Fakta Dunia

20 Fakta Menarik Kota Samarinda, Ibu Kota Kalimantan Timur

65
×

20 Fakta Menarik Kota Samarinda, Ibu Kota Kalimantan Timur

Sebarkan artikel ini
Kota Samarinda
20 Fakta Menarik Kota Samarinda. Sumber: kompaspedia.kompas.id

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan ngobrol tentang sebuah kota yang penuh pesona dan keunikan, yaitu Samarinda. Kota ini nggak cuma ramai dan semarak, tapi juga punya keindahan alam, budaya yang kaya, dan sejarah yang menarik. 

Dengan populasi lebih dari 800.000 orang, Samarinda menawarkan perpaduan unik antara fasilitas modern dan pesona tradisional Indonesia. Gak hanya itu, kota ini juga masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia, Sob!

Jadi, ayo kita jelajahi bareng 20 fakta menarik Kota Samarinda yang bakal bikin kalian makin penasaran dan pengen segera menjelajahinya. Siapkan diri kalian untuk menemukan hal-hal seru dan informatif tentang kota yang luar biasa ini! Let’s go, Sobat Suka Fakta!

1. Samarinda Adalah Ibu Kota Kalimantan Timur

Kalimantan Timur
Potret Kota Samarinda. Sumber: wikipedia

Sobat Suka Fakta, kalian tahu nggak sih kalau Samarinda itu adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur? Yep, benar banget! Kota ini adalah pusat ekonomi dan administrasi di provinsi ini. 

Sebagai kota terbesar di Kalimantan Timur, Samarinda punya peran penting dalam berbagai aspek, mulai dari pemerintahan, bisnis, hingga pendidikan. Jadi, kalau kalian main ke Kalimantan Timur, jangan lupa mampir ke Samarinda dan rasakan vibe kota besar yang penuh dengan aktivitas.

2. Islamic Center Samarinda, Salah Satu Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Islamic Center Samarinda
Potret Islamic Center Samarinda. Sumber: kaltimprov.go.id

Sobat Suka Fakta, Islamic Center Samarinda adalah masjid yang bukan cuma tempat ibadah, tapi juga pusat kegiatan keagamaan dan budaya bagi masyarakat Muslim di Samarinda. 

Islamic Center Samarinda adalah salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dengan arsitektur yang megah dan indah. Bangunan ini menggabungkan gaya arsitektur Turki, Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia, membuatnya terlihat sangat unik dan menawan. 

Di sini, kalian bisa menikmati keindahan arsitektur sekaligus merasakan kedamaian dan spiritualitas yang kuat. Jadi jangan lupa kunjungi Islamic Center Samarinda saat kalian berada di kota ini, ya!

3. Pelabuhan Samarinda, Pelabuhan Tersibuk di Kalimantan Timur 

Pelabuhan Samarinda
Potret Pelabuhan Samarinda. Sumber: Ainur Rofiah/Pusaranmedia.com

Sobat Suka Fakta, mari kita beralih ke salah satu pusat aktivitas ekonomi di Samarinda, yaitu Pelabuhan Samarinda. Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Kalimantan Timur yang berfungsi sebagai pusat perdagangan dan transportasi. 

Pelabuhan Samarinda memfasilitasi ekspor sumber daya alam seperti batu bara dan kayu, serta impor barang-barang penting untuk wilayah tersebut. Jadi, selain jadi tempat yang vital bagi perekonomian, pelabuhan ini juga bisa jadi tempat menarik untuk melihat langsung dinamika perdagangan dan transportasi di Samarinda. 

Kalau kalian tertarik dengan logistik dan ekonomi, kunjungan ke Pelabuhan Samarinda pasti akan memberikan kalian wawasan yang berharga.

4. Kota ini Terletak di Tepi Sungai Mahakam

Sungai Mahakam
Potret Sungai Mahakam. Sumber: Instagram/@bayuwirahadik

Ngomong-ngomong tentang Samarinda, nggak lengkap rasanya kalau nggak bahas Sungai Mahakam. Sobat Suka Fakta, Samarinda ini terletak di tepi Sungai Mahakam, salah satu sungai terpanjang di Indonesia. 

Sungai Mahakam bukan cuma jadi pemandangan indah, tapi juga punya peran penting dalam transportasi dan perdagangan kota. Banyak kegiatan sehari-hari warga Samarinda yang bergantung pada sungai ini. 

Jadi, kalau kalian lagi di Samarinda, coba deh nikmati pemandangan dan suasana di sekitar Sungai Mahakam, pasti seru!

5. Samarinda Memiliki Kekayaan Sumber Daya Alam, Batu Bara hingga Minyak 

Batu bara
Potret Batu bara di Sungai Mahakam. Sumber: REUTERS via VOA INDONESIA

Selain punya sungai yang keren, Samarinda juga terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, lho! Kota ini punya banyak sumber daya seperti batu bara, kayu, dan minyak bumi. 

Sumber daya ini berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi Samarinda. Jadi, bisa dibilang, Samarinda adalah salah satu motor penggerak ekonomi di Kalimantan Timur berkat kekayaan alamnya yang melimpah. 

Kalau kalian penasaran gimana proses penambangan atau pengolahan sumber daya ini, ada banyak tempat di Samarinda yang bisa kalian kunjungi untuk belajar lebih banyak!

6. Alun-alun Mesra, Tempat Kumpul Favorit Warga Samarinda

Alun-alun Mesra
Potret Alun alun Kota Samarida. Sumber: kaltim.tribunnews.com

Saat di Samarinda, kalian bisa santai sejenak di Alun-alun Mesra. Tempat ini adalah salah satu tempat berkumpul favorit warga Samarinda. Alun-alun Mesra selalu ramai dengan aktivitas luar ruangan, pertunjukan budaya, dan tentu saja, banyak kedai makanan enak.

Tempat ini nggak cuma jadi spot favorit buat warga lokal, tapi juga jadi destinasi menarik buat wisatawan. Jadi, pastikan kalian mampir ke Alun-alun Mesra untuk merasakan suasana hangat dan ramah khas Samarinda!

7. Kampung Budaya Pampang, Museum Terbuka yang Memamerkan Budaya Tradisional Dayak

Kampung Budaya
Potret Kampung Budaya Pampang. Sumber: homecare24.id

Selanjutnya, kita bakal jelajahi sisi budaya yang lebih dalam lagi, Sobat Suka Fakta. Di Samarinda, ada sebuah tempat yang bernama Kampung Budaya Pampang. Tempat ini adalah museum terbuka yang memamerkan budaya tradisional Dayak, kerajinan tangan, dan pertunjukan budaya. 

Setiap hari Minggu, kalian bisa menyaksikan atraksi budaya dari suku Dayak Kenyah yang menampilkan tarian, musik, dan kostum tradisional. Kampung Budaya Pampang ini benar-benar memberikan pengalaman budaya yang autentik dan mendalam. 

Jadi, kalau kalian tertarik dengan budaya lokal dan ingin melihat langsung keunikan tradisi Dayak, pastikan kalian mampir ke Kampung Budaya Pampang!

8. Kota ini Memiliki Keragaman Latar Belakang Etnis dan Budaya

Suku Dayak.
Potret Penduduk Kota Kalimantan, Suku Dayak. Sumber: Siagabencana.com/adira.co.id

Sobat Suka Fakta, satu hal yang bikin Samarinda itu menarik banget adalah keragaman latar belakang etnis dan budayanya. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai suku seperti Dayak, Jawa, Banjar, dan Bugis hidup berdampingan. 

Keragaman ini jelas tercermin dalam budaya sehari-hari, mulai dari bahasa yang digunakan, kuliner khas, hingga tradisi dan acara budaya. Jadi, kalau kalian main ke Samarinda, kalian akan merasakan perpaduan budaya yang kaya dan unik.

9. Sejarah Kesultanan Tenggarong

Museum Mulawarman
Potret Museum Mulawarman. Sumber: sintesanews.id

Sobat Suka Fakta, selanjutnya kita bakal jelajah sejarah ke Kesultanan Tenggarong yang terletak nggak jauh dari Samarinda. Tenggarong ini dulunya adalah pusat dari Kesultanan Kutai Kartanegara. 

Di sini, kalian bisa menemukan banyak artefak sejarah dan bangunan peninggalan yang masih terjaga dengan baik. Ada juga Museum Mulawarman yang memamerkan berbagai koleksi dari Kesultanan Kutai Kartanegara.

Ini adalah tempat yang pas buat kalian yang suka sejarah dan ingin tahu lebih banyak tentang masa lalu daerah ini. Jadi, kalau kalian main ke Samarinda, sempatkan waktu untuk menjelajahi Tenggarong, ya!

10. Jembatan Mahakam, Penghubung Pusat Kota dengan Kab Samarinda Seberang

Jembatan Mahakam
Potret Jembatan Mahakam. Sumber: Instagram/irmaputriv

Nah, kalau ngomongin ikon kota, Jembatan Mahakam nggak boleh ketinggalan. Sobat Suka Fakta, Jembatan Mahakam adalah landmark ikonik di Samarinda yang menghubungkan pusat kota dengan kabupaten Samarinda Seberang. 

Jembatan ini bukan cuma penting buat transportasi dan perdagangan, tapi juga punya nilai sejarah dan estetika yang tinggi. Pemandangan di sekitar jembatan, terutama saat matahari terbenam, bakal bikin kalian kagum. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu buat jalan-jalan atau sekadar menikmati pemandangan di Jembatan Mahakam, ya!

11. Karnaval Budaya Kalimantan, Karnaval yang Menampilkan Keragaman Budaya Setiap Tahun 

Budaya Kalimantan.
Potret Karnaval Budaya Kalimantan. Sumber: kalteng.go.id

Nah, buat kalian yang suka acara budaya, Samarinda juga punya sesuatu yang nggak boleh kalian lewatkan, yaitu Karnaval Budaya Kalimantan. Setiap tahun, kota ini menjadi tuan rumah acara semarak yang menampilkan keragaman budaya Kalimantan melalui musik tradisional, tarian, dan kostum. 

Karnaval ini benar-benar meriah dan penuh warna, menarik banget buat kalian yang suka fotografi atau sekadar menikmati pertunjukan budaya. Di sini, kalian bisa melihat langsung berbagai budaya dari berbagai suku di Kalimantan, yang pastinya bakal menambah pengetahuan dan pengalaman kalian. 

12. Rumah Panjang Tradisional Dayak, Tempat Tinggal Bagi Suku Dayak

Suku Dayak.
Rumah Panjang Suku Dayak. Sumber: Dok, Bappeda Kota Pontianak

Sobat Suka Fakta, siapa yang suka dengan budaya dan tradisi? Di Samarinda, kalian bisa menemukan rumah panjang tradisional Dayak, salah satu ikon budaya yang sangat menarik. 

Rumah panjang ini merupakan tempat tinggal tradisional suku Dayak yang dibangun dengan arsitektur khas dan penuh makna. Setiap rumah panjang biasanya dihuni oleh beberapa keluarga sekaligus, mencerminkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. 

Kalian bisa mengunjungi rumah panjang ini untuk melihat langsung bagaimana kehidupan sehari-hari suku Dayak, serta memahami lebih dalam tentang adat dan tradisi mereka. Pengalaman ini pasti akan memberikan kalian wawasan baru dan mendalam tentang budaya Dayak.

13. Taman Nasional Kutai, Rumah Bagi Berbagai Flora dan Fauna

Taman Nasional
Potret Taman Nasional Kutai. Sumber: selasar.co

Sobat Suka Fakta, siapa nih yang suka petualangan di alam bebas? Kalau kalian termasuk, Taman Nasional Kutai di dekat Samarinda ini wajib banget masuk daftar kunjungan kalian. 

Taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna yang menakjubkan, termasuk orangutan, bekantan, dan beragam jenis burung. Kalian bisa jalan-jalan menikmati hutan tropis yang lebat, melihat satwa liar langsung di habitat aslinya, atau bahkan ikutan tur ekowisata yang seru. 

Taman Nasional Kutai ini benar-benar surga bagi pecinta alam dan petualang. Jadi, kalau kalian ingin merasakan petualangan yang beda, pastikan kalian mampir ke sini, ya!

14. Samarinda Central Plaza, Pusat Perbelanjaan Favorit Warga Samarinda

Samarinda Central Plaza
Samarinda Central Plaza. Sumber: Niaga Asia

Sekarang saatnya kita santai sejenak di Samarinda Central Plaza. Sobat Suka Fakta, pusat perbelanjaan ini adalah salah satu tempat favorit buat warga Samarinda dan wisatawan untuk belanja, makan, dan hiburan. 

Di sini kalian bisa menemukan berbagai gerai ritel, restoran, dan tempat hiburan yang lengkap. Samarinda Central Plaza menawarkan pengalaman belanja modern di tengah kota yang penuh dengan pesona tradisional. 

15. Tanjung Redeb, Kota Pesisir yang Diselimuti Keindahan Pantai dan Perairan Sebening Kristal

Tanjung Redeb.
Potret keindahan Tanjung Redeb. Sumber: ketiknews.id

Sobat Suka Fakta, kalau kalian pecinta pantai, maka Tanjung Redeb di Samarinda adalah tempat yang harus kalian kunjungi. Tanjung Redeb adalah kota pesisir yang terkenal dengan pantainya yang indah dan perairannya yang sebening kristal. 

Di sini, kalian bisa menikmati berbagai aktivitas wisata seperti berenang, snorkeling, dan menyelam. Pemandangan matahari terbenam di Tanjung Redeb juga sangat memukau dan pastinya akan membuat kalian ingin kembali lagi. 

16. Pasar Apung, Pasar yang Menjual Produk dan Makanan Langsung dari Perahu

Pasar Apung
Ilustrasi Pasar Apung. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kali ini kita bakal bahas sesuatu yang unik banget dari Samarinda, yaitu Pasar Apung. Pasar Apung di Samarinda ini bener-bener pengalaman yang nggak boleh kalian lewatkan. 

Di sini, para pedagang menjual berbagai produk segar dan makanan tradisional langsung dari perahu di Sungai Mahakam. Bayangin deh, belanja di atas air sambil menikmati suasana sungai yang tenang, pasti seru banget kan?! 

Pasar Apung ini juga bisa jadi salah satu cara buat merasakan langsung kehidupan sehari-hari warga Samarinda. Jadi, jangan lupa mampir ke sini buat beli oleh-oleh atau cuma sekadar merasakan pengalaman yang beda!

17. Taman Kota Samarinda, Tempat Paling Nyaman Untuk Rekreasi dan Relaksasi

Taman Kota Samarinda
Potret Taman Kota Samarinda. Sumber: detakkaltim.com

Jika berkunjung ke Samarinda, Sobat Suka Fakta bisa bersantai di Taman Kota Samarinda. Taman ini adalah oasis hijau di tengah kota yang menawarkan tempat yang nyaman untuk rekreasi dan relaksasi. 

Di Taman Kota Samarinda, kalian bisa menikmati berbagai fasilitas rekreasi, jalur jogging, serta lingkungan yang tenang dan asri. Taman ini sering menjadi tempat berkumpulnya warga lokal untuk berolahraga, piknik, atau sekadar menikmati udara segar. 

18. Samarinda Memiliki Museum Minyak dan Gas Indonesia

Samarinda
Potret Museum Minyak gas. Sumber: museum.co.id

Nah, Sobat Suka Fakta, buat kalian yang penasaran tentang sejarah dan perkembangan industri minyak dan gas di Indonesia, Samarinda punya tempat yang pas banget buat kalian, yaitu Museum Minyak dan Gas Indonesia. 

Museum ini memberikan wawasan lengkap tentang perjalanan industri migas di wilayah ini, mulai dari sejarah awal, perkembangan teknologi, hingga dampaknya terhadap ekonomi dan masyarakat. 

Di sini, kalian bisa melihat berbagai pameran yang informatif dan edukatif, termasuk alat-alat penambangan, model pengeboran, dan banyak lagi. Jadi, selain jalan-jalan, kalian juga bisa nambah ilmu dengan mengunjungi museum ini. Pastinya seru dan bermanfaat!

19. Mahakam Ulu, Sebuah Kabupaten dengan Hutan Hujannya yang Rimbun

Hutan Samarinda
Potret Hutan Samarinda. Sumber: korankaltim.com

Sobat Suka Fakta, siap untuk petualangan alam yang lebih seru? Yuk, kita kenalan dengan Mahakam Ulu, sebuah kabupaten di Samarinda yang terkenal dengan hutan hujannya yang rimbun, sungai yang masih asli, dan komunitas tradisional Dayak. 

Mahakam Ulu ini benar-benar surga buat kalian yang suka ekowisata. Di sini, kalian bisa menjelajahi hutan tropis, menikmati keindahan alam yang masih alami, dan berinteraksi langsung dengan komunitas Dayak yang hidup dengan tradisi dan budaya mereka.

20. Jembatan Singa Samarinda Menjadi Ikon Kota yang Paling Populer

Jembatan Singa Samarinda
Potret Jembatan Singa Samarinda. Sumber: Dok. Signify

Yuk, kita lanjut eksplorasi kota Samarinda dengan mengenal lebih dekat salah satu landmark yang nggak kalah keren, yaitu Jembatan Singa Samarinda. Jembatan ini melintasi Sungai Mahakam dan menjadi salah satu ikon kota yang populer. 

Dengan pemandangan sungai dan cakrawala kota yang indah, Jembatan Singa Samarinda sering menjadi tempat favorit buat warga lokal dan wisatawan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. 

Saat malam hari, lampu-lampu di jembatan ini menambah kesan romantis dan mempesona. Jadi, kalau kalian ke Samarinda, jangan lupa mampir dan nikmati pemandangan dari Jembatan Singa Samarinda, ya!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah dia perjalanan kita menjelajahi 20 fakta menarik tentang Kota Samarinda. Samarinda nggak cuma menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya, tapi juga memberikan pengalaman yang beragam bagi setiap pengunjung. 

Jadi, jika kalian sedang merencanakan liburan berikutnya atau hanya ingin tahu lebih banyak tentang kota ini, jangan ragu untuk memasukkan Samarinda dalam daftar tujuan kalian. Dengan segala keunikan dan pesonanya, Samarinda siap memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Terima kasih sudah ikut menjelajahi fakta menarik Kota Samarinda bersama kami. Semoga artikel ini menambah wawasan dan rasa ingin tahu kalian. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta! 

REFERENSI

  • Pikiran Rakyat. (2023). 20 Fakta Menarik Tentang Kota Samarinda, Nomor 7 Sangat Ikonik. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://portalkotamobagu.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1776890335/20-fakta-menarik-tentang-kota-samarinda-nomor-7-sangat-ikonik?page=all
  • IDN Times. (2023). Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian Tahu. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://kaltim.idntimes.com/travel/destination/sri-wibisono/ini-fakta-menarik-tentang-samarinda-yang-wajib-kalian-tahu
  • Tempo. (2023). 5 Keunikan Kota Samarinda. Diakses pada 3 Juni 2024, dari https://travel.tempo.co/read/1651259/5-keunikan-kota-samarinda
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *