Fakta Dunia

6 Fakta Menarik Palangkaraya, Kota Minim Gempa!

66
×

6 Fakta Menarik Palangkaraya, Kota Minim Gempa!

Sebarkan artikel ini
Palangkaraya
6 Fakta Menarik Palangkaraya Eksplorasi Kota Tertutup Hutan. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Sudah pernah dengar tentang Palangkaraya belum? Mungkin kota ini belum sepopuler Jakarta atau Surabaya, tapi Palangkaraya punya banyak hal keren yang bisa kamu eksplorasi, lho. 

Terletak di tengah Kalimantan Tengah, Palangkaraya menawarkan pesona alam yang luar biasa, sejarah yang kaya, dan budaya yang unik. Bagi kamu yang suka petualangan dan ingin tahu lebih banyak tentang Indonesia, Palangkaraya bisa jadi destinasi seru berikutnya.

Palangkaraya adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah lebih dari 2.800 kmĀ². Dibandingkan dengan Jakarta yang padat, Palangkaraya punya suasana yang lebih tenang dan asri dengan banyak lahan hijau yang belum tersentuh. 

Nah, di artikel ini, kita akan membahas enam fakta menarik Palangkaraya yang mungkin belum kamu tahu. Mulai dari sejarah peresmian oleh Bung Karno hingga keunikan masjid dengan ornamen khas Dayak, semuanya bakal kita kupas tuntas.

Yuk, mulai petualangan kita dengan fakta pertama tentang sejarah peresmian Palangkaraya oleh Presiden pertama Indonesia, Bung Karno. Let’s go, Sobat Suka Fakta!

1. Diresmikan Langsung Oleh Presiden Bung Karno Sebagai Ibu Kota Kalimantan Tengah

Monumen tugu Kalimantan tengah
Potret Monumen tugu Kalimantan tengah, patung soekarno. Sumber: IST

Oke Sobat Suka Fakta, mari kita mulai petualangan dengan fakta yang satu ini. Palangkaraya punya sejarah yang keren banget, lho. Kota ini diresmikan langsung oleh Presiden pertama Indonesia, Bung Karno. 

Bayangin aja, Bung Karno sendiri yang menancapkan tiang pertama pembangunan kota ini pada tanggal 17 Juli 1957 dengan ditandai peresmian Monumen/Tugu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut. 

Peristiwa ini nggak hanya menandai berdirinya Palangkaraya sebagai ibu kota Kalimantan Tengah, tapi juga menunjukkan betapa pentingnya kota ini bagi Indonesia.

Sob, tugu ini bukan sekadar monumen biasa, ya. Ada banyak makna di balik desainnya. Misalnya, angka 17 pada tiang pertama melambangkan hari Proklamasi Kemerdekaan RI. Tugu Api yang ada di sana menggambarkan semangat kemerdekaan yang tak pernah padam. Pilar-pilar tugu yang berjumlah 17 juga melambangkan senjata untuk berperang, dan bentuk segi lima pada tugu mengandung makna Pancasila, simbol dari Ketuhanan Yang Maha Esa.

Keren, kan?! Sejarah Palangkaraya memang nggak main-main. Dari sini kita bisa lihat betapa pentingnya kota ini dalam perjalanan sejarah Indonesia.

2. Palangkaraya Adalah Tempat yang Aman dari Gempa

Fakta Menarik Palangkaraya
Ilustrasi Jalanan retak karena Gempa. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kalau kamu lagi mencari tempat yang aman dari gempa, Palangkaraya bisa jadi pilihan yang tepat. Kota ini minim sekali gempa bumi, lho! 

Kenapa bisa begitu? Ternyata, letaknya yang jauh dari batas lempeng bumi membuat Palangkaraya jarang sekali merasakan gempa. Makanya, di sini kamu nggak akan banyak menemukan bangunan dengan konstruksi anti-gempa.

Tapi, meski jarang gempa, Palangkaraya punya tantangan lain yaitu tanah longsor. Kontur tanah gambut di beberapa wilayah kota ini cukup rawan longsor, terutama saat musim hujan deras. 

Pemerintah setempat terus berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, termasuk mengkaji wilayah-wilayah yang aman untuk dijadikan pusat pemerintahan baru.

3. Kota ini Memiliki Masjid Berornamen Khas Banget Suku Dayak

Masjid Raya Darussalam
Potret Masjid Raya Darussalam Palangka Raya. Sumber: jatimtimes.com

Sobat Suka Fakta, kamu pasti belum pernah lihat masjid seperti Masjid Raya Darussalam Palangka Raya. Pasalnya, masjid ini punya ornamen yang super unik, khas banget dari Suku Dayak. 

Salah satu yang paling mencolok adalah talawang atau perisai Dayak raksasa yang ada di masjid ini. Selain itu, ada juga kaligrafi kalimat tauhid yang didesain dengan model khat Kufi yang melambangkan ketauhidan Islam dan warna merah putih untuk Indonesia.

Masjid ini dibangun sekitar tahun 1984 di atas lahan seluas lima hektare di kawasan Islamic Center Palangka Raya. Nggak heran kalau masjid ini disebut sebagai salah satu bangunan masjid termegah di Kalimantan Tengah. 

Keindahan dan keunikannya membuat masjid ini menjadi salah satu objek wisata religi yang harus kamu kunjungi kalau mampir ke Palangkaraya.

4. Palangkaraya Memiliki Kekayaan Alam dan Sumber Daya yang Melimpah

peternakan babi
Ilustrasi peternakan babi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang nggak kalah menarik, yaitu kekayaan alam dan sumber daya yang dimiliki oleh Palangkaraya. 

Kota ini bukan hanya luas secara geografi, tapi juga kaya akan sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari kehutanan, perkebunan, pertanian, hingga perikanan, semuanya ada di sini.

Di sektor kehutanan, Palangkaraya punya potensi besar dalam industri pengolahan kayu, tanaman gaharu, dan lebah madu. Hutan-hutannya yang luas menjadi sumber daya alam yang penting bagi kota ini. 

Selain itu, perkebunan di Palangkaraya mayoritas adalah kebun karet, sawit, kelapa, dan jambu mete. Bisa dibayangkan, betapa suburnya tanah di sini sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis tanaman perkebunan.

Nggak hanya itu, sektor pertanian di Palangkaraya juga cukup berkembang dengan tanaman padi gogo dan palawija. Di bidang peternakan, kamu bisa menemukan ternak babi, ayam buras, bebek, sapi, hingga kambing. 

Sementara itu, di sektor perikanan, Palangkaraya memiliki potensi besar dalam budi daya ikan. Jenis ikan yang dibudidayakan di antaranya adalah patin, nila, gurame, bawal, betok, dan lele.

Dengan kekayaan alam seperti ini, nggak heran kalau Palangkaraya menjadi salah satu kota yang potensial untuk dikembangkan. 

5. Pesona Palangkaraya Dilengkapi dengan Keindahan Sungai Kahayan dan Taman Nasional Sebangau

Sungai Kahayan
Potret Kapal Motor Lasang Teras Garu di sungai Kahayan. Sumber: beritabanjarmasin.com

Sobat Suka Fakta, Palangkaraya juga punya pesona alam yang nggak kalah menarik. Kota ini dilintasi oleh Sungai Kahayan yang besar. 

Di sepanjang sungai, kamu bisa menemukan belasan perahu wisata yang bisa kamu naiki untuk menikmati pemandangan. Salah satu perahu yang terkenal adalah Kapal Motor Lasang Teras Garu yang lebih besar dan bisa menampung lebih banyak orang.

Di sekitar Sungai Kahayan, ada juga Tugu Proklamator Bung Karno yang menarik perhatian wisatawan. Tugu ini juga dikenal sebagai Tugu Peringatan Provinsi Kalimantan Tengah dan terletak sekitar 300 meter dari kawasan Flamboyan. Dari sini, kamu bisa menikmati senja dengan pemandangan Jembatan Kahayan yang indah.

Selain Sungai Kahayan, Palangkaraya juga punya Taman Nasional Sebangau yang posisinya di antara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan. Taman nasional ini adalah habitat asli orangutan dan memiliki luas mencapai 568.700 hektare. 

Di sini, kamu bisa menemukan 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 jenis ular. Menjelajahi taman nasional ini akan memberikan kamu pengalaman unik yang tak terlupakan.

6. Memiliki Makanan Khas yang Kaya akan Rempah-rempah

Karuang.
Makanan khas, Karuang. Sumber: blog.bookingtogo.com

Siapa sih yang nggak suka makanan enak? Nah, Sobat Suka Fakta, karena Palangkaraya dihuni oleh berbagai macam suku, makanya kuliner di sini menjadi sangat beragam dan kaya rasa.

Salah satu makanan khas yang wajib kamu coba adalah Karuang. Makanan ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus, kemudian diolah dengan kuah kental yang kaya akan rempah-rempah. 

Karuang biasanya dicampur dengan terong kecil, kacang tanah, dan ikan teri. Rasanya yang gurih dan nikmat pasti bikin kamu ketagihan.

Selain Karuang, ada juga Bangamat yang terbuat dari daging kelelawar dan sayur jantung pisang. Mungkin terdengar aneh buat kamu, tapi makanan ini punya rasa gurih yang khas dan unik. 

Bagi yang suka camilan, kamu bisa mencoba kue gagatas. Camilan ini terbuat dari beras ketan dengan lapisan gula pada bagian luarnya. Rasanya yang manis dan kenyal pasti bikin kamu pengen nambah terus.

Kuliner di Palangkaraya memang sangat dipengaruhi oleh budaya lokal dan percampuran suku-suku yang ada di sana. Hal ini membuat makanan-makanan khas Palangkaraya menjadi sangat beragam dan menarik untuk dicoba.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah enam fakta menarik tentang Palangkaraya. Kota ini bukan hanya kota yang kaya akan sejarah dan budaya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. 

Dengan kekayaan alam dan sumber daya yang melimpah, serta keunikan budaya yang terjaga, Palangkaraya menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Jadi, kalau kamu lagi mencari destinasi liburan yang asri, penuh dengan kejutan, dan jauh dari hiruk-pikuk kota besar, Palangkaraya bisa jadi pilihan yang tepat. Kota ini menunggu untuk kamu jelajahi segala keindahan serta kekayaannya. 

Semoga artikel ini bisa memberikan kamu gambaran yang jelas tentang betapa menariknya Palangkaraya. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta, dan tetap semangat untuk terus mengeksplorasi Indonesia!

REFERENSI

  • Haikalteng.id. (2021, Maret 26). 6 Fakta Menarik tentang Palangka Raya yang Diresmikan Bung Karno. Diakses dari Haikalteng.id https://haikalteng.id/berita/read/3962/fakta-menarik-kota-cantik-palangka-raya
  • Kaltengtoday.com. (n.d.). Berita Palangkaraya Mengenai Fakta Unik Palangkaraya Yang Wajib Diketahui. Diakses dari Kaltengtoday.com https://kaltengtoday.com/berita-palangkaraya-mengenai-fakta-unik-palangkaraya-yang-wajib-diketahui/
  • Detik.com. (2017, Juli 4). 5 Hal Ini Hanya Anda Temukan di Palangka Raya. Diakses dari Detik.com https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3569210/5-hal-ini-hanya-anda-temukan-di-palangka-raya
  • Kumparan.com. (n.d.). Menjelajahi Kota Terbesar di Indonesia Secara Wilayah beserta Fakta Menariknya. Diakses dari Kumparan.com https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/3-kota-terbesar-di-indonesia-secara-garis-wilayah-dan-faktanya-20kPtgP678l
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *