Fakta Dunia

11 Fakta Menarik Kota Padang, Tidak Ada Nama ‘Rumah Makan Padang’

55
×

11 Fakta Menarik Kota Padang, Tidak Ada Nama ‘Rumah Makan Padang’

Sebarkan artikel ini
Kota Padang.
11 Fakta Menarik Kota Padang. Sumber: Dokumentasi PT Urbane Indonesia

Halo, Sobat Suka Fakta! Siap-siap deh untuk jalan-jalan virtual kali ini, karena kita akan mengupas tuntas kota yang pastinya sudah nggak asing di telinga kalian, yaitu Padang!

Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, adalah kota terbesar di pesisir barat Pulau Sumatera sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain terkenal dengan masakan Padang yang super lezat, ternyata ada banyak fakta menarik yang mungkin belum kalian tahu. 

Nah, di artikel ini, kita akan mengulik fakta menarik Kota Padang. Mulai dari rumah tradisional yang unik, tempat wisata keren, hingga budaya dan tradisi yang bikin Padang makin istimewa. Siap buat jalan-jalan virtual bareng? Yuk, langsung aja kita mulai petualangan!

1. Budaya Merantau Adalah Tradisi yang Kuat di Padang

Merantau
Ilustrasi orang Merantau. Sumber: pelitanusantara.com

Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang budaya merantau? Di Padang, merantau adalah tradisi yang sangat kuat dan mendarah daging. Banyak orang Padang yang pergi ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri untuk mencari ilmu dan pengalaman. 

Sebelum berangkat merantau, biasanya mereka harus menguasai dua keterampilan penting, yaitu memasak dan menjahit. Nggak heran deh, kalau kalian sering menemukan restoran Padang di berbagai kota di Indonesia, bahkan di luar negeri.

Merantau bagi orang Padang bukan sekadar mencari penghidupan, tapi juga menjaga dan membawa nama baik keluarga serta daerah asal. Jadi, kalau kalian punya teman atau kenalan orang Padang yang merantau, mereka pasti punya banyak cerita dan pengalaman seru yang bisa dibagikan!

2. Padang Tidak Bisa Dilepaskan dengan Rumah Gadang, Rumah Tradisional Khas Minangkabau 

Fakta Menarik Kota Padang yaitu rumah gadang
Potret Rumah gadang Kota Padang. Sumber: arsitag.com

Sobat Suka Fakta, siapa yang nggak kenal dengan Rumah Gadang? Rumah tradisional khas Minangkabau ini memang jadi salah satu ikon yang nggak bisa dilepaskan dari Padang. 

Rumah Gadang punya arsitektur yang unik dengan atap berbentuk tanduk kerbau, melambangkan kebijaksanaan dan kearifan lokal. Menariknya, keunikan Rumah Gadang ini bahkan menginspirasi bangunan di luar negeri, lho! Salah satunya adalah House of the Five Senses di Belanda. 

Meski zaman sudah modern, kalian masih bisa menemukan banyak Rumah Gadang di sekitar Kota Padang. Masyarakat di sana sangat menjaga dan melestarikan warisan budaya yang sudah berusia ratusan tahun ini. Keren, kan?!

3. Jam Gadang Sebagai Ikon dan Simbol Penting Bagi Warga Sumatera Barat

Jam Gadang
Potret Jam Gadang. Sumber: indonesiakaya.com

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan bahas salah satu ikon yang nggak boleh dilewatkan kalau lagi di Padang, yaitu Jam Gadang. Menara jam ini bukan hanya sekadar penanda waktu, tapi juga simbol penting bagi warga Sumatera Barat. 

Jam Gadang berdiri megah di pusat Kota Bukittinggi, dan dikenal sebagai salah satu landmark paling terkenal di Sumatera Barat. Jam Gadang ini makin istimewa karena mesinnya. 

Dikabarkan, hanya ada dua mesin menara jam seperti ini di dunia, satu di Jam Gadang dan satu lagi di Big Ben, London. Kebayang kan, betapa unik dan bersejarahnya ikon yang satu ini?! 

4. Padang Memiliki Banyak Destinasi Wisata yang Memukau

Pantai Pasumpahan
Potret Keindahan Pantai Pasumpahan. Sumber: travel.detik.com

Nah, kalau bicara soal wisata, Padang nggak kalah seru dengan kota-kota lain, Sobat. Ada banyak banget destinasi menarik yang bisa kalian kunjungi di sini. Mulai dari pantai, air terjun, lembah, hingga danau yang semuanya punya keindahan tersendiri.

Letaknya yang berada di pesisir barat Pulau Sumatera, nggak heran kalau Padang punya banyak pantai yang cantik dan populer. Beberapa pantai yang wajib kalian kunjungi adalah Pantai Padang, Pantai Pasumpahan, dan Pantai Nirwana. 

Selain pantai, ada juga Danau Singkarak yang terkenal di seluruh dunia. Danau ini sering jadi lokasi perlombaan sepeda internasional, lho! Gak cuma itu, Padang juga punya banyak tempat wisata alam lainnya yang nggak kalah keren. Jadi, kalau kalian suka petualangan, Padang adalah tempat yang pas buat kalian jelajahi.

5. Kota ini Memiliki Angkutan Umum yang Unik, Dihiasi dengan Majalah Hingga Televisi

Angkutan Umum Padang
Potret Angkutan Umum Kota Padang. Sumber: Youtube TS32

Sobat Suka Fakta, pernah bayangin naik angkutan umum yang super unik dan beda dari biasanya? Di Padang, kalian bisa menemukan angkutan umum yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar menarik penumpang. 

Bayangin aja, angkot di Padang bisa dihiasi stiker unik, musik yang asyik, bahkan ada yang dilengkapi dengan majalah dan televisi! Pengalaman naik angkutan umum di Padang ini pasti bakal beda banget dengan yang biasa kalian rasakan di kota lain.

Kalian bisa merasakan serunya perjalanan dengan angkutan umum yang penuh warna dan hiburan. Jadi, kalau lagi di Padang, jangan lewatkan kesempatan buat coba naik angkutan umum yang unik ini, ya!

6. Restoran di Padang Tidak Menggunakan Nama “Rumah Makan Padang”

Restoran Padang
Potret Rumah makan di Kota Padang. Sumber: instagram.com

Ngomong-ngomong soal makanan, kalian pasti udah nggak asing dengan Rumah Makan Padang yang ada di mana-mana. Tapi, tau nggak sih? Justru di Kota Padang sendiri, kalian nggak akan menemukan restoran yang menggunakan nama “Rumah Makan Padang”. Kok bisa, ya?

Ternyata, di Padang, semua rumah makan pada dasarnya menyajikan masakan Padang. Oleh sebab itulah, mereka nggak perlu pakai nama “Rumah Makan Padang” lagi. 

Biasanya, mereka menggunakan nama lain seperti Ampera, Nasi Kapau, atau nama lainnya yang lebih spesifik. Menarik banget kan, gimana budaya kuliner di Padang tetap terjaga dan dikenal di seluruh Nusantara?!

7. Stadion H Agus Salim, Stadion Sepak Bola Terbesar di Padang

Stadion H Agus Salim
Potret Stadion H Agus Salim. Sumber: lintassumbar.co.id

Buat kalian yang suka olahraga, terutama sepak bola, pasti tahu dong Stadion H Agus Salim? Stadion ini adalah salah satu stadion sepak bola terbesar di Kota Padang dengan kapasitas lebih dari 20.000 penonton. 

Stadion H Agus Salim sering menjadi markas bagi klub sepak bola lokal yaitu PSP Padang, dan juga digunakan untuk berbagai acara besar lainnya seperti konser musik dan pameran.

Stadion ini menjadi pusat aktivitas olahraga dan hiburan bagi warga Padang. Suasana meriah dan semangat dari penonton saat ada pertandingan atau acara besar di sini pasti bikin kalian pengen ikut merasakan. 

8. Minimarket Asing Tidak Tersedia di Padang, Seperti Indomaret dan Alfamart

Minimarket
Potret Minimarket yang tidak ada di Padang. Sumber: Tribunnews.com

Sobat Suka Fakta, pernah nggak kalian kepikiran kenapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart nggak ada di Padang? Yup, ternyata pemerintah daerah punya kebijakan khusus untuk mempromosikan UKM lokal dan pedagang tradisional. 

Alih-alih memberikan izin untuk minimarket asing, pemerintah lebih memilih untuk mendukung usaha lokal dengan menghadirkan minimarket seperti Minang Mart. Minang Mart adalah waralaba lokal yang menawarkan berbagai produk kebutuhan sehari-hari, sama seperti minimarket pada umumnya. 

Jadi, selain membantu perekonomian lokal, Minang Mart juga menjadi solusi belanja yang praktis untuk warga Padang. Keren, kan?! Langkah ini menunjukkan betapa pemerintah daerah Padang sangat peduli dengan kemajuan ekonomi masyarakat lokal.

9. Universitas Andalas, Salah Satu Perguruan Tinggi Terkemuka di Indonesia

Universitas Andalas
Potret Universitas Andalas. Sumber: commons.wikimedia.org

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan ngomongin soal pendidikan di Padang. Siapa yang belum pernah dengar Universitas Andalas? Universitas yang satu ini adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, lho. 

Didirikan pada tahun 1956, Universitas Andalas kini memiliki berbagai fakultas dengan program studi yang beragam, mulai dari kedokteran, teknik, hukum, hingga ekonomi.

Universitas Andalas terkenal dengan kualitas pendidikannya yang baik dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses di berbagai bidang. Kampusnya yang luas dan asri juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mahasiswa. 

10. Masjid Raya Ganting, Masjid Tertua di Sumatera Barat 

Masjid Raya Ganting
Potret Masjid Raya Ganting. Sumber: padang.harianhaluan.com

Sobat Suka Fakta, berlanjut ke fakta berikutnya, kita akan mengunjungi salah satu masjid tertua di Sumatera Barat, yaitu Masjid Raya Ganting. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1815 dan merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi. 

Keunikan Masjid Raya Ganting terletak pada arsitekturnya yang merupakan perpaduan antara gaya Eropa, Timur Tengah, dan Cina. Bagian depan atau fasad masjid memiliki pengaruh Eropa, sedangkan atapnya yang berbentuk segi delapan bertumpuk terinspirasi dari arsitektur Cina. 

Masjid ini nggak cuma jadi tempat ibadah, tapi juga saksi bisu sejarah perkembangan Islam di Sumatera Barat. Kalau kalian berkunjung ke Padang, jangan lupa untuk mampir dan melihat langsung keindahan serta keunikan Masjid Raya Ganting.

11. Padang Memiliki Segudang Kuliner Khas yang Kaya Akan Bumbu dan Rempah-rempah 

Kuliner Padang
Potret Kuliner khas Padang. Sumber: yummy.co.id

Nah, Sobat Suka Fakta, nggak lengkap rasanya kalau kita nggak bahas kuliner khas Padang. Siapa sih yang nggak kenal dengan masakan Padang? Mulai dari rendang, nasi kapau, sate Padang, sampai berbagai hidangan lain yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah khas. Rasanya yang lezat dan gurih memang bikin siapa saja ketagihan.

Selain masakan berat, Padang juga punya jajanan jalanan yang nggak kalah enak. Kalian bisa menemukan martabak, mie goreng, dan sate Padang di berbagai warung dan pedagang kaki lima. Cita rasa yang autentik dan lezat ini pasti bikin kalian pengen terus balik lagi buat makan di Padang..

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di penghujung perjalanan mengelilingi Kota Padang. Kita sudah bahas sebelas fakta menarik yang pastinya bikin kalian makin penasaran dan tertarik buat mengunjungi Padang.

Jadi, buat kalian yang punya kesempatan, jangan ragu untuk mengunjungi dan menjelajahi keindahan serta keunikan Kota Padang. Kota ini menawarkan pengalaman yang nggak akan kalian temukan di tempat lain. Dari sejarah, budaya, hingga keindahan alamnya, Padang punya segalanya untuk membuat kunjungan kalian tak terlupakan.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat kalian semakin tertarik dengan Kota Padang. Terus ikuti cerita-cerita menarik dari kami, karena masih banyak fakta seru lainnya yang siap kami bagikan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Suka Fakta! 

REFERENSI

  • Harian Haluan. (n.d.). 7 Fakta Unik Kota Padang, Nomor 6 di Luar Dugaan. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://www.harianhaluan.com/news/pr-106377617/7-fakta-unik-kota-padang-nomor-6-di-luar-dugaan
  • Forum Sumbar. (n.d.). Hal Menarik Apasih yang Ada di Padang? Inilah 9 Fakta Menarik Tentang Padang. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://forumsumbar.com/opini/35947/hal-menarik-apasih-yang-ada-di-padang-inilah-9-fakta-menarik-tentang-padang/
  • Young On Top. (n.d.). 10 Fakta Menarik dari Kota Padang. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://www.youngontop.com/10-fakta-menarik-dari-kota-padang/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *