Fakta Dunia

11 Fakta Menarik Kota Jayapura, Kota Tanpa Pengamen dan Pengemis!

49
×

11 Fakta Menarik Kota Jayapura, Kota Tanpa Pengamen dan Pengemis!

Sebarkan artikel ini
KOTA JAYAPURA
11 Fakta Menarik Kota Jayapura, Kota dengan Sejuta Keindahan. Sumber: id.pinterest.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Buat kamu yang suka hal-hal unik dan seru, Jayapura adalah destinasi yang wajib banget kamu ketahui. Terletak di ujung timur Indonesia, kota ini ternyata masuk dalam deretan 10 kota terbesar di Indonesia, lho.

Jayapura sering disebut “Malam Hongkong, Siang Kebun Singkong”. Kenapa bisa begitu? Karena malam hari di kota ini gemerlap banget, mirip Hongkong! Tapi pas siang, tata ruang kotanya yang unik bikin pemandangan jadi seperti kebun singkong. Unik ya, Sobat?!

Nah, di artikel ini, kita bakal mengupas tuntas 11 fakta menarik Kota Jayapura. Jadi, terus ikuti cerita kita ini ya, karena Jayapura punya banyak banget yang bisa diulik!

1. Sejarah Nama Kota Jayapura

Kota Jayapura
Potret Kota Jayapura zaman dahulu. Sumber: itaelysiyah.blogspot.com

Sobat Suka Fakta, tahu nggak sih kalau Jayapura punya sejarah nama yang cukup panjang dan menarik? Awalnya, kota ini diberi nama Hollandia oleh Belanda pada tahun 1910. Setelah Belanda mundur dari Papua dan menyerahkannya kepada PBB, nama kota ini diubah menjadi Kota Baru.

Ketika Papua kembali menjadi bagian dari NKRI di era Presiden Sukarno, nama kota ini diganti lagi menjadi Sukarnopura. Lalu, pada masa Orde Baru di tahun 1968, nama Jayapura akhirnya diberikan. 

Nama ini berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “kota kemenangan”. Seru banget kan, Sobat? Nama kota ini ternyata penuh makna dan sejarah!

2. Jayapura Memiliki Letak dan Keindahan Alam yang Memukau

Fakta Menarik Kota Jayapura yaitu pantainya
Potret Keindahan alam Kota Jayapura. Sumber: id.wikipedia.org

Sekarang, kita lanjut ke letak dan keindahan alam Kota Jayapura. Jayapura terletak di bagian paling timur Indonesia, menjadikannya kota yang sangat spesial. Keindahan alamnya luar biasa, Sobat! Dari pegunungan hingga pantai, semuanya ada di sini.

Satu hal yang bikin Jayapura unik adalah perbedaan suasana antara siang dan malam hari. Malam hari, kota ini gemerlap dengan lampu-lampu yang bikin suasananya mirip Hongkong. 

Tapi saat siang hari, tata ruang kota yang kurang rapi membuatnya terlihat seperti kebun singkong. Pemandangan ini bikin Jayapura punya daya tarik tersendiri yang nggak dimiliki kota lain.

3. Larangan Mengunyah Pinang Dibuat Untuk Menjaga Kebersihan Kota

pinang
Potret larangan memakan pinang. Sumber: Okezone.com

Di Jayapura, kamu bakal sering menemukan tulisan “Dilarang Mengunyah Pinang” di tempat-tempat umum seperti bandara, pasar, dan restoran. Ternyata, larangan ini ada alasannya, lho!

Orang yang mengunyah pinang biasanya mencampurnya dengan sirih, dan ini menghasilkan ludah berwarna merah. Kalau ludah ini dibuang sembarangan, tentu saja jadi nggak sedap dipandang dan bisa menyebarkan penyakit. 

Jadi, larangan ini dibuat untuk menjaga kebersihan kota. Kebayang kan, betapa pentingnya menjaga kebersihan di tempat umum?! Jayapura memang punya banyak aturan dan kebiasaan unik yang bikin kota ini beda dari yang lain. 

4. Nasi Kuning Menjadi Kuliner Khas Kota Jayapura

Nasi kuning
Potret makanan kha kota jayapura, Nasi kuning. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, siapa di sini yang suka kulineran? Kalau kamu pecinta makanan, Jayapura punya sesuatu yang spesial, yaitu nasi kuning. Biasanya, nasi kuning ini identik dengan acara syukuran di banyak daerah di Indonesia. 

Sob, tapi di Jayapura, nasi kuning bisa kamu temukan hampir di setiap sudut kota, terutama pada malam hari. Bayangin deh, berjalan-jalan saat malam hari di Jayapura dan di setiap sudut jalan, kamu bisa mencium aroma nasi kuning yang lezat. 

Ini jadi salah satu hal yang bikin Jayapura beda dari kota-kota lainnya. Jadi, kalau ke Jayapura, jangan lupa coba nasi kuningnya ya, Sobat!

5. Jayapura Menjadi Kota Paling Bersih dari Pengamen dan Pengemis

Kota Jayapura
Potret Kota Jayapura. Sumber: IST

Pernah ngebayangin kota tanpa pengamen dan pengemis, Sobat? Di Jayapura, kamu nggak bakal menemukan pengamen di perempatan jalan, terminal, atau di mana pun itu. Unik banget kan?!

Tak hanya itu, di Jayapura pengemis juga hampir tidak ada. Nggak seperti di kota besar lainnya di Indonesia, suasana Jayapura jadi terasa lebih tenang dan nyaman. Meski begitu, hingga sekarang belum diketahui pasti apa penyebab utama dari fenomena ini. 

6. Bukit Jokowi Menjadi Destinasi Wisata yang Menarik

Bukit Jokowi
Potret Destinasi wisata Bukit Jokowi. Sumber: atourin.com

Selanjutnya, kita jalan-jalan ke Bukit Jokowi. Denger namanya aja udah bikin penasaran, kan? Bukit ini diberi nama sesuai dengan nama Presiden RI Joko Widodo setelah beliau mengunjungi Jayapura pada tahun 2016.

Sebelum kedatangan Jokowi, bukit ini hanyalah bukit gersang yang ditumbuhi rumput liar. Namun, setelah kunjungan Presiden, bukit ini diubah menjadi destinasi wisata yang menarik. 

Dari Bukit Jokowi, kamu bisa melihat pemandangan yang langsung menghadap Samudera Pasifik. Keindahan alam dan sejarah di balik penamaannya membuat Bukit Jokowi jadi tempat yang wajib dikunjungi kalau kamu ke Jayapura.

7. Danau Sentani, Danau Alami Terbesar di Papua

Kota Jayapura
Potret Keindahan alam Danau Sentani. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap terkagum-kagum sama keindahan Danau Sentani yang ada di Jayapura. Danau ini merupakan danau alami terbesar di Papua dan menjadi salah satu daya tarik utama kota ini. 

Kalau kamu ingin mengetahui cantiknya Danau Sentani, maka bayangkan saja danau yang dikelilingi oleh pegunungan hijau dan memiliki 22 pulau kecil yang tersebar di dalamnya. Luar biasa, kan?!

Salah satu pulau yang terkenal di Danau ini adalah Pulau Asei, tempat kamu bisa menemukan berbagai kerajinan tangan khas Papua, seperti kain kulit kayu dengan motif yang indah. 

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa naik perahu motor untuk menjelajahi pulau-pulau di danau ini. Setiap sudut Danau Sentani menawarkan keindahan yang bikin kamu betah berlama-lama di sana.

8. Jayapura Tidak Memiliki Kecamatan

Ada yang unik nih, Sobat. Kota ini tidak memiliki kecamatan seperti di kota-kota lain, melainkan distrik. Sebutan distrik ini merupakan warisan dari masa penjajahan Belanda yang masih digunakan hingga sekarang. Meskipun istilahnya berbeda, distrik ini setara dengan kecamatan atau desa.

Di Jayapura, terdapat lima distrik utama, yaitu Heram, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Muara Tami. Setiap distrik memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Perbedaan ini menunjukkan bagaimana Jayapura memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia.

9. Jembatan Youtefa, Bangunan Paling Ikonik di Jayapura 

Jembatan Youtefa,
Potret Jembatan Youtefa. Sumber: industry.co.id

Jembatan ini merupakan salah satu landmark paling ikonik di Jayapura yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua. Awalnya, jembatan ini dikenal dengan nama Jembatan Holtekamp. Setelah dibangun, namanya diganti menjadi Youtefa karena berada di atas Teluk Youtefa.

Tahukah kamu, ilustrasi Jembatan Youtefa ada di uang pecahan khusus Rp75 ribu? Jadi, jembatan ini memang memiliki makna yang sangat penting. Selain itu, jembatan ini menghubungkan distrik Muara Tami, kampung Hamadi, dan kota Jayapura, membuat aksesibilitas di wilayah ini menjadi lebih mudah dan cepat.

Jembatan Youtefa diyakini dapat berdiri kokoh hingga 100 tahun ke depan. Keindahan dan kekokohan jembatan ini menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Jayapura. Jadi, jangan lupa mampir dan menikmati pemandangan dari jembatan ini, ya, Sobat!

10. Kehidupan Malam yang Unik, Seluruh Aktivitas Berhenti pada Pukul 21.00 WIT

kota Jayapura
Potret kota Jayapura. Sumber: paraparatv.id

Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita bahas tentang kehidupan malam di Kota Jayapura yang unik banget. Kalau kamu biasa melihat kota-kota besar di Indonesia yang ramai sampai larut malam, Jayapura justru berbeda. 

Meski kota ini punya banyak pusat hiburan dan belanja, begitu jam menunjukkan pukul 21.00 WIT, Jayapura mulai sepi. Unik, kan?! Kebiasaan ini membuat Jayapura terasa seperti kota kecil dengan suasana yang lebih tenang dan damai di malam hari. 

Jadi, kalau kamu tipe orang yang suka ketenangan, Jayapura adalah tempat yang pas buat kamu. Setelah seharian menjelajahi kota, malam hari di Jayapura bisa kamu nikmati dengan suasana yang lebih rileks.

11. Perayaan Tahun Baru yang Meriah, Langit Jayapura Diselimuti oleh Asap Tebal dari Kembang Api

Kembang api
Ilustrasi Kembang api di langit Kota Jayapura. Sumber: IST

Nah, Sobat, kalau kamu suka perayaan tahun baru yang meriah, maka Jayapura cocok untukmu karena kota ini punya cara unik untuk merayakannya. Di Jayapura, masyarakat merayakan tahun baru dengan membeli kembang api hingga menghabiskan ratusan juta rupiah. Kebayang kan betapa meriahnya?! 

Saat jam menunjukkan pergantian tahun, langit Jayapura diselimuti oleh asap tebal dari kembang api yang dinyalakan hampir di setiap sudut kota. Suasana ini memberikan kesan yang luar biasa dan pastinya tak terlupakan.

Jadi, kalau kamu berkesempatan merayakan tahun baru di Jayapura, siap-siap menikmati pesta kembang api yang spektakuler dan pengalaman yang benar-benar berbeda. Nah, bagaimana Sobat? Semakin penasaran kan dengan kota ini?

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 11 fakta menarik tentang Kota Jayapura yang telah kita bahas. Mulai dari sejarah nama kota yang panjang, keindahan alam yang memukau, hingga kebiasaan dan aturan unik yang hanya ada di Jayapura. Setiap sudut kota ini punya cerita yang menarik dan berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Kita sudah melihat bagaimana Jayapura memiliki pemandangan malam yang gemerlap, tradisi kuliner yang khas, dan suasana kota yang tenang tanpa kehadiran pengamen dan pengemis. Bukit Jokowi dan Danau Sentani menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, sementara Jembatan Youtefa menjadi simbol kebanggaan masyarakat Papua. 

Terima kasih sudah mengikuti perjalanan kita mengenal lebih dalam tentang Jayapura. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan membuat kamu semakin tertarik dengan keindahan dan keunikan Kota Jayapura. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Tetap semangat dan terus cari tahu hal-hal menarik lainnya, ya!

REFERENSI

  • Palpos. (2024). 11 Keunikan Kota Jayapura, Malam Hongkong Siang Kebun Singkong. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://palpos.disway.id/read/643748/11-keunikan-kota-jayapura-malam-hongkong-siang-kebun-singkong#google_vignette
  • Lombok Insider. (2024). 16 Keajaiban Kota Jayapura: Fakta-fakta menarik dan jarang orang tahu, keindahan alam mempesona. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://www.lombokinsider.com/nasional/15510091751/16-keajaiban-kota-jayapura-fakta-fakta-menarik-dan-jarang-orang-tahu-keindahan-alam-mempesona
  • IDN Times. (2024). 5 Fakta Menarik Jayapura, Kota yang Sudah Sering Berganti Nama. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://www.idntimes.com/travel/destination/juan-soedjatmiko/fakta-menarik-jayapura-c1c2
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *