnya pohon bakau.

Salah satu hutan bakau yang terkenal adalah hutan bakau di Jalan Nelayan Laut Ujung, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat. Kawasan Hutan Mangrove Dumai ini mencakup sekitar 31 hektare dan meliputi muara Sungai Dumai. Meskipun luasnya masih tergolong kecil, kawasan ini sangat penting untuk konservasi.

Di dalam hutan bakau ini, kita bisa menemukan setidaknya 24 jenis spesies bakau yang dilindungi. Selain bisa menikmati udara segar dan sejuk, kita juga bisa belajar banyak tentang flora lokal. Hutan bakau ini bukan hanya indah untuk dilihat, tetapi juga penting untuk ekosistem dan konservasi alam.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah enam fakta menarik tentang Dumai yang berhasil kita bahas. Semua fakta ini menunjukkan bahwa Dumai bukan hanya kota industri, tetapi juga memiliki banyak pesona yang siap memikat hati siapa saja yang berkunjung. Dumai adalah tempat di mana sejarah, budaya, dan alam berpadu menjadi satu, menciptakan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Jadi, apakah Sobat Suka Fakta sudah tertarik untuk mengunjungi Dumai? Jangan ragu untuk merencanakan perjalanan ke sana dan temukan sendiri semua keunikan dan keindahan yang ditawarkan oleh kota ini. 

REFERENSI

  • Anambas Pos. “6 Fakta Daya Tarik Dumai, Kota Penghasil Minyak dan Gas Bumi.” https://anambaspos.com/baca/pariwisata/6-fakta-daya-tarik-dumai-kota-penghasil-minyak-dan-gas-bumi/
  • Wikipedia. “Kota Dumai.” https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Dumai
  • Padek. “Fakta-fakta Unik dan Menarik yang Melekat pada Tol Pekanbaru-Dumai.” https://padek.jawapos.com/iptek/2363738072/faktafakta-unik-dan-menarik-yang-melekat-pada-tol-pekanbarudumai
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *